41 Manfaat Bersepeda yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat bersepeda – Ketika kita kecil dulu sangat sering ya bermain menggunakan sepeda. Bersepeda ketika itu sangat digemari karena memberikan kesenangan  tersendiri. Bersepeda juga terasa nikmat ketika bersepeda bersama teman sebaya.

Namun ketika dewasa kebiasaan tersebut mulai ditinggalkan. Karena dianggap hanya permainan anak-anak. Kita akan lebih senang bepergian menggunakan honda atau mobil. Padahal bersepeda bukan hanya sekedar mainan saja.

Banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dari kegiatan bersepeda tersebut. Bersepeda juga digolongkan ke dalam olahraga penting yang bisa memberikan banyak manfaat positif. Manfaat bersepeda sangat beragam jika dilakukan secara teratur minimal 2,5 jam dalam 1 minggu.

Untuk menimbulkan kembali minat bersepeda di era modern ini Ceksehat akan menjabarkan manfaat bersepeda yang sangat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan dan patut kita coba.

Manfaat bersepeda

Manfaat bersepeda

Manfaat bersepeda

Ayo kita mulai melakukan olahraga yang menyenangkan yang satu ini tanpa membutuhkan biaya yang mahal yaitu kegiatan bersepeda. Bersepeda akan memberikan banyak manfaat penting bagi tubuh. Mari kita lihat beberapa manfaat bersepeda seperti berikut ini:

  • Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat bersepeda yang paling nyata dapat kita rasakan adalah meningkatnya kekuatan otot, terutama otot kaki yang menjadi penopang kekuatan ketiak mengayuh sepeda. Selain itu semua otot juga ikut aktif bergerak ketika kita bersepada.

Belum lagi kewaspadaan mata juga akan meningkat. Meningkatnya kekuatan otot akan membuat otot menjadi kencang dan kuat serta fleksibel sehingga akan memudahkan kita bergerak.

  • Merawat sendi

Selain otot menjadi kuat, bagian sendi juga akan terlatih kefleksibelannya, sehingga akan mudah digerakkan. Jadi kita akan terbebas dari nyeri sendi dan sulit gerak akibat pelumas sendi berkurang serta kaku sendi yang sering dialami kaum lansia.

Terutama pada persendian bagian lutut, siku, pergelangan kaki serta pergelangan tangan yang aktif bergerak ketika bersepeda.

  • Menjaga berat badan

Salah satu manfaat penting bersepeda yang bisa kita rasakan adalah mengontrol berat badan dengan mengoptimalkan pembakaran kalori atau meningkatnya sistem metabolisme tubuh. Dengan banyaknya keringat yang keluar ketika bersepeda sama halnya dengan olahraga lain yang mengeluarkan banyak keringat maka hal tersebut menandakan adanya pembakaran kalori yang sempurna.

Dengan pembakaran kalori yang berjalan lancar maka secara otomatis berat badan juga akan menjadi ideal bebas timbunan lemak jahat atau lemak trans.

Jangan lewatkan juga: 75 Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh yang Sangat Luar Biasa

  • Menghilangkan stres

Ketika bersepeda tubuh akan menghasilkan sejenis hormon yang disebut endogen yang berperan penting dalam mengatur rasa nyaman serta suasana hati yang gembira dan positif, dengan begitu tingkat stres yang tengah dirasakan akan menghilang.

Selain itu bersepeda bersama teman juga akan menambah suasana hati yang gembira serta pemandangan yang indah akan menyejukkan mata yang memandang. Dengan begitu tingkat stres akan menurun drastis

  • Memperkuat kerangka tubuh

Ketika bersepeda kita juga turut melatih kekuatan tulang sehingga tulang akan menjadi kuat serta kerangka tubuh juga akan ikut menjadi semakin kuat ketika  menopang tubuh. Meski ketika bersepeda tubuh akan terlihat bungkuk namun anda tidak perlu takut kebiasaan tersebut akan terbawa kebiasaan sehari-hari karena justru tubuh akan lebih kuat berdiri tegak dengan bersepeda secara rutin minimal 30 menit perhari

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang juga dapat meningkatkan stamina sehingga tubuh tidak akan mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang terjaga akibat olahraga yang menyenangkan tersebut.

Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka tubuh akan dengan mudah melawan berbagai penyakit baik penyakit ringan seperti flu serta demam serta melawan berbagai penyakit kronis secara alami.

  • Meningkatkan stamina

Jika anda merasa tubuh anda lemah, letih serta lesu dan kurang tenaga sebaiknya segeralah melakukan olahraga guna meningkatkan stamina. Salah satu olahraga ringan yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk membantu meningkatkan stamina tubuh adalah bersepeda. Ketika mengayuh sepeda maka kerja seluruh sistem yang ada di dalam tubuh menjadi lancar maka dengan begitu secara otomatis stamina juga akan meningkat.

