Daftar Khasiat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin Sehat

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil – Madu merupakan salah satu bahan alami yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan nutrisi yang ada dalam madu telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bahkan juga menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa – masa kehamilan, ibu hamil dapat mengkonsumsi madu sebagai suplemen kesehatan. Dengan kandungan nutrisi yang luar biasa lengkap, disamping dapat meningkatkan sistem imun, madu diharapkan juga bisa membantu meringankan berbagai macam gejala kurang menyenangkan yang terjadi sepanjang masa kehamilan.

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi dalam Madu

Sebelum masuk ke pokok pembahasan mengenai manfaat madu untuk ibu hamil, kami akan menjabarkan beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu. Hal ini penting untuk dijabarkan karena ragam manfaat madu murni untuk tubuh tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan nutrisi utama yang ada pada madu didominasi oleh nutrisi – nutrisi mineral bermanfaat seperti kalium, kalsium, natrium, fosfor, magnesium, besi, dan seng.

Disamping itu, madu juga turut memiliki kandungan nutrisi berbentuk vitamin dan senyawa enzim bermanfaat, seperti beta karoten, vitamin B6, vitamin C, Serat, Gula monosakarida, protein, senyawa anti mikroba, senyawa antibiotik, dll.

Daftar  Kandungan Gizi Dan Nutrisi Madu 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kandungan nutrisi madu yang sangat luar biasa serta manfaat dari nutrisi tersebut:

Nama Manfaat yang Dikandung
Natrium Berfungsi untuk menjaga tekanan osmosis dalam sel tubuh manusia
Kalsium Komponen ini penting dalam pembentukkan dan menjaga tulang dan gigi.
Magnesium Terkandung 1,2-3,5 mg dalam 100 gram madu. Sangat berguna dalam membentuk sel-sel yang baru.
Zat Besi Terkandung 0,06-1,5 mg dalam 100 gram madu. Perannya sebagai pengaturan hemoglobin didalam tubuh.
Fosfor Terkandung 1,9 – 6,3 mg dalam 100 gram madu. Fosfor berperan dalam menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.
Mangan Terkandung 0,02-0,4 mg dalam 100 gram madu. Mangan berperan dalam mengontrol gula darah dan membantu metabolisme energi.
Kalium, b Bermanfaat untuk mengatur keseimbangan muatan elektrolit dalam tubuh.
Vitamin B1 atau Thiamin Terkandung 0,1 mg dalam 100 gram madu. Vitamin B membantu dalam oksidasi untuk mendapatkan energi didalam tubuh.
Vitamin B2 atau Riboflavin Terkandung 0,02 mg dalam 100 gram madu. Vitamin ini sanagat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Vitamin C atau Asam askorbat, Sebagai anti oksidan dan penangkal radikal bebas pada tubuh.
Vitamin B6 atau piridoksin Kekurangan vitamin B6 menyebabkan keram pada otot dan insomnia.
Niasin, Terkandung 0,2 mg dalam 100 gram madu Asam pantotenat. Berperan dalam menurunkan kadar kolesterol.
Vitamin B7 atau Biotin Berguna dalam memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga kadar gula darah
Vitamin B9 atau Asam folat Vitamin ini sangat diperlukan oleh bayi dalam pembentukkan sel-sel darah merah, jaringan, rambut dan perbaikan DNA
Vitamin K atau Koagulasi Berfungsi untuk mencegah keguguran
Enzim diastase Merupakan enzim untuk mengubah polisakarida menjadi monosakarida. Dari kompleks menjadi sederhana.
Enzim invertase Merupakan enzim memecah gula sukrosa menjadi gula glukosa dan gula fruktosa
Enzim glukosa oksidae Merupakan enzim yang membantu oksidasi glukosa mejadi asam peroksida
Enzim peroksidae Melakukan proses oksidasi metabolisme.
Enzim lipase Membantu dalam pemecahan struktur makanan yang akan dicerna.

