24 Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil dan Janin!

Setiap bahan makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan janin dan ibu hamil pada dasar nya dapat digolongkan sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil.

Namun begitu, dalam praktek nya, ibu hamil biasa nya akan cenderung lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang berpengaruh terhadap janin yang dikandung nya.

Beberapa zat nutrisi tersebut adalah:

  • Asam folat
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Omega 3
  • Kalium
  • Vitamin B6
  • Serat
  • Protein, dan
  • Magnesium

Pertanyaan nya, bahan makanan apa sajakah yang memiliki kandungan nutrisi di atas? Berikut informasi lengkap nya telah Ceksehat siapkan untuk Anda:

Ragam Bahan Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Berikut merupakan beberapa bahan makanan yang banyak dianjurkan oleh dokter kehamilan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

1. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang baik untuk ibu hamil.Dari sayuran berwarna hijau yang satu ini, ibu hamil bisa mendapatkan banyak nutrisi bermanfaat, seperti asam folat, kalsium, vitamin, zat besi, dan serat.

Berkat kandungan nutrisi super lengkap yang dimiliki nya, sayur bayam dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan, seperti:

  • Untuk mengoptimalkan proses pembentukan tulang janin
  • Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil
  • Untuk mengoptimalkan proses pembentukan daging dan otot janin
  • Untuk mencegah terjadi nya anemia pada ibu hamil, dll

Jangan lewatkan juga: Khasiat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin Sehat

2. Brokoli (Kaya Serat)

Sama seperti hal nya bayam, makanan yang baik untuk ibu hamil yang satu ini juga dapat memberikan banyak nutrisi bermanfaat.

Secara keseluruhan, ada sembilan nutrisi bermanfaat yang bisa didapatkan ibu hamil dari sayur berwarna hijau yang satu ini, yaitu: asam folat, serat, protein, kalium / potasium, vitamin B6, Omega 3, magnesium, zat besi, dan kalsium.

Konon, berdasarkan hasil penelitian, selain dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk ibu hamil dan janin, brokoli juga dapat mempengaruhi kebiasaan janin di masa mendatang.

Dalam hal ini, menurut hasil penelitian yang dijalankan di Monell Chemical, anak bayi yang dilahirkan oleh ibu yang gemar mengkonsumsi brokoli sewaktu hamil juga cenderung suka mengkonsumsi sayur ketika sudah besar.

Berikut ini daftar jumlah nutrisi yang terkandung di dalam brokoli yang wajib bunda ketahui:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
63 47 2.6 0.7 2.8 21 316 21 0.2

Bunda bisa mengkonsumsi brokoli ini menjadi sup dengan tambahan sedikit garam saja. Oh ya, bund, sebaiknya bunda juga tidak mengkonsumsi brokoli yang sudah disimpan lebih dari 24 jam di dalam kulkas ya, sebaiknya anda mengkonsumsi brokoli yang masih segar saja, karena kalau sudah disimpan lama makan nutrisnya sudah tidak baik lagi untuk kesehatan.

Nah, kira-kira apa saja ya manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil dan janin? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Manfaat brokoli untuk ibu hamil dan janin yang pertama adalah untuk mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat atau kelainan tulang belakang serta cacat tabung syaraf. Hal ini dikarenakan brokoli memiliki kandungan asam flat yang cukup tinggi.
  • Selanjutnya, sayur brokoli ini baik kesehatan ibu hamil dan janin karena buah ini mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya anemia pada bumil. Bumil sangat rentan sekali terkena anemia, jia bumil sampai terkena anemia maka akan berakibat tidak baik bagi bumil, anda akan lemah, kurang tertenaga, malas gerak sehingga dapat mengakibatkan bayi anda kurang sehat dan lemah. Brokoli juga mengandung zat khusus yang bisa memberi perlindungan pada bayi dari berbagai jenis kanker.
  • Selain itu, sayur brokoli ini juga menunjang pertumbuhan tulang, gigi dan otot. Selain itu brokoli juga sangat baik untuk ibu hamil karena bisa menyimpan energi selama kehamilan dan saat menyusui.

3. Kubis (Kaya Kalsium)

Kubis merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk ibu hamil yang berperan aktif secara langsung dalam proses pembentukan kerangka tulang pada janin.

