25 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Air Kelapa – Buah kelapa merupakan buah yang banyak tumbuh diindonesia. Buah kelapa memiliki daging buah yang dapat menghasilkan air santan yang dapat dijadikan kuah dalam masakan, dan memiliki air. Manfaat air kelapa  dapat menghilangkan rasa haus yang  mengandung banyak ion positif .

Buah kelapa sangat mudah ditemukan di pasaran dan memiliki harga yang cukup ekonomis. Manfaat air kelapa sangat beragam seperti menjaga kesehatan tubuh, serta baik untuk merawat kecantikan

Selain dikonsumsi secara langsung buah kelapa dapat diolah menjadi nata de coco yang dapat dijadikan campuran minuman atau es buah serta dapat dijadikan minyak kelapa. 

Loading...

Tidak heran kenapa sajak dahulu nenek moyang kita sudah menjadikan air kelapa hijau sebagai minuman setelah melakukan berbagai aktivitas berat. Karena selain menghilangkan dahaga, air kelapa hijau memiliki kandungan nutrisi yang dapat menggantikan cairan tubuh secara instant.

Manfaat Air Kelapa

Manfaat Air Kelapa

Kandungan Air Nutrisi Kelapa Hijau

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daging dan air kelapa hijau yang harus ada ketahui:

Kandungan Per 100 gram Daging Buah Muda Daging Buah Matang Daging Buah Tua Air Kelapa
Kalori (kal) 36,04 101,23 202,46 17
Air (g) 44,15 37,1 24,86 95.5
Protein (g) 0,53 2,12 1,80 0.2
Lemak (g) 0,48 7,95 18,39 0.1
Karbohidrat (g) 7,42 5,3 7,42 3.8
Mineral (g) 0,42 0,53 0,53 0.4
Kalsium (mg) 3,71 4,24 11,13 15
Fosfor (mg) 15,9 29,15 51,94 8
Zat Besi (mg) 0,53 0,69 1,06 0.2
Vit. C (mg) 2,12 2,12 1,06 1
Sumber : Daftar Analisis Bahan Makanan FKUI

Bagiamana? Snagat banyak sekali bukan? Tidak heran kalau ada banyak sekali produk kesehatan dan kecantikan yang menjadikan kelapa hijau sebagai bahan baku utamanya, selain bernutrisi tinggi jdua sangat mudah didapatkan tentunya.

Manfaat Air Kelapa yang Sangat Luar Biasa

Manfaat air kelapa  yang paling mudah kita lihat adalah dapat mengganti ion tubuh yang hilang sehingga dengam meminum air kelapa dapat membuat efek segar bagi tubuh. Selain manfaat air kelapa tersebut ada banyak manfaat air kelapa terutama kelapa hijau seperti:

  1. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang berlebih sangat mengganggu penampilan dan kesehatan. Untuk menurunkan berat badan hal pertama yang dilakukan adalah diet ketat. Atau banyak juga yang menginginkan penurunan berat badan secara instan seperti mengkonsumsi pil diet. Namun yang namanya obat kimia pasti memiliki efek samping yang buruk.

Ada cara alami yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa efek samping yaitu menggunakan air kelapa hijau secara rutin karna beberapa kandungan yang terdapat pada air kelapa mampu membantu keberhasilan diet anda.

Lemak, kadar gula, dan kalori pada air kelapa sangat rendah jadi mengkonsumsi air kelapa sebagai obat diet tidak akan menimbulkan efeksamping.

  1. Menetralkan racun

Sejak kita kecil dulu saat kita mengalami keracunan kita akan diberi minum air kelapa. Memang manfaat air kelapa yang satu ini sudah diketahui sejak dulu. Karna air kelapa dapat menetralkan racun yang ada pada tubuh serata dapat membuang racun yang mengendap pada tubuh.

Air kelapa memiliki sifat anti racun yang terdapat pada kandungan Tanin dan Antidotum yang dapat menetralkan racun. Serta memiliki enzim yang dapat mengurangi sifat racun

  1. Menghilangkan dehidrasi

Kekurangan air dapat membuat kita dehidrasi serta kehilangan konsentrasi. Air kelapa yang bersifat air juga dapat memenuhi kebutuhan air pada tubuh serta memiliki kandungan elektrolit yang dapat menggantikan cairan tubuh  yang hilang. Serta memiliki kandungan potasium yang dapat tekanan dalam sel darah.