  • Mencegah penyakit jantung

Sebuah studi menemukan manfaat bersepeda yang sangat penting yaitu dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung koroner sebesar 50%. Lakukan olahraga bersepeda sejauh 20 mil dalam 1 minggu maka kesehatan jantung anda akan terjaga dengan baik.

Artikel terkait: Gejala Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

  • Mencegah penuaan

Manfaat bersepeda bukan hanya dapat dirasakan tubuh namun juga dapat dirasakan oleh kulit. Salah satu manfaat bersepeda bagi kulit adalah menjadikan kita 10 tahun lebih muda, menyamarkan kerutan dan tanda penuaan dini. Namun hal ini juga tentunya harus dibarengi dengan gaya hidup sehat agar manfaat bersepeda dapat kita rasakan secara maksimal.

  • Mengurangi stres

Bersepeda selain dapat menyehatkan juga dapat memberikan rasa gembira dan bisa membuat kita melupakan keresahan hati sehingga hal tersebut juga turut membantu meringankan stres yang tengah kita rasakan. Sebaiknya ketika anda merasa mengalami stres ringan cobalah untuk bersepeda santai selama beberapa menit.

  • Menambah banyak teman

Hobi bersepeda tentunya bukan hanya hobi anda sendiri namun banyak kalangan masyarakat yang juga menyukai hobi tersebut dengan begitu akan bermunculan komunitas-komunitas bersepeda yang bisa membantu kita memperluas pergaulan dan memperbanyak teman.

Selain komunitas bersepeda, di lapangan bermain juga biasanya kita akan menjumpai banyak teman yang juga bersepeda dengan begitu kita bisa berkenalan dan menambah banyak teman

  • Mencegah kanker

Dengan bersepeda kita akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan stamina tubuh dengan begitu kita olahraga ini turut membantu melawan berbagai penyakit kronis salah satunya penyakit kanker.

Dengan terjaganya kesehatan tubuh maka sel penyebab kanker tidak bisa berkembang dengan baik.

SImak juga: 39 Makanan Pencegah Kanker yang Baik Dikonsumsi

  • Mengontrol suplemen oksigen

Dengan rajin bersepeda tubuh menjadi sehat serta terhindar dari berbagai penyakit serta tubuh dapat mengontrol suplai oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak, sehingga otak juga akan terjaga kesehatannya dan membantu meningkatkan konsentrasi.

  • Meningkatkan mood

Dengan melakukan olahraga ringan nan menyenangkan serta santai dan bertemu banyak teman akan membantu meningkatkan mood serta melindungi kesehatan mental. Sehingga ketika anda merasa kurang mood atau kurang bersemangat sebaiknya segera lakukan olahraga bersepeda santai di sore hari.

  • Membakar lemak

Setiap kali kita mengayuh sepeda dengan seluruh kekuatan maka proses pembakaran lemak. Terlebih lagi jika mengendarai sepeda dengan medan yang cukup sulit seperti bergelombang, menanjak, bersepeda di atas tanah, serta masih banyak rintangan lain yang menantang tubuh maka pembakaran lemak akan lebih maksimal.

  • Meningkatkan kekuatan otak

Dengan terkontrolnya suplemen oksigen ke otak serta masih banyak lagi keuntungan lain yang didapatkan dari bersepeda maka kesehatan metal juga turut membaik dengan begitu kesehatan otak juga ikut terjaga.

Sebuah penelitian juga membuktikan peningkatan memori dan pembangunan sel-sel otak baru dapat terbentuk dengan rajin melakukan olahraga bersepeda.

  • Menghindari berbagai penyakit

Sudah kita ketahui bukan manfaat melakukan olahraga secara teratur bagi tubuh? Tentunya tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat dengan begitu kita juga kan terhindar dari serangan berbagai penyakit ringan maupun kronis, salah satu olahraga yang bisa dijadikan alternatif pilihan adalah bersepeda.

  • Menjaga kesehatan

Menurut womenshealthmag pengendara sepeda menderita 15% lebih sedikit terserang penyakit dari pada yang tidak. Selain itu bersepeda juga dapat meningkatkan kesehatan intrernal dan memanjangkan umur. Dengan begitu sebaiknya rajin-lah bersepeda agar kesehatan tubuh anda dapat terpelihara dengan baik serta meningkatkan kualitas hidup

  • Transportasi ramah lingkungan

Mengganti moda transportasi umum dengan bersepeda merupakan pilihan yang tepat karena dengan bersepeda anda menunjukkan kecintaan terhadap lingkungan karena bersepeda merupakan transportasi ramah lingkungan.

Selain itu anda juga akan merasakan dampak positifnya bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita mulai mencoba transportasi yang ramah lingkungan tersebut.

  • Menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh

Ketika anda merasa sistem metabolisme tubuh anda sedang terganggu sebaiknya cobalah berolahraga dengan bersepeda minimal 30 menit perhari. Dengan begitu sistem metabolisme akan kembali lancar dan pembakaran lemak bisa maksimal.

  • Mengatasi kemacetan

Jika anda hidup dan tinggal di kota besar tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kemacetan bukan? Hal itu merupakan kondisi yang umum. Padatnya kendaraan akan menghambat kita menuju ke suatu tempat, bersepeda bisa menjadi salah satu solusi mengurangi kemacetan yang tengah terjadi. Terutama ketika jam sibuk seperti jam berangkat ke kantor serta jam pulang kantor.

  • kehamilan yang baik

bersepeda juga dianjurkan untuk ibu hamil. Dengan bersepeda anda akan merasakan kesehatan yang baik semasa sembilan bulan mengandung serta mengurangi terserang obesitas sekitar 50% dari pada yang tidak bersepeda.

  • Go green

Kondisi bumi yang semakin panas ini membuat pemerintah mewajibkan melaksanakan go green. Salah satu bentuk go green yang bisa kita lakukan adalah dengan bersepeda. Hal ini juga akan membantu menyelamatkan bumi dengan mengurangi polusi dan bentuk kecintaan kita terhadap alam.

  • Meningkatnya keseimbangan dan koordinasi

Semua kegiatan yang dilakukan ketika bersepeda sebenarnya memiliki manfaat yang positif seperti ketika mengayuh sepeda kita sedang melatih keseimbangan tubuh, ketika mata memandang merupakan latihan kewaspadaan.

Serta masih banyak kegiatan bersepeda yang memiliki banyak manfaat. Namun semua manfaat ini dapat kita rasakan ketika kita konsisten bersepeda biar sebentar asal teratur.

  • Mudah dalam perawatan

Tidak seperti kendaraan lain yang membutuhkan perawatan khusus seperti mobil dan motor, sepeda lebih jarang mengalami kerusakan sehingga tidak membutuhkan keahlian khusus saat merawatnya. Dengan begitu kita juga akan menghemat biaya.

  • Mencegah obesitas

Untuk anda yang memiliki berat badan diatas normal sebaiknya segera lakukan olahraga rutin guna membantu membakar lemak yang menumpuk di tubuh. Salah satu olahraga yang dianjurkan adalah bersepeda. Selain dapat mencegah obesitas, bersepeda juga akan memberikan benak manfaat lain bagi tubuh dan kulit.

  • Tidak ada batasan usia

Inilah salah satu kelebihan bersepeda yaitu bisa dilakukan siapa saja tanpa batasan usia dan tanpa diskriminasi kesehatan. Semua kalangan bisa melakukan olahraga ini. Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika bersepeda yaitu hindari bersepeda ditempat ramai atau jalan raya ketika umur anda di bawah 15 tahun dan di atas 50 tahun.

  • Olahraga yang murah

Bersepeda merupakan salah satu olahraga kaya manfaat namun tidak membutuhkan biaya yang mahal. Sepeda yang digunakan juga tidak perlu yang berharga selangit. Sepeda bekas juga bisa anda gunakan untuk olahraga yang satu ini

  • Menghindari polusi

Meski bersepeda terlihat berada di luar ruangan sehingga dikhawatirkan akan menghirup banyak polusi namun persepsi tersebut salah besar karena justru mereka yang berkendara dengan bus atau angkotlah yang lebih banyak menghirup polusi karena mereka berada di sumber polusi itu sendiri.

Namun ketika anda merasa cemas sebaiknya gunakan masker ketika besepeda di jalan raya untuk menghindari polusi.

  • Meningkatkan kemampuan dalam olahraga lain

Bersepeda yang rutin dilakukan dapat menguatkan tulang kaki dan menguatkan otot  sehingga mempermuda anda ketika  melakukan olahraga lain seperti sepak bola, tenis, dan pingpong. Sebab anda sudah memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan olahraga tersebut dengan tulang dan otot yang kuat

  • Dapat ditempatkan dimana saja

Manfaat bersepeda yang selanjutnya adalah sepeda lebih mudah diletakkan dimana saja tidak seperti kendaraan lain seperti mobil yang membutuhkan tempat yang cukup luas ketika memarkirkannya.

Sepeda lebih cenderung membutuhkan tempat yang kecil ketika akan meletakkannya. Selama masih pada tempat yang aman dan masih berada di dalam pengawasan anda

  • Memuat terobosan kreatif

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan tak heran jika banyak para seniman yang memanfaatkan kegiatan ini untuk mendapatkan ide kreatif yang baru. Dengan melakukan kegiatan bersepeda santai selama 25 menit maka pemikiran kreatif akan anda dapatkan.

