26 Jenis Makanan untuk Penderita Tipes yang Baik Dikonsumsi

Makanan untuk penderita tipes – Bakteri salmonella typhi yang menyerang tubuh manusia melalui makanan atau minuman ini akan menyerang sistem pencernaan terutama usus halus. Oleh sebab itu penderita tipes memiliki organ pencernaan yang sangat sensitif.

Maka dari itu makanan untuk penderita tipes harus sangat diperhatikan dan dijaga. Jangan sampai makanan yag dikonsumsi membuat organ pencernaan semakin kesulitan dan tersiksa. Makanan untuk penderita tipes haruslah makanan yang dapat meringankan kerja organ pencernaan terutama usus.

Salah-salah mengkonsumsi makanan justru akan membuat penyakit tipes semakin parah dan bisa menyebabkan pendarahan bahkan kebocoran usus. Belum lagi berbagai komplikasi bisa terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang salah.

Loading...
Makanan untuk penderita tipes

Makanan untuk penderita tipes

Penderita tipes biasanya akan kehilangan nafsu makan. tapi jika hal itu dibiarkan berlarut-larut maka akan semakin melukai lambung dan usus. Sebaiknya tetap paksakan diri untuk makan agar penyakit yang tengah anda rasakan tidak semakin memburuk.

Makanan untuk penderita tipes

Meski nafsu makan semakin hari semakin menurun tapi tetap saja anda harus memaksakan untuk makan agar penyakit tidak semakin memburuk serta berat badan tidak menurun secara drastis. Tapi anda dilarang mengkonsumsi makanan yang sembarangan.

Artikel terkait lainnya: 21 Obat Tipes Alami yang Ada di Sekitar Kita, No 15 Ampuh Atasi Tipes

Makanan untuk penderita tipes harus memenuhi kriteria makanan yang tidak akan merusak organ pencernaan. Berikut ini Ceksehat bagikan beberapa jenis makanan untuk penderita tipes:

  • Makanan tinggi protein

Penderita tipes akan merasa kehilangan banyak tenaga atau tubuh akan merasa lemah dan lemas. Itu sebabnya makanan tinggi protein yang cukup akan membantu meningkatkan energi dan menambah tenaga.

Tapi jangan konsumsi suplemen tinggi protein sebaiknya anda mengkonsumsi protein hewani atau ptotein nabati yang didapatkan dari berbagai jenis makanan. Berikut beberapa makanan tinggi protein yang dianjurkan untuk penderita tipes seperti:

  • Daging ayam rebus

Daging ayam tanpa kulit merupakan makanan yang tinggi protein sehingga baik dikonsumsi pasien tipes. Pastikan anda mengolah daging ayam tanpa kulit dengan cara direbus atau dipanggang, karena pengolahan dengan cara digoreng dilarang dikonsumsi penderita tipes.

Pilihan daging ayam yang lebih baik lagi adalah bagian dadanya karena dada ayam merupakan daging rendah kalori sehingga sangat tepat dikonsumsi. Berbagai kandungan pada daging ayam seperti karbohidrat dan protein sangat baik bagi pasien tipes

  • Hati ayam

Hati ayam memiliki tekstur yang sangat lunak, sehingga akan mudah dicerna. Anda bisa menjadikan hati ayam sebagai pilihan alternatif  makanan untuk penderita tipes karena selain lunak hati ayam juga mengandung protein tinggi.

Tapi pastikan hati ayam yang anda konsumsi merupakan hati ayam kampung dan mendapat makanan organik. Hindari hati ayam ras yang mengkonsumsi kakanan olahan pabrik karena banyak mengandung bakteri penyebab penyakit

Jangan lewatkan juga:Tipes Pada Anak: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati dengan Tepat

  • Ikan rebus

Untuk makanan penderita tipes, ikan yang direbus juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan protein hewani pada ikan rebus sangat baik bagi penderita tipes. Ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmond karena ikan ini selain kaya protein juga kaya kandungan yang tidak kalah manfaatnya

  • Kacang kedelai

Sudah kita ketahui bahwa kacang kedelai adalah makanan yang tinggi kandungan protein nabatinya. Itulah sebabnya kacang kedelai sangat dianjurkan bagi penderita tipes. Anda bisa mengolah kacang kedelai dengan cara direbus

  • Tahu

Kacang kedelai baik untuk makanan penderita tipes begitu juga olahan yang berasal dari kacang kedelai juga dianjurkan bagi pasien tipes salah satunya tahu. Selain tinggi protein tahu juga memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga akan mudah dicerna dan mempermudah kerja usus dalam mencernanya.

