Datar Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Buah Naga – Buah naga memiliki dua varian yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Yang berwarna merah memiliki rasa lebih manis dari pada buah naga putih. Meski rasa keduanya berbeda namun keduanya memiliki kandungan yang baik yang dapat menyehatkan tubuh kita.

Dengan rutin mengkonsumsi buah naga akan membuat tubuh kita terhindar dari penyakit karena dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu kandungan serat yang tinggi membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu metabolisme tubuh, serta mampu menjaga keseimbangan. Dengan begitu banyak kandungan pada buah naga sebaiknya kita rajin mengkonsumsinya untuk memenuhi gizi harian kita.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Di dalam daging buah naga terdapat butiran – butiran halus berwarna hitam yang di dalam tiap butirnya mengandung 20 gizi penting yang dibutuhkan tubuh.

Sebelum kita membahas apa saja manfaat buah naga mari kita lihat zat apa saja yang terdapat pada buah naga sebagai berikut:

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Di dalam buah naga sangat banyak zat-zat penting yang dapat menyehatkan tubuh kita yang memiliki banyak fungsi dan manfaat. Beberapa kandungan buah naga seperti :

  • Air : buah naga memiliki kandungan air sebanyak 87 g yang merupakan sumber air yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh.
  • Protein: protein pada buah naga sekitar 1,1 g atau sekitar 2,1 % memenuhi kebutuhan harian
  • Karbohidrat : di dalam buah naga memiliki kandungan karbohidrat sekitar 11.0 mg karena sumber karbohidrat alami jadi mengkonsumsi buah naga aman bagi tubuh
  • Serat : inilah kandungan tertinggi yang terdapat pada buah naga mampu memenuhi kebutuhan harian anda sekitar 12 % dengan kalkulasi 0,04 g
  • Berbagai vitamin: banyak vitamin yang terdapat pada buah naga seperti vitamin B1, B2, B3, dan C
  • Kalium dan besi: Di dalam buah naga juga terdapat kalsium sebanyak 8.5 mg yang tiga kali lebih baik dari wortel. Serta zat besi sebanyak 0,16 mg
  • Kalsium : kalsium yang dapat menguatkan tulang terdapat pada buah naga sebanyak 134.5 mg

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Setelah kita melihat banyak kandungan pada buah naga sebaiknya kita rajin mengkonsumsi buah naga untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa  manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan yang berhasil Ceksehat rangkum, silahkan disimak:

1. Dapat menurunkan berat badan

Saat anda memutuskan untuk melakukan diet anda harus tau makanan apa saja yang membawa dampak buruk bagi tubuh kita dan makanan apa saja yang dapat menyehatkan tubuh kita. Pola makan saat diet sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan penurunan berat badan.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat memang diharuskan untuk dapat mengontrol nafsu makan kiat sehingga tidak mudah lapar. Manfaat buah naga salah satunya untuk menurunkan berat badan karena mengandung serat yang tinggi.

Simak juga yuk: Daftar Buah untuk Diet untuk Menurunkan Berat Badan

2. Memperkuat tulang dan gigi

Buah naga juga bisa dijadikan buah perawat gigi yang sangat baik serta dapat menguatkan tulang yang mulai mengeropos.

3. Dapat membersihkan usus

Usus yang kotor dapat mengakibatkan sistem pencernaan dan sistem pembuangan menjadi terganggu, jika anda mengalami masalah tersebut sebaiknya buah naga masukkan dalam menu harian anda agar dapat membersihkan usus anda.

4. Mencegah peradangan

Tubuh yang mengalami peradangan akan sangat mengganggu aktivitas harian anda, kita akan kesulitan bergerak karena menahan rasa sakit akibat peradangan  buah naga dapat membantu anda mengatasi masalah peradangan

5. Menjaga ion tubuh

Sumber ion yang baik adalah air mineral atau buah kelapa tapi ternyata kandungan air yang tinggi pada buah naga dapat memenuhi kebutuhan ion harian anda agar tubuh anda selalu fit

6. Meningkatkan stamina

Kalium yang cukup tinggi pada buah naga mampu menjaga stamina anda. Dengan stamina yang terjaga membuat kegiatan sehari-hari kita menjadi lancar dan tidak mudah lelah.

7. Melembabkan kulit

Kulit kering dapat disebabkan karena tubuh dan kulit kekurangan air. Kandungan air yang cukup tinggi pada buah naga mampu memenuhi kebutuhan air tubuh dan kulit sehingga dapat melembabkan kulit

8. Mencegah bakteri jahat berkembang

Buah naga juga dapat mencegah bakteri jahat berkembang di usus yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

9. Pewarna alami

Saat kita membuat kue selain rasanya yang harus enak tentunya warnanya juga harus menarik, caranya dengan menambahkan pewarna. Tapi saat ini banyak pewarna berbahaya muncul di pasaran untuk mencegah penggunaan pewarna berbahaya sebaiknya kita menggunakan buah naga merah untuk dijadikan pewarna alami.