  • Membantu orang lain

Banyak komunitas sepeda saat ini yang sangat peduli dengan keadaan sekitar seperti contohnya komunitas The london to brightoon yang melakukan kegiatan kemanusiaan dengan menggalang dana untuk british heart foundation dan mengumpulkan dana hingga 40 juta euro.

  • Kendaraan yang ekonomis

Dengan sekali mengeluarkan modal dengan membeli sebuah sepeda anda bisa menikmati manfaat bersepeda sepanjang hari tanpa membutuhkan biaya untuk membeli bensin serta pembayaran pajak seperti kendaraan pada umumnya, itulah mengapa sepeda termasuk kendaraan yang ekonomis.

  • Gaya hidup sehat

Olahraga bersepeda menjadi salah satu pilihan hidup sehat. Berbagai manfaat dapat kita rasakan untuk semua kalangan usia dan gender. Untuk itu bagi anda yang belum memulai olahraga yang satu ini sebaiknya segeralah memulainya sebagai salah satu upaya menyehatkan tubuh.

  • Memiliki banyak pengalaman

Dengan bersepeda bukan hanya tubuh kita menjadi sehat namun juga memiliki sensasi tersendiri dengan melewati gang-gang kecil, tanjakan serta belokan akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Tidak seperti kendaraan lain yang hanya melewati jalan raya.

  • Mengatasi kelelahan

Lakukan kegiatan bersepeda ketika waktu senggang dan santai untuk mengatasi kepenatan atau kelelahan yang tengah dirasakan. Selain itu bersepeda juga akan mengembalikan kebugaran tubuh yang hilang akibat aktivitas yang melelahkan.

  • Menghabiskan waktu yang berkualitas

Untuk mengisi waktu luang sebaiknya anda melakukan kegiatan bersepeda santai dari pada harus buang masa ngerumpi yang tidak jelas dengan tetangga. Anda juga bisa melakukan kegiatan ini bersama keluarga dengan begitu tubuh akan semakin sehat serta hubungan juga semakin erat.

  • Menghilangkan kecanduan negatif

Kecanduan sesuatu kadang bisa terjadi karena waktu luang yang cukup banyak tidak tahu harus diisi dengan kegiatan apa. Alhasil kegiatan negatif dilakukan seperti merokok, narkoba, serta kecanduan alkohol.

Sebaiknya ini waktu anda yang berharga dengan bersepeda maka anda akan terhindar dari perbuatan negatif, mendapatkan tubuh yang sehat serta fikiran yang gembira.

  • Mendapatkan tubuh yang fit

Dengan semua manfaat bersepeda yang didapatkan tubuh maka tubuh anda juga akan terjaga kebugarannya tanpa membutuhkan suplemen tambahan dan olahraga keras yang membutuhkan banyak biaya. Bahkan bersepeda secara teratur akan membuat tubuh menjadi fit seperti 10 tahun lebih muda.

  • Mengeluarkan racun atau detoksifikasi

Bersepeda akan membantu tubuh mengeluarkan banyak keringat. Sebagian keringat yang keluar juga membawa racun yang menumpuk di tubuh, sehingga sangat baik dalam melakukan detoks. Dengan mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh maka tubuh juga akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Tips bersepeda yang baik

Kegiatan bersepeda memang kegaiatan yang menyenangkan dan menyehatkan bagi tubuh dan kulit namun anda juga harus melakukannya dengan benar agar hasil yang didapat bisa maksimal. Berikut beberapa tips bersepeda yang baik seperti :

  1. Sadel

Pemilihan sadel juga wajib anda lakukan agar ketika berkendara tidak menimbulkan rasa nyeri dan rasa kurang nyaman.

  1. Posisi

Posisi dalam berkendara juga perlu diperhatikan seperti ketinggian sadel jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah sehingga ketika kaki mengayuh sepeda tidak terlalu tertekuk. Hal ini bertujuan untuk mencegah nyeri pada persendian lutut dan nyeri pada bagian betis

  1. Setang

Saat ini banyak bermunculan model setang yang menekuk hingga kebawah. Sebaiknya hindari penggunaan setang tersebut karena bisa menyebabkan anda bungkuk dan menyakiti tubuh karena jarak setang yang terlalu jauh.

  1. Bervariasi

Ketika anda mengayuh sepeda sebaiknya lakukan kekuatan yang bervariasi agar kinerja otot bisa maksimal. Dengan gerakan kayuhan yang bervariasi kita juga mengoptimalkan pembakaran kalori.

Itulah 41 manfaat bersepeda yang bisa kita rasakan. Bersepeda memang pilihan yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup jadi tidak ada salahnya jika kita mulai dari sekarang. Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lewatkan juga  37 Manfaat Donor Darah yang Wajib Anda Ketahui, No 7 Luar Biasa

Leave a Reply