14 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet – Jeruk nipis biasa dijadikan bumbu dapur dan untuk menghilangkan bau amis. Juga dapat digunakan untuk membersihkan perabotan dapur anda dari sisa-sisa lemak yang menempel. Tak hanya lemak sisa kotoran di dapur ternyata jeruk nipis juga dapat menghilangkan lemak yang ada di dalam tubuh kita.

Jeruk nipis si buah ber cita rasa asam yang memilikin segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah manfaat jeruk nipis untuk diet. Memiliki berat badan yang berlebihan memang sangat menggangu kesehatan dan juga penampilan.

Banyak cara yang dilakukan biasanya oleh kaum wanita yang lebih menyukai keindahan tubuh yang sempurna dan porposional dengan cara instan seperti sedot lemak yang memiliki banyak resiko kegagalan dengan biaya yang juga mahal.

Loading...

Diet adalah mengurangi Lemak yang berlebihan pada tubuh yang  mengakibatkan kegemukan yang bisa diatasi salah satunya dengan melakukan diet sehat ala rumahan yang tidak memiliki efek samping berlebihan salah satunya menggunakan jeruk nipis.

Manfaat jeruk nipis untuk diet memang telah banyak diketahui orang, vitamin C, potasium, dan asam folat yang terdapat pada jeruk dapat membantu mengurangi lemak. Kandungan serat pada jeruk nipis juga sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Sebelum kita mengupas tentang manfaat jeruk nipis untuk diet ada baiknya kita mengetahui efek samping mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan dan tidak sesuai aturan, beberapa efek samping jeruk nipis antara lain:

Efek Samping Mengkonsumsi Jeruk Nipis Secara Berlebihan

Segalahal jika dilakukan atau diminum secara berlebihan dan tidak sesuai aturan pastinya akan memiliki efek samping yang buruk . Bukanya mendapatkan bentuk tubuh yang ideal justru kita bisa tergolek sakit karna kelebihan mengkonsumsi jeruk nipis.

 Jeruk nipis yang tepat diminum tiap harinya yaitu 2000 cc perhari, dan diminum jangan dalam keadaan perut kosong. Jika melebihi standar yang dibutuh kan tubuh tentu akan berpengaruh buruk seperti:

  • Gangguan lambung: Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis dapat memperparah penyakit lambung atau yang bisa disebut sakit maag apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.
  • Gangguan pencernaan: Kadar asam yang terdapat pada jeruk nipis juga dapat menyebabakan gangguan pencernaan. Mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan akan membuat selaput lendir pada sistem pencernaan mengalami iritasi.
  • Buang air kecil berlebihan: Kadar air yang tinggi pada jeruk nipis dapat membuat anda sering buang air kecil. Maka dari itu mengkonsumsi jeruk nipis juga harus sesuai takaran karna memiliki efek samping terlalu sering buang air kecil.
  • Sakit kepala: Jeruk nipis juga mengandung asam amino yang bernama tyramine yang membuat aliran darah keotak meningkat secara spontan, sehingga menimbulkan gejala migren akut dan sakit kepala.
  • Pembentukan batu ginjal: karna kurang mengkonsumsi air putih maka akan terjadi peningkatan kadar vitamin C akan terjadi penimbunan dan pembentukan batu ginjal pada tubuh.

Itulah beberapa efek samping mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan dan tidak sesuai dengan takaran yang aman bagi kesehatan. Sebaiknya jika penderita penyakit lambung ada baiknya mengkonsumsi jeruk nipis dengan diimbangi mengkonsumsi air putih yang banyak atau 8 gelas sehari . Air putih juga dapat membantu melarutkan vitamin C dari lambung

Beberapa Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Manfaat jeruk nipis untuk diet telah diketahui bayak orang, vitamin c, potasium dan asam polat yang terdapat pada jeru nipis dapat membantu mengurangi lemak yang mengendap pada tubuh yang mengakibatkan kelebihan berat badan.

Jeruk memiliki berbagai nutrisi lain yang memiliki banyak manfaat, Mari kita lihat apa saja manfaat jeruk nipis untuk diet, antara lain:

  1. Menjaga Seimbangan pH Tubuh

PH tubuh merupakan cara mengukur antara keseimbangan asam dan basa pada tubuh kita. Kondisi basa dimana seseorang dikatakan sehat sedangkan kondisi asam dimana seseorang dikatakan sakit. Dimana seseorang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan memiliki kadar asam lebih tinggi atau sering disebut berada dikondisis asam yang menandakan seseorang dikatakan sakit.

Jeruk nipis berfungsi menyeimbangkan kadar asam yang terlalu tinggi agar berada di kondisi basa atau sehat menggunakan zat khusus yang terkandung di dalam jeruk nipis yang disebut asam sitrat.

  1. Menjaga Imunitas Tubuh

Cara diet yang mengurangi porsi makan yang biasa anda konsumsi sedikit banyak akan membuat tubuh anda menjadi lemas dan kekurangan tenaga sehingga rentan akan penyakit.

Mengkonsumsi jeruk nipis akan membantu tubuh anda melawan berbagai penyakit atau biasa disebut sistem imunitas mmenggunakan zat antioksidan dan flafonoid yang melindungi tubuh anda dari cuaca ekstrim pengaruh pola diet.

  1. Bermanfaat Untuk Menjaga Lambung

Mengkonsumsi dalam jumlah yang benar dan cara yang tepat jeruk nipis dapat membuang racun yang menumpuk pada lambung sehingga lambung menjadi bersih dan sehat.

