26 Khasiat Buah Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil –Di masa kehamilan, kaum wanita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah – buahan yang kaya akan asam folat dan vitamin. Hal ini dimaksudkan agar kebutuhan nutrisi untuk perkembangan janin bisa terpenuhi dengan baik dan optimal.

Ada banyak sekali varian buah – buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun begitu, salah satu varian buah yang paling dianjurkan adalah buah pisang.

Buah pisang sangat kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Folat, vitamin B6, vitamin C, zat besi, dan berbagai macam nutrisi bermanfaat lain nya, semua nya bisa didapatkan dari buah berwarna putih kekuningan yang satu ini.

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Itu lah kenapa buah ini banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ragam Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin

Bila Anda sedang berada dalam masa kehamilan dan berencana untuk mengonsumsi pisang sebagai buah cemilan sehari – hari, berikut CekSehat rangkum beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil yang bisa Anda dapatkan:

1. Sumber Nutrisi Asam Folat

Pisang sangat kaya akan nutrisi asam folat. Kandungan asam folat yang terdapat dalam buah ini dapat membantu mencegah terjadinya defisiensi asam folat.Tidak hanya itu, asam folat juga telah terbukti dapat membantu memperkecil resiko terjadi nya bayi dalam kondisi cacat fisik.

2. Mencegah Terjadinya Anemia

Banyak kaum wanita yang tidak menyadari manfaat pisang untuk ibu hamil yang satu ini. Padahal, buah pisang merupakan salah satu buah terbaik yang dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadi nya anemia.

Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan, ketika sedang hamil, tubuh kaum wanita cenderung membutuhkan pasokan sel darah merah lebih banyak dari biasanya, yaitu untuk membentuk jaringan sel tubuh janin. Jika pasokan sel darah merah tidak ditambah, tubuh secara otomatis akan mengalami kekurangan sel darah merah.

Nah, dengan mengkonsumsi buah pisang yang sangat kaya akan zat besi, produksi sel darah merah dalam tubuh ibu hamil akan berjalan dengan lebih optimal. Dampak nya kebutuhan sel darah merah akan terpenuhi dengan baik dan gejala anemia pun akhirnya bisa dihindari.

Simak selengkapnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

3. Mengoptimalkan Proses Tumbuh Kembang Janin

Proses tumbuh kembang janin akan sangat bergantung pada pasokan nutrisi yang ada dalam tubuh ibu.

Dengan mengkonsumsi pisang secara rutin setiap hari, diharapkan kebutuhan nutrisi untuk proses tumbuh kembang janin bisa terpenuhi dengan baik, sehingga janin bisa tumbuh dengan optimal dan tidak mengalami cacat sama sekali.

4. Melancarkan Proses Pencernaan

Manfaat pisang untuk ibu hamil yang berikutnya adalah untuk melancarkan proses pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sembelit dan konstipasi terkadang juga sering dialami oleh ibu hamil. Untuk menghindari dua hal tersebut, ibu hamil disarankan untuk memperbanyak angka konsumsi serat baik itu dari buah – buahan mau pun dari sayur – sayuran.

Nah, karena buah pisang sangat kaya akan serat, jika Anda mengonsumsi buah ini secara rutin, kebutuhan serat harian pada tubuh Anda akan terpenuhi dengan baik. Dampak nya, proses pencernaan akan berjalan dengan lebih lancar, dan permasalahan – permasalahan pencernaan pun akan bisa dihindari.

5. Sumber Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan varian vitamin yang berfungsi dalam proses perkembangan sel saraf pusat pada tubuh janin. Dengan mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan vitamin B6, Anda secara tidak langsung sudah berperan aktif untuk mengoptimalkan proses perkembangan sel saraf janin dalam kandungan Anda.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah pisang juga dipercaya dapat membantu meredakan gejala morning sickness yang sering dialami oleh ibu hamil.

6. Mencegah Diabetes Gestasional

Manfaat pisang untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk mencegah terjadi nya diabetes gestasional.

Meski pun buah pisang memiliki rasa yang agak manis, namun buah pisang memiliki kadar gula yang rendah. Ketika dikonsumsi oleh ibu hamil, buah pisang dapat membantu mencegah terjadi nya penyakit diabetes gestasional.

Tidak hanya itu, jika dikonsumsi oleh penderita diabetes (non gestasional), buah pisang dipercaya juga dapat membantu menormalkan kadar gula dalam darah.

