26 Manfaat Air Putih Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

Manfaat Air Putih Hangat – Air putih merupakan salah satu kebutuhan pokok tubuh kita. Lebih dari 70 % tubuh kita berisi cairan yang didapat dari mengkonsumsi air putih. Selain dapat menghilangkan haus secara langsung mengkonsumsi air putih juga memiliki banyak manfaat lain.

Kebanyakan orang mengkonsumsi air putih yang didinginkan di dalam kulkas. Katanya agar lebih segar dan dapat menghilangkan haus dengan cepat. Padahal air yang didinginkan di kulkas justru akan membuat kita lebih mudah haus.

Sebaiknya konsumsi air dalam keadaan hangat. Manfaat air putih hangat sangat beragam. Selain dapat menghilangkan haus dan rasa pedas dengan cepat, manfaat air putih hangat sangat banyak sekali di dunia kesehatan.

Air putih hangat yang baik untuk kesehatan adalah yang tidak berbau, tidak berwarna, dan sudah dimasak hingga mendidih untuk mensterilkannya dari kuman dan bakteri. Selain mengkonsumsi air hangat murni menambahkan bahan lain juga dapat membantu menambah manfaat air putih hangat seperti air putih hangat dicampur madu, lemon, dan jahe.

Mulailah mengubah kebiasaan kita dengan rajin mengkonsumsi air putih hangat terutama saat bangun tidur dan saat akan tidur. Sebelum kita beraktivitas di pagi hari minum segelas air putih hangat terlebih dahulu untuk mencegah dehidrasi dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan mengganti kebiasaan minum kopi atau teh di pagi hari dengan minum segelas air putih hangat.

manfaat air putih hangat untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat air putih hangat untuk kesehatan dan kecantikan

26 Manfaat Air Putih Hangat untuk Kesehatan

Manfaat air putih hangat atau air hangat kuku sangat beragam, dapat menyehatkan tubuh dan membantu merawat kulit serta rambut. Jika anda belum mengetahui secara pasti apa saja manfaat air putih hangat, mari kita simak ulasan berikut ini :

1. Menghilangkan Rasa Haus dan Rasa Pedas

Saat kita makan tiba-tiba kita merasa kepedasan lalu kita minum air kulkas hal itu bukannya menghilangkan rasa pedas justru menambah tajam rasa pedas yang kita rasakan. Sebaiknya minum air putih hangat. Meski seketika rasa pedas bertambah pedas namun hanya sesaat setelah itu rasa pedas yang kita rasakan akan menghilang.

Manfaat air putih hangat yang utama yang dapat kita rasakan langsung khasiatnya adalah menghilangkan haus. Jangan tunda mengkonsumsi air putih hangat saat anda merasa haus.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat air hangat selanjutnya adalah membantu melancarkan metabolisme tubuh serta membantu memperlancar pembakaran lemak. Jika lemak mampu dibakar dengan baik makan lemak yang menumpuk di dalam tubuh akan menghilang. Jadi mengkonsumsi air hangat secara teratur akan membantu kita mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Caranya adalah sebagai berikut

  • Sarapan : sebelum memulai sarapan pagi awali dengan mengkonsumsi segelas air hangat setelah 10 menit baru mulai sarapan anda dengan makanan kaya serat dan rendah kalori dan tetap minum air putih disela-sela makan agar porsi makanan yang anda konsumsi sedikit karena perut sudah merasa kenyang dengan minum air putih hangat.
  • Makan siang : sebaiknya minum 2 gelas air hangat sebelum makan siang dimulai, untuk membantu anda merasa kenyang sebelum makan agar makanan yang anda konsumsi sedikit jumlahnya.
  • Makan malam : minum segelas air putih hangat dan salad sayuran agar berat badan anda tetap terjaga.
  • Minuman Sehat Pembakar lemak : untuk menambah keampuhan air putih hangat untuk menurunkan berat badan anda dapat menambahkan perasan air lemon. Dikonsumsi di pagi dan malam hari untuk membantu memecahkan lemak yang menumpuk pada tubuh anda.