Jika dibandingkan dengan bahan makanan yang lain nya, kubis cenderung memiliki kandungan kalsium yang jauh lebih tinggi.

Maka dari itu, agar kebutuhan kalsium Anda di masa kehamilan bisa selalu terpenuhi dengan baik, Anda disarankan untuk mengonsumsi kubis secara rutin setiap beberapa hari sekali.

Satu hal yang harus Anda ingat, meski pun kubis telah terbukti dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin, namun kubis tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah. Hal ini dikarenakan kubis yang dikonsumsi dalam kondisi mentah dapat membahayakan janin yang ada dalam kandungan.

Berikut ini daftar kandungan nutrisi kubis yang sebaiknya bunda ketahui:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
68 105 1 0.8 1.5 19 252 55 0.2

Oh ya bund, anda jangan mengkonsumsi kubis ini dalam kondisi mentah ya, karena tidak baik untuk kesehatan janin anda. Konsumsilah kubis dalam keadaan matang, bisa dibuat sup misalnya. Nah, kira-kira apa manfaat kubis untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang lainnya? Berikut ini diantaranya:

  • Sebagaimana sudah disebutkan di awal, kubis ini kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk proses pembentukan tulang pada janin.
  • Kandungan zat besi dalam kubis sangat baik untuk mendorong pembentukan sel-sel darah merah dan melindungi ibu hamil dari anemia.
  • Kubis juga mengandung asam folat yang sangat baik untuk menjaga janin agar tidak mengalami cacat tabung syaraf.
  • Bahkan kubis juga mengandung serat yang bisa mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil, selain itu kubis menjadi sumber terbaik untuk kebutuhan vitamin K dan vitamin C.
  • Kubis memiliki peran yang sangat penting untuk ibu hamil yang ingin menerapkan pola makan diet, karena kubis hanya mengandung sekitar 300 kalori dan ini sesuai dengan kebutuhan gizi ibu hamil pada trimester kedua dan trimester ketiga.

4. Kembang Kol

Sama seperti kubis, makanan yang baik untuk ibu hamil yang satu ini juga sangat kaya akan kalsium dan asam folat. Jika dikonsumsi secara rutin di masa kehamilan, sayur kembang kol diyakini dapat membantu mengoptimalkan proses pembentukan tulang dan gigi janin yang ada dalam kandungan.

Tidak hanya itu, berkat kandungan asam folat nya yang sangat tinggi, kembang kol juga diyakini dapat membantu mengoptimalkan fungsi plasenta.

Berikut ini daftar kandungan nutrisi kembang kol selengkapnya:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
57 22 2.5 0.4 2.0 15 303 37 0.2

Kira-kira apa saja manfaat kembang kol untuk ibu hamil dan janin? Berikut ini rinciannya:

  • Manfaat kembang kol untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu ibu hamil dalam penyerapan zat besi sehingga melindungi ibu hamil dari anemia hal ini dikarenakan kembang kol kaya akan vitamin C, setidaknya dalam 100 gram kembang kol mencapai 52,3 mg vitamin C . Bahkan vitamin C juga bisa menjadi antioksidan pada bayi sehingga mencegah cacat dan kelahiran prematur.
  • Selanjutnya, kandungan asam folat pada kembang koo juga bermanfaat untuk membantu pembentukan fungsi plasenta dan memelihara kesehatan janin selama kehamilan. Kembang kol sangat baik dikonsumsi pada trimester pertama.
  • Kembang kol bermanfaat membantu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, dan menghindari cacat syaraf dan otot karena tinggi kalsium. Bahkan kembang kol juga mengandung serat sehingga bisa mencegah sembelit.

5. Kacang Hijau (Kaya Asam Folat)

Kacang hijau sangat kaya akan zat asam folat yang bermanfaat untuk proses perkembangan janin. Berkat kandungan asam folat dan kalsium nya yang sangat tinggi, kacang hijau telah terbukti dapat membantu mengoptimalkan proses perkembangan tulang dan organ tubuh janin yang ada dalam kandungan.