7. Mengoptimalkan Proses Produksi Asi

Untuk Anda ibu hamil yang sudah mendekati masa kelahiran, buah pisang dapat membantu mengoptimalkan proses produksi ASI pada tubuh Anda.

Dalam praktek nya, berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah pisang dipercaya dapat membantu mengoptimalkan proses produksi asi, baik itu dalam segi jumlah, waktu produksi, dan juga kualitas.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat pisang untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah sebagai buah untuk meningkatkan nafsu makan.

Perubahan hormon secara besar – besaran yang terjadi di masa kehamilan sering kali menyebabkan ibu hamil menjadi kehilangan nafsu makan. Padahal, di masa kehamilan ibu hamil membutuhkan pasokan nutrisi yang jauh lebih banyak dari biasa nya (ketika tidak hamil).

Nah, karena rasa pisang yang manis, buah pisang dapat dipakai sebagai alternatif makanan untuk merangsang dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, karena kandungan nutrisi nya yang cukup lengkap, buah pisang juga sangat pas untuk dijadikan sebagai alternatif cemilan untuk menggantikan porsi makanan yang tidak dikonsumsi karena kehilangan nafsu makan.

9. Mengurangi Gejala Mual dan Muntah

Gejala mual dan muntah merupakan dua gejala yang paling sering dialami oleh ibu hamil di masa – masa awal kehamilan. Meski pun dua gejala ini merupakan dua gejala yang wajar, namun serangan dua gejala ini benar – benar sangat mengganggu.

Nah, untuk mengurangi dan meredakan gejala mual dan muntah di masa – masa awal kehamilan Anda, Anda dapat mengkonsumsi buah pisang secara rutin. Dengan kandungan nutrisi super lengkap yang terdapat di dalam nya, diharapkan buah pisang dapat membantu meredakan gejala mual dan muntah yang terjadi di masa – masa awal kehamilan.

Simak selengkapnya: 24 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

10. Memperkokoh Sistem Imun

Manfaat pisang untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah sebagai bahan alami untuk memperkokoh sistem imun.

Di masa kehamilan, sistem imun dalam tubuh kaum wanita cenderung akan mengalami pelemahan. Hal ini terjadi sebagai dampak perubahan hormon secara besar – besaran di masa kehamilan.

Nah, karena buah pisang sangat kaya akan vitamin C, zat besi, dan juga antioksidan, Anda bisa memanfaatkan nya sebagai buah untuk memperkuat sistem imun tubuh Anda.

Artikel terkait: Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Saat Hamil

11. Sebagai Herbal Obat Diare

Manfaat pisang untuk ibu hamil yang tidak bisa diabaikan selanjutnya adalah sebagai obat herbal diare yang ampuh. Hal ini dikarenakan buah pisang memiliki kandungan serat dan pektin.

Ibu hamil sering mengalami diare, nah buah pisang ini dapat membantu meringankan diare dengan cara megabsorbsi atau menyerab kelebihan air yang ada didalam tubuh. Maka dengan manfaat pisang untuk ibu hamil, gejala diare dapat terkurangi. Tak hanya itu, Kalium yang ada didalamnya akan mengatasi keram usus juga yang kadang menyertai diare.

12. Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk menunjang pertumbuhan hemoglobin (sel darah merah) di dalam darah. Selain zat besi, buah pisang mengandung vitamin B6 yang berperan dalam neurotransmitter yang ternyata mampu menaikkan pertumbuhan hemoglobin di dalam tubuh.

13. Dapat Mengobati Sembelit

Pisang juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit yang ibu hamil alami. Sembelit memang kerang dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan pisang mengandung serat sekitar 6 gram serat pada rata-rata setiap buah pisang.

14. Sebagai Oralit Alami untuk Bumil dan Bayi

Metabolisme ibu hamil berubah total dari hari-hari biasanya, sehingga tidak jarang ibu hamil mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Nah, pisang ini bisa menjadi oralit bagi ibu hamil.

15. Sebagai Sumber Kalsium

Pisang juga merupakan buah sumber kalsium yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, saat masa kehamilan ibu hamil membutuhkan banyak kalsium untuk proses perkembangan tulang dan sistem rangka pada segala usia. Buah pisang pada setiap 200 gram pisang mengandung 10 mg kalsium alami. Untuk syaraf sendiri kalsium bermanfaat dalam memperlancar neurotransmitter dalam proses kontraksi otot pada perkembangan janin dalam kandungan.

