15 Khasiat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil –Masa kehamilan merupakan masa yang sangat ditunggu – tunggu oleh pasangan suami istri. Di masa ini, pasangan suami istri akan merasa sangat bahagia karena tidak lama lagi, mereka akan kedatangan anggota keluarga baru yang menggemaskan.

Karena penting nya masa kehamilan, pasangan suami istri biasa nya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Salah satu cara nya adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan yang telah terbukti dapat memaksimalkan proses tumbuh kembang janin entah itu berupa suplemen kesehatan mau pun berupa bahan makanan alami.

Salah satu jenis buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah pepaya. Buah ini diyakini dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

Jika saat ini Anda sedang mengandung, Anda dapat menjadikan buah pepaya sebagai alternatif pilihan buah untuk konsumsi sehari – hari Anda.

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi dalam Buah Pepaya

Banyak nya manfaat pepaya untuk ibu hamil tidak terlepas dari kandungan nutrisi bermanfaat yang terdapat di dalam nya.

Tercatat ada lebih dari 10 nutrisi bermanfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dari daging buah pepaya. Mayoritas kandungan nutrisi bermanfaat tersebut didominasi oleh jenis vitamin, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan vitamin A.

Selain vitamin, buah pepaya juga sangat kaya akan mineral bermanfaat, seperti kalsium, zinc, fosfor, dan magnesium.

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil dan Janin

Berikut merupakan beberapa manfaat pepaya untuk ibu hamil yang bisa Anda dapatkan jika Anda mau mengkonsumsi buah pepaya secara rutin di masa kehamilan Anda:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daging buah pepaya merupakan serat yang sangat bagus untuk sistem pencernaan. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan serat dalam buah pepaya dapat membantu memperlancar sistem pencernaan ibu hamil.

Tidak hanya itu, kandungan nutrisi berupa zat antioksidan yang terdapat dalam buah pepaya juga diyakini dapat membantu membersihkan zat – zat tidak bermanfaat yang menumpuk pada organ usus.

2. Mencegah Konstipasi dan Sembelit

Manfaat pepaya untuk ibu hamil yang ke dua adalah untuk mencegah terjadi nya konstipasi dan sembelit.

Konstipasi dan sembelit merupakan dua penyakit yang sering dialami oleh ibu hamil. Penyakit ini biasa nya timbul akibat kurang nya asupan serat sebagai dampak hilang nya nafsu makan di masa – masa awal kehamilan.

Nah, sebagai solusi nya, jika ibu hamil tengah kehilangan nafsu makan, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah pepaya sebagai camilan untuk menghindari terjadi nya konstipasi dan sembelit.

3. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Selain kaya akan serat dan vitamin, buah pepaya juga sangat kaya akan air. Dengan kandungan air yang sangat tinggi, buah pepaya nanti nya akan mencegah dan menurunkan potensi terjadi nya dehidrasi di masa kehamilan.

4. Mengoptimalkan Organ Penglihatan Janin

Manfaat pepaya untuk ibu hamil yang berikutnya adalah untuk mengoptimalkan organ penglihatan janin.

Proses tumbuh kembang janin sangat bergantung pada pasokan nutrisi yang terdapat dalam tubuh ibu. Jika pasokan nutrisi yang terdapat dalam tubuh ibu hamil bisa terpenuhi dengan baik, maka kemungkinan besar proses tumbuh kembang janin dalam kandungan pun juga akan berjalan dengan baik.

Nah, karena buah pepaya sangat kaya akan vitamin yang bagus untuk organ penglihatan, buah pepaya diyakini dapat membantu mengoptimalkan proses perkembangan organ penglihatan janin.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Tidak hanya sekedar untuk mengoptimalkan organ penglihatan janin, manfaat pepaya untuk ibu hamil juga mencakup peningkatan sistem imun.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sistem imun / sistem kekebalan tubuh normal nya sangat dipengaruhi oleh nutrisi vitamin. Normal nya, asupan nutrisi berupa vitamin C cenderung akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, karena buah pepaya sangat kaya akan vitamin C, maka secara otomatis, ketika dikonsumsi oleh ibu hamil, buah pepaya akan langsung meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

6. Menormalkan Tekanan Darah

Perubahan hormon secara besar – besaran yang terjadi di masa kehamilan terkadang dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan, termasuk salah satu nya adalah peningkatan / penurunan tekanan darah.

Untuk mencegah terjadi nya peningkatan / penurunan tekanan darah di masa kehamilan, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi dan kalium.

Salah satu bahan makanan yang paling pas untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan zat besi dan kalium yang cukup tinggi adalah buah pepaya.

Informasi terkait: Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia 0-65 Tahun

7. Zat Anti Radikal Bebas

Manfaat pepaya untuk ibu hamil yang berikutnya adalah sebagai pemasok zat anti radikal bebas.

Di masa kehamilan, ibu hamil cenderung lebih rentan terserang berbagai macam bibit penyakit seperti bakteri dan zat radikal bebas. Hal ini disebabkan oleh perubahan struktur hormon yang terjadi selama masa kehamilan.