Ragam Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Untuk lebih spesifiknya, berikut ini CekSehat rangkum beberapa manfaat madu untuk ibu hamil dan janin yang tidak bisa dianggap remeh:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di masa kehamilan, tubuh kaum wanita cenderung akan menjadi lebih lemah. Jika dibiarkan begitu saja, tubuh akan rentan terserang bibit – bibit penyakit dan dalam kondisi tertentu juga berpotensi menyebabkan gangguan kehamilan.

Itu lah mengapa di masa kehamilan, kaum wanita perlu mengonsumsi suplemen kesehatan tambahan, termasuk salah satu nya adalah madu.

Dengan senyawa anti mikroba dan vitamin C yang terkandung di dalam nya, madu nanti nya akan bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga ibu hamil tidak akan mudah terserang penyakit.

2. Meringankan Rasa Mual dan Mulas yang Timbul

Manfaat madu untuk ibu hamil yang berikutnya adalah untuk meringankan rasa mual dan mulas.

Di masa – masa awal kehamilan, tubuh biasa nya akan mengalami perubahan produksi hormon yang sangat luar biasa.Beberapa jenis hormon yang diproduksi oleh tubuh di awal – awal masa kehamilan biasanya akan mengakibatkan terjadi nya sphincter di sekitaran lambung dan kerongkongan.

Dampak nya, asam lambung pun akan lebih mudah naik ke kerongkongan. Jika sudah begini, maka rasa mual dan mulas pun tidak akan bisa dihindari.

Nah, untuk mengatasi nya, Anda dapat mengonsumsi campuran segelas susu yang dibubuhi satu sendok makan madu secara rutin setiap hari. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu dan susu diyakini dapat menekan dan menetralisir kadar asam dalam lambung sehingga tidak sampai naik ke kerongkongan.

3. Mencegah dan Mengurangi Gejala Morning Sickness

Manfaat madu untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk mencegah dan mengurangi gejala morning sickness.

Morning sickness sejati nya merupakan gejala yang wajah terjadi di masa – masa awal kehamilan. Namun begitu, karena rasa nya yang tidak nyaman, banyak ibu hamil yang berusaha untuk mencegah dan mengurangi gejala morning sickness yang terjadi.

Nah, salah satu alternatif cara yang bisa ditempuh untuk mencegah dan mengurangi gejala morning sickness di masa – masa awal kehamilan adalah dengan mengkonsumsi madu dan jahe yang diseduh dengan air hangat.

4. Merangsang Produksi Sel Darah Merah

Salah satu penyakit dan keluhan yang paling banyak dirasakan oleh ibu hamil adalah anemia.

Ketika hamil, tubuh cenderung membutuhkan sel darah merah jauh lebih banyak dari biasa nya.Hal ini terjadi sebagai dampak pembentukan organ – organ tubuh pada janin yang notabene dibentuk dari sel – sel darah dalam tubuh ibu.

Nah, untuk mencegah terjadi nya anemia, ibu hamil dapat mengonsumsi madu sebagai suplemen untuk merangsang produksi sel darah merah. Dengan kadar nutrisi berupa zat besi yang cukup tinggi, madu diyakini dapat membantu mengoptimalkan proses produksi sel darah merah di masa kehamilan.

Dampak nya, sel darah merah yang dibutuhkan akan terpenuhi, dan anemia pun tidak akan terjadi.

Artikel terkait: Penyebab dan Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

5. Mencegah Insomnia

Manfaat madu untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk mencegah terjadi nya insomnia.

Selain anemia dan morning sickness, insomnia merupakan gejala yang sering dialami oleh kaum wanita di masa kehamilan mereka.Selain sangat menyiksa, insomnia yang akut juga berpotensi menyebabkan gangguan pada janin. Hal ini terjadi sebagai dampak negatif tidak terpenuhi nya jatah tidur di masa – masa kehamilan.