  • Margarin

Penggunaan margarin yang tidak berlebihan juga baik bagi penderita tipes. Kandungan lemak dan protein juga dierlukan untuk menambah tenaga dan energi tubuh

  • Telur rebus

Telur rebus juga termasuk makanan yang lunak sehingga akan mudah mencernanya. Selain itu kandungan protein tinggi pada telur rebus juga baik. sehingga makanan yang satu ini sangat cocok menjadi makanan untuk penderita tipes.

  • Tempe

Tempe merupakan makanan khas indonesia yang juga terbuat dari kacang kedelai. Meski teksturnya kasar tapi tempe ini juga dianjurkan dikonsumsi penderita tipes. Anda bisa membuat tim tempe untuk membantu meningkatkan stamina penderita tipes.

Makanan rendah serat

Serat memang sangat baik bagi tubuh namun untuk anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, karena makanan tersebut membutuhkan waktu  dan proses yang panjang untuk mencernannya sehingga usus akan semakin tersiksa.

Iulah mengapa bagi anda yang menderita tipes dianjurkan mengkonsumsi makanan rendah serta agar tidak membuat usus semakin kesulitan. Berikut beberapa makanan rendah serat yang baik bagi penderita tipes:

  • Kacang panjang
  • Melon
  • Buncis muda
  • Labu siam
  • Pepaya
  • Pisang
  • Alpukat
  • Wortel
  • Brokoli

Makanan yang lunak

Karena usus halus merupakan tempat bersarangnya bakteri salmonella typhi sehingga anda harus mengkonsumsi makanan yang lunak sehingga tidak akan mempersulit kerja usus dalam mencerna makanan.

Selain makanan tersebut memiliki tekstur yang lunak tentunya juga harus mengandung nilai gizi yang diperlukan tubuh untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh serta membantu meningkatkan energi dan stamina penderita tipes.

Berikut ini beberapa makanan lunak atau lembut dengan nilai gizi cukup tinggi yang dianjurkan bagi penderita tipes seperi:

  • Bubur nasi

Nasi sebagai salah satu sumber karbohidrat yang membantu memberikan rasa kenyang dan menambah tenaga juga dianjurkan dikonsumsi bagi penderita tipes. Tapi anda harus mengolah nasi menjadi bubur terlebih dahulu.

Bubur nasi akan membuat usus mudah mencerna makanan tersebut. Anda juga bisa membuat bubur nasi yang disiram dengan kaldu ayam sehingga kebutuhan karbohidrat dan protein harian anda bisa terpenuhi

  • Nasi tim ayam

Nasi tim memiliki tekstur yang lebih lembut. Sehingga sangat tepat dikonsumsi penderita tipes. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sebaiknya anda membuat nasi tim yang dicampur  dengan daging ayam karena daging ayam tinggi protein yang baik bagi penderita tipes

  • Kentang tumbuk

Makanan penderita tipes yang selanjutnya adalah kentang tumbuk yang dimasak dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang. Kentang memiliki berbagai kandungan penting seperti karbohidrat dan antioksidan.

Kedua kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan antioksidannya juga bisa membantu melawan bakteri salmonella typhi. Belum lagi tekstur kentang yang lunak akan mempermudah proses pencernaan makanan.

  • Roti bakar

Roti bakar juga bisa menjadi alternatif pilihan makanan untuk penderita tipes. Kandungan karbohidrat pada roti akan membantu anda mendapatkan energi. Anda juga bisa mengoleskan sedikit margarin sebagai salah satu sumber protein yang juga baik bagi penderita tipes.

  • Puding

Makanan lunak selanjutnya adalah puding. Teksturnya yang lembut akan membantu mempermudah kerja usus halus dalam mencernanya. Puding juga terbuat dari bahan yang dapat meningkatkan energi.

