Ragam Khasiat Alpukat untuk Diet Sehat

Manfaat alpukat untuk diet ternyata sangat banyak. Bila saat ini Anda sedang menjalankan program diet, kami sangat menyarankan Anda untuk turut memasukkan buah alpukat ke dalam menu diet harian Anda.

Buah alpukat sangat kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Buah yang memiliki daging buah berwarna kuning kehijauan ini sangat kaya akan lemak nabati yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, buah alpukat juga sangat kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Manfaat alpukat untuk diet sangat bergantung pada tujuan program diet yang Anda jalankan. Jika tujuan program diet yang Anda jalankan adalah untuk menaikkan berat badan, maka cara mengkonsumsi nya akan sangat berbeda dengan cara mengkonsumsi buah alpukat untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Alpukat untuk Diet Sehat

Ilustrasi: Manfaat Alpukat untuk Diet Sehat

Artikel terkait: Pola Makan Diet yang Harus Anda Perhatian!

Manfaat Alpukat untuk Diet Menaikkan Berat Badan

Berikut ini beberapa manfaat alpukat untuk menaikkan berat badan yang sebaiknya anda ketahui:

1. Pengganti Camilan Sehat

Salah satu kunci utama yang harus dilakukan untuk meningkatkan berat badan adalah menambah asupan makanan harian, termasuk salah satu cara nya adalah dengan menjalankan kebiasaan ngemil.

Nah, kebiasaan ngemil yang dijalankan bisa memberikan dampak yang lebih positif dan tidak membahayakan kesehatan, camilan yang dikonsumsi sebaiknya dipilih dari bahan – bahan makanan yang sehat, termasuk salah satu nya adalah buah alpukat.

Dalam praktek nya, Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat segar atau pun salad buah alpukat di sela – sela jadwal makan besar harian Anda.

2. Penambah Kadar Lemak Sehat dalam Tubuh

Manfaat alpukat untuk diet menaikkan berat badan yang ke dua adalah untuk menambah kadar lemak sehat dalam tubuh.

Semakin besar kadar lemak dalam tubuh, maka semakin berat pula bobot tubuh yang Anda miliki. Itu lah kenapa jika Anda ingin menambah berat badan, Anda harus memperbanyak angka konsumsi bahan makanan yang mengandung kadar lemak sehat, termasuk salah satu nya adalah buah alpukat.

3. Menambah Nafsu Makan

Selain kaya akan serat, buah alpukat juga mengandung kadar vitamin dan senyawa bermanfaat yang cukup tinggi. Kandungan vitamin dan senyawa bermanfaat yang terdapat dalam buah alpukat dipercaya dapat membantu meningkatkan nafsu makan orang yang mengkonsumsi nya.

Dengan begitu, harapan nya, Anda akan bisa menambah porsi / frekuensi makan harian Anda dengan lebih mudah, sehingga target bobot badan yang diinginkan pun bisa tercapai dengan lebih mudah dan cepat.

4. Sumber Kalori yang Sehat

Manfaat buah alpukat untuk diet menambah berat badan yang berikutnya adalah sebagai sumber kalori yang sehat. 100 gr buah alpukat mengandung sekitar 200 kalori. Angka kalori ini tergolong jauh lebih tinggi dibandingkan dengan angka kalori yang dimiliki oleh buah – buahan lain nya.

Dengan angka kalori setinggi ini, buah alpukat benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai pemasok kalori yang sehat untuk meningkatkan berat badan.

Manfaat Alpukat untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, berikut ini fakta seputar diet dengan alpukat:

1. Sumber Energi Pengganti

Jika Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, Anda dapat memanfaatkan buah alpukat sebagai sumber energi pengganti harian Anda.

Dalam hal ini Anda bisa mengonsumsi buah alpukat segar / salad buah alpukat sebagai pengganti menu makan siang harian Anda.

Dengan kadar lemak HLD dan protein yang terdapat di dalam nya, buah alpukat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan energi harian Anda.

