33 Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Sangat Luar Biasa

Manfaat Bawang Putih – Bawang putih memiliki banyak manfaat salah satunya dapat dijadikan bumbu dapur. Namun lebih dari itu bawang putih sebenarnya memiliki banyak manfaat luar biasa untuk merawat tubuh anda.

Dengan rajin mengkonsumsi bawang putih dapat membuat tubuh kita bebas dari berbagai penyakit kronis seperti kanker. Bawang putih dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak terlebih dahulu.

Manfaat bawang putih

Manfaat bawang putih

Bawang putih memiliki aroma yang menyengat dengan rasa yang agak getir membuat orang berfikir untuk mengkonsumsinya, namun jangan kita pikirkan rasa dan aromanya pikirkan saja manfaat yang akan anda dapatkan.

Loading...

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Banyak orang bilang bawang putih memiliki manfaat menyehatkan tubuh karena banyak kandungan penting yang diperlukan oleh tubuh, sebenarnya apa sajakah itu mari kita jelaskan secara rinci apa saja manfaat bawang putih :

1. Bawang putih dapat dijadikan obat

Kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin yang terdapat pada bawang putih dapat dijadikan obat segala macam penyakit. Karena Allicin merupakan komponen aktif yang paling besar jumlahnya pada bawang putih, yang merupakan zat anti bakteri.

Selain dapat menyembuhkan segala macam penyakit zat ini memiliki spesifikasi penyembuhan seperti menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, zat anti kanker, antioksidan, dan anti mikroba/bakteri.

Saat tubuh anda merasa sakit sebaiknya beri pertolongan pertama dengan bawang putih yang dihaluskan atau dapat anda kunyah secara langsung.

2. Anti Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya hingga kini belum juga ditemukan obat untuk penyakit yang satu ini. Namun kabar gembira bagi anda dengan rajin mengkonsumsi bawang putih dapat merawat tubuh agar sel kanker tidak dapat tumbuh pada tubuh anda atau disebut anti kanker.

Riset membuktikan zat Diallyl sulfida yang terdapat pada bawang putih mampu menghambat pertumbuhan dan traspormasi PHIP menjadi korsinogen yang merupakan bibit dari kanker payudara pada wanita. Serta zat anti kanker pada bawang putih dapat juga mencegah munculnya kanker lain.

Artikel terkait: Penyebab Penyakit Kanker yang Wajib Anda Ketahui

3. Dapat menurunkan darah tinggi

Bawang putih juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8 %. Jika anda menderita penyakit darah tinggi sebaiknya rajin mengkonsumsi bawang putih mentah agar darah anda tetap stabil.

4. Sumber nutrisi dan rendah kalori

Bawang putih dapat dijadikan makan sumber nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Nutrisi penting banyak terdapat pada bawang putih seperti vitamin C sekitar 71 % per 136 gr dari kebutuhan harian ,kalsium, besi, karbohidrat, dan serat. Dan kalori rendah jadi mengkonsumsi bawang putih tidak akan menaikkan berat badan anda.

5. Anti virus, anti bakteri

Bakteri dapat membunuh dan mencegah virus dan bakteri masuk dan tumbuh di tubuh anda karena bawang putih merupakan zat anti virus dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan tubuh serta kulit anda.

6. Menurunkan kolesterol jahat

Bawang putih secara signifikan mampu menurunkan dan memangkas kolesterol (LDL) sebanyak 10-15 %. Mengkonsumsi bawang putih sangat baik bagi kesehatan anda bukan? Bahkan kolesterol jahat pun dapat diturunkan jadi mulailah hidup sehat dengan mengontrol makan serta menambahkan bawang putih pada menu makanan harian anda.

Artikel terkait: 27 Obat Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah yang Ada di Sekitar Kita

7. Memicu produksi insulin

Bawang putih juga dapat merangsang produksi insulin yang memiliki manfaat dapat mengurangi atau menurunkan kadar gula dalam darah. Jika pankreas nada mengalami gangguan maka tidak dapat memproduksi insulin secara normal maka anda sebaiknya banyak makan bawang putih.

