20 Khasiat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Habbatussauda – Habbatussauda yang juga dikenal dengan nama Jintan Hitam merupakan bahan alami yang sangat kaya akan manfaat.Hasil alam yang memiliki nama Latin Nigella Sativa ini merupakan tanaman endemik yang bisa ditemui dengan cukup mudah di daerah Asia Selatan dan Asia Barat.

Saat ini Habbatussauda banyak dipakai sebagai bahan obat – obatan alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit mematikan. Padahal, di daerah asal nya, tanaman ini sebelumnya hanya digunakan sebagai bahan bumbu dan bahan pengawet makanan saja.

Kandungan Senyawa dalam Tanaman Habbatussauda

Hampir semua manfaat Habbatussauda berasal dari kandungan senyawa yang ada di dalam nya. Beberapa jenis kandungan senyawa nya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Thimoquinone
  • Minyak lemak
  • Minyak Padat
  • Minyak Atsiri
  • Saponin
  • Alkaloid
  • Negellone
Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

Manfaat Habatussauda Menurut Haddist

Habbatus Sadua ini sudah dijelaskan oleh Rasulullah memiliki banyak manfaat. Dalam Ash-Shohihain diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”

Imam Bukhori juga meriwayatkan hadist dari Aisyah R.A bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda;

” Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.”

Dalam riwayat Muslim:

“Tidak ada suatu penyakit, kecuali penyembuhannya ada didalam Habbatus Sauda.”

Nabi SAW mengabarkan bahwa Habbatus Sauda berkhasiat menyembuhkan setiap penyakit. Kata syifa’ (kesembuhan) dalam seluruh hadist disebut tanpa dima’rifahkan dengan alif dan lam. Semuanya dalam struktur positif, sehingga dengan demikian kata tersebut bersifat nakiroh (indefinite, tidak spesifik) yang biasanya bermakna umum. Selanjutnya, kita bisa mengatakan bahwa dalam Habbatus Sauda’ terdapat potensi penyembuhan terhadap setiap penyakit.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Habbatussauda untuk kesehatan tubuh manusia pertama kali disadari oleh seorang ilmuan asal Persia bernama Ibnu Sina.  Pada awal nya, pemilik jurnal medis berjudul Canon of Medicine ini, hanya menggunakan Habbatussauda sebagai obat untuk gejala asma dan sesak nafas saja.

Belakangan, setelah ilmu pengetahuan di dunia kesehatan berkembang, Habbatussauda pun akhirnya turut digunakan sebagai bahan obat – obatan alami untuk berbagai macam penyakit lain nya.

Hebat nya, tidak seperti kebanyakan bahan alami yang khasiat nya cenderung tidak dibuktikan melalui penelitian ilmiah, manfaat Habbatussauda oil sudah banyak dibuktikan melalui penelitian – penelitian ilmiah yang hasil nya benar – benar dapat dipertanggungjawabkan, berikut ini diantaranya:

1. Mengatasi Gejala Penyakit Diabetes Tipe 1

Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada Tahun 2014 di Universiti Teknologi Mara, Malaysia, ditemukan fakta bahwa injeksi Thymoquinone yang terdapat dalam ekstrak Habbatussauda telah terbukti dapat menghambat dan menghentikangejala penyakit diabetes tipe 1 secara total.

Tidak hanya itu, menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Zagazig University, Mesir, ditemukan fakta menarik bahwa ekstrak habbatussauda yang dicampur dengan beberapa bahan rempah – rempah khas Timur Tengah telah terbukti dapat menurunkan kadar gula berlebih pada darah tikus lab yang dijadikan sebagai bahan penelitian.

Itu lah mengapa saat ini produk Habbatussauda diyakini dapat dijadikan sebagai obat penyakit diabetes tipe 1.

2. Membantu Menormalkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Habbatussauda terkait tekanan darah tinggi sudah dibuktikan oleh para peneliti yang berasal dari Shahrekord University of Medical Science yang ada di Iran.