2. Melancarkan Sistem Metabolisme dalam Tubuh

Manfaat alpukat untuk diet yang selanjutnya adalah sebagai bahan makanan untuk melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh.

Buah alpukat sangat kaya akan ragam nutrisi berbentuk vitamin. Tercatat ada lebih dari lima jenis vitamin yang bisa kita dapatkan dari buah alpukat, seperti beberapa di antara nya adalah: vitamin D, vitamin K, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dll.

Nah, kandungan vitamin yang terdapat dalam buah alpukat ini diyakini dapat membantu melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat merupakan salah satu kunci utama untuk bisa mendapatkan bobot tubuh yang ideal.

Ketika sistem pencernaan berjalan dengan baik, maka pasokan energi dalam tubuh akan terpenuhi dengan baik. Tidak hanya itu, zat – zat sisa yang sudah tidak terpakai pun akan langsung dikeluarkan dari dalam tubuh, sehingga tidak menyebabkan peningkatan berat badan.

Nah, karena buah alpukat sangat kaya akan serat, Anda dapat memanfaatkan buah ini untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh Anda.

4. Menekan Rasa Lapar

Manfaat alpukat untuk diet penurunan berat badan yang berikutnya adalah menekan rasa lapar. Seperti yang telah kami sebutkan di poin – poin yang sebelumnya, buah alpukat sangat kaya akan kandungan serat. Nah, selain bisa membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar, kandungan serat yang terdapat dalam buah alpukat juga bisa membantu menekan rasa lapar.

Artikel terkait: Daftar Buah untuk Diet untuk Menurunkan Berat Badan

5. Menekan Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Manfaat alpukat untuk diet yang selanjutnya adalah menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita, yaitu kolesterol jahat LDL dan kolesterol baik HDL. Ke dua jenis kolesterol ini pada dasar nya memiliki sifat berlawanan, dimana kadar kolesterol baik cenderung akan menghancurkan dan menekan kadar kolesterol jahat.

Nah, karena buah alpukat memiliki kadar kolesterol baik yang cukup tinggi, buah ini dapat dimanfaatkan untuk menekan kadar kolesterol jahat yang terlanjur menumpuk dan menimbulkan penambahan berat badan pada tubuh kita.

Jangan lewatkan juga: Daftar Olahraga untuk Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Secara Umum

Selain bagus untuk dijadikan sebagai buah untuk diet, alpukat juga dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan yaitu:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengontrol tekanan darah
  • Anti radang / anti inflamasi
  • Anti kanker
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah osteoporosis
  • Mencegah sembelit dan konstipasi
  • Mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, dsb

Kesalahan Mengkonsumsi Alpukat untuk Diet (Sering Dilakukan)

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang salah kaprah dalam mengonsumsi buah alpukat. Kebanyakan masyarakat cenderung lebih mengutamakan “rasa” ketimbang manfaat buah alpukat itu sendiri. Hal ini terbukti dari kebiasaan masyarakat mengonsumsi buah alpukat dengan gula dan atau susu full cream.

Suka atau tidak, kebiasaan yang sering kita lakukan ini adalah kebiasaan yang salah. Dan jika dilakukan secara terus menerus, kebiasaan ini akan menimbulkan dampak negatif berupa peningkatan kadar gula dan lemak jahat dalam tubuh.

Maka dari itu, ke depan nya hindari lah kebiasaan mengonsumsi buah alpukat dengan menggunakan gula atau pun susu kental manis. Ya meski pun buah alpukat terasa lebih lezat saat dikonsumsi dengan gula / susu kental manis, namun kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang tidak sehat dan harus Anda hindari.

Sebaliknya, meski pun buah alpukat terasa kurang sedap saat dikonsumsi secara langsung, namun khasiat nya untuk kesehatan cenderung sangat besar.

Nah, itu lah sedikit informasi mengenai manfaat alpukat untuk diet yang bisa kami sampaikan ke pada Anda. Semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: Cara Diet Jeruk Nipis

Leave a Reply