26 Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Salam – Ibu rumah tangga pasti sudah tidak asing lagi dengan daun salam. Daun salam biasanya ditambahkan pada masakan untuk memberikan aroma dan cita rasa sedap. Daun salam sudah sejak dahulu digunakan seabgai rempah masakan oran Indonesia.

Siapa sangka, dibalik perannya sebagai rempah masakan, ternyata ada banyak manfaat daun salam yang belum banyak diketahui oleh masyarakat kita. Daun salam bermanfaat untuk menurunkan kolsterol atau lemak jahat di dalam tubuh kita.

Manfaat daun salam yang satu ini tentu bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi. Selain itu, masih ada segudang manfaat daun salam lainnya yang bisa kita peroleh dengan mudah, yaitu dengan membuat jamu atau ‘teh’ daun salam.

Sebelum kita kupas lebih rinci tentang manfaat daun salam, ada baiknya kalau anda mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam daun salam, berikut ini rinciannya:

Kandungan Nutrisi Daun Salam

  • Mineral – Nutrisi daun salam yang pertama adalah mineral. Daun salam sangat kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium. Kalium adalah sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh, untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung. ,Mangan dan tembaga digunakan tubuh sebagai faktor co enzim.
  • Vitamin C – Selain mineral, daun salam juga kaya dengan vitamin C. Setidaknya dalam 100 gram daun salam segar menyediakan sekitar 46,5 mg vitamin ini, yang setara dengan 77,5% kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).
  • Vitamin A – Sealain vitamin C, daun salam juga menjadi sumber vitamin A, setidaknya daun salam menyediakan 6.185 IU (International Unit) atau 206% dari asupan harian vitamin ini.
  • Asam Folat – Siapa sangka ternyata daun salam juga mengandung asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil. Setidaknya dalam 100 gram daun salam menyediakan sekitar 180 mg atau 45% dari asupan harian.
Manfaat daun salam

Manfaat daun salam

Khasiat Dan Manfaat Daun Salam

Setelah kita mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun salam, kini mari kita bahas satu persatu manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan alami, berikut ini yang berhasil Ceksehat rangkum untuk anda: 

1. Menurunkan dan menyembuhkan kolesterol

Manfaat daun salam yang pertama adalah untuk menurunkan dan menyebmbuhkan penderita kolesterol tinggi. Penyakit ini kini mengancam siapa saja, terutaman mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat.Tumpukan lemak di dalam tubuh terutama di dalam darah dapat berakibat fatal untuk kesehatan kita.

Nah, untuk anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi air rebusan daun salam, cara membuatnya yaitu,  sediakan 10-15 lembar daun salam, kemudian rebus dengan 3 gelas air yang direbus hingga menjadi 1 gelas air saja. Minum rebusan daun salam ini 2 kali sehari. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam ini, maka kolesterol anda akan turun dan anda dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

2. Manfaat daun salam untuk Mencegah kencing manis

Manfaat daun salam yang tidak kalah luar biasanya adalah dapat mencegah dan mengobati kencing manis. Cara dengan mengkonsumsi rebusan air daun salam seperti cara di atas.

3. Mengobati sakit mata

Anda menderita sakit mata? Nah, daun salam ternyata bermanfaat untuk mengobatinya. seperti yang sudah sama-sama kita ketahui bahwa daun salam kaya akan vitamin A. Caranya yaitu dengan mengusapkan air rebusan daun salam ke mata kita. Lakukan cara ini hingga mata kembali sembuh.

4. Menurunkan asam urat

Selain dapat menurunkan dan mengobati koleterol, manfaat daun salam yang juga luar biasa lainnya adalah untuk mengoati asam urat. Asam urat atau penyakit yang menyerang bagian sendi bahkan dapat mengakibatkan kelumpuhan ini bisa kita atasi dengan daun salam. Caranya, silahkan rebus 10 lembar daun salam dengan 10 gelas air. Rebus sejumlah air tersebut hingga susut menjadi 7 gelas saja lalu minum secara rutin 2 kali sehari.

5. Meredakan maag akut

Manfaat daun salam selanjutnya adalah untuk mengobati maag akut. Maag akut yang anda derita selama ini bisa diatasi dengan herbal daun salam. Caranya yaitu, rebus 15-20 lembar daun salam dengan ½ liter air. Tunggu hingga berkurang airnya, lalu tambahkan gula aren. Konsumsi rebusan air dan salam dan gula aren secara rutin.

6. Menyembuhkan gangguan pencernaan

Jika anda mengalami masalah pencernaan, daun salam juga bisa menjadi solusinya. Gangguan pencernaan sendiri dapat mengganggu proses metabolisme di dalam tubuh kita, dimana sari makanan tidak diserap secara optimal oleh usus nantinya.

Gangguan pencernaan seperti sembelit bisa diatasi dengan rebusan daun salam, plus sedikit garam bisa anda konsumsi secara rutin untuk mengatasi sembelit dan diare.