10. Menghilangkan jerawat

Buah naga juga dapat dijadikan masker untuk merawat kulit wajah yang mengalami masalah seperti masalah jerawat. Anda cukup memakai masker buah naga 2 kali seminggu maka masalah jerawat anda dapat teratasi

11. Mencegah kerapuhan tulang

Dengan bertambahnya usia membuat tulang kita juga semakin keropos dan rapuh salah satu penyebabnya kekurangan vitamin C, buah naga dapat menguatkan tulang anda karena mengandung vitamin C yang dapat merawat tulang

12. Memperlancar peredaran darah

Darah yang tidak lancar dapat mengakibatkan berbagai hal buruk seperti gangguan jantung. Buah naga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dan menyehatkan tubuh kita.

13. Melancarkan ASI

Asi sangat dibutuhkan bayi untuk memenuhi kebutuhannya. Namun jika asi yang dikonsumsi bayi tidak lancar juga akan mengganggu kesehatan tubuh bayi, asi merupakan sumber satu-satunya untuk bayi di bawah 6 bulan jika asi tidak lancar akan membuat bayi lapar dan rewel.

14. Mengobati panas dalam

Panas dalam dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi banyak air, karena di dalam buah naga memiliki kadar air yang sangat tinggi membuat buah naga dapat meredakan panas dalam

15. Mengobati panas sariawan

Kandungan vitamin C pada buah naga mampu mengatasi masalah sariawan.  Karena penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin C yang dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah naga.

Artikel terkait: Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami

16. Menjaga kekencangan kulit wajah

Bertambahnya usia dapat mempengaruhi elastisitas kulit karena jumlah kolagen yang mulai menipis. Kandungan vitamin C pada buah naga membantu proses pembentukan kolagen dan dapat mengembalikan elastisitas kulit.

17. Mencegah kanker

Belum ada obat untuk penyakit yang satu ini, penyakit ganas yang menjadi pembunuh no 1 didunia. Banyak upaya yang dilakukan para tim medis hanya mampu mencegah penyebaran sel kanker tapi tidak untuk mengobati.

Seperti kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati, itulah yang dapat buah naga lakukan yaitu hanya sekedar mencegah tumbuhnya sel kanker. Buah naga mengandung antioksidan phyoalbumin dalam jumlah banyak.

Senyawa ini mampu menghambat sel-sel kanker berkembang atau masuk ke tubuh kita. Serta dapat mengeluarkan racun-racun pada tubuh.

Artikel terkait: Daftar Penyebab Penyakit Kanker yang Wajib Anda Ketahui

18. Mencegah Diabetes melitus (DM)

Buah naga sangat baik dikonsumsi karena tinggi akan protein, namun rendah lemak dan karbohidrat. Sehingga tidak menyebabkan gula dan lemak menumpuk pada tubuh. Jadi mengkonsumsi buah naga tidak akan membuat berat badan anda naik dan tidak menyebabkan penyakit diabetes.

19. Menyembuhkan batuk dan asma

Batuk biasa terjadi karena masuknya kuman yang di sebabkan debu dan perubahan cuaca. Batuk memang sangat mengganggu membuat kerongkongan menjadi gatal bahkan bisa menyebabkan sesak napas pada penderita asma. Keluhan ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah naga

20. Menurunkan kolesterol

Kandungan vitamin B3 pada buah naga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah naga merupakan buah yang baik dikonsumsi para penderita kolesterol.

Artikel terkait: 11 Manfaat Vitamin B Kompleks / Complex untuk Kesehatan Tubuh

21. Membantu pembentukan sel darah merah

Para penderita anemia yang kekurangan sel darah merah dapat mengkonsumsi buah naga karena buah naga mengandung vitamin B12 dan riboflavin yang dapat membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh.

22. Menjaga kesehatan usus

Serat yang tinggi terdapat pada buah naga yang dapat membatu meringankan kerja usus serta melancarkan sistem pencernaan sehingga dengan mengkonsumsi buah naga akan menjaga kesehatan usus kita dengan bantuan serat yang terkandung pada buah naga

23. Mencegah serangan jantung

Buah naga dapat membantu melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, serta dapat mencegah terjadinya inflamasi yang semua itu dapat menyebabkan resiko serangan jantung. Dengan rajin mengkonsumsi buah naga akan menjaga kesehatan jantung kita.

