28 Khasiat Air Putih untuk Merawat Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Air Putih – Air putih merupakan cairan yang selalu kita konsumsi. Setelah makan biasanya kita akan minum air putih untuk melancarkan makan masuk ke tubuh. Saat haus pun kita akan minum air putih untuk menghilangkan rasa haus.

Manfaat air putih memang sangat banyak. Bahkan ada anjuran dari dokter kesehatan untuk selalu mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. Untuk menjaga keseimbangan tubuh kita. Manfaat air putih tak hanya sekedar menghilangkan haus dan dahaga tapi banyak manfaat air putih lainnya.

Manfaat air putih juga bisa untuk menjaga kesehatan tubuh serta kulit. Didalam tubuh kita mengandung 70%lebih cairan yang kita dapatkan dari meminum air putih, yang merupakan minuman paling sehat dengan sejuta kebaikan tanpa efek samping.

Manfaat air putih

Manfaat air putih

Mari kita lihat seberapa berpengaruhnya air putih dalam merawat dan menjaga kesehatan serta keseimbangan tubuh dan merawat kesehatan kulit. Beberapa manfaat air putih yang luar biasa seperti:

Manfaat Air Putih

manfaat air putih jika kita jabarkan satu –persatu tidak akan ada habisnya karena memang air putih merupakan kebutuhan yang paling pokok dengan segala kelebihannya. Mari kita bahas manfaat air putih yang paling pokok seperti:

1. Menghilangkan rasa haus

Manfaat air putih yang paling sederhana dan langsung kita dapatkan manfaatnya  ialah menghilangkan haus. Setelah tubuh kita melakukan banyak aktivitas maka cairan pada tubuh ikut berkurang sehingga kita akan merasa haus. Hal yang kita langsung kita lakukan pasti meminum air putih.

Jangan lewatkan juga: 26 Manfaat Air Putih Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

2. Mengontrol nafsu makan

Memoliki nafsu makan yang berlebih jika tidak dikendalikan akan mengakibatkan kegemukan. Hal yang dapat kita lakukan mengkonsumsi air puti sebelum makan agar kita merasa kenyang dan makan kita menjadi terkontrol.

Simak artikel terkait lainnya: 13 Tips Diet Air Putih yang Mudah untuk Dilakukan

3. Mengurangi resiko kanker

Sel kanker juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas perhari karena calon sel kanker yang masuk ke tubuh kita akan dilarutkan bersama air seni. Sehingga tubuh kita terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

4. Menyegarkan pikiran

Saat kita sedang banyak pikiran akan membuat kita merasa stres, bosan dan pusing. Mengkonsumsi air putih menjadi solusi karena manfaat air putih sangat baik untuk menjaga kesegaran otak serta meningkatkan  konsentrasi.

5. Mencegah batu ginjal

Terjadinya endapan garam kalsium karbonat pada kandung kemih atau saluran ginjal akan mengakibatkan penyakit batu ginjal. Dengan mengkonsumsi air putih akan melarutkan garam kalsium melalui air seni sehingga garam kalsium tidak sempat mengendap pada saluran ginjal.

6. Menghilangkan batu ginjal

Air putih selai dapat mencegah terjadinya batu ginjal juga dapat menghilangkan batu ginjal dengan cara membantu tubuh mengikis sedikit – demi sedikit batu ginjal lalu dikeluarkan melalui air seni tapi cara ini memerlukan waktu yang akan lama. Karena menghancurkan batu ginjal tidak dapat sekaligus hanya bisa dilakukan sedikit-demi sedikit.

Dengan rutin minum air putih akan membantu menghilangkan batu ginjal yang sudah terlanjur kita derita.

7. Meringankan kerja ginjal

Ginjal merupakan organ dalam yang penting yang berfungsi menyaring dan memisahkan antara nutrisi dan sampah yang harus dibuang melalui air seni. Kekurangan cairan akan membuat kerja ginjal menjadi berat, lama-kelamaan akan terjadi gangguan ginjal.

Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu meringankan kerja ginjal untuk memisahkan nutrisi dan akan diserap oleh tubuh. Jadi air putih dapat merawat kesehatan ginjal.

Simak juga: 25 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang Harus Anda Ketahui

8. Melindungi jantung

Mengkonsumsi air putih minimal 5 gelas perhari akan mengurangi resiko terkena serangan jantung  sekitar 41%. Jadi biasakan minum air putih agar jantung kita terlindungi dan dapat memompa darah dengan baik.

9. Mengatasi jerawat

Munculnya jerawat dimasa produktif sangat mengganggu penampilan.banyak cara kita lakukan untuk menghilangkan jerawat tersebut. ternyata Jerawat juga dapat dihilangkan dan di cegah dengan banyak mengkonsumsi air putih.

10. Melembabkan kulit

Kekurangan cairan akan membuat kulit kita menjadi kering karena kulit kehilangan cairan dan minyak pelembab alami kulit.banyak minum air putih akan mengembalikan cairan tubuh dan dapat mengembalikan kelembaban alami kulit.

11. Mencegah keriput

Selain dapat menjaga kelembaban alami kulit cairan pada tubuh juga dapat menjaga elastisitas kulit yang membuat kulit kita selalu kencang dan awet muda. Kekurangan cairan yang didapat dari air putih tentu akan mengakibatkan hal sebaliknya yang dapat menghilangkan elastisitas kulit dan menjadikan kulit menjadi keriput.

12. Mengeluarkan racun atau detoksifikasi

Racun yang mengendap pada tubuh akan mengakibatkan munculnya berbagai penyakit berbahaya. Minum air putih minimal 8 gelas perhari dapat membantu tubuh melarutkan dan menghilangkan racun pada tubuh melalui air seni dan keringat. Jadi air sangat cocok untuk proses detoksifikasi.