Tidak hanya itu, menurut hasil penelitian, mengkonsumsi kacang hijau yang dilakukan selama trimester pertama kehamilan juga telah terbukti dapat membantu mencegah terjadi nya penyakit pernafasan pada janin.

Berikut ini daftar kandungan nutrisi kacang hijau selengkapnya:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
625 132 16.3 6.7 23.9 189 1246 27 0.4

Kacang hijau ini selama ini terkenal menjadi sumber protein nabati yang baik untuk tubuh kita, ternyata bukan hanya itu, kacang hijau juga kaya akan kalsium, fosfor, dan asam lemak tak jenuh. Berikut ini manfaat kacang hijau untuk kesehatan ibu hamil dan janin:

  • Pertama, mengkonsumsi kacang hijau bagi ibu hamil pada trimester pertama akan menurunkan resiko penyakit pernafasan pada bayi.
  • Mengkonsumsi kacang hijau pada trimester pertama juga dapat mengurangi rasa mual.
  • Mengkonsumsi kacang hijau yang kaya akan kalium ini juga dapat mendukung kesehatan jantung pada ibu hamil dan janin.

6. Jeruk

Makanan yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah buah jeruk. Mayoritas dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Ya, buah yang memiliki rasa manis ini memiliki kandungan vitamin C dan potasium yang sangat tinggi.

Berkat kandungan vitamin C dan potasium yang terdapat di dalam nya, buah jeruk diyakini dapat membantu menghilangkan dan mengurangi rasa mual yang terjadi di masa – masa awal kehamilan.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, serta mengoptimalkan proses perkembangan otak janin di dalam kandungan.

Berikut ini kandungan nutrisi jeruk selengkapnya:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
17 43 2.4 0.1 0.7 10 169 11 0.1

Sangat tinggi bukan? Tidak heran kalau bumil akan mendapatkan begitu banyak khasiat dengan mengkonsumsi jeruk. Berikut ini diantaranya:

  • Pertama, mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C ini akan meningkatkan imunitas tubuh bumil sehingga tidak mudah sakit. Selain itu, juga bermanfaat untuk menjaga sistem pelepasan zat besi dan menjadi mineral yang penting untuk sistem kesehatan ibu hamil dan janin.
  • Dengan mengkonsumsi jeruk, maka janin bunda juga akan terjaga kesehatan otaknya dan melindungi janin dari masalah kesehatan pernafasan.
  • Manfaat jeruk untuk ibu hamil berikutnya adalah karena kandungan asam folat di dalamnya yang bermanfaat untuk untuk mendukung pembentukan sel-sel darah merah dan mendukung pengembangan plasenta yang sehat sehingga menghindari cacat janin.
  • Selain asam folat, jeruk juga mengandung kalium dan air yang bermanfaat untuk mencegah masalah dehidrasi pada ibu hamil. Selain itu, mengkonsumsi jeruk yang kaya serat akan mencegah bahaya obesitas bagi ibu hamil

7. Alpukat (Kaya Omega 3)

Makanan sehat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah buah alpukat.

Buah alpukat sangat kaya akan omega 3 dan asam folat. Berkat kandungan asam folat dan omega 3 yang terdapat di dalam nya, buah alpukat diyakini dapat membantu mencegah dan menghindari terjadi nya permasalahan cacat tabung syaraf pada janin di dalam kandungan.

Selain itu, buah alpukat juga dapat membantu mengoptimalkan proses pembentukan tulang dan gigi janin, serta dapat membantu mencegah terjadi nya anemia selama masa kehamilan.

Berikut ini daftar nutrisi selengkapnya:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
81 12 6.7 0.5 2.0 29 485 110 0.3

Selain manfaat di atas, mengkonsumsi buah alpukat juga memberikan abnyak manfaat lain, diantaranya seperti:

