37 Manfaat Donor Darah yang Wajib Anda Ketahui, No 7 Luar Biasa

Manfaat donor darah – Donor darah merupakan kegiatan sosial yang dapat menolong sesama dengan memberikan harapan hidup pada orang lain. Penyumbangan darah ini sebenarnya bukan hanya bermanfaat bagi penerima darah namun juga sangat bermanfaat bagi pendonor atau penyumbang darah.

Saat seseorang dalam keadaan darurat dan membutuhkan beberapa kantung darah sedangkan stok darah di PMI tidak memadai tidak ada salahnya jika kita ikut memberikan bantuan tanpa pamrih. Menolong sesama tanpa mengharapkan imbalan tentunya nanti akan mendapatkan balasan tersendiri.

Tentunya manfaat donor darah bukan hanya dapat kita rasakan di kemudian hari namun manfaat nyata juga dapat dirasakan secara langsung oleh tubuh pendonor dan penerima darah jika dilakukan secara rutin maksimal 5 kali dalam setahun. Meski tidak ada keadaan darurat yang membutuhkan darah kita namun tetap saja donor darah bisa dilakukan dengan mengunjungi PMI. Darah yang kita donorkan akan disimpan sebagai cadangan darah untuk keperluan mendesak.

Loading...
manfaat donor darah

manfaat donor darah

Donor darah yang sering dilakukan untuk menolong pasien yang kekurangan darah sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain dapat meningkatkan kualitas hidup donor darah juga memberikan dampak positif bagi kecantikan.

Agar manfaat donor darah dapat kita rasakan secara maksimal sebaiknya donor darah  dilakukan dengan berbagai aturan yang harus kita patuhi. Manfaat donor darah juga bisa kita rasakan secara langsung seperti berikut ini:

Manfaat donor darah bagi penerima

Manfaat donor darah yang utama tentunya akan dirasakan oleh penerima darah. Manfaat tersebut tentunya kan dirasakah secara langsung. Berikut beberapa manfaat donor darah bagi penerima darah:

1. Menyelamatkan nyawa penerima darah atau pasien

Manfaat donor darah yang uatam adalah menyelamatkan nyawa pasien yang membutuhkan darah. Pendonoran yang dilakukan sebagai salah satu usaha menyelamatkan nyawa seseorang.

2. Pasien penderita demam beradarah

Pasien demam berdarah akan membutuhkan donor darah karena Hb pasien akan terus menurun dan membutuhkan darah untuk menormalkan Hb pasien

3. Korban kecelakaan yang kehilangan banyak darah

Kehilangan banyak darah saat terjadi kecelakaan akan membuat darah di dalam tubuh secara drastis berkurang itu sebabnya korban membutuhkan banyak darah tambahan untuk menormalkan kadar darah di dalam tubuh guna bertahan hidup.

4. Penderita talasemia mayor

Penyakit ini merupakan penyakit langka yang belum ada obatnya. Oleh sebab itulah mengapa penyakit ini disebut penyakit seumur hidup dimana penderitanya tidak dapat  menghasilkan hemoglobin sendiri sehingga kebutuhan darah tidak bisa tercukupi. Hal itulah yang menyebabkan penderita talasemia mayor membutuhkan donor darah secara berkala

5. Pasien yang akan menjalani operasi besar karena penyakit tertentu

Saat melakukan operasi besar biasanya pasien akan kehilangan cukup banyak darah sehingga membutuhkan donor darah untuk mencukupi kebutuhan darah setiap harinya

6. Pendarahan saat melahirkan

Saat ibu menjalani proses persalinan maka darah akan keluar bersaan dengan keluarnya bayi. Saat pendarahan tersebut cukup hebat maka sang ibu bisa saja kehilangan banyak darah yang bisa beresiko kematian. Itulah mengapa sang ibu membutuhkan donor darah untuk memberikan harapan hidup

Manfaat donor darah bagi pendonor

Selain beberapa manfaat yang akan dirasakan secara langsung oleh penerima darah, donor darah juga memiliki banyak manfaat bagi penyumbang darah. Berikut beberapa manfaat donor darah bagi pendonor:

1. Melindungi jantung

Pendonor darah rutin memiliki 88% lebih kecil terserang penyakit jantung dari pada mereka yang tidak pernah mendonorkan darahnya, hal ini telah teruji secara klinis. Jantung berfungsi memompa darah akan menjadi lebih sehat dan jauh dari gangguan dan kelainan jantung.

Apakah anda masih ragu melakukan donor darah setelah mengetahui manfaat utama yang akan diberikan kepada anda?

Info terkait: 9 Obat Herbal Jantung yang Ampuh Mengobati Penyakit Jantung

2. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular

Selain baik bagi jantung, ternyata donor darah juga dapat menurunkan resiko terserang penyakit kardiovaskular lainnya. Penurunan resiko cukup signifikan sekitar 33% dari pada mereka yang tidak mau mendonorkan darahnya

3. Menurunkan resiko penyakit kanker

Semakin sering anda melakukan donor darah maka akan semakin kecil resiko tubuh anda terserang penyakit kanker. Donor darah sebaiknya dilakukan 3 bulan sekali bagi para pria, sedangkan wanita dapat melakukan donor darah 4 bulan sekali.