7. Manfaat daun salam untuk Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Tekanan darah tinggi bisa berakibat fatal seperti stroke yang dapat berujung pada kematian. Apalagi kalau sampai tekanan darah anda tidak terkontrol, emosi meledak-ledak, sampai pecah raut saraf, tentu ini dapat berakibat fatal. Hipertensi ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi rebusan daun salam, silahkan rebus daun salam sekitar 7 hingga 10 lembar dengan 3 gelas air. Biarkan susut hingga tersisa 1 gelas saja. Lalu, minum ½ gelas sekali minum. Lakukan rutinitas 2 kali sehari dalam minum rebusan daun salam ini.

8. Mencegah Kanker

Manfaat daun salam yang tidak kalah lua biasanya adalah dapat mencegah penyakit kankaer. Hal ini dikarenakan kandungan asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin. Selain itu, daun salam juga mengandung phytonutrient yang mampu menahan proliferasi sel kanker serviks.

Silahkan tambahkan 2 lembar daun salam pada setiap masakan yang akan dikonsumsi, tentunya yang sesuai dengan daun salam itu sendiri, seperti jenis-jenis sayuran berkuah ataupun kering. Walaupun hanya 2 lembar setiap kali makan, efeknya akan sangat terasa apabila hal ini terus dilakukan.

Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi daun salam sebagai teh. Resep ini diperkirakan bisa mengurangi kemungkinan terserang penyakit kanker lebih dari 20%.

9. Obat Batuk, Flu dan Pilek

Jika anda mendeita demam dengan gejala batuk, flu dan pilek, silahkanrebus bebeapa lembar daun salam, kemudia rendam kain ke dalam air rebusan tersebut untuk kemudian digunakan sebagai kompres di bagian dada atau hidung. Ini akan meringankan batuk, flu dan pilek.

Selain sebagai kompres, daun salam juga bisa langsung kita konsumsi untuk mengatasi 3 masalah demam tersebut. Silahkan rebus 10-15 lembar daun salam dengan 3 gelas air yang direbus hingga menjadi 1 gelas air saja. Minum rebusan daun salam ini 2 kali sehari.

10. Masalah Ginjal

Manfaat daun salam yang lainnya adalah untuk mengobati penyakit ginjal. Untuk anda yang menderita batu ginjal, dianjurkan untuk mengkonsumsi rebusan daun salam 2 kali sehati. Silahkan sediakan 5 lembar daun salam, 5 lembar daun sirsak dan 500 ml air matang. Lalu, cuci bersih 2 jenis daun tersebut di kran sehingga daun sama sekali bersih dari kotoran. Rebus 500 ml air yang sudah disiapkan pada panci khusus memasak air, yang tidak terkontaminasi dengan masakan lainnya. Apabila sudah mulai mendidih, masukkan 10 lembar daun yang sudah bersih tadi. Biarkan air mendidih hingga yang tersisa hanya sekitar 300 ml.

Ramuan yang sudah matang ini bisa segera diminum selagi hangat. Namun, biasanya akan menyisakan satu gelas lainnya, nah sisa ini lebih baik disimpan di dalam kulkas dan baru dihangatkan kembali ketika akan meminumnya. Mengapa kulkas? Ini bertujuan untuk tetap menjaga kandungan yang ada di dalam air tersebut. Karena, apabila hanya dibiarkan di luar, bisa menyebabkan kandungan dan khasiat dari air rebusan daun salam tadi menghilang begitu saja.

11. Meredakan Rasa Sakit

Daun salam juga bisa menghilangkan rasa sakit yang kita alami, hali ini dikarenakan sifat anti inflamasi dari ekstrak daun salam yang akan mengurangi rasa sakit akibat keseleo, strain, arthritis, rematik serta nyeri. Minyak daun salam dapat membantu meringankan migrain dan sakit kepala. Daun salam juga akan meningkatkan sirkulasi darah. Dalam kasus nyeri sendi, daun salam tanah dan daun jarak yang diikatkan pada daerah sekitar sendi yang meradang, akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

12. Manfaat Daun Salam Untuk Diet

Nah, kabar gembira untuk anda yang sedang dalam program diet. Manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan sangat bagus sekali. Silahkan siapkan 20 daun salam, rebus dengan 4 gelas air. Kemudian air ini kita minum 2x sehari pada siang dan sore hari. Dengan rutin mengkonsumsi rebusan daun salam ini, maka berat badan anda akan turun secara perlahan tapi pasti.

13. Daun Salam Untuk Mengobati Diare

Daun salah juga bisa mengobati diare, siapkan 15 daun salam kemudian rebus dengan 2 gelas air. Kemudian minum hingga diare menghilang.

14. Mengobati radang tenggorokan

Anda menderita penyakit radang tenggorokan? Nah, daun salam bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya. Radang tenggorokan bisa diobati dengan mengkonsumsi ai rebusan daun salam, caranya silahkan sediakan 10 sampai 15 daun salam kemudian rebus lah daun salam tersebut dengan sedikit air maksimal 3 gelas. Untuk mendapatkan hasil maksimal, silahkan konsumsi air rebusan daun salam

15. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada daun salam sangat bermanfaat untuk menigkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga tubuh tidak dapat mudah terserang penyakit. cara memanfaatkannya anda dapat menambahkan daun salam pada masakan anda, sehingga daya tahan tubuh anda sekeluarga dapat terlindungi.