  • Mengkonsumsi buah alpukat ini bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang, gigi dan sistem otot, hal ini tidak lain karena buah ini kaya akan kandungan kalsium di dalamnya.
  • Selain kalsium buah alpukat juga kaya akan vitamin, mulai dari vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin B6. Jadi kebutuhan nutrisi anda akan terpenuhi dengan mengkonsumsi almpukat, selain itu juga anda akan terhindar dari masalah mual yang berlebihan pada ibu hamil.
  • Dengan mengkonsumsi buah alpukat bumil juga akan lebih tertenaga karena buah ini kaya akan zat besi sehingga bisa mencegah ibu hamil dari rasa lelah, lemah karena produksi sel darah merah yang turun dan kebutuhan yang sangat tinggi sepanjang kehamilan.
  • Buah alpukat ini juga dapat mencegah sembelit dan meningkatkan fungsi pencernaan pada usus, karena buah ini  kaya akan serat.
  • Dalam buah alpukat juga ditemukan kolin (22 mg/100 gram) sehingga sangat baik untuk mendukung perkembangan otak dan syaraf pada janin.
  • Alpukat juga membantu ibu hamil dalam menurunkan kolesterol dan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

8. Pisang (Kaya Kalium)

Buah yang baik untuk ibu hamil yang satu ini sangat kaya akan zat kalium, vitamin B6 dan omega tiga.

Selain itu, buah pisang juga memiliki rasa yang manis, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai makanan ibu hamil di masa – masa awal kehamilan.

Dengan rasa manis yang dimiliki nya, buah pisang biasa nya dapat membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa mual yang timbul di masa – masa awal kehamilan (trimester pertama).

Tidak hanya itu, di trimester ke tiga nanti, buah pisang juga dapat membantu mencegah dan mengatasi permasalahan kaki bengkak yang sering timbul di masa – masa akhir kehamilan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar nutrisi buah pisang yang sebaiknya bunda ketahui:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
20 5 2.6 0.3 1.1 0.3 358 27 0.4

Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang, akan memberikan banyak juga manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin, diantaranya adalah:

  1. Manfaat pertama buah pisang untuk ibu hamil adalah untuk pengembangan neurotransmiter, perkembangan syaraf bayi dan pembentukan sel darah merah, hal ini dikarenakan buah pisang kaya akan vitamin B6 (2,1 mg/100 gram).
  2. Selain itu, buah pisang ini juga bermanfaat untuk mencegah agar kaki tidak bengkak pada trimester ketiga karena memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi
  3. Buah ini juga dapat mencegah bumi dari gangguan pencernaan dan perut selama kehamilan seperti diare dan kekurangan cairan.

Simak manfaat selengkapnya: 26 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin

9. Pepaya (Kaya Kalium)

Makanan yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah buah pepaya. Buah pepaya sangat kaya akan serat, vitamin, dan kalium. Jika dikonsumsi secara rutin di masa kehamilan, buah pepaya dapat mencegah terjadi nya berbagai macam permasalahan pencernaan, seperti konstipasi, sembelit, dan lain sebagai nya.

Tidak hanya itu, berkat kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, buah pepaya juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Satu hal yang harus Anda ingat, jika Anda ingin mengonsumsi buah pepaya, usahakan buah pepaya tersebut sudah berada dalam kondisi yang benar – benar matang. Bila perlu, selepas dipetik dari pohon buah pepaya tersebut didiamkan terlebih dahulu selama 2 – 3 hari.

Hal ini dimaksudkan agar buah pepaya yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan getah berlebih yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan pada janin dan ibu hamil.

Berikut ini daftar nutrisi pada buah pepaya yang sebaiknya anda ketahui:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
38 24 1.8 0.1 0.6 10 257 25 0.1

Sebaiknya anda mengkonsumsi buah pepaya ini bukan pada trimester pertama karena dapat menyebabkan gangguan kerusakan pada janin.

Simak selengkapnya: 15 Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil dan Janin

10. Kacang Merah (Kaya Kalium)

Makanan yang baik untuk ibu hamil dan janin selanjutnya adalah kacang merah. Kacang merah ini selain kaya akan kalium juga tinggi protein yang baik dikonsumsi oleh bumil. Anda bisa mengkonsumsi kacang merah ini sebagai sup atau panganan lainnya. Berikut ini daftar nutrisi kacang merah selengkapnya:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
74 66 9.3 3 9.1 48 419 32 0.1

Kira-kira, apa saja manfaat kacang merah untuk kesehatan ibu hamil dan janin? Berikut ini selengkapnya:

  1. Kacang merah menjadi asupan protein, vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk menjaga organ tubuh agar tidak stress dan sumber nutrisi untuk janin.
  2. Kacang merah mengandung karbohidrat dan protein rendah lemak sehingga bisa membuat kebutuhan kalori terpenuhi selama kehamilan.
  3. Kacang merah juga mengandung serat sehingga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan selama kehamilan dan memenuhi kebutuhan zat besi untuk ibu hamil.