Anda juga bisa menambahkan berbagai jenis buah aat membuat puding agar nilai gizinya juga bertambah

  • Biskuit

Biskuit juga bisa menjadi salah satu makanan untuk penderita tipes yang cukup baik. biskuit yang mudah larut di dalam mulut akan memudahkan proses mencernanya. Selain itu kandungan karbohidrat yang baik dalam biskuit akan membantu meningkatkan tenaga penderita tipes

  • Pisang

Pisang matang memiliki tekstur yang sangat lunak. Sehingga sangat baik dikonsumsi orang yang mengalami gangguan pencernaan seperti penderita tipes. Selain itu kandungan nutrisi pada buah pisang juga baik bagi penderita tipes

  • Alpukat

Alpukat matang juga memiliki tekstur yang sama dengan buah pisang. Jadi kedua buah ini juga baik dikonsumsi penderita tipes. Berbagai nutrisi penting juga terdapat dalam buah alpukat matang. Anda bisa mengkonsumsi alpukat secara langsung atau bisa juga membuat jus alpukat keduanya bisa dikonsumsi penderita tipes sebagai salah satu makanan penambah energi

Beberapa jenis makanan lain yang juga baik

Selain beberapa makanan tersebut ada juga beberapa jenis makanan lain yang baik dikonsumsi penderita tipes. Berikut beberapa menu makanan yang dianjurkan seperti:

Menu makan pagi

  • Bubur nasi plus ayam
  • Telur rebus
  • Semangka
  • Menu makan siang
  • Tim nasi plus taburan abon ayam
  • Sayur labu siam atau sup
  • Pisang

Menu makan malam

  • Tim saring yang terbuat dari berbagai jenis sayur rendah serat dan ditambah sedikit bawang putih
  • sup
  • Puding
  • Jus melon

Makanan yang dilarang untuk penderita tipes

Selain ada makanan yang dianjurkan tentunya ada juga makanan yang dilarang dikonsumsi penderita tipes seperti berikut ini:

  • Makanan pedas

Makanan yang satu ini bisa berakibat membuat usus dan lambung semakin luka sehingga bisa menyebabkan pendarahan hebat jika anda mengkonsumsi makanan yang pedas. Sebaiknya anda yang menderita penyakit tipes hindari makanan pedas ini.

  • Makanan asam

Kandungan zat asam pada makanan ini bisa menyebabkan penyakit tipes semakin memburuk. Itulah mengapa makanan asam dilarang keras dikonsumsi penderita tipes. Makanan asam juga bisa membuat usus semakin menipis

  • Makanan berlemak

Makanan yang mengandung lemak lebih susah untuk dicerna jadi kerja usus akan semakin berat itu sebabnya  makanan ini dilarang dikonsumsi penderita tipes. Usus akan semakin kesulitan jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak

  • Makanan berserat tinggi

Meski serat dibutuhkan tubuh namun bagi penderita tipes makanan berserat tinggi justru dilarang. Makanan yang berserat tinggi sangat sulit dicerna sehingga akan sangat tidak baik dikonsumsi bagi penderita gangguan usus seperti tipes.

Beberapa sayur yang mengandung serat tinggi seperti sawi, daun singkong, kol, kangkung, dan bayam. Jika terus anada paksakan bisa saja terjadi perforasi usus atau terbentuknya lubang pada dinding lambung, usus halus, atau usus besar yang bisa berpotensi menyebabkan kebocoran

  • Makanan instan

Makanan yang tengah naik daun saat ini adalah makanan instan atau makanan kemasan. Padahal makanan tersebut sangat tidak baik bagi tubuh termasuk bagi penderita tipes. Berbagai kandungan di dalamnya dapat melukai lambung dan usus seperti pengawet, penyedap, pemanis, dan pewarna

  • Minuman beralkohol, bersoda, dan kafein

Semua minuman tersebut tidak perlu lagi apa efek buruknya bagi tubuh bukan. Pastinya anda semua sudah mengetahuinya. Sebaiknya jauhi saja berbagai minuman yang memiliki kandungan tersebut agar penyakit tipes yang tengah anda alami tidak semakin parah.

Loading...

Itulah beberapa makanan untuk penderita tipes. Semoga ulasan diatas memberikan anda sedikit informasi agar anda tidak salah dalam memilih makanan untuk penderita tipes yang tepat. Semoga bermanfaat. Simak juga: 19 Gejala Penyakit Tipes ( Tifus) yang Wajib Anda Ketahui Sejak Dini

loading...

Leave a Reply