15 Khasiat Buah Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil – Selain memiliki rasa yang lezat, buah semangka ternyata juga menawarkan segudang manfaat untuk tubuh. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam nya telah terbukti dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Konon, karena kandungan nutrisi nya yang sangat lengkap, buah yang sangat kaya akan air ini dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan nya.

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Buah semangka sangat kaya akan nutrisi bermanfaat seperti vitamin C, kalium, likopen, polifenol, karotenoid, dan beta karoten. Seluruh kandungan nutrisi tersebut dipercaya dapat membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin dan meningkatkan daya tahan kaum wanita di masa kehamilan.

Selain 6 nutrisi di atas, buah semangka juga memiliki kandungan nutrisi bermanfaat lain, yaitu:

  • Nutrisi dari jenis Vitamin: Vitamin A, Vitamin E, Folat, Niacin, Thiamin, Asam Pantothenic, dan Pyridoxine;
  • Nutrisi dari jenis elektrolit: Sodium dan Potasium
  • Nutrisi dari Jenis Phyto Nutrien: Lutein, Crypto-xanthin-beta, dan Carotene-alhpa
  • Nutrisi dari jenis Mineral: Kalsium, Magnesium, Mangan, dan Zinc.

Artikel terkait: Penyebab dan Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

Ragam Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

Berikut merupakan beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menjadikan nya sebagai buah cemilan di masa kehamilan:

1. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Semangka sangat kaya akan kandungan air. Jika dikonsumsi secara rutin, semangka dapat menghindarkan ibu hamil dari potensi terserang dehidrasi atau pun kekurangan cairan.

Namun begitu, mengkonsumsi semangka juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Hal ini harus dihindari untuk menghindari kelebihan cairan dalam tubuh yang pada akhirnya akan membuat ibu hamil ingin buang air kecil secara terus menerus.

2. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengurangi gejala morning sickness.

Morning sickness merupakan salah satu gejala yang paling sering dialami oleh kaum wanita di masa – masa awal kehamilan. Meski ini merupakan hal yang wajar, namun keberadaan nya benar – benar sangat mengganggu.

Nah, untuk mengatasi nya, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah semangka secara rutin di pagi hari. Dengan kadar nutrisi yang lengkap dan rasa yang lezat, diharapkan buah semangka dapat membantu mengurangi gejala morning sickness yang dialami.

3. Meningkatkan Sistem Imun dalam Tubuh

Perubahan hormon secara tiba – tiba yang terjadi di masa kehamilan sering kali menyebabkan pelemahan sistem imun dalam tubuh. Jika dibiarkan begitu saja, ibu hamil akan lebih rentan terserang bibit – bibit penyakit.

Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan vitamin C dan zat anti oksidan, termasuk salah satu nya adalah buah semangka.

Dengan kandungan vitamin C dan anti oksidan yang terdapat di dalam nya, buah semangka diharapkan akan bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak mudah terserang bibit – bibit penyakit.

4. Melancarkan Proses Pencernaan dalam Tubuh

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang berikutnya adalah melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

Selain kaya akan air, buah semangka juga sangat kaya akan serat. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan air dan serat yang terdapat dalam buah semangka dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh ibu hamil.

5. Mencegah Konstipasi dan Sembelit

Tidak hanya sekedar melemahkan sistem imun, perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan terkadang juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah pencernaan seperti konstipasi dan sembelit.

Nah, karena buah semangka memiliki kadar air dan serat yang sangat tinggi, buah ini dapat membantu mencegah terjadi nya gangguan pencernaan berupa konstipasi dan sembelit.

6. Melancarkan Aliran Urine

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah melancarkan aliran urine.

Semakin banyak volume air yang dikonsumsi, maka semakin lancar pula aliran urine dalam tubuh seseorang (asumsi tubuh berada dalam kondisi normal).

Nah, karena semangka sangat kaya akan air, Anda bisa memanfaatkan nya untuk memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh anda di masa kehamilan. Harapan nya, dengan mengkonsumsi buah semangka yang kaya akan air, aliran urine di tubuh Anda bisa lebih lancar.

7. Mengurangi Gejala Bengkak