24. Membantu pembentukan Trombin dan Protrombin

Kandungan fosfor dan kalium pada buah naga sebagai katalisator yang berguna membantu pembentukan trombin dan protombin dalam darah.

25. Melancarkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang terganggu akan mengakibatkan masalah pada lambung salah satu cara mengatasinya dengan rajin mengkonsumsi buah naga. Karena tinggi akan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan

26. Membantu pembentukan otot

Buah naga juga dapat membantu anda membentuk otot, karena otot dapat dibentuk dengan bantuan protein yang juga terdapat pada buah naga. Dari pada anda meminum obat yang mengandung protein instan sebaiknya anda mengkonsumsi buah naga yang lebih aman dan sehat.

27. Membantu mendetoksifikasi

Mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh juga dapat dibantu dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur. Maka racun-racun yang ada pada tubuh anda akan dikeluarkan baik melalui keringat atau sistem pembuangan.

28. Menetralkan racun pada tubuh

Racun yang terdapat pada tubuh yang didapat dari makanan dan keadaan lingkungan yang tidak sehat seperti asap rokok, debu, dan polusi, dapat menyebabkan masalah yang cukup serius dapat dinetralkan dengan banyak mengkonsumsi buah yang satu ini.

29. Menambah tenaga

Fungsi dari vitamin B1 dan thiamine adalah mampu membantu mengubah karbohidrat menjadi energi semua kandungan itu terdapat pada buah naga. Jadi mengkonsumsi buah daga dapat menjadi sumber energi yang baik

30. Mencegah penuaan dini

Menua karena bertambahnya usia memang merupakan proses alami kehidupan yang dapat kita hindari namun jika penuaan terjadi lebih cepat atau penuaan dini akan lain lagi ceritanya bukan? Hal ini dapat disebabkan oleh radikal bebas.

31. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurunnya sistem kekebalan tubuh akan membuat tubuh kita mudah diserang penyakit. Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah naga.

32. Mencegah tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi buah naga salah satu fungsinya adalah melancarkan peredaran darah, jika aliran darah  mengalami penyumbatan akan membuat tekanan darah menjadi tinggi itulah mengapa buah naga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

33. Mencegah kelumpuhan otot

Kekurangan protein dapat menyebabkan kelumpuhan otot, kandungan protein pada buah naga mampu menyuplai protein dan mencegah kelumpuhan otot.

34. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis atau yang lebih dikenal pengeroposan tulang yang disebabkan karena terkikisnya kalsium pada tulang. Buah naga memiliki kandungan kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium tulang dan menjadikannya kuat kembali.

35. Membantu pencernaan bayi

Saat bayi anda mengalami masalah pencernaan itu akan membuatnya menjadi rewel, berikan jus buah naga akan membantu masalah pencernaan yang terjadi pada bayi anda.

36. Menjaga kesehatan dan membantu kerja syaraf

Sistem kerja saraf dapat dibantu oleh fosfor dan kalsium yang terdapat pada buah naga. Jagi mengkonsumsi buah naga dapat membantu kerja syaraf

37. Mengobati sakit tenggorokan

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan anda. Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjadi solusi untuk tenggorokan anda yang sakit.

38. Mengurangi kram pada tubuh

Manfaat buah naga selanjutnya adalah untuk mengurangi kram pada tubuh. Kram pada perut juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan kalsium, fosfor, dan zat besi yang semua unsur tersebut ada pada buah naga, jadi buah naga baik untuk mengobati kram pada perut

39. Meningkatkan nafsu makan

Buah naga mampu meningkat nafsu makan karena mengandung vitamin B2 dan B1 yang salah satu fungsinya yaitu membantu merangsang nafsu makan.

40. Mencerahkan kulit

Manfaat buah naga selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C pada buah naga salah satu fungsinya sebagai pencerah alami kulit. Dengan rajin mengkonsumsi buah naga akan dapat mencerahkan kulit dan terhindar dari kulit kusam.

41. Mengatasi rambut kering

Rambut yang kering juga dapat disebabkan karena kurang mengkonsumsi air. Kandungan air pada buah naga dapat melembabkan rambut anda.

42. Menahan lapar

Memiliki nafsu makan yang berlebih dapat menyebabkan naiknya berat badan jika tidak dikontrol dengan baik akan menyebabkan banyak masalah dan penyakit pada tubuh. Kandungan serat yang terdapat pada buah naga dapat  membuat kita kenyang lebih lama

Sangat banyak bukan manfaat mengkonsumsi buah naga. Dengan menambahkan buah naga pada menu harian anda akan membuat tubuh kita menjadi sehat. Mulailah hidup sehat dari sekarang karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh kita. Yuk simak juga:

Leave a Reply