Untuk melindungi diri dari serangan berbagai macam bibit penyakit, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan zat anti radikal bebas, termasuk salah satu nya adalah buah pepaya.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat pepaya untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Di masa – masa awal kehamilan, ibu hamil biasa nya akan kehilangan nafsu makan. Hal ini disebabkan oleh shock yang terjadi akibat perubahan struktur hormon yang terjadi dalam tubuh.

Padahal, di masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi bermanfaat dari biasa nya.

Nah, untuk mengembalikan nafsu makan yang meredup, ibu hamil bisa mengkonsumsi daging buah pepaya segar.

Dengan rasa daging buah pepaya segar yang manis, diharapkan nafsu makan ibu hamil bisa terangsang sehingga kembali ke kondisi semula.

Artikel terkait: 26 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin

9. Mencegah dan Membantu Mengatasi Sindrom Morning Sickness

Selain kehilangan nafsu makan, di masa – masa awal kehamilan, kaum ibu biasa nya juga akan mengalami gejala lain, seperti salah satu nya adalah sindrom morning sickness.

Untuk mengatasi gejala ini, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan vitamin dan memiliki rasa manis, termasuk salah satu nya adalah buah pepaya.

Tujuan nya agar mood dan emosi ibu hamil bisa kembali normal, sehingga gejala morning sickness pun teratasi.

10. Menghindarkan Ibu Hamil dari Diabetes Gestasional

Manfaat pepaya untuk ibu hamil yang berikutnya adalah menghindarkan ibu hamil dari penyakit diabetes gestasional.

Diabetes gestasional adalah penyakit diabetes musiman yang terjadi akibat perubahan hormon secara besar – besaran di masa kehamilan.

Untuk mencegah penyakit ini, ibu hamil cenderung dianjurkan untuk menghindari bahan makanan yang memiliki kadar gula tinggi.

Nah, karena buah pepaya memiliki kadar gula yang sangat rendah, buah ini benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai pilihan buah di masa kehamilan.

11. Menyehatkan Organ Kardiovaskuler

Ternyata mengkonsumsi buah pepaya juga dapat menyehatkan organ kardio. Organ kardio menjadi sehat karena kandungan vitamin C dalam buah pepaya tersebut yang akan turut membantu melancarkan kinerja organ kardiovaskuler seperti jantung. Untuk konsumsi sehari-hari, Anda dapat memakan 1 atau 2 potong pepaya matang bersama makanan sehat sehari-hari.

12. Sebagai Sumber Tenaga

Buah pepaya juga bisa menjadi sumber tenaga atau energi instant yang baik untuk dikonsumsi, karena buah pepaya mengandung kalori yang bermanfaat untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam proses pembakaran energi sehingga ibu yang sedang hamil tidak lemas dan lelah.

13. Membantu Perkembangan Janin

Salah satu manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang juga penting untuk diketahui adalah membantu perkembangan janin dalam kandungan. Janin membutuhkan beragam nutrisi agar dapat berkembang sempurna. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah folat. Folat yang merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya juga akan membantu perkembangan jaringan saraf pada janin.

14. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Buah pepaya juga bermanfaat untuk membantu produksi sel darah merah. hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung zat besi yang bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah pada janin juga bermanfaat agar ibu hamil agar tidak mengalami anemia atau kurang darah selama masa kehamilan.

15. Mencegah Penyakit Kanker dan jantung

Siapa sangka ternyata buah pepaya juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker dan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalamnya, mampu mengikat zat yang menjadi penyebab utama penyakit kanker usus besar. Sedangkan antioksidan yang terkandung di dalamnya, baik untuk mencegah penyakit jantung.

Efek Samping Buah Pepaya Muda

Selain memiliki manfaat yang beragam buah pepaya juga memiliki efek samping, khususnya buat pepaya yang masih muda dan yang bergetah. Maka, sebaiknya kita jangan langsung mengkonsumsi buah pepaya masak yang baru dipetik, karena biasanya masih banyak mengandung getah. Berikut ini beberapa catatan penting yang mesti anda simak:

  • Pertama, jika anda mengkonsumsi buah pepaya mentah, maka dapat berakibat buruk untuk kehamilan, hal ini dikarenakan pepaya muda mengandung senyawa pepsins yang terdapat di dalam getah pepaya. Jika ibu hamil mengkonsumsi pepaya muda maka akan mengakibatkan kontraksi dini hingga menjadi penyebab keguguran.
  • Selain efek samping di atas, senyawa pepsins juga dapat menyebabkan alergi yang disertai efek atau reaksi lainnya yang lebih buruk.

Itu lah sedikit informasi mengenai manfaat pepaya untuk ibu hamil yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya! 

Dari pemaparan di atas tentu kita akan menjadi lebih bersemangat lagi untuk mengkonsumsi buah yang murah meriah ini. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kita bermalas-malasan untuk makan buah, karena kita pastilah ingin mendapatkan bayi sehat dan ibu kuat.

Simak juga: 15 Manfaat Buah Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil dan Janin

Leave a Reply