Nah, dengan mengkonsumsi madu murni secara rutin, diharapkan proses produksi hormon dalam tubuh ibu hamil bisa lebih stabil, sehingga gejala insomnia di masa kehamilan pun bisa dihindari.

6. Menguatkan Kandungan

Salah satu faktor utama yang berperan aktif untuk menguatkan kandungan adalah ketersediaan nutrisi dalam tubuh ibu.

Nah, dengan mengkonsumsi madu yang notabene memiliki kandungan nutrisi super lengkap, kebutuhan nutrisi di tubuh ibu hamil diharapkan akan bisa terpenuhi dengan baik, sehingga janin dalam kandungan bisa berkembang dengan baik dan bertahan dengan lebih kuat.

7. Sebagai Bahan Alami untuk Perawatan Kulit dan Wajah

Manfaat madu untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan wajah.

Meski pun sedang hamil, bukan berarti kaum ibu tidak boleh melakukan aktivitas perawatan kulit dan wajah.

Nah, madu salah satu bahan alami yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai bahan perawatan kulit dan wajah. Dari mulai permasalahan jerawat, sampai dengan sel kulit mati semua nya bisa diatasi dengan menggunakan madu.

8. Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark pada Kulit

Stretch Mark merupakan bekas berupa garis – garis yang tersisa sebagai dampak pelebaran jaringan kulit pada tubuh.

Di masa – masa kehamilan, bagian perut dan bagian tubuh lain nya biasa nya sangat rentan mengalami stretch mark.

Nah, untuk menghilangkan nya, ibu dapat menggunakan madu dengan cara mengolesi bagian kulit yang mengalami stretch mark secara rutin setiap hari.

9. Meningkatkan Hemoglobin Ibu Bamil

Madu ternata juga dapat meningkatkan hemoglobin bagi ibu hamil. Ini tentu berita baik untuk ibu hamil, mengingat ibu hamil selama masa kehamilan kerap mengalami anemia atau kurang darah. Nah, kandungan Fe atau zat besi di dalam madi inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah eritrosit pada ibu hamil.

Nah, agar terhindar dari anemia, anda bisa mengkonsumsi madu sebagai solusinya. Anda bisa mencampurkan madu dengan makanan atau minuman yang akan anda konsumsi.

10. Mengobati Maag Selama Hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat mengobati maag selama masa kehamilan. Cara membuat rambuannya yaitu rebuslah kunyit sebesar 2 kali ibu jari dan temu putih sebesar ibu jari. dengan air sebanyak 500 cc hingga menjadi berkurang setengahnya. Ambil rebusan air nya kemudian disaring setelah hangat dimasukkan madu perlahan-lahan.

11. Mengurangi Perut Panas

Pada masa kehamilan, kondisi tubuh terkadang menjadi tidak menentu, salah satu masalah yang kerap ibu hamil alami adalah perut menjadi panas. Hal ini terjadi akibat hormon HCG yang meningkat pada ibu hamil di semester awal.

Peningkatan hormon HCG ini mengakibatkan mual dan efek perut yang kerap terasa sebah dan kembung. Kadang pada mereka yang pada dasarnya sudah mengalami keluhan lambung, akan kerap mengalami keluhan perut yang terasa panas seperti terbakar.

Nah, anda bisa mengkonsumsi madu untuk mengatasi masalah ini. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B di dalam madu akan memberi stimulan relaks yang membantu mengendalikan kondisi hipotalamus pada otak. Ini membuat titik keseimbangan otak terjaga dan mengendalikan efek rasa mual. Madu juga memiliki sifat anti inflamasi dan astringent yang baik untuk perut yang terasa panas karena iritasi lambung.

12. Membantu Mencegah Masalah Kram dan Pembengkakan Kaki

Kaki bengkak dan keran merupakan fenomena yang wajar ketika hamil. Namun masalah ini tentu sangat mengganggu dan membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman. Fenomena ini terjadi biasanya pada trimester ketiga.