11. Tomat

Berikut ini daftar kandungan nutrisi di dalam tomat yang harus anda ketahui:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
15 10 1.2 0.3 0.9 11 237 3 0.1

Tomat ini bisa kita konsumsi dalam makanan yang kita konsumsi atau kita konsumsi secara langsung dengan cara membuatnya sebagai jus atau dimakan secara langsung. Namun kalau anda memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya tidak mengkonsumsi tomat.

Kira-kira apa saja manfaat buah tomat untuk ibu hamil dan janin? Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Pertama, buah tomat yang kaya nutrisi ini akan mendukung proses penyerapan zat besi dari berbagai jenis makanan yang masuk ke sistem pencernaan. Peran vitamin C dalam tomat mampu menyerap zat besi dan melindungi ibu hamil dari gangguan anemia.
  2. Selanjutnya, lycopane yang terdapat di dalam tomat ini bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan, selain itu, licopen ini juga berkhasiat untuk melindungi kesehatan janin.
  3. Terakhir, buah tomat kaya akan asam folat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan janin dan mendukung pembentukan penutupan tabung syaraf sehingga mencegah cacat spina bifida.

Artikel terkait: 15 Manfaat Buah Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil dan Janin

11. Kedelai yang Kaya Akan Omega 3

Selain kaya akan omega 3, kacang kedelai ini juga akan nutrisi lain, diantaranya yaitu:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
111 145 4.2 2.5 12.3 60 539 354 0.1

Sangat banyak sekali bukan nutrisi di dalam kacang kedelai ini. Kacang kedelai ini bisa diolah menjadi aneka makanan dan minuman.

Olahan kedelai yang sering kita jumpai seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan lain sebagainya. Karena banyaknya nutrisi di dalamnya, kacang kedelai ini sangat baik untuk bumil konsumsi, Kandungan protein nabati yang tinggi, asam folat dan serat di dalamnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh bumil dan janin.

Kira-kira apa saja manfaat kacang kedelai ini untuk ibu hamil dan janin? Berikut ini diantaranya:

  1. Pertama, kandungan zat besi dan asam  folat ini bermanfaat untuk menjaga produksi sel-sel darah merah dan mencegah cacat pada bayi.
  2. Mengkonsumsi kacang kedelai yang kaya akan asam fitrat ini bermanfaat untuk mencegah penyerapan tubuh terhadap berbagai jenis logam seperti merkuri, termasuk makanan penguat kandungan.

12. Kacang Almond Kaya Akan Kalsium

Kacang almond ini sangat kaya akan nutrisi, selain kaya akan kalsium, berikut ini daftar nutrisi kacang almond yang sangat luar biasa yang harus anda ketahui:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
50 269 12.2 3.7 21.2 268 705 6 0.1

Mengkonsumsi kacang almond ini saat sedang hamil akan memberikan dampak positif bagi ibu hamil dan janin nantinya.

Tetapi kalau bumil ada riwayat alergi terhadap kacang almond sebaiknya tidak mengkonsumsi kacang ini. Kira-kira apa saja manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan janin? Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Pertama, mengkonsumsi kacang almond yang kaya akan protein, vitamin E dan zat antioksidan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin secara umum
  2. Selain itu, kacang almond yang kaya protein ini akan membantu bumil untuk memecah karbohidrat sehingga sangat baik untuk menjaga ibu hamil agar selalu bugar dan sehat.

13. Buah Alpukat

Buah alpukat juga direkomendasikan untuk bumil konsumsi. Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini dapat anda jadikan sebagai cemilan yang menyehatkan.

Kandungan vitamin A di dalam buah alpukat ini bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan asam amino glutamin yang dapat melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari.

Selain itu, buah alpukat ini juga kaya akan asam folat yang berkhasiat untuk menunjnag perkembangan janin pada masa kehamilan. Asam folat sendiri berperan dalam membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin.