Simak juga 5 Cara Diet Tanpa Nasi, Prinsip dan Menu untuk Turun Berat Badan Lebih Cepat

2. Menghilangkan Rasa Gatal Di kerongkongan

Rasa gatal pada kerongkongan dapat disebabkan adanya dahak yang menempel pada kerongkongan dan sulit dikeluarkan saat kita sedang terserang batuk. Mengkonsumsi segelas air putih hangat akan membantu mengurangi rasa gatal pada kerongkongan atau anda dapat menambahkan perasan air jeruk nipis agar rasa gatal pada kerongkongan anda cepat sembuh.

3. Melegakan Hidung Tersumbat

Mengkonsumsi air hangat saat anda terserang flu akan membantu meredakan beberapa gejalanya seperti hidung tersumbat. Cobalah cara ini saat anda sedang flu maka masalah anda akan teratasi. Anti biotik alami yang terdapat pada air putih hangat akan membantu melawan virus yang menyebabkan hidung tersumbat.

4. Detox Alami

Kekurangan cairan akan menumpuk berbagai racun didalam tubuh. Terutama sistem pencernaan yang sangat rentan terserang racun dan virus. Mengkonsumsi air hangat dapat dapat membantu detox secara alami atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Beberapa penyebab racun menumpuk pada tubuh :

  • Organ pencernaan yang dilalui makanan adalah usus. Kekurangan serat dan cairan akan menghambat proses penyerapan makanan dan menghambat sistem pembuangan. Sedangkan makanan adalah sumber terbesar penghasil racun dan toksin jika pembuangan dan penyerapan terhambat maka  akibatnya racun dan sisa makanan akan mengendap di dalam tubuh terutama di usus.
  • Berbagai jenis makan yang tidak baik bagi tubuh seperti makanan berlemak jahat, berminyak, kolesterol tinggi, pengawet serta pemanis buatan juga akan dicerna dan melalui organ pencernaan seperti usus.
  • Berbagai makan yang tidak baik tersebut tidak dapat dicerna dan diserap oleh tubuh. Kurang cairan dan serat serta kurang olah raga akan menyebabkan semua racun tersebut mengendap di dalam tubuh. Yang sebenarnya dapat dikeluarkan melalui keringat dan urine serta fases.
  • Racun yang menumpuk pada tubuh akan menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kanker usus jika tidak segera dikeluarkan.

Saat ini banyak salon kecantikan yang menawarkan sauna untuk mengeluarkan racun pada tubuh melalui keringat namun itu tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk sekali detok saja. Sebaiknya anda coba cara alami menggunakan air putih hangat. Lalu bagai manakah cara melakukan detok secara alami menggunakan air hangat. Mari kita lihat caranya berikut ini :

  • Saat bangun tidur minumlah 2 gelas air hangat lalu lakukan olah raga ringan seperti jalan dan bersepeda agar anda berkeringat, racun akan keluar bersama keringat yang keluar.
  • Cara berikutnya adalah sebelum tidur minum air putih hangat sebanyak 2 gelas. Dan Perbanyak minum air putih hangat agar kita selalu merasa ingin buang air kecil sehingga racun dan toksin akan larut dan keluar melalui air seni dan fases.

5. Membantu Pergerakan Usus

Sembelit adalah penyakit yang disebabkan adanya gangguan yang terjadi pada usus karena kekurangan cairan dan dehidrasi. Hal ini menyebabkan sakit saat buang air besar. Jadi perbanyak konsumsi air putih hangat agar pergerakan usus lebih leluasa dan menghindari penyakit yang terjadi di usus seperti sembelit.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat air putih hangat berikutnya adalah dapat melancarkan sistem pencernaan serta meringankan kerja sistem pencernaan. Jadi tidak ada lagi makanan yang sulit diserap dan dicerna. Serta Sisa makanan dan racun dapat dikeluarkan melalui sistem pembuangan dengan lancar. Lemak yang menyebabkan naiknya berat badan juga dapat dikeluarkan dengan baik sehingga kita akan mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Beberapa manfaat air putih hangat untuk sistem pencernaan adalah

  • Air putih hangat dapat membantu tubuh menyerap sari-sari makanan dengan sempurna
  • Air hangat juga dapat melarutkan minyak dan lemak yang masuk kedalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi
  • Sisa makanan yang diperoleh dari proses pencernaan akan dikeluarkan dengan mudah melalui buang air besar.