Menurut hasil penelitian mereka, pengkonsumsian pil yang dibuat dari ekstrak Habbatussauda dalam kurun waktu 60 hari secara rutin telah terbukti dapat menormalkan tekanan darah tinggi skala medium.

3. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Masih terkait dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Shahrekord University of Medical Science di atas, selain dapat membantu menormalkan tekanan darah tinggi, pengonsumsian pil ekstrak Habbatussauda ternyata juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh manusia.

Aneh nya, berdasarkan hasil penelitian, ditemukan fakta menarik bahwa manfaat habbatussauda sebagai bahan penurun kolesterol hanya bisa dirasakan oleh orang – orang yang memiliki tingkat kolesterol berlebih saja. Ketika dikonsumsi oleh orang dengan tingkat kolesterol stabil, Habbatussauda cenderung tidak memberikan efek apa pun yang terkait dengan kolesterol.

4. Melawan Sel Kanker dalam Tubuh

Manfaat Habbatussauda terkait sel kanker telah dibuktikan dengan menggunakan tikus lab yang sebelumnya telah terserang kanker.

Menurut hasil penelitian, kandungan senyawa antioksidan jenis etanol yang terdapat dalam Habbatussauda telah terbukti dapat menghambat perkembangan sel kanker ganas yang ada dalam tubuh tikus lab.

Tidak hanya itu, kandungan senyawa etanol yang ada pada Habbatussauda ternyata juga dapat memberikan perlindungan pada tubuh terhadap zat radikal bebas penyebab stress oksidatifyang ada pada tubuh.

Itu lah mengapa saat ini Habbatussauda sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita kanker.

Para ilmuan sudah membuktikan bahwa habbatussauda ini bermanfaat sebagai anti-tumor bagi tubuh. Hal ini dipublikasikan pada Kongres Kanker International di New Delhi, oleh para ilmuwan kanker dari Immuno-biology Laboratory di South California.

Bahkan habbatussauda ini bermanfaat untuk merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan di dalam tubuh. Yang dapat menghancurkan sel-sel tumor dan memperkuat antibodi tubuh.

Menurut hasil penelitian juga menyebutkan bahwa zat yang terkandang di dalam habbatussauda berupa thymoquinone dan thymohydroquinone ini terbukti dapat menurunkan 52% sel tumor.

5. Meningkatkan Kualitas Sperma

Untuk Anda yang sampai saat ini belum berhasil mendapatkan momongan, manfaat Habbatussaudayang satu ini mungkin bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di salah satu universitas yang ada di Malaysia, ditemukan fakta menarik bahwa Habbatussauda oil dapat membantu mengoptimalkan kinerja jaringan testis di tubuh pria. Dampak nya, kualitas sperma yang diproduksi oleh organ testis pun akhirnya juga turut mengalami peningkatan.

Sampai saat ini, sudah banyak pasangan suami istri yang membuktikan manfaat habbatussauda untuk kesuburan pria dalam promil (program hamil) mereka dan akhirnya berhasil mendapatkan momongan.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Habbatussauda memiliki kandungan senyawa antioksidan etanol yang cukup tinggi. Nah, selain dapat membantu menghambat pertumbuhan jaringan sel kanker, kandungan senyawa antioksidan yang terdapat dalam Habbatussauda ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Berdasarkan pemaparan dari Profesor G Reimuller, seorang Direktur Institut Immunologi dari Universitas Munich, mengungkapkan bahwa, habbatussauda berperan untuk memperuat imun tubuh, sehingga tubuh dapat lebih kuat dalam menangkal serangan penyakit.

Kandungan nutrisi di dalam seperti protein, vitamin, mineral ini sangat ampuh dalam mencegah reaksi peradangan pada tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan mengontrol keseimbangan hormonal di dalam tubuh.

Jika anda sering mengalami sakit kepada, bisa jadi akibat beban kerja, stres atau penyebab lainnya, anda dianjurkan untuk mengonsumsi habbatussauda.