Bunda, anda sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah alpukat ini pada masa awal kehamilan. Pada masa awal inilah asam folat dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan asam folat ini, bisa dengan cara mengkonsumsi buah alpukat.

Buah yang biasanya dijadikan jus ini juga kaya akan vitamin B kompleks dalam buah tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi mual muntah pada saat hamil.

14. Konsumsi Juga Buah Mangga

Buah mangga menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil selanjutnya. Buah ini kaya nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Mengkonsumsi buah mangga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, buah ini Vitamin A dan C yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

mengkonsumsi buah mangga juga dapat mencegah dan mengatasi gejala morning sickness, dan kesulitan BAB yang biasa dialami wanita hamil.

15. Buah Anggur Juga Baik

Makanan yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah buah anggur. Buah ini memang lumayan mahal namun karena kandungan nutrisi di dalamnya sangat banyak, maka mahalnya harga akan terbayar dengan segudang manfaat di dalamnya. Buah ini kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk menstabilkan tingkat metabolisme.

Buah yang mungil ini juga kaya akan asam folat, kalium, fosfor, magnesium dan sodium yang baik selama kehamilan. Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan.

16. Buah Jeruk

Buah yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah jeruk. Buah ini bermanfaat untuk mengurangi mual, morning sickness dan masalah kesehatan yang biasa dialami selama kehamilan. Kandungan antioksidan didalam buah ini juga sangat bermanfaat untuk bayi.

17. Manfaat Lemon untuk Kehamilan

Selain jeruk, lemon juga bermanfaat loh untuk ibu hamil. Buah ini bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan, menyingkirkan mual dan sakit pagi selama kehamilan. Selain itu, lemon dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

18. Mengatasi Sembelit Saat Hamil dengan Pisang

Makanan yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah buah pisang. Buah pisang ini bermanfaat untuk mengatasi sembelit loh. Sebagaimana yang secara umum terjadi, bumil kerap mengalami sembelit ketika hamil.

19. Buah Berry

Beragam buah berry mulai dari bluberry, blackberry, rasberry dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk bumil dan janin. Hal ini dikarenakan buah berry ini kaya akan antioksidan. Dengan mengkonsumsi buah ini resiko cacat lahir dapat dikurangi.

20. Strawberry

Buah ini memang masuk dalam daftar buah berry di atas, namun karena buah ini lebih mudah didapat maka ada baiknya juga kalau kita rincikan apa saja manfaat buah strawberry untuk ibu hamil. Berikut ini daftar kandungan nutrisi buah strawberry yang sangat banyak:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
24 16 2 0.4 0.7 13 153 65 0.1

Buah yang kaya akan asam folat dan vitamin ini memberikan banyak sekali manfaat untuk ibu hamil dan janin. Beberapa manfaat buah strawberry untuk ibu hamil dan janin, daantaranya adalah:

  1. Selain antioksidan yang tinggi, buah strawberry ini juga kaya sera yang akan membuat perut merasa kenyang dan sangat baik untuk ibu hamil yang ingin tetap mempertahankan berat badan.
  2. Kandungan vitamin C nya yang tinggi membuat buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur tekanan darah dan menghindarkan janin dari penyakit jantung.
  3. Selain itu, buah yang asem manis ini juga kaya akan mangan yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit inflamasi selama kehamilan.
  4. Selain mangan, buah ini juga kaya mineral lain seperti kalium, magnesium juga memiliki kandungan vitamin K yang bermanfaat untuk menjaga sistem kesehatan tulang pada janin.
  5. Terakhir, buah strawberry juga kaya akan yodium yang sangat ampuh untuk menjaga fungsi otak dan sistem syaraf pada bayi.

21. Buah Apel Juga Masuk

Buah yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah buah apel yang kaya akan vitamin dan anti oksidant. Selain dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, buah ini dapat menjaga berat badan agar tetap terkontrol. Jadi, dengan mengkonsumsi buah apel anda bisa memenuhi asupan gizi sambil menjalani diet sehat.

22. Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga si buah super ini juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah yang belakangan sangat populer ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan, mengatasi mual muntah dan meningkatkan sistem imunitas tubuh ibu hamil.