Beberapa penyakit kanker yang dapat dicegah dengan rajin melakukan donor darah seperti kanker paru-paru, kanker lambung, kanker usus besar, dan kanker tenggorokan.

4. Meregenerasi sel darah

Dengan melakukan donor darah secara rutin akan membuat tubuh sehat dan pergantian darah atau regenerasi sel darah dapat terjadi secara rutin. Saat sel darah diganti dengan sel darah yang baru maka darah akan menjadi sehat dan membantu fungsi setiap organ. Saat kesehatan darah terjaga maka secara otomatis kesehatan tubuh juga akan terlindungi.

5. Menurunkan level zat besi di dalam darah

Menurunnya kadar zat besi di dalam darah sangat baik karena tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung. Sebaiknya lakukan donor darah secara rutin agar tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

6. Pemeriksaan kesehatan gratis

Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kita akan dikenakan biaya yang cukup mahal. Namun dengan melakukan donor darah secara tidak sengaja kita juga melakukan pemeriksaan gratis dari para dokter ahli.

Sebab sebelum melakukan donor darah pemeriksaan kesehatan akan dilakukan untuk mengetahui apakan darah anda memenuhi kualitas sebagai pendonor.

7. Mendapatkan pemeriksaan analisis secara gratis

Selain kesehatan tubuh yang diperiksa secara rinci, kesehatan darah juga kan diperiksa untuk mengetahui apakah darah pendonor sudah terkontaminasi penyakit atau tidak seperti penyakit sifilis, hepatitis, HIV dan penyakit lain. Pemeriksaan darah tersebut juga dilakukan secara gratis di labolatorium. Pemeriksaan ini bertujuan mencegah penularan penyakit melalui donor darah

8. Pikiran lebih stabil

Dengan melakukan donor darah secara rutin juga akan membuat tubuh anda menjadi tenang dan stabil. Hal itu terjadi karena anda sudah memastikan bahwa tubuh dan darah anda dinyatakan sehat dan gembira akibat bisa menolong nyawa orang lain

9. Menjadi lansia yang sehat

Sengan melakukan donor darah secara tidak sengaja anda sedang mempersiapkan masa tua yang sehat. Karena berbagai penyakit dapat dicegah dengan melakukan donor darah maka hari tua anda juga akan sehat

10. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol jahat juga akan menurun dengan melakukan donor darah secara teratur. Itulah mengapa donor darah menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat tanpa mengeluarkan biaya mahal.

11. Menambah amal kebaikan

Menolong sesama dengan menyumbangkan darah dan membatu meningkatkan kualitas hidup seseorang juga akan menambah amal kebaikan yang akan mendapat balasan di dunia dan di akhirat.

12. Membakar kalori

Memiliki bentuk tubuh yang gembul atau kelebihan berat badan akan membuat rasa percaya diri berkurang serta banyak gangguan kesehatan yang muncul seperti obesitas, darah tinggi, jantung dan masih banyak penyakit lainnya.

Melakukan diet seperti sedikit berat dilakukan. Sebenarnya ada cara yang cukup efektif membakar kalori tanpa melakukan diet ketat dengan cara melakukan donor darah secara teratur. Dengan menyumbangkan 500 ml darah maka anda sudah membakar 650 kalori tubuh.

13. Mencegah penuaan dini

Saat pikiran lebih stabil, tenang dan bahagia akibat melakukan donor darah maka anda telah mencegah stress yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Selain dapat mencegah strees donor darah juga dapat mempercepat regenerasi sel kulit sehingga anda juga akan terhindar dari penuaan dini

Manfaat donor darah lainnya

Selain beberapa manfaat diatas, donor darah juga memiliki beberapa manfaat lain seperti berikut ini:

  • Menyelamatkan nyawa seseorang
  • Menyembuhkan berbagai penyakit bagi pendonor dan penerima darah
  • Menurunkan berat badan yang berlebih
  • Mendeteksi resiko penyakit sejak dini
  • Menurunkan resiko stroke
  • Mengontrol kesehatan
  • Meningkatkan sel darah merah
  • Sekantong darah dapat memberikan kesempatan hidup bagi 3 orang
  • Meningkatkan kesehatan paru-paru
  • Melindungi kesehatan ginjal
  • Sebagai bentuk kepedulian antar sesama
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Mencegah tubuh terserang berbagai penyakit langka
  • Mencegah kekakuan pada pundak
  • Mengetahui golongan darah
  • Meningkatkan kesehatan psikologis
  • Memaksimalkan darah di dalam paru-paru
  • Menurunkan kadar seng
Loading...

Itulah 37  manfaat donor darah yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Setelah mengetahui beragam manfaat donor darah apakah anda masih ragu melakukan donor darah? Simak juga: 75 Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh yang Sangat Luar Biasa

loading...

Leave a Reply