16. Sumber Protein

Tidak hanya kalsium saja, ibu hamil juga membutuhkan protein sebagai sumber kalori dan juga untuk pembentukkan antibodi bagi janin dan si ibu. Camilan dengan buah pisang adalah pilihan yang baik bagi ibu hamil, kekurangan protein dapat menyebabkan resiko bayi lahir dengan bibir sumbing. Protein alami dalam buah pisang adalah 2,5 gram setiap 225 gram pisang.

17. Sumber Kalium

Buah pisang juga merupakan sumber kalium yang baik untuk dikonsumsi. Perlu sama-sama diketahui bahwa selama masa kehamilan bumil akan mengalami pembengkakan salah satunya yang disebabkan oleh ketidak cukupan kalium.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mengkonsumsi pisang untuk mengatasinya, sebagaimana disebutkan oleh American Pregnancy Association.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang untuk mengatasi pembengkakan selama masa kehamilan. Pisang memang membantu mencegah dan menurunkan pembengkakan secara alami. Meskipun pembengkakan perlu diwaspadai sebagai preeklamasia.

18. Pisang juga Bermanfaat sebagai Penyeimbang Darah

Manfaat pisang untuk ibu hamil berikutnya adalah sebagai agen penyeimbang darah. Ibu hamil biasanya juga akan mengalami fluktuasi tekanan darah yang cukup signifikan.

Nah, untuk menstabilkan tekanan darah, kita bisa mengkonsumsi buah pisang secara rutin. Nutrisi berupa kalium di dalam buah pisang akan membantu menjaga tekanan darah ibu hamil selama kehamilan. Kalium juga mengurangi keram otot dan nyeri kaki selama kehamilan.

Perlu anda ketahui bahwa, bumil butuh sekitar 4.700 miligram kalium perharinya. Mineral tersebut akan mengurangi efek samping yang tidak baik dalam masa kehamilan termasuk tingkat keparahan keram.

19. Meningkatkan Energi

Buah pisang juga bisa meningkatkan energi ketika masa kehamilan. Biasanya bumil akan lemah, lesu dan tidak berenergi, nah cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang untuk mengatasinya.

Nah, ibu hamil bisa mengkonsumsi pisang yang ditambahkan dengan susu untuk mendapatkan energi instant dalam waktu yang cepat.

Hal ini dikarenakan buah pisang memiliki kandungan tiga jenis gula yang alami. Jenis gula yang terkandung adalah glukosa, fruktosa dan sukrosa. Pisang mengandung 28 gram gula disetiap 225 gramnya. Terutama untuk ibu yang menghadapi trimester terkahir dan paska melahirkan.

Kandungan gula alami padan buah pisang ini akan mudah dicerna sehingga dapat dengan cepat memberikan energi untuk ibu hamil.

20. Sebagai Sumber Karbohidrat

Ternyata buah pisang juga merupakan suber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi, anda juga bisa menjadikan buah ini sebagai cemilan setiap beberapa jam sekali, maka kebutuhan karbohidrat dapat terpenuhi. Berat karbohidrat pisang dalam setiap 225 gramnya adalah 51 gram.

21. Menjaga Gula Darah dan Kolesterol

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang tidak kalah pentingnya lagi adalah dapat mengontrol gula darah serta kolesterol selama masa kehamilan.

Bagi bumil yang mengalami diabetes selama masa kehamilan, maka buah pisang bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasinya. Selain yang kelebihan, buah pisang juga baik dikonsumsi untuk bumil yang memiliki kadar gula darah rendah yang dapat menyebabkan mudah kelelahan dan murung. Pisang juga bisa menjadi solusinya.

22. Meningkatkan Nafsu Makan

Banyak juga ibu hamil yang kehilangan nafsu makannya selama masa kehamilan, ini tentu akan berbahaya untuk perkembangan janin dan untuk ibu hamil sendiri.

Nah, mengkonsumsi buah pisang bisa meningkatkan nafsu makan ibu hamil. Setiap hari, ibu hamil harus makan banyak pisang agar memperoleh nafsu makan lebih baik. Karena energi yang ada pada pisang untuk mencapai keseimbangan.

23. Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Buah pisang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Buah ini sangat membantu menurunkan kegemukan pada perut, karena dapat membuat proses metabolisme berlangsung lebih cepat. Selain itu, pisang dapat menghasilkan membran yang dapat melindungi usus, membantu menghancurkan racun dalam tubuh dan dapat merangsang agar dapat mencerna dengan lebih baik.