7. Meringankan nyeri haid

Saat haid sebagian wanita akan mengalami nyeri atau kram perut. Hal ini disebabkan karena dinding rahim melepaskan darah kotor. Minum air hangat kan membantu memudahkan kerja dinding rahim sehingga rasa sakit dan nyeri akan berkurang.

Hindari mengkonsumsi air es saat haid karena akan membekukan darah sehingga darah akan lebih sulit terlepas dari dinding rahim dan akan memperparah rasa sakit. Serta menghentikan darah kotor yang ingin keluar karena darah sudah membeku. Darah kotor yang membeku dan mengendap di dalam rahim akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti kista, miom, tumor dan kanker.

8. Melancarkan peredaran darah

Manfaat air putih hangat berikutnya adalah mampu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan racun-racun yang mengendap di dalam darah serta membuang seluruh penyumbatan-penyumbatan yang terjadi pada darah, sehingga peredaran darah menjadi lancar.

9. Menyehatkan sistem syaraf

Kemampuan air hangat yang dapat melancarkan peredaran darah membuat sistem kerja syaraf juga terjaga. Serta membantu meningkatkan kerja sistem syaraf. Jadi mengkonsumsi air putih hangat secara rutin akan menyehatkan sistem syaraf kita

10. Menghilangkan kram pada kaki

Jangan sepelekan kram yang menyerang kaki atau anggota tubuh lainnya. Kram yang dialami terus menerus dalam waktu yang sama misal di pagi hari selalu merasa tangan atau kaki kram sebaiknya anda periksa ke dokter. Ditakutkan kram tersebut merupakan gejala penyakit diabetes, asam urat atau kolesterol.

Perbanyak minum air putih hangat agar kram pada kaki atau anggota tubuh lainnya akan hilang karena kram juga dapat terjadi karena peredaran darah yang kurang lancar. Anda dapat menambahkan sedikit madu pada air hangat lalu minum. Atau anda juga dapat merandam kaki menggunakan air hangat yang diberi sedikit garam, sambil beri pijatan lembut agar kaki menjadi releks kembali.

11. Menghilangkan strees

Saat banyak pikiran dan strees sebaiknya anda mengkonsumsi segelas air putih hangat di pagi hari sambil menghirup udara pagi akan membantu menjernihkan pikiran anda serta menenangkan jiwa anda sehingga anda akan merasa tenang dan terhindar dari strees

12. Menghilangkan kantuk

Di pagi hari saat anda bangun tidur dan merasa masih mengantuk sebaiknya anda minum segelas air putih hangat untuk mengusir rasa kantuk. Karena mengkonsumsi air hangat dapat menyegarkan pikiran jadi rasa kantuk  juga dapat hilang karena tubuh kita merasa segar lalu lakukan olah raga ringan agar kantuk anda semakin hilang.

13. Membangkitkan semangat

Rasa malas yang biasa kita alami di pagi hari yang dingin saat bangun tidur akan hilang dengan mengkonsumsi segelas air putih hangat,  untuk memulai aktifitas sehari-hari seperti menyapu, mengepel. Meneguk segelas air putih hangat akan memberi semangat dari dalam diri anda.

14. Menghangatkan tubuh

Saat musim hujan biasanya cuaca sangat dingin begitu juga tubuh kita pun akan merasa dingin. Minumlah segelas air hangat maka suhu tubuh juga meningkat dan mengusir rasa dingin yang menyerang tubuh kita.

15. Meningkatkan kualitas tidur

Berbagai penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan hipertensi dapat disebabkan oleh kualitas tidur yang buruk. Karena di malam hari  tubuh dan organ dalam tubuh membutuhkan istirahat, jika kurang istirahat maka kerja tubuh juga kurang maksimal jadi berbagai penyakit akan mudah datang.

Mengkonsumsi air putih hangat yang dicampur teh beraroma mint akan membantu meningkatkan kualitas tidur kita. Atau anda juga merendam kaki sebelum tidur menggunakan air hangat yang dicampur garam agar tubuh anda menjadi rileks dan tidur anda pun menjadi nyenyak.