16. Mencegah dan mengobati penyakit kulit

Anda mengalami berbagai masalah kulit sepeti jerawat, borok, bisul, eksim kering ataupun basah dan penyakit kulit lainnya? Daun salam bisa anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit tersebut. Caranya yaitu sediakan 10 lembar daun salam, kulit kayu dan ujung akar pohon salam secukupnya. tumbuk hingga halus kemudian tambahkan sedikit air, lalu aduk hingga tercampur merata dan jangan terlalu encer atau terlalu kental. Lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena alergi atau penyakit kulit sesudah mandi, lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari 2 kali sehari sampai sembuh.

17. Obat Mencret

Manfaat daun salam selanjutnya adalah seabgai obat mencret, caranya, silahkan sediakan sekitar 15 gram daun salam segar yang dicuci dan direbus ke dalam 1 gelas air selama 15 menit, kemudian hasil rebusan daun salam diminum segaligus.

18. Merangsang Kehamilan

Sebagaimana yang sudah diejlaskan diawal, bahwa daun salam mengandung asam folat yang baik untuk wanita hamil. Selain itu bumil, daun salam juga bermanfaat untuk merangsang kehamilan. Kandungan asam folat daun salam membuatnya bermanfaat untuk ibu hamil selama periode penconception (3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan). Asam Folat mencegah terjadinya cacat pada anak. Dan merangsang kehamilan bagi calon ibu yang kesulitan hamil.

19. Mengobati Mimisan

Manfaat daun salam berikutnya adalah untuk mengatasi mimisan, caranya sangat mudah, haluskan 2-3 lembar daun salam kemudian rebus ke dalam 200 ml air hingga tersisa setengahnya. Lalu saring airnya dan minum secara rutin dan teratur sebagai obat mimisan anda.

20. Mengatasi Insomnia

Anda sulit tidur pada malam hari? Daun salam bermanfaat bagi anda dalam mengatasi sulit tidur (insomnia) dengan cara meneteskan ekstrak daun salam ke dalam air minum dan minumlah air tersebut.

21. Obat Kudis

Jika anda menderita kudis, daun salam bisa anda jadikan seabgai obat alami untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah giling 1 lembar daun salam hingga halus dan menyerupai bubur. Setelah itu balurkan pada kulit yang terserang kudis dan lakukan resep ini secara teratur untuk manfaat daun salam maksimal.

22. Obat Gatal-Gatal

Daun salam juga berkhasiat untuk mengatasi gatal-gatal,caranya giling bebeapa lembar daun salam hingga halus lalu oleskan pada kulit yang yang gatal.
Nah, itu dia 22 manfaat daun salam untuk kesehatan yang mesti anda ketahui, selanjutnya adalah untuk kecantikan.

Manfaat daun Salam untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat daun salam untuk kecantika alami yang harus anda ketahui:

1. Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Manfaat daun salam untuk kecantikan yang pertama adalah untuk mengatasi masalah pada rambut, seperti rambut ontok dan ketombe. Air bilasan yang terbuat dari daun salam, efektif dalam mengobati ketombe. Daun salam dianggap sebagai obat yang bagus untuk rambut rontok. Minyak daun salam berguna sebagai tonik untuk rambut yang efektif memerangi ketombe dan rambut rontok.

2. Menyingkirkan Kutu Rambut

Rebusan air daun salam bermanfaat untuk menghilangkan kutu di rambut. Caranya rebus sekitar 50 gram daun salam dengan 400 ml air sampai 100 ml air. Saring air untuk menerapkan ramuan ini pada akar rambut. Biarkan selama 3 sampai 4 jam dan bersihkan, untuk menyingkirkan kutu kepala secara efektif.

3. Meredakan Kulit Stress

Manfaat daun salam untuk kecantikan yang ketiga adalah untuk mengatasi kulit stres, sehingga mencegah terjadinya kulit keriput. Caranya : didihkan 5 daun salam kering dengan 2 gelas air dengan wadah tertutup. Kemudian buka tutupnya dan biarkan mendidih sekitar 2 menit. Sekarang tuangkan minuman ke dalam mangkuk besar dan menutupi kepala Anda dengan handuk, menghirup uap ini.

4. Memutihkan Gigi

Sepertinya warna gigi tidaklah terlalu penting, padahal gigi kuning dapat membuat lawan bicara kita menjadi tidak nyaman. Naha, anda bisa menggunakan pasta gigi tradisional dari daun salam dan kulit jeruk ternyata tidak untuk mengatasinya. Caranya jemur daun salam dan juga kulit jeruknya, kemudian tumbuk hingga halus.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan? Selama ini kita hanya menggunakannya sebagai rempah masakan saja, padahal kita bisa menjadikannya seabgai obat berbagai masalah kesehatan yang kita alami.

Demikianlah uraian seputar manfaat daun salam yang sebaiknya anda ketahui, semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa juga untuk membagikan atikel ini kepada yang lainnya agar semakin banyak orang yang mengetahui manfaat daun salam di atas. Baca juga Manfaat Kunyit

Leave a Reply