Bahkan untuk anda yang mengalami masalah asam lambung (gastritis) maka konsumsi habbatussauda tidak banyak membantu. Hal utama yang perlu dilakukan dalam mengatasi asam lambung adalah hindari makanan yang sangat pedas dan asam.

Terdapat beberapa bukti ilmiah yang menunujukan kandungan di dalam habbatussauda mampu secara efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk bisa bekerja untuk menangkal perkembangan kanker dan menurunkan reaksi alergi dari efek antihistamin.

7. Mencegah dan Mengatasi masuk Angin dan Kembung

Manfaat Habbatussauda yang selanjutnya adalah sebagai bahan alami untuk mencegah dan mengatasi sakit masuk Angin.

Habbatussauda memiliki kandungan senyawa yang bersifat karsinatif. Ketika dikonsumsi, kandungan senyawa yang ada dalam Habbatussauda akan membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada dalam perut.

Tidak hanya itu, konsumsi habatussauda nanti nya juga akan menghadirkan rasa hangat dan nyaman di area sekitar perut.

8. Pengobatan Penyakit Asma dan Pernafasan

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, dalam jurnal medis berjudul Canon of Medicine, Ibnu Sina menyebutkan bahwa Habbatussauda dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit asma dan berbagai macam permasalahan pernafasan lain nya.

Dalam praktek nya, saat ini pengobatan penyakit asma dan gangguan pernafasan menggunakan Habbatussauda banyak dilakukan dengan cara mengoleskan minyak Habbatussauda ke bagian dada. artikel terkait: Gejala Asma

9. Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah dapat menetralkan racun di dalam tubuh. habbatussauda  ini berperan sebagai agen detoks bagi tubuh.

Makanan saat ini merupakan salah satu sumber dari berbagai penyakit. Tidak bisa dipungkiri, makanan cepat saji atau makanan instant memiliki rasa yang enak dan cukup digemari. Di dalam makanan cepat saji atau junk food biasanya terdapat banyak pewarna, perasa, pengawet dan zat kimia lainnya yang berbahaya dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu, jajanan anak-anak juga mengandung banyak sekali MSG dan perasa serta pengawet yang tentu saja ini akan membahayakan kesehatan mereka.

Zat kimia tersebut dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh mereka bahkan dapat merusak fungsi organ tubuh mereka. Dalam jangka pendekanya, zat kimia tersebut dapat mengakibatkan tubuh kita mudah sakit, seperti mudah pusing, penyakit diare, pernafasan tidak lancar, pikiran sulit fokus dan daya pikir melemah.

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, kita bisa mengkonsumsi habbatussauda secara rutin. Habbatussauda ini berfungsi untuk membersihkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.

Prof. Wadi’ah Shalih Bakr. Dirinya adalah seorang Doktor di bidang Biokimia dari Universitas di Inggris. Di dalam disertasinya, dia menyebutkan efek dari ekstrak habbatussauda’ pada enzim-enzim nukleotida di dalam jaringan.

Dia mememaparkan bahwa ada beberapa laporan laboratorium yang menunjukan manfaat ekstrak habbatussauda untuk pengobatan.

Salah satunya, kandungan ekstrak habbatussauda yang diberikan pada hewan tikus, diketahui bermanfaat untuk melindungi organ hatinya dari masalah keracunan yang ditimbulkan oleh enzim D-Glukosa Amyn (El Dakhakhny and Madi, 1995).

Penelitian tesebut kemungkinan besarnya menggunakan obyek tikus yang sengaja dimasukan racun ke dalam tubuhnya.

Dr. Ghomidi yang berasal dari Universitas King Faishal di Damam, juga melakukan penelitian manfaat habbatussauda. Penelitian juga menggunakan obyek tikus, tujuan penelitian guna mengetahui seberapa besar pengaruh emulsi habbatussauda untuk memproteksi organ hati dari masuknya zat beracun berupa carbon.

Hasil penelitian menemukan bahwa kandungan di dalam habbatussauda bisa berkhasiat untuk menurunkan pengaruh buruk zat racun carbon tetrachloride pada organ hati.