Keram dan pembengkakan pada kaki ini terjadi karena ukuran perut yang membesar dan mulai menyebabkan sirkulasi darah dan cairan ke arah kaki tidak berjalan dengan lancar. Kandungan vitamin B, kalium, natrium, dan magnesium pada madu sangat membantu mengatasi kondisi ini. Madu bekerja dengan membantu mengembalikan kondisi sirkulasi darah dan cairan dalam tubuh.

Info terkait: Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Saat Hamil

13. Sebagai Sumber Kalori

Manfaat madu untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat menjadi sumber tenaga. Madu ini dapat menjadi pemanis alami yang menyehatkan, karena madu mengandung sukrosa, sejenis bentuk gula yang sifatnya lebih aman ketimbang glukosa. Di dalamnya juga terdapat karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks, dan zat besi yang akan memenuhi kebutuhan ibu hamil akan kalori.

Untuk anda yang sering mengkonsumsi gula, ada baiknya menggantinya dengan madu, karena sukrosa ini bisa menjadi pilihan sumber energi yang lebih sehat, vitamin B kompleks merupakan stimulan penting bagi sel dalam menjalankan metabolisme, sementara zat besi akan menghantarkan oksigen dan nutrisi menuju sel dengan memadai.

14. Membantu Mencegah Hipertensi

Manfaat madu untuk ibu hamil dan janin berikutnya adalah untuk mencegah hipertensi. Hipertensi sendiri bisa dicegah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh seperti kalium contohnya. Dan madu ini mengandung kalium yang cukup tinggi serta fosfor juga magnesium yang memiliki kemampuan mengembalikan dan menjaga kekentalan darah, serta mengendalikan kadar garam dalam darah.

Nah, manfaat mineral-mineral tersebut sudah tidak diragukan lagi, dengan mengkonsumsi madu anda akan mendapatkan khasiat berupa kadar air yang normal di dalam darah. Sebagaimana yang kita ketahui, jika kadar air terlalu tinggi di dalam darah, maka akan berakibat tekanan darah menjadi tinggi.

Artikel terkait: 32 Tanda-Tanda atau Ciri Anda Sedang Hamil Muda

*Madu Tidak untuk Dikonsumsi Bayi  dibawah Satu Tahun

Ada beberapa catatan penting untuk anda. Madu tidak dianjurkan untuk bayi yang berusia dibawah 1 tahun. Hal ini berdasarkan pada American Association of PediatricsCenters for Disease Control dan dewan madu nasional merekomendasikan untuk tidak memberikannya kepada bayi dibawah satu tahun, sebab spora botulinum yang ada dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

Madu memiliki Kalori yang sangat tinggi untuk menambah stamina ibu hamil sehari hari. Selain itu Ibnu Sina, bapak kedokteran yang terkenal menyatakan bahwa madu dapat memperpanjang umur dan dapat mempertahankan kemampuan bekerja di hari tua.

Nah, itu lah beberapa manfaat madu untuk ibu hamil yang perlu anda ketahui. Penting untuk diingat, meski pun madu memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil dan janin nya, namun kaum ibu perlu berhati – hati dengan produk madu oplosan dan madu yang tidak steril.

Produk madu oplosan yang dibuat dari bahan yang tidak sehat akan berpotensi mengganggu kesehatan tubuh dan perkembangan janin. Disamping itu, produk madu yang tidak steril berpotensi mengandung bakteri yang dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Itu lah mengapa Anda harus benar – benar memperhatikan keaslian dan tingkat sterilisasi madu yang hendak dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebisa mungkin, beli lah produk madu yang bermerk dan sudah banyak dikenal di pasaran. Disamping itu, pasti kan pula produk madu yang Anda beli merupakan produk madu steril yang sudah dipasteurisasi.

Jangan lewatkan juga: Lakukan Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Berikut Ini!

loading...

Leave a Reply