  1. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Air kelapa juga dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan janin karna memiliki kandungan asam laurat yang bersifat anti jamur, anti bakteri, dan anti virus yang sering menyerang ibu hamil karna ketahanan tubuh ibu hamil sering mengalami gangguan jadi dengan mengkonsumsi air kelapa dapat menjaga ibu hamil dari berbagai penyakit.

  1. Sumber tenaga

Air kelapa memiliki banyak vitamin yang dapat digunakan sebagai penambah tenaga, serta memiliki efek normalisasi. Air kelapa merupakan minuman alami sumber enegi alami Serta air kelapa sangat mudah diserap.

Di dalam air kelapa juga terdapat kandungan gizi, vitamin, dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan harian anda. Anda dapat menambahkan madu pada air kelapa maka akan menambah kasiat dari air kelapa.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat air kelapa yang kita rasakan ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dengan banyaknya vitamin yang terdapat pada air kelapa menjadikanny tergolong dalam minuman sehat.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Air dibutuhkan ginjal untuk membantu proses penyaringan dan pemisahan antara sampah dan nutrisi. Jika kekurangan air akan memperberat kerja ginjal, dengan kandungan elektrolit pada air kelapa yang dapat menggantikan cairan yang hilang jadi dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita.

Baca juga: 19 Obat Alami Penyakit Ginjal yang Terbukti Ampuh

  1. Menjaga sistem pencernaan

Air kelapa yang bersifat anti racun juga dapat membuang sampah dan kotoran melalui sistem pembuangan.  Air kelapa dapat membantu masalah yang terjadi pada sistem pencernaan yang dapat melancarkan sistem pembuangan.

  1. Menangkal radikal bebas

Zat antioksidan pada air kelapa yang telah kita ketahui manfaatnya secara umum yaitu mampu menangkal radikal bebas yang banyak terdapat pada lingkungan sekitar kita yang tidak dapat kita hindari.

  1. Menjaga tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat dikontol dengan nutrisi yang terkandung pada air kelap karna di dalam air kelapa terdapat magnesiun dan kalium. Kedua zat ini mampu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang dapat memperbaiki sirkulasi darah, dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, kata Dr Bruce Fife, direktur Kelapa Research Center.

Selain itu, Dr Bruce juga menjelaskan bahwa air kelapa hijau juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak, menjaga penyerapan gula dan meningkatkan sensitivitas insulin. Orang yang menghadapi risiko tekanan darah tinggi dan stroke membutuhkan lebih banyak kandungan kalium dan natrium, tapi saya ingin melihat penelitian lebih lanjut tentang (air kelapa), kolesterol dan diabetes.

Simak juga Daftar Buah untuk Penderita Penyakit Diabetes

  1. Mengobati migran

Selain dapat mengontrol tekanan darah agar tetap stabil magnesium juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kepala sebelah atau migran

  1. Menjaga kadar kolestrol

Air kelapa memiliki kandungan lemak yang sangat rendah sehingga dapat membantu menjaga kadar kolestrol. Jadi jika kadar kolestrol jahat pada tubuh anda tinggi sebaiknya konsumsi air kelapa agar kadar koletrol terjaga

  1. Mendukung sistem imun

Sistem imun atau kekebalan tubuh berfungsi malawan virus, dan bakteri yang masuk kedalam tubuh kita. Jika sistem imun anda melemah, mengkonsumsi air kelapa menjadi solusi karna air kelapa memiliki sifat anti virus dan anti bakteri sehingga dapat menguatkan sitem imun.

  1. Meningkatkan kolestrol baik

Lemak jahat pada  tubuh dapat di kontrol menggunakan air kelapa yang mengandung lemak yang sangat rendah ternyata hal itu dapat menaikkan kadar kolestrol baik. Jadi konsumsilah air kelapa agar koletrol baik anda meningkat kadarnya.

  1. Mencegah penuaan dini

Anti oksidan pada air kelap dapat mencegah terjadinya penuaan dini akibat dari radikal bebas. Dengan menkonsumsi air kelapa dapat menjaga kekenyalan serta keremajaan kulit wajah anda sehingga anda terlihat awet muda. Selain karena antioksidan, kandungan asam laurat dan sitokinin dikatakan dapat menyeimbangkan kadar pH, memperkuat jaringan ikat dan bahkan menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia.

Anda bisa mengoleskan ke kulit untuk mengurangi jerawat, selulit, eksim, stretch mark, keriput, bintik-bintik usia dan kulit kendur. Walaupun kebenaran informasi ini perlu mendapatkan bukti dari penelitian dari para ahli.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kulit yang terserang bakteri dan jamur akan menimbulkan berbagai masalah. Air kelapa sangat baik untuk mengatasi masalah kulit tersebut karna air kelapa memiliki sifat anti bakteri dan jamur yang dapat membunuh bakteri dan jamur pada kulit anda.