16. Menghilangkan mual

Rasa mual yang sering menyerang calon ibu atau ibu hamil akan semakin parah saat anda minum air dingin. Pada hal air sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan bayi. Jadi ganti air dingin dengan air hangat agar anda terhindar dari rasa mual dan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh. Manfaat air putih hangat dapat mengurangi rasa mual yang berlebihan.

17. Menyehatkan tubuh

Seperti yang kita ketahui banyak sekali manfaat air putih hangat yang dapat menyehatkan tubuh serta meringankan kerja organ dalam tubuh kita. Jadi konsumsi air putih hangat secara rutin agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga.

Berbagai penyakit yang disebabkan strees juga dapat anda hindari seperti kulit keriput, kolesterol, jantung, stroke, serta darah tinggi

18. Meredakan sakit gigi

Air hangat dapat dijadikan antibiotik yang dapat meredakan nyeri akibat sakit gigi. Jadi jika gigi anda terasa sakit segeralah minum air putih hangat dan berkumur menggunakan air putih hangat agar kuman penyebab sakit gigi akan mati

19. Menghilangkan bau mulut

Seperti yang telah kita bahas di atas air hangat dapat menjadi antibiotik yang dapat membunuh kuman, maka kuman penyebab bau mulut juga dapat dibunuh menggunakan air hangat dengan cara berkumur menggunakan air hangat secara rutin setelah makan dan sebelum tidur maka bau mulut anda akan hilang

20. Membuang lemak

Mengkonsumsi air putih hangat dapat membantu melancarkan pembakaran dan pelarutan lemak dari dalam tubuh dan dibuang melalui keringat, buang air kecil dan buang air besar. Manfaat yang satu ini sangat besar pengaruhnya untuk program diet yang sedang anda lakukan.

21. Membersihkan organ intim

Jika organ intim kurang terawat kebersihannya maka bakteri jahat akan mudah tumbuh yang menyebabkan rasa gatal dan bau tak sedap. Gunakan air putih hangat untuk mencuci organ intim. Maka bakteri jahat pada organ intim akan dibunuh dan menghilangkan bau tak sedap serta gatal karena air putih hangat bersifat antibiotik. Yang dapat melawan bakteri jahat.

22. Mencegah dehidrasi

Mengkonsumsi air putih hangat dapat membatu memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga tubuh kita terhindar dari dehidrasi yang dapat mengganggu kerja organ dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

23. Mengobati gatal- gatal

Gatal-gatal yang menyerang tubuh dapat disembuhkan dengan cara mandi menggunakan air hangat. Air hangat dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab gatal-gatal yang menyerang kulit kita.

24. Menyehatkan saluran pencernaan

Mengkonsumsi air hangat secara rutin dapa membantu menyehatkan dan memperbaiki saluran pencernaan dan membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

25. Melembabkan kulit

Manfaat air putih hangat juga dapat menjaga kecantikan kulit anda dengan membantu memenuhi kebutuhan air pada kulit jadi kelembaban kulit akan terjaga. Jadi mengkonsumsi air putih hangat secara rutin akan membantu anda menjaga kecantikan kulit dan mencegah terjadinya keriput.

26. Menjaga kelembaban rambut

Banyak bukan manfaat air putih hangat bagi kesehatan tubuh. Ganti kebiasaan minum air dingin dari kulkas menggunakan air putih hangat karena kaya akan manfaat. Tapi jangan lupa tetap imbangi dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat kaya serat dan rendah lemak. Maka air putih hangat dapat bekerja dengan maksimal dalam menyehatkan tubuh anda.

Bagaimana, sangat luar biasa sekali bukan? Ternyata untuk sehat dan cantik itu tidaklah mahal, asalkan kita mau membaca dan mencari informasi, bahkan dengan memanfaatkan air putih hangat saja kita bisa mendapatkan segitu banyaknya manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Demikianlah ulasan seputar manfaat air putih hangat dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya agar semakin bermanfaat lagi. Baca juga 25 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply