Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Kunyit – Ibu rumah tangga tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang kerap menjadi bumbu masak ini. Kunyit memang merupakan bumbu masak yang dapat menambah cita rasa lezat serta warna kuning khas pada masakan yang dibuat.

Tanaman ini sangat banyak dan mudah sekali tumbuh di Indonesia. Tanaman yang mirip sekali dengan jahe namun berbeda warna ini sangat murah berkembang biak. Ada banyak sekali manfaat kunyit, kunyit yang dikenal dengan naman Latin Curcuma Domestica Val ini juga dimanfaatkan untuk aneka keperluan seperti jamu dan berbagai perawatan kecantikan.

Manfaat kunyit tidak terlepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Beberapa kandungan kunyit yang sangat luar biasa adalah: 

  1. Zat warna kurkuminoid – Sebuah senyawa diarilheptanoid sekitar 3-4% dan yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
  2. Minyak atsiri – Mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
  3. Mineral – magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth
  4. Zat lain – Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammardan tannin

Secara turun temurun, kunyit sudah dimanfaatkan untuk aneka minuman ibu hamil, wanita yang mengalami masalah ketiak datang bulan, mengobati mengatasi diare, dan masih banyak manfaat kunyit lainnya yang sudah dirasakan sejak dahulu.

Manfaat kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit

Padahal masih ada segudang manfaat kunyit lainnya yang mesti anda ketahui. Berikut ini ada banyak sekali manfaat kunyit yang harus anda ketahui:

1. Sebagai Anti Inflamasi (peradangan)

Manfaat kunyit yang pertama adalah sebagai zat anti peradangan. Hal ini dikarenakan kandungan minyak volatile yang terdapat di dalam tanaman herbal yang satu ini. Sifat kunyit sebagai zat anti radang bahkan lebih kuat dari minyak atsiri, hal ini dikarenakan pigmen kuning atau oranye dari kunyit yang disebut curcumin.

Curcumin dianggap agen farmakologis utama dalam kunyit. Dalam banyak penelitian, efek anti-inflamasi curcumin ini telah terbukti sebanding obat hydrocortisone dan fenilbutazon sebagai zat anti-inflamasi seperti Motrin. Berbeda dengan obat-obatan, yang berhubungan dengan efek toksik yang signifikan (pembentukan ulkus, penurunan jumlah sel darah putih, pendarahan usus), curcumin tidak menghasilkan toksisitas.

2. Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi kronis)

Manfaat kunyit yang kedua yaitu memberikan efek antioksidan yang sangat kuat. Sebagai antioksidan, kurkumin mampu menetralisir radikal bebas, bahan kimia yang dapat dalam tubuh dan menyebabkan berbagai kerusakan pada sel-sel sehat dan membran sel. Hal ini penting dalam banyak penyakit, salah satunya adalah radang sendi, di mana radikal bebas merupakan penyebab peradangan sendi yang menyakitkan dan kerusakan pada sendi.

Kandungan kunyit yang dapat memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi menjelaskan mengapa banyak orang dengan penyakit sendi terasa sangat lega ketika mengkonsumsi herbal ini. Dalam sebuah penelitian terbaru tentang pasien dengan rheumatoid arthritis (peradangan sendi kronis), kurkumin dibandingkan dengan fenilbutazon akan menghasilkan perbaikan yang sebanding dalam durasi singkat seperti kaku pada pagi hari dan mengurangi pembengkakan sendi.

3. Dapat Mencegah Kanker

Manfaat kunyit yang sangat luar biasa lainnya adalah dapat mencegah penyakit kanker bagi siapa saja yang mengkonsumsi jamu herbal kunyit secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan kurkumin ini memungkinkan untuk melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA.

Proses ini sangat bermanfaat khususnya bagi usus besar yang mana pergantian sel cukup pesat, yang terjadi kira-kira setiap tiga hari. Karena replikasi sel ini sering terjadi, mutasi DNA pada sel usus dapat menyebabkan pembentukan sel-sel kanker jauh lebih cepat. Curcumin juga membantu tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker, sehingga mereka tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh yang dapat membuat kerusakan yang lebih parah.Cara utama kurkumin melakukannya adalah dengan meningkatkan fungsi hati.

Mekanisme lain yang dilakukan oleh curcumin (zat pembentuk kuning/orange pada kunyit) yang dapat melindungi dari perkembangan kanker adalah dengan menghambat sintesis protein dianggap berperan dalam pembentukan tumor dan mencegah perkembangan suplai darah tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker.  Kunyit lebih ampuh dari pada manfaat daun serai dan mungkin sama baiknya dengan manfaat daun sirsak dalam membasmi kanker.

Kunyit bermanfaat untuk mencegah berbagai kanker, seperti:

  • Kanker hati,
  • Kanker usus besar,
  • Kanker darah,
  • Kanker prostat

4. Meningkatkan Antioksidan

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kunyit memiliki manfaat sebagai antioksidan yang kuat. Hal ini dapat  berguna untuk menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya yagn dimilikinya. Selain itu kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh sendiri. Dengan cara ini, curcumin memberikan perlawanan / membunuh radikal bebas.

5. Meningkatkan Fungsi Hati

Hati memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh kita. Hati berfungsi sebagai benteng pertama untuk menghalau dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh kita baik itu melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi. Kunyit dapat meningkatnkan fungsi hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia, kadar dua enzim detoksifikasi hati sangat penting (UDP glucuronyl transferase dan glutathione-S-transferase).

6. Mengurangi Resiko Leukimia

Manfaat kunyit yang selanjutnya adalah dapat menurunkan resiko seseorang terkena leukimia.  Dalam hal ini, Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL yang hampir 20 tahun melakukan studi ini berkesimpulan bahwa curcumin dalam kunyit dapat :

  • Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok)
  • Menghambat radiasi kerusakan kromosom
  • Mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin.
  • Menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel

7. Perlindungan kardiovaskular (Penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah)

Manfaat kunyi selanjutnya adalah dapat mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh. Karena kolesterol teroksidasi dapat merusak pembuluh darah dan menumpuk di plak yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke, mencegah oksidasi kolesterol baru dapat membantu mengurangi perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung.

Baca juga 24 Cara Mencegah Penyakit Jantung

Kunyit merupakan sumber vitamin B6 yang diperlukan untuk menjaga tingkat homocysteine agar tidak terlalu tinggi. Asupan B6 merupakan salah satu asupan tinggi vitamin B6 dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

8. Mencegah Alzaimer

Masyarakat kita mungkin masih asing dengan penyakit pelupa yang satu ini. Jika seseorang terkena penyakit alzaimer, maka dia akan kehilangan kenangan dan seluruh ingatan masa lalunya. Akibatnya dia akan blank dan melupakan semua orang yang dia kenalnya.

Nah, ternyata salah satu manfaat kunyit yang luar biasa adalah dapat mencegah seseorang terkena penyakit alzaimer. Kunyit dapat mencegah penyakit Alzheimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Biokimia Italia (Desember 2003) membahas peran kurkumin dalam induksi dari jalur oxygenase heme, sistem pelindung, bila dipicu dalam jaringan otak, menyebabkan produksi bilirubin antioksidan menjadi lebih kuat, yang melindungi otak melawan oksidatif (radikal bebas) dan cidera.

Oksidasi tersebut diduga menjadi faktor utama dalam penuaan dan menyebabkan gangguan neurodegenerative termasuk demensia seperti penyakit Alzheimer. Penelitian lain yang dilakukan bersama oleh tim Italia dan Amerika Serikat dan dipresentasikan pada konferensi tahunan American Physiological Society tahun 2004 di Washington, DC, menegaskan bahwa kurkumin berperan penting menginduksi gen, yang disebut hemeoxygenase-1 (HO-1) di astrosit dari wilayah hippocampus otak.

9. Mencegah Depresi

Kunyit juga dapat bermanfaat untuk mencegah depresi akibat beban pikiran yang terlalu kuat. Kunyit memiliki fungsi untuk membantu proses neurotropik ini membuatnya dapat memberikan efek anti depresi.

10. Radang Gusi

Kunyit juga bisa anda gunakan seabgai herbal untuk mengobati radang gusi yang anda alami, sebagiamana yang sudah kita ketahui bahwa kunyit dapat mengatasi peradangan, berikut ini cara pengolahan kunyit untuk mengatasi radang pada gusi:

  • Tanaman gambir 3 potong dan 1/2 ibu jari kunyit.
  • Potong kedua bahan dan tumbuk sampai halus.
  • Rebus ke dalam 2 gelas air pada panci sampai mendidih dan tersisa 1 gelas.
  • Tunggu agak dingin, minum rutin 3 – 4 kali dalam sehari.

11. Telat Datang Bulan

Nah, kalau untuk manfaat kunyit yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi wanita yang sering mengalami masalah saat datang bulan. Anda bisa membuat jamu herbal untuk mengatasi telat datang bulan, caranya yaitu sediakan:

  • Bahan berupa 15 gram daun sigading dan kunyit, 10 gram kapulaga dan biji pala, 5 gram jintan hitam, ketumbar dan cengkeh.
  • Rebus semua bahan penyusun pada panci berisi 3 gelas air, tunggu mendidih dan air tersisa 1 gelas.
  • Saring airnya dan minum obat 3 kali sehari masing-masing 1/3 gelas.

12. Keputihan

Selain dapat mengatasi telat datang bulan, kunyit juga dapat mengatasi keputihan, caranya:

  • Siapkan 15 gram umbi kunyit yang sudah tua, kupas kulit dan bersihkan.
  • Parut sampai halus, tambahkan dengan 1 gelas air asam dan gula jawa.
  • Aduk terus sampai rata, tuang sembari gunakan alat penyaring (kain).
  • Minum obat keputihan ini sehari 2 kali.

13. Borok

Anda atau anak anda mengalami borok, atau korengan? Nah, manfaatkan kunyit untuk mengatasinya, caranya yaitu:

  • Parut 1 ruas ibu jari kunyit, tuangkan 1 sendok teh air kapur sirih dan air perasan 1 buah jeruk nipis.
  • Aduk sampai semua bahan tercampur merata.
  • Jadikan obat luar dengan cara membalurkan pada kulit yang terdapat borok.

14. Stamina

Kunyit juga dapat kita manfaat sebagai jamu untuk menambah dan meningkatkan stamina tubuh. Apalagi untuk kita yang beraktivitas pada, ada baiknya jika mengkonsumsi jamu kunyit secara teratru, cara membuatnya adalah:

  • Peras kunyit sampai airnya sebanyak 1 sendok makan, siapkan juga sebutir telur ayam kampung, 1 sdm madu, 1 sdm air perasan jeruk nipis, dan lada bubuk secukupnya.
  • Masukkan semua bahan dalam gelas kemudian aduk hingga tercampur, biarkan beberapa saat.
  • Minum obat vitalitas ini sehari 3 kali.

15. Diare

Jika anda mengalami diare, anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk mengatasinya, caranya:

  • Siapkan 3 biji ketumbar, 1 buah kayu ules, 1 lembar daun tawas, 1/2 jari rimpang kunyit, dan 1/2 rasuk angina.
  • Kombinasikan semua bahan, kemudian rebus ke dalam segelas air (150 ml) sampai mendidih.
  • Saring air rebusan, kemudian minum obat yang telah jadi sehari 2 kali (pagi dan sore) masing-masing 75 ml.

16. Malaria

Kunyit juga dapat mengatasi malaria, silahkan:

  • Siapkan bahan berupa 3 gram kunyit, 15 gram kulit pule, 5 gram kayu cendana, 5 gram kulit pohon keningar, 6 gram daun jering antan, 20 gram temulawak, minyak kayu putih 6 tetes (taruh di piring kecil), dan 500 air matang.
  • Haluskan semua bahan kecuali minyak kayu putih, rebus dalam 500 cc air.
  • Minum ramuan yang sudah dingin sehari 3 kali.

17. Gatal Karena Cacar Air

Gatal karena cacar air juga dapat diatasi dengan kunyit, caranya:

  • Petik segenggam daun asam dan sepotong rimpang kunyit, cuci bersih kedua bahan.
  • Kedua bahan yang telah bersih diblender sampai halus.
  • Aplikasikan dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang gatal setelah cacar.
  • Dosis pengobatan: 3 kali sehari

18. Menghilangkan Bau Badan Dari Dalam

Badan anda mengeluarkan bau tidak sedap? Coba atasi dengna menggunakan kunyit, caranya:

  1. Siapkan 2 ruas ibu jari kunyit segar, parut sampai halus.
  2. Larutkan dalam 2/3 gelas air matang hangat yang telah dicampurkan gula aren.
  3. Aduk beberapa menit, saring airnya dan minum.
  4. Dosis: 1 kali sehari diminum sebelum tidur.

19. Menurunkan Panas Demam

Panas demam juga dapat diatasi dengan kunyit, caranya yaitu:

  1. Parut 20 gram kunyit segar yang telah dibersihkan.
  2. Masukkan ke dalam 100 ml air matang panas, aduk perlahan sampai kunyit larut.
  3. Tadahkan larutan kunyit pada lap bersih, kemudian buat seperti bungkusan.
  4. Peras agar airnya keluar, jangan lupa tampung diatas gelas atau wadah kecil.
  5. Minum air perasan kunyit ini sampai suhu panas akibat demam turun.

20. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi juga dapat diturunkan dengan kunyit, caranya adalah:

  • Siapkan 50 gram daun pegagan, 300 cc madu asli, 3 ibu jari kunyit segar, dan 500 cc air.
  • Cincang daun pegagan dan kunyit kecil-kecil, kemudian rebus dalam 500 cc air hingga tersisa 150 cc.
  • Tunggu sedikit dingin, jika sudah barulah diminum.
  • Lakukan rutin pengobatan ini sehari minum 3 kali masing-masing 1 sendok makan.

21. Mengurangi Resiko dan Mengobati Diabetes

Bagi anda yang ingin mencegah diabetes, memanfaatkan tanaman kunyit bisa enjadi pilihan yang tepat, bahkan bagi anda yang sudah menderita penyakit ini, anda juga bisa menggunakan tanaman kunyit untuk mengobatinya. Hal ini dikarenakan kurkumin dapat mengatasi resistansi insulin pada tubuh. Ketika resistansi insulin teratasi maka glukosa pada darah dapat terkontrol dengan baik. Sehingga resiko terkena diabetes tipe 2 akan dapat dihindari. Caranya yaitu dengan menyiapkan 3 rimpang kunyit serta 1/2 sendok teh garam. Rebus bahan tadi pada 1 liter air hingga mendidih.Saring air rebusan kunyit tadi, minum 2 kali seminggu, sekali minim sebanyak 1/2 gelas.

22. Mengobati Tifus

Kunyit ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati tifus, caranya: siapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. kemudian haluskan semua bahan dengan di tumbuk. Selanjutnya beri air sebanyak 1 gelas air. Rebus hingga mendidih dan minum secara rutin setiap hari sekali selama seminggu.

23. Mengobati Radang Lambung

Anda mengalami radang lambung, coba manfaatkan kunyit untuk mengobatinya. Caranya sama dengan yang nomor 22 untuk mengobati tifus, siapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. kemudian haluskan semua bahan dengan di tumbuk. Selanjutnya beri air sebanyak 1 gelas air. Rebus hingga mendidih dan minum secara rutin setiap hari sekali selama seminggu.

24. Mengatasi Radang Persendian

Anda mengalami radang pada persendian? Karena kunyit memiliki Anti-inflamasi atau anti-radang maka konsumsi kunyit akan sangat membantu, bahkan saat ini mudah di jumpai obat radang sendi berupa kapsul yang berbahan ekstrak dari kunyit.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang lainnya

Berikut ini manfaat kunyit yang lainnya yang sebaiknya juga anda ketahui, kunyit dapat mengatasi:

  1. Usus Buntu
  2. Disentri
  3. Haid tidak lancar
  4. Perut mules pada saat haid
  5. Membantu memperlancar ASI
  6. Mampu membantu memperlancar saat persalinan
  7. Menyapih bayi
  8. Cangkrang (waterproken)
  9. Amandel
  10. Berak Lendir
  11. Morbili
  12. Sakit Perut
  13. Perut Mual
  14. Perut Mulas
  15. Perut Kembung
  16. Maag
  17. Sembelit
  18. Susah untuk buang air besar
  19. Sakit Kepala
  20. Sariawan
  21. Mabuk Kendaraan
  22. Sakit karena gigi berlubang
  23. Penambah darah
  24. Membersihkan darah
  25. Menambah Nafsu Makan
  26. Eksim
  27. Mengobati bisul
  28. Mengobati bengkak karena disengant oleh serangga atau bulu ulat
  29. Kurap
  30. Gatal – gatal

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, kunyit juga bermanfaat untuk kecantikan, diantaranya:

  1. Menghilangkan Noda bekas jerawat
  2. Membuat kulit menjadi lebis halus
  3. Bisa membuat kulit terlihat lebih kencang dan awet muda
  4. Mengobati kulit berminyak karena bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit
  5. Mengobati Jerawat
  6. Menyamarkan kerutan
  7. Bisa dijadikan sebagai pewarna rambut yang alami
  8. Mencegah terjadinya penuaan dini
  9. Mengurangi bulu pada kulit
  10. Mengatasi Rambut Rontok
  11. Membantu mengangkat sel – sel kulit mati
  12. Mengatasi rambut berketombe
  13. Bisa menghaluskan kulit tumit dan siku
  14. Melembabkan kulit yang kering
  15. Membuat kulit gelap menjadi lebih cerah dan putih.

Cara Mengolah Kunyit

Untuk mendapatkan manfaat kunyit, anda bisa membuat jamunya sendiri, berikut ini 2 cara untuk membuat ramuan kunyit untuk mengatasi masalah kesehatan, yaitu

1. Cara pertama

Bahan-bahan :

  • Kunyit, 1 ujung jari (kupas kulitnya dan bersihkan sampai bersih)
  • Kapur sirih, secukupnya

Cara mengolah ramuan :

  • Pertama-tama haluskan kunyit dengan cara ditumbuk hingga halus, lalu tambahkan sedikit air dan peras hingga kering.
  • Setelah itu, campurkan air perasan kunyit dengan kapur sirih yang telah disiapkan dan aduk hingga merata.
  • Minum ramuan tersebut sebanyak 1 sendok 2 kali sehari, teruskan pengobatan ini sampai kondisi kesehatan anda kembali membaik.

2. Cara kedua

Bahan-bahan :

  • Kunyit, sekitar 2 jari (kupas kulitnya dan bersihkan)
  • Serai, 1 bonggol (buang daunnya dan ambil putihnya saja)
  • Daun slam, 1 lembar (apat diganti dengan daun sambiloto)
  • Air hangat, sebanyak 1 gelas atau sekitar 200 ml

Cara mengolah ramuannya :

  • Pertama-tama tumbuk hingga semua bahan menjadi halus, kecuali air
  • Lalu, tambahkan air yang telah disediakan
  • Kemudian aduk hingga tercampur merata, lalu saring dengan penyaringan
  • Minum air saringan tersebut setiap hari dan lakukan selama 1 minggu sampai kondisi kesehatan membaik

Catatan :

Hindari mengkonsumsi dalam dosis yang berlebihan, karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Ternyata dari tumbuhan kecil bernama kunyit bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantik yang kita alami. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. Jangan lupa juga untuk membagi info manfaat kunyit ini kepada yang lainnya agar yang lain juga bisa merasakan manfaat kunyit secara alami seperti di atas.

Demikianlah info seputar manfaat kunyit yang harus anda ketahui, baca juga 34 manfaat Jamu Kunyit Asam yang Sangat Luar Biasa

No Responses to “Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami”

Leave a Reply