  1. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan kebotakan. Mengkonsumsi air kelapa dapat menyehatkan rambut dan mencegh terjadi kerontokan dengan bantuan beberapa zat yang terdapat pada air kelapa seperti glukosa, asam amino, fruktosa, sakarosa, mineral, dan sukrosa.

Selain dapat dikonsumsi untuk merawat rambut rontok dari dalam juga dapat melakukan perawatan dari luar dengan cara mengoleskan air kelapa setelah keramas lalu pijat perlahan kulit kepala yang telah diolesi air kelapa selama 5 menit lalu keringkan tak perlu dibilas karna air kalapa yang bersifat sama seperti air boasa.

  1. Menjaga kesehatan usus

Air kelapa juga dapat merawat usus dari bakteri jahat yang dapat mengkibatkan kerusakan usus. Dengan air kelapa yang memiliki sifat anti bakteri maka bakteri jahat yang berkembang di usus. Cintai ususmu minum air kelapa tiap hari.

  1. Menghaluskan kulit

Air kelapa juga dapat menghaluskan kulit karna dapat membentuk jaringan kolagen pada kulit menggunakan senyawa yang terdapat pada air kelapa. Dengan mengkonsumsi air kelapa dapat membuat kulit kita menjadi halus, atau dengan rajin mencuci muka menggunakan air kelapa maka akan mempercepat penghalusan kulit karna dirawat dari dalam dan dari luar.

  1. Mengobati deman

Saat anak anda demam sebaiknya beri air kelapa sebagai pertolongan pertama. Meminum air kelapa secara langsung dipercaya mampu menurunkan demam serta anda bisa menambahkan madu jika ada untuk hasil yang maksimal.

  1. Mengobati panas dalam

Panas yang terjadi didalam tubuh kita jika tidak diobati akan berpengruh buruk bagi tubuh. Akan membuat seluruh organ tubuh menjadi panas serta otak pun menjadi panas membuatnya kesulitan untuk berfikir. Sebaiknya anda meminum segelas air kelapa yang ditambah 2 sendok madu dapat meredakan panas dalam anda.

  1. Merangsang pertumbuhan kolagen

Senyawa yang terdapat pada air kelapa juga dapat merangsang pertumbuhan jaringan kolagen serta kandungan vitamin C pada air kelapa dapat membantu pembentukan kolagen yang dapat merawat kulit dan tulang.

  1. Menghilangkan batu ginjal

Kandungan kalium yang dapat memainkan peran kunci dalam proses alkali urin pada air kelap serta dapat mencegah pembentukan batu ginjal serta dapat mengeluarkan batu ginjal melalui air seni.

Berdasarkana informasi dari Kidneyfailureweb.com, banyak penelitian yang menemukan bahwa air kelapa muda memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, anti-inflamasi dan antioksidan. Bagi orang-orang yang mengalami penyakit ginjal, lebih rentan terhadap masalah infeksi dan inflamasi. Sehingga mengonsumsi air kelapa hal yang baik untuk mereka.

Beberapa zat dalam air kelapa memiliki fungsi diuretik, agar limbah dan racun dapat lebih baik dan lancar untuk dikeluarkan dari tubuh.

Minum air kelapa dapat menyediakan kecukupan pasokan cairan ke sel-sel ginjal, bermanfaat untuk meningkatkan energi pasien, meningkatkan volume darah dan mencegah masalah kulit. Dengan lebih banyak energi, maka memberikan manfaat pada pasien agar mampu melawan penyakit.

Air kelapa Kaya yang membantu untuk mengatur ketidakseimbangan elektrolit dan untuk re-hidrasi tubuh. Air kelapa sering digunakan untuk mengobati dehidrasi karena disentri, penyakit kolera, diare dan flu perut.

Dengan kandungannya tersebut, air kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, termasuk untuk kesehatan ginjal dan menjaga fungsi ginjal agar tetap dapat bekerja dengan baik.

24. Menurunkan resiko depresi

Menurut bembu.com, magnesium yang terkandung di dalam air kelapa sudah terbukti secara klinis membantu mengobati gejala-gejala depresi.

Minum air kelapa membantu Anda untuk menjaga kondisi pikiran yang sehat, hal itu karena kandungan magnesium merupakan mineral penting untuk menjaga fungsi otak.

Dengan, rajin konsumsi air kelapa, dapat membantu Anda untuk mencapai suasana hati (mood) yang lebih positif, sehingga aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan kegembiaraan dan semangat.