8. Sumber antioksidan yang baik

Bawang putih memiliki anti oksidan yang tinggi hal ini baik bagi tubuh karena dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya kanker. Penyakit paling berbahaya dan mematikan ini dapat dihindari menggunakan antioksidan salah satunya.

9. Merawat kecantikan

Bawang putih juga dapat dijadikan masker untuk merawat kulit seperti komedo, menghilangkan bekas luka, serta mampu mengobati jerawat caranya juga sangat sederhana anda hanya perlu mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan karena kulit yang mengalami masalah.

10. Mencegah demensia dan alzheimer

Penyakit ini terjadi karena adanya penyusutan dan penyempitan otak yang membuat penderitanya mengalami lupa yang sangat parah lama-kelamaan akan mati. Belum ada obat yang efektif menyembuhkan penyakit ini.

Bawang putih mampu mencegah kita menderita penyakit ini bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati.

11. Menurunkan berat badan

Inflamasi merupakan tahapan pengubah pre-adiposit menjadi sel-sel lemak yang menjadikan tubuh kita memiliki timbunan lemak. Bawang putih mampu mencegah terjadinya inflamasi sehingga lemak pada tubuh mampu diproses dengan baik dan diubah menjadi tenaga sehingga tubuh kita terhindar dari obesitas.

12. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi dapat disembuhkan menggunakan bawang putih karena bawang putih yang memiliki sifat anti virus dan bakteri karena sakit gigi disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi. Menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi dengan cara membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Maka gigi anda akan ter hindar dari sakit gigi.

13. Menurunkan gula darah

Kandungan Allicin pada bawang putih dapat mencegah naiknya gula darah. Selain rajin mengkonsumsi bawang putih yang dapat membantu menurunkan gula darah ada hal yang sangat penting anda perhatikan adalah batasi jumlah karbohidrat yang anda konsumsi agar gula darah anda dapat terkontrol.

14. Bagus untuk kehamilan

Bawang putih dapat membantu merawat kehamilan serta dapat menjaga berat badan bayi saat di dalam kandungan, serta dapat mengurangi resiko kehamilan pre-eclampsia pada ibu hamil.

15. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium pada bawang putih mampu menjaga kepadatan tulang membuat tulang anda lebih sehat serta terbebas dari osteoporosis. Mengkonsumsi bawang putih dapat membantu anda merawat kesehatan tulang yang mulai melemah karena faktor usia.

16. Bagus untuk penderita anemia

Anemia disebabkan kekurangan darah yang membuat tubuh kita menjadi lemah bahkan dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran. Kandungan nutrisi berikut dapat menyehatkan anda seperti Vitamin B1, Vitamin C, dan yang dapat mengobati anemia adalah kandungan zat besi pada bawang putih.

17. Mengobati reumatik

Dengan rajin mengkonsumsi bawang putih secara rutin kita dapat mengurangi dan mengobati penyakit rematik. Karena penyakit ini disebabkan karena sendi dan oto terganggu, sedang natrium dan zink pada bawang putih sangat penting menjaga kesehatan otot dan sendi.

18. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang terganggu akan membuat tubuh kita tidak sehat terutama masalah yang akan terjadi pada lambung akan membuat kita kehilangan selera makan dan itu akan membuat masalah lain pada tubuh kita.

Serat yang terkandung pada bawang putih dapat mengobati masalah yang terjadi pada pencernaan dan mampu memperlancar pencernaan kita.

19. Menjaga kekuatan gigi

Gigi yang kehilangan kekuatannya akan mudah patah dan berlubang hal ini dapat disebabkan berbagai hal salah satunya kekurangan kalsium. Bawang putih memiliki kandungan kalsium yang dapat menjaga kekuatan gigi.

20. Merangsang sel saraf

Senyawa saltivine pada bawang putih dapat merangsang susunan sel saraf agar bekerja dengan baik. Sehingga bawang putih dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan saraf.

21. Sumber stamina

Bawang putih dapat membatu mengembalikan stamina anda karena memiliki kandungan protein yang merupakan sumber stamina pada tubuh. Dari pada anda mengkonsumsi suplemen penambah tenaga jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat merusak ginjal lebih baik anda mengkonsumsi bawang putih yang tidak memiliki efek samping.