Makan yang Baik untuk Ibu Hamil yang Mencerdaskan Anak

Selain makanan di atas, beberapa makanan berikut ini baik untuk anda konsumsi karena bermanfaat untuk mencerdaskan otak anak anda:

Jangan lupa untuk: 13 Aplikasi Ibu Hamil yang Akan Menjadi ‘Dokter’ Pribadi Anda!

1. Ikan Salmon yang Kaya Omega 3

Ikan Salmon yang Kaya Omega 3

Ikan Salmon yang Kaya Omega 3

Siapa sih yang tidak mau anaknya cerdas? Semua orang tua pasti menginginkan anak yang lahir kelak adalah anak yang genius, bukan sekedar pintar saja.

Untuk mendapatkannya, orang tua harus mempersiapkan sejak dini. Nah, salah satunya adalah memenuhi kebutuhan otak anak sejak dalam kandungan.

Mengkonsumsi ikan salmon adalah salah satu solusinya. Ikan salmon ini kaya akan omega-3 yang tebrukti dapat meningkatkan kecerdasan anak anda.

Selain kaya akan omega 3, ikan salmon ini juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya, berikut ini diantaranya:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
34 15 0.3 22.1 30 384 2260 0.6

Sangat banyak sekali bukan? Pantas saja mengkonsumsi ikan salmon ini dapat mencerdaskan otak anak. Selain untuk mencerdaskan otak anak, berikut ini beberapa manfaat ikan salmon selengkapnya:

  1. Seperti yang sudah disebutkan diawal-awal, ikan salmon yang merupakan sumber asam lemak omega 3 tak jenuh dan DHA ini bermanfaat untuk memperkuat kecerdasan dan fungsi otak. Konsumsi terbaik ikan salmon perlu ditingkatkan saat usia kehamilan masuk ke trimester kedua dan ketiga.
  2. Selain mencerdaskan otak janin, mengkonsumsi ikan salmon ini juga bermanfaat untuk bisa mengurangi masalah kesehatan jantung pada ibu hamil dan janin.
  3. Kandungan kalium yang tinggi pada ikan salmon ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Telur yang Kaya Akan Protein

Selain ikan salmon yang lumayan sulit untuk mendapatkannya, telur bisa menjadi alternatifnya loh. Meskipun memang tidak sama dengan ikan salon sih. Tetapi telur setidaknya mengandung Choline yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak pada bayi.

Berikut ini daftar kandungan nutrisi telur lainnya:

Asam Folat(mcg) Kalsium (mg) Serat (g) Zat Besi (mg) Protein (g) Magnesium (mg) Kalium/Potasium (mg) Omega 3 (mg) Vitamin B6 (mg)
47 53 1.8 12.6 12 134 74 0.1

Makanan murah meriah yang kaya akan protein, lemak, mineral dan vitamin yang sangat lengkap ini sangat bermanfaat untuk bumil dan janin. Berikut ini manfaat telur untuk ibu hamil dan janin selengkapnya:

  1. Pertama, kandungan protein di dalam telur ini bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan janin dan sumber tenaga bagi ibu hamil.
  2. 12 vitamin dan mineral di dalam telur ini mendukung pertumbuhan dan otak bayi. Bahkan asam folat pada telur mendukung bayi agar terhindari dari cacat tabung dan syaraf.
  3. Terakhir, mengkonsumsi telur oleh bumil ini juga dapat membantu ibu hamil agar tidak memiliki kolesterol yang terlalu tinggi. Namun disarankan untuk mengkonsumsi kuning telur dalam jumlah yang terbatas.

Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

Oh ya bund, selain daftar makanan yang baik untuk ibu hamil diatas, berikut ini juga kami rangkum daftar makanan yang sebaiknya bunda hindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya:

1. Daging Mentah

Pertama adalah daging mentah. Daging mentah baik itu yang berasal dari sapi, kambing, unggas yang mentah atau yang setengah matang sekalipun sebisa mungkin untuk dihindari karena dikhawatirkan terkontaminasi oleh bakteri koliform, toksoplasmosis, dan salmonella. Bakteri ini sangat berbahaya untuk kesehatan janin Anda.