Penelitian lainnya yang diterbitkan di Majalah Phytother Res, 2003. Hasil penelitian menunujukan bahwa tikus-tikus yang diberikan asupan minyak habbatussauda memiliki resiko lebih kecil mengalami kerusakan organ hati akibat zat racun.

10. Menurunkan Berat Badan

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah untuk menurunkan berat badan. Untuk anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal makan habbatussauda bisa menjadi salah satu solusi yang bisa anda pertimbangkan.

Habbatussauda ini akan membantu tubuh kita untuk membantu menekan nafsu makan yang berlebihan. Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi tiga gram jintan (habbatussauda) yang dicampurkan ke dalam yogurt.

Cara tersebut terbukti dapat membantu membakar lemak lebih efektif. Indeks massa tubuh akan menurun, penurunan ukuran lingkar pinggang, dan penurunan massa lemak tubuh. Tentu ini menjadi berita gembira untuk anda yang ingin memiliki berat badan ideal.

11. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat serta konsentrasi anda lebih optimal. Hal ini dikarenakan habbatussauda mengandung asam linoleat (omega 6 dan omega 3) yang sangat penting keberadaannya untuk perkembangan sel otak yang baik yang bermanfaat untuk menjaga kemampuan daya ingat dan daya pikir.

Berbagai nutrisi di dalam habbatussauda dapat memperlancar peredaran darah ke otak. Mengonsumsi jintan hitam ini berfungsi sebagai energi bagi otak, serta menurunkan resiko pikun pada seseorang.

Manfaat habbatussauda juga mampu mencegah kerusakan otak akibat timbal dan racun yang beresiko merusak organ otak.

12. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah untuk menjaga sistem pencernaan anda. Hal ini dikarenakan habbatussauda mengandung minyak volatif dan atsiri berkhasiat penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi pencernaan. Dalam dunia pengobatan tradisional, minyak atsiri sering dimanfatkan untuk pengobatan diare.

Berdasarkan research pada 1992 yang dipublikasikan  jurnal Farmasi Pakistan, menemukan bahwa minyak volatile lebih ampuh untuk membunuh bakteri E Coli dan strain bakteri V Colera daripada antibiotik seperti Tetracillin dan Ampicillin.

13. Mencegah Alzheimer

Manfaat habbatussauda yang luar biasa selanjutnya adalahu ntuk mencegah alzheimer. Para peneliti memaparkan bahwa habbatussauda bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir, memperkuat perhatian dan kewaspadaan, serta bisa memulihkan ingatan.

14. Membantu Menghilangkan Candu Narkoba

Kabar baik untuk anda yang ingin berhenti, karena mengkonsumsi habbatussauda bermanfaat untuk meminimalisir gejala putus obat ‘opiat’, yang itu merupakan salah satu jenis narkotika.

Peneliti menjelaskan bahwa manfaat ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi habbatussauda sebanyak tiga kali dalam sehari, yang dilakukan selama 12 hari. Manfaat Habbatssauda juga membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

15. Mengatasi Gangguan Tidur

Habbatussauda juga dapat mengatasi masalah tidur yang anda alami. Hal ini dikarenakan habbatussauda mengandung saponin yang berfungsi untuk memberikan pengaruh pada organ jantung, ginjal, syaraf dan otot tubuh. Manfaat zat saponin ini yaitu memberikan ketenangan dan kenyamanan pada tubuh.

16. Mengatasi Kejang Pada Pasien Epilepsi Anak-Anak

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi kejang pada penderita epilepsi anak-anak. Hal ini didasarkan pada penelitian, yaitu  penelitian oleh Mashhad University of Medical Sciences, Ghaem Medical Center, Mashhad, Iran, yang menemukan bahwa habbatussauda ternyata memiliki efek antiepilepsi pada anak, yang dapat membantu untuk mencegah munculnya kejang.

17. Untuk Kesehatan Kulit

Habbatussauda juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya bisa dengan diminum maupun dioleskan pada kulit.