  1. Menguatkan Pembuluh Darah

Saat menjalani program diet selai tubuh menjadi lemah karna terkejut dengan mengubah kebiasaan pola makan kita ternyata pembulh darah juga ikut mengecil dan menyempit. Sehingga menyulitkan oksigen sampai ke hingga kesel-sel lemak.

Sel-sel lemak yamg mengakibatkan kelebihan berat badan akan dibakar oleh oksigen, jika oksigen kesulitan masuk karena pembuluh darah yang menyempit maka oksigen tidak dapat bekerja secara maksimal. Jeruk nipis dapat membantu menguatkan pembuluh darah.

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Tubuh yang lemas karna diet akan dapat dibugarkan menggunakan ramuan jeruk nipis. Caranya peras jeruk nipis kira-kira setengah gelas lalu campurkan dengan kuning telur ayam kampung dan irisan gula merah lalu aduk.

Ramuan tersebut akan membantu menguatkan tubuh anda yang lemas akibat terapi diat sehat yang anda lakukan.

  1. Meminimalisir Penyakit Jantung

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat mengakibatka penyakit komplikasi salah satunya penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis akan membuang lemak yang juga dapat menutupi jantung yang  akan dilarutkan oleh vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis.

Simak juga 15 Penyebab Penyakit Jantung Koroner

  1. Mengurangi Nafsu Makan

Saat melakukan diet juga terkadang kita mengalami kegagalan karna agak sulit mengontrol nafsu makan apalagi saat kita berhadapan dengan makana pavorit kita. Hal itu dapat membuat usaha kita sia-sia.

Kandungan serat pada jeruk nipis dapat membantu kita mengatasi masalah tersebut. Sifat dari serat yang lebih sulit dicerna akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Tentu itu akan membantu kita mengontrol nafsu makan kita.

  1. Menjaga Kadar Gula Dalam Darah

Kandungan sam pada jeruk nipis membantu menghambat penyerapan gula dalam dara yang kita ketahui juga gula yang berlebig di dalam daran dapat mengakibatkan diabetes dan obesitas atau kegemukan.

Dengan menghambat penyerapan membuat gula dapat diubah menjadi energi oleh tubuh secara maksimal sehingga tidak mengendap di dalam tubuh. Dan akan mengurangi rasa lapar.

Selengkapnya simak pada ulasan 20 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

  1. Membakar Lemak

Di dalam proses die, hal yang utama yang ingin dicapai tentunya membakar lemak secara maksimal. Kandungan vitamin C, potasium dan asam folat dapat membantu membakar lemak yang mengendap pada tubuh.

Kandungan asam sitrat dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak yang berfungsi membantu mengubah lemak menjadi energi sehingga akan mengurangi penumpukan lemak pada tubuh.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Dalam program diet tak kalah pentingnnya menjaga sistem pencernan karna saat kita mengurang jumlah makanaa jika nutrisi  tidak dapat dicerna secara baik akan menyebabkan hal yang fatal yaitu kita akan merasa lemas dan sakit.

Dengan mengkonsumsi jeruk nipis membuat pencernaan kita menjadi lancar

  1. Mengurangi Sembelit

Sembelit yang banyak terjadi pada saat melakukan program diet disebabakan pola makan yang berubah sehingga kerja dari tubuh dan usus ikut berubah. Jeruk nipis mampu mengobati sembelit yang disebabkan pola makan yang telah berubah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebihan memang sangat menggangu kesehatan dan penampilan. Jeruk nipis dapat membantu masalah tersebut. Kandungan yang banyak tedpat pada jeru nipis dapat membantu mengoptimalkan kerja oksigen dalam melakukan pembakaran lemak dan mengubahnya menjadi energi.

Lemak yang dapat dibakar secara optimal tidak akan mengendap pada tubuh sehingga membuat tubuh menjadi langsing bebas dari lemak jahat.

  1. Melancarkan Sistem Pembuangan

Terhambatnya sistem pembuangan dapat menyebabkan sampah dan racun mengendap di dalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit kronis dan obesitas. Karna banyaknya sampah yang mengendap pada perut juga dapat mengakibatkan perut membeser dan buncit.

Kandungan serat pada jeruk nipis dapat melancarkan sistem pembuangan dan menjadikan perut mengempis dan terhindar dari berat badan berlebih. Konsumsilah jeruk nipis dengan takaran dan cara yang tepat untuk membantu melancarkan sistem pembuangan.

  1. Mengontrol Nafsu Makan

Manfaat jeruk nipis untuk diet yang terakhir adalah untuk mengontrol nafsu makan, bukan hanya mengurangi. Memiliki nafsu makan yang cukup besar memang sangat mempengaruhi bentuk tubuh apalagi jika yang dikonsumsi adalah makan yang banyak mengandung lemak, minyak, dan santan. Diet yang baik salah satunya adalah dengan mengontrol nafsu makan.

Nafsu makan sulit dikendalikan dapat menggagalkan usaha kita saat menjalani program diet.kandungan serat yang terdapat pada jeruk nipis dapat membantu mengontrol nafsu makan yang berlebih. Sifat dari serat yang lebih lama dicerna membuatnya bertahan cukup lama dalam menahan rasa lapar.

Loading...

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk diet yang dapat membantu anda yang mengalami kelebihan berat badan yang ingin memjalankan program diet sehat ala rumahan dengan hasil yang maksimal. Semoga cara ini dapat mempermudah usaha anda untuk memenuhi impian anda mendapatkan tubuh yang ideal. Semoga bermanfaat untuk anda. Baca juga 27 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

loading...

Leave a Reply