13. Memenuhi cairan tubuh

Di dalam tubuh kita zat paling banyak jumlah dan fungsinya adalah cairan. Jika kekurangan cairan akan mengganggu kerja organ dalam tubuh kita yang memerlukan cairan untuk membantu proses kerja organ dalam tubuh kita. Cairan yang terbaik didapatkan dari air putih. Jadi minum air putih dapat memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh.

14. Mengatasi sembelit

Sembelit terjadi karena gangguan sistem pencernaan. Air putih dapat membantu mengatasi gangguan pada sistem pencernaan. Saat kita sembelit banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih untuk mengobati penyakit sembelit.

15. Merawat rambut kering

Kekeringan dapat terjadi karena kurangnya cairan. Kekurangan cairan bukan hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kulit ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut, rambut akan menjadi kering. Dengan mencukupi kebutuhan cairan dapat juga merawat rambut agar terjaga kelembabannya.

16. Menjaga kesehatan usus

Bakteri jahat yang berkembang pada usus dapat mengakibatkan infeksi usus. Hal sederhana yang dapat anda lakukan namun memiliki pengaruh yang sangat besar yaitu mengkonsumsi air putih yang dapat membantu mengeluarkan bakteri yang berkembang di usus dan dilarutkan bersama air seni. Sehingga penyerapan nutrisi makanan akan berjalan secara efektif.

17. Menyeimbangkan sistem getah bening

Air putih dapat menyeimbangkan kerja sistem getah bening sehingga dapat memberikan kekuatan pada tubuh untuk melawan dan membunuh infeksi atau penyakit yang menyerang.

18. Melancarkan sistem pernapasan

Sistem pernapasan yang terganggu akan membuat kita kesulitan bernapas dan dapat juga menyebabkan asma yang merupakan gangguan pernapasan akut. Banyak mengkonsumsi air putih dapat melancarkan sistem pernapasan, serta menghindari penyakit asma.

19. Meningkatkan ketajaman otak

Dehidrasi akan mengganggu sistem kerja otak. Penelitian membuktikan kekurangan cairan pada otak akan menghilangkan fokus dan konsentrasi sehingga kerja otak akan terganggu. Minum air 8 gelas perhari dapat memenuhi kebutuhan cairan pada otak.

20. Menjaga kesehatan kulit

Kulit dapat mengalami banyak masalah saat tubuh kita kekurangan cairan. Seperti kulit menjadi kering, berjerawat, kulit kusam, dan keriput akan cepat muncul. Mengkonsumsi air putih yang cukup kan menghilangkan semua masalah kulit yang muncul dengan kata lain manfaat air putih dapat menjaga kesehatan kulit.

21. Menguatkan tulang

Minum air putih yang cukup dapat membantu pembentukan sel-sel tulang yang baru dan mengganti sel tulang yang telah rapuh dan mati. Minum air putih secara rutin akan meregenerasi tulang dan membuat tulang menjadi kuat.

22. Menjaga kesehatan otot

Saat berolahraga tetap jaga asupan air putih jangan sampai kita kekurangan air karena dapat mengakibatkan kontraksi otot serta kram pada otot. Minumlah air putih secukupnya untuk menyegarkan otot

23. Melancarkan metabolisme

Terpenuhinya cairan dalam tubuh dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Cairan yang paling baik kita dapatkan dari mengkonsumsi air putih.

24. Mengontrol berat badan

Mengkonsumsi air putih dapat membantu meringankan kerja organ dalam tubuh kita untuk membakar lemak yang menumpuk pada tubuh sehingga berat badan kita dapat terkontrol. Saat lemak telah diubah dan dibakar menjadi energi yang akan kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari maka tak ada lagi lemak yang menempel dan tertimbun pada tubuh.

25. Minuman diet

Saat diet minum air putih adalah hal yang penting untuk menunjang keberhasilan diet anda karena air putih selain dapat membuat kita merasa kenyang, air putih juga merupakan minuman sehat bebas gula dan lemak. Hanya ada kebaikan dalam air putih.

26. Mencegah sakit kepala

Sakit kepala dan migrain dapat disembuhkan dengan banyak mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari serta dapat meningkatkan kinerja otak untuk memerintah semua kegiatan anggota tubuh.

27. Mengobati panas dalam

Seperti halnya panas pada umumnya dapat didinginkan dengan air begitu juga tubuh kita saat saat panas dalam menyerang dapat di turunkan suhunya dengan air putih yang akan melarutkan hawa panas bersama keluarnya air seni.

28. Mengobati infeksi saluran kencing

Saat saluran pembuangan cairan kita terifeksi bakteri dan kuman yang bisa disebabkan kesalah dalam mencuci organ pembuangan. Yang memiliki gejala selalu ingin buang air kecil dalam jumlah yang sedikit namun sulit dan sakit saat untuk mengeluarkannya

Dengan bantuan air putih akan melarutkan bakteri dan kuman bersama keluarnya air seni dan mmengurangi efek sakit saat buang air kecil dan melancarkan saat kita kencing.

Itulah beberapa manfaat air putih dalam membantu merawat kesehatan tubuh dan kulit dari dalam, cairan sangat dibutuhkan tubuh karena 70% lebih tubuh kita berisi cairan yang membantu semua kerja organ dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua, jangan lewatkan juga Cara Terapi Air Putih yang Benar, Rasakan Manfaatnya yang Sangat Luar Biasa

Leave a Reply