25. Menambah energi di dalam tubuh

Air kelapa hijau untuk bermanfaat untuk menambah energi tubuh kita. Apalagi setelah melakukan berbagai aktivitaas berat. Nah dengan mengkonsumsi air kelapa hijau ini, maka energi kita akan tergantikan dengan cepat dan instan.

Agar lebih maksimal lagi, anda bisa menambahkan madu saat mengkonsumsi air kelapa hijau. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau dan madu, maka energi anda akan bertambah selama melakukan aktivitas sehari-hari.

Menurut Dietoflife.com, bahwa air kelapa disebut sebagai air ajaib. Katanya air kelapa sangat penting keberadaannya dalam konflik perang masa lalu. Ketika itu, air kelapa sering digunakan sebagai pengganti plasma darah, sehingga saat itu air kelapa sangat penting untuk kelangsungan hidup sejumlah besar korban perang.

Banyak orang yang terluka cukup buruk lalu diberikan air kelapa selama pertempuran mengerikan dan berkepanjangan tersebut. Adapun saat ini, air kelapa hampir digunakan oleh semua negara di dunia.

Air kelapa dianggap sebagai detoksifikasi yang termasuk paling sehat bagi tubuh. Air kelapa membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, kencing nanah, penyakit gusi, membunuh virus yang menyebabkan influenza, mengatasi jenis penyakit menular dan tifus.

Minum air kelapa memberikan manfaat besar bagi energi tubuh, yang sangat berguna bagi mereka menderita kelelahan kronis.

Air kelapa juga merangsang produksi hormon tiroid yang bertindak sebagai diuretik alami, bermanfaat untuk mengatasi masalah ginjal, bermanfaat untuk kesehatan (dan mencegah infeksi) saluran dan kandung kemih, dan menurunkan resiko yang disebabkan oleh batu ginjal.

Efek Samping Terlalu Banyak MInum Air Kelapa Hijau

Meskipun menyehatkan untuk tubuh, ternyata mengkonsumsi air kelapa hijau dalam jumlah yang berlebihan tidaklah baik. Mengkonsumsi air kelapa hijau tentu saja harus dalam jumlah yang wajar supaya manfaat di atas yang sudah dijabarkan tidak hilang dan berganti dengan efek samping.

Berdasarkan situs Tribunnews.com, menurut penjelasan Dokter Umum Klinik Keluarga Antasari Bandar Lampung, Dr. Yoshika Kurniasari, bahwa setelah melakukan aktifitas yang melelahkan yang mengeluarkan banyak keringat. Ternyata, minum air kelapa saja tidaklah cukup.

Ha itu karena saat mengeluarkan keringat, tubuh mengalami kekurangan sodium. Adapun kadar sodium di dalam air kelapa tidaklah mencukupi untuk mengganti kekurangan sodium di tubuh kita. Sehingga selain minum air kelapa, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air mineral atau air putih yang mencukupi tubuh.

Air kelapa memang minuman yang rendah lemak, akan tetapi jangan menjadikan air kelapa sebagai “obat penurun berat badan” sehingga menkonsumsi air kelapa secara berlebihan, yang berakibat justru menyebabkan diare.

Adapun bagi orang yang mengalami sembelit, maka mengkonsumsi air kelapa (secukupnya) memiliki manfaat untuk membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.

Walaupun asam amino di dalam air kelapa lebih tinggi dari pada kandungan asam amino yang ada di dalam susu sapi, bukan berarti kita berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa. Karena susu mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap dibndingkan air kelapa.

Sehingga mengganti susu dengan air kelapa (sehingga tidak mengkonsumsi susu sama sekali), menyebabkan Anda dapat mengalami kekurangan nutrisi.

Air kelapa memang bermanfaat bagi penderita penyakit batu ginjal, akan tetapai konsumsi cukup banyak air kelapa malah bisa berbahaya bagi seseorang yang fungsi ginjalnya telah mengalami penurunan, seperti yang paling buruk yaitu dapat membahayakan jantung.

Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada penderita batu ginjal, karena kandungan kalium dan zat elektrolit lainnya dalam air kelapa bisa menyebabkan resiko hiperkalemia.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan bukan? Bisa jadi tambah suka minum kelapa muda yang segar dan nikmat ini bukan?

Loading...

Demikianlah ulasan speutar manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini dengan yang lain, sehingga bermanfaat juga untuk yang lainnya. Baca juga 9 Resep Teh Hijau Untuk Diet

loading...

Leave a Reply