24. Pisang Sebagai Antioksidan

Buah pisang juga bisa menjadi sumber antioksidan yang sangat penting untuk tubuh ibu hamil. Ibu hamil sangat rentan terkena berbagai penyakit, maka dari itu, bumil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang karena kaya akan vitamin C.

Dengan demikian, tubuh bumil akan lebih kuat melawan berbagai macam jnis penyakit. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah pisang juga sangat baik untuk menjaga kulit tetap segar, kencang dan melawan penuaan dini.

25. Pisang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Manfaat buah pisang selanjutnya adalah untuk mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

26. Dapat Mencegah Bayi Lahir Prematur

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil dan janin yang paling pamugkasa dalah dapat mencegah bayi lahir prematur. Hal ini dikarenakan kandungan asam folat yang tinggi pada ibu hamil. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi terlahir secara prematur atau bayi lahir secara cacat.

Buah pisang juga mengandung vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan pengembangan sel sistem syaraf pusat pada janin.

Selain itu, buah pisang juga mengandung kalsium yang berperan penting dalam perkembangan tulang dan sistem rangka pada segala usia.

Manfaat pisang untuk ibu hamil dan janin berikutnya yaitu sebagai sumber protein yang berperan penting dalam pembentukkan antibodi bagi ibu hamil dan janinnya.

Kekurangan protein pada ibu hamil dapat menyebabkan resiko bayi lahir dengan bibir sumbing.

Jenis Pisang Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Kira-kira jenis pisang apa yang sehat dikonsumsi oleh ibu hamil?

Pada dasaranya, semua jenis pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal dianjurkan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi jenis pisang ambon.

Pisang ambon memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti asam folat yang sangat diperlukan oleh ibu hamil. Dari 20 jenis pisang  yang ada di Indonesia, hanya pisang ambon lah memiliki asam folat yang tinggi dan nutrsi terbaik bagi perkembangan janin.

 

Ibu hamil yang mengkonsumsi pisang ambon sebanyak 2 buah setiap harinya maka sang ibu hamil telah mencegah bayi lahir dalam keadaan prematur atau cacat.

Pengolahan Pisang Yang Sehat untuk Bumil

Buah pisang yang sudah masak bisa dikonsumsi secara langsung. Selain itu, anda juga bisa mengolah buah pisang menjadi aneka kudapan sehat lainnya. Berikut ini diantaranya:

 

  • Jus buah atau smoothie. Agar lebih nikmat saat disantap maka Anda bisa menambahkan susu rendah lemak, madu ataupun buah-buah lainnya.
  • Ditambahkan ke oatmeal. Dan agar lebih bernilai gizi, bisa juga ditambahkan aneka buah-buahan segar atau kacang almond.
  • Dihaluskan lalu dicampurkan ke adonan kue bolu. Selain itu agar lebih menambah cita rasa, Anda bisa aja menambahkan madu atau jenis buah lainnya ke dalam adonan bolu pisang Anda.
  • Menjadi selai. Dengan ditamburi kacang maka itu merukan nutrisi yang enak dan lezat.

Perhatian

Selain sederet manfaat pisang untuk ibu hamil di atas, ada juga catatan penting yang harus anda ketahui sebelum mengkonsumsi buah pisang selama kehamilan. Buah ini mengandung zat kitinase, yaitu yang merupakan alergen utama yang terkait dengan sindrom getah buah.

Nah, untuk bumil yang memiliki alergi terhadap getah buah juga perlu untuk menghindari buah yang mengandung kitinase. Selain pisang, buah dalam kelompok ini termasuk alpukat, buah kiwi dan chestnut. Jika Anda mengalami sensitivitas terhadap getah buah, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter Anda sebelum makan pisang.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil yang bisa Anda dapatkan jika Anda mau mengkonsumsi nya secara rutin di masa kehamilan Anda. Penting untuk diketahui, walau pun buah pisang telah terbukti dapat memberikan segudang manfaat untuk ibu hamil, namun dalam kasus tertentu, buah pisang terkadang juga bisa menyebabkan gejala alergi.

Gejala alergi ini normalnya timbul akibat keberadaan bahan kimia dan pestisida pada buah pisang yang dikonsumsi.

Maka dari itu, jika anda ingin mengkonsumsi pisang secara aman di masa kehamilan, Anda kami sarankan untuk mengkonsumsi produk pisang organik yang bebas dari zat – zat kimia berbahaya.

Simak juga: Daftar Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin Sehat

Leave a Reply