Oh ya bund, buat anda yang biasanya mengkonsumsi daging siap saji sebaiknya anda bekukan terlebih dahulu selama 4 hari di freezer untuk membunuh parasit, membuat daging lebih aman untuk dikonsumsi.

pastikan juga anda memasak daging dengan benar, hingga benar-benar matang. Sebaiknya anda ungkep terlebih dahulu daging yang akan anda masak, terutama unggas.

2. Deli Meat

Selain daging mentah, sebaiknya anda juga menghindari daging deli meat, atau daging yang dipotong dalam bentuk lembaran. Daing ini biasanya digunakan untuk untuk campuran sandwich dan humburger.

Ternyata daging yang dipotong dalam bentuk lembaran ini telah diketahui terkontaminasi dengan bakteri listeria, yang dapat menyebabkan keguguran.

Wah, sangat mengerikan sekali bukan. Bakteri listeria memiliki kemampuan untuk melewati plasenta dan dapat menginfeksi bayi, yang dapat menyebabkan infeksi atau keracunan darah dan mungkin akan mengancam jiwa. Jika anda ingin memakan daging ini, pastikan Anda memanaskan kembali dagingnya sampai benar-benar matang.

3. Kafein

Bunda sebaiknya ketika hamil jangan mengkonsumsi kafein. Kafein ini merupakan zat psikoaktif yang biasanya ditemukan di dalam kopi, teh, minuman ringan dan coklat.

Tahukah anda, kafein ini sangat mudah dan cepat diserap oleh janin begitu kita konsumsi. Hal ini dapat mengakibatkan menghambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko berat lahir rendah saat melahirkan.

Bahkan, bukan hanya lahir rendah (kurang dari 2,5 kg), mengkonsumsi kafein berlebihan ini juga dapat meningkatkan risiko kematian bayi dan risiko penyakit kronis yang lebih tinggi di masa dewasa, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kalaupun anda tetap ingin mengkonsumsi kafein, usahakan untuk tidak lebih dari 200 mg per hari, atau sekitar 2-3 cangkir kopi.

4. Alk*hol

Sudah jelas sekali kalau alk*hol ini tidak baik untuk dikonsumsi, baik oleh orang yang tidak hamil apalagi oleh bumil. Apalagi negara kita yang mayoritas islam, tentu tidak perlu berpanjang lebar lagi mengenai hukum mengkonsumsinya.

Kalau dari segi medis, mengkonsumsi alkoh*ol ini dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran mati. Bahkan sejumlah kecil dapat berdampak negatif pada perkembangan otak bayi Anda.

Mengkonsumsi alkoh*l ini juga dapat mengakibatkan alk*hol janin. Sindrom ini melibatkan kelainan bentuk wajah, cacat jantung dan keterbelakangan mental.

5. Telur Mentah

Mengkonsumsi telur mentah juga sangat tidak direkomendasikan karena telur mentah bisa terkontaminasi Salmonella.

Infeksi Salmonella ini dapat mengakibatkan demam, mual, muntah, kram perut dan diare. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi dapat menyebabkan kram di rahim, menyebabkan kelahiran prematur atau kematian ketika lahir.

6. Ikan yang Mengandung Merkuri

Hindari juga ikan yang ikan yang mengandung merkuri. Merkuri ini merupakan ogam berat yang berbahaya bagi kesehatan sistem saraf, sistem kekebalan tubuh serta ginjal kita.

Biasanya ikan yang tercemar merkuri ini adalah ikan yang besar dan hidup di lautan. Beberapa ikan besar di lautan yang sering tercemar oleh merkuri ini yaitu;

  • Hiu
  • Ikan todak
  • Makarel raja
  • Tuna (terutama tuna albacore)

***

Nah, itu lah beberapa bahan makanan yang baik untuk ibu hamil dan janin. Selain bahan makanan di atas sebenarnya masih ada banyak lagi bahan makanan yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Semoga bermanfaat untuk bumil ya, jangan lupa juga untuk sering konsultasi dengan bidan terkait perkembangan janin anda.

Beberapa masalah yang sering muncul ketika hamil:

Leave a Reply