Habbatussauda juga mengandung vitamin dan omega yang bermanfaat untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, manfaatnya juga mampu untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini (anti-aging).

Tidak hanya itu, minyak jintan hitam (habbatussauda) ini juga mampu mengurangi rasa sakit dan iritasi pada kulit. Dengan memiliki sifat anti peradangan, maka habbatussauda ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Untuk penggunaannya bisa dengan mengolesan minyak jintan hitam.

Untuk penggunannya, pertama-tama oleskan minyak Jintan Hitam pada wajah (sebelumnya wajah dibasahi dan dibersihkan dengan air), lalu diamkan selama 15 menit, terakhir bilas wajah hingga bersih. Lakukan seminggu beberapa kali untuk manfaat mempertahankan keremajaan kulit.

18. Untuk Kesehatan Rambut

Selain untuk esehatan kulit, habbatussauda juga bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Masalah akibat kurangnya asupan nutrisi penting untuk rambut, efek samping obat yang dikonsumsi, kemoterapi dan gangguan hormon tubuh bisa diatasi dengan menggunakan habbatussauda.

Rambut yang kekurangan nutrisi, seperti zinc dapat mengakibatkan rambut melemah dan memiu kerusakan rambut. Selain itu, pertumbuhan rambut melambat. Fungsi Zinc juga berperan dalam menjaga proses reproduksi sel, mempertahankan sekresi kelenjar di folikel rambut, perbaikan jaringan yang rusak dan memaksimalkan pertumbuhan jaringan.

Nah, dengan mengkonsumsi habbatussauda ini, maka kebutuhan nutrisi rambut berupa zinc itu dapat terpenuhi. Bahkan zinc juga bermanfaat untuk mencegah munculnya ketombe, mencegah rambut rontok, memperkuat akar rambut.

Cara peraawatannya yaitu dengan mengoleskannya secara merata di bagian kulit rambut yang mengalami masalah seperti kerontokan. Lalu biarkan selama sejam, baru setelah itu bersihkan rambut dan keramas.

19 Mengatasi Sakit gigi

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah untuk mengatasi sakit gigi. Caranya yaitu dengan mencampur setengah sendok teh minyak habatussauda dengan air hangat lalu berkumurlah dengannya, kemudian oleskan minyak pada gigi yang terasa sakit, maka akan mengurangi rasa sakit dengan cepat.

20. Penyakit mata & gangguan penglihatan

Manfaat habatussauda yang terakhir dari kami adalah untuk mengatasi penyakit mata dan gangguan penglihatan mata lainnya. Caranya yaitu dengan menggosok kelopak mata dan sisi sekeliling mata setengah jam sebelum tidur dengan minyak jinten hitam. Juga konsumsi lah satu sendok makan minyak jintan hitam yang dicampur dengan secangkir jus wortel.

Efek Samping Penggunaan Habbatussauda

Meski pun Habbatussauda telah terbukti dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh manusia, namun penggunaan Habbatussauda yang tidak tepat ternyata juga dapat memberikan efek samping yang negatif.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Habbatussauda memiliki kandungan senyawa yang sangat banyak. Ketika dikonsumsi dan atau diaplikasikan pada tubuh, minyak Habbatussauda cenderung akan menimbulkan efek hangat atau bahkan panas pada tubuh pengguna nya.

Dalam pengaplikasian nya, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, jintan hitam habbatussauda cenderung tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Hal ini senada dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari The Aga Khan University Meedical College yang ada di Pakistan. Pada penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa pengonsumsian jintan hitam pada seseorang yang sedang hamil muda cenderung akan meningkatkan resiko keguguran.

Tidak hanya itu, angka konsumsi jintan hitam pada orang normal pun juga tidak boleh berlebihan. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadi nya over dosis dan timbul nya panas berlebih pada tubuh pengguna.

Itu lah sedikit informasi mengenai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan tubuh yang dapat kami bagikan pada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Simak juga: Daftar Khasiat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin Sehat

Leave a Reply