22. Mengobati flu

Flu disebabkan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Sifat bawang putih yang anti virus dan bakteri dapat membunuh virus penyebab flu maka dengan mengkonsumsi bawang putih akan mengobati flu yang anda derita.

23. Mengobati wasir

Gangguan pencernaan berat dapat menyebabkan penyakit wasir. Kandungan serat pada bawang putih dapat melancarkan pencernaan ringan sedang gangguan pencernaan berat juga dapat disebabkan bakteri berkembang di dalam sistem pencernaan.

Bawang putih memiliki sifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri yang berkembang pada sistem pencernaan yang mengakibatkan penyakit wasir. Oleskan bawang putih yang dihaluskan pada anus yang mengalami wasir dan ambeien setelah kering cuci hingga bersih lalu keringkan menggunakan handuk kecil.

24. Menguatkan kuku

Kuku yang rapuh akan mudah patah dan mengelupas hal ini disebabkan karena kuku terserang jamur kuku dan kekurangan kalsium. Bawang putih mampu memenuhi kalsium yang dibutuhkan kuku serta bawang putih bersifat anti jamur yang dapat membunuh jamur kuku sehingga kuku menjadi kuat.

Haluskan bawang putih kemudian masukkan pada air, rendamlah kuku pada air bawang putih tersebut.

25. Mengurangi uban

Pigmen rambut dapat di nutrisi menggunakan zat-zat seperti seng, mangan, zink, dan natrium yang semua itu terdapat pada bawang putih, jadi mengkonsumsi bawang putih mampu mengurangi uban dengan terjaganya kesehatan pigmen rambut.

26. Mengobati kutil

Bawang putih sejak dulu dipercaya mampu mengecilkan serta menghilangkan kutil. Ternyata itu benar kandungan allicin pada bawang putih dapat menghilangkan kutil pada kulit. Cukup gosok-gosok bawang putih pada kutil sesering mungkin.

27. Mengobati liver

Manfaat bawang putih yang berikutnya adalah mampu mengobati luka yang terjadi pada organ hati dan liver karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan, allicin, dan alin yang dapat mengobati luka pada hati dan liver.

28. Menghilangkan bekas selulit

Manfaat bawang putih memang sangat beragam salah satunya mampu menghilangkan selulit. Karena vitamin B, C, E, dan K berfungsi meremajakan kulit. Sehingga mampu meremajakan kulit yang mengalami selulit dan akhirnya menghilang.

29. Mengobati impotensi

Penderita impotensi dapat disembuhkan dengan rajin mengkonsumsi bawang putih, karena bawang putih memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan penderita lemah syahwat seperti kandungan nitrit sintase memiliki sifat afrodisiak yang membantu proses penyembuhan.

30. Meningkatkan kinerja otak

Manfaat bawang putih yang dapat meningkatkan kinerja otak menggunakan senyawa sallycylstein yang dapat mencegah degenerasi lobus frontal pada otak . sehingga otak dapat menjalankan fungsinya dengan baik serta dapat berkembang dengan baik.

31. Mengobati sinusitis

Infeksi sinus disebabkan oleh jamur dan bakteri yang dapat dilawan menggunakan bawang putih yang merupakan anti bakteri dan jamur serta kandungan seperti allin yang juga dapat membunuh bakteri dan jamur.

32. Membersihkan racun

Racun yang terdapat pada tubuh mampu dibuang menggunakan zat antioksidan yang terdapat pada bawang putih, oleh sebab itu bawang putih dapat di jadikan detoks untuk membuang racun.

33. Menyembuhkan varises

Senyawa saltivine pada bawang putih baik untuk merawat otot.  Kelainan pada otot seperti varises juga dapat dihilangkan menggunakan bawang putih dengan kandungan senyawa saltivine untuk merawat otot.

Loading...

Wah ternyata ada banyak sekali ya manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh kita. Dengan rajin mengkonsumsi bawang putih akan membuat tubuh kita menjadi sehat. Simak juga Manfaat daun sirih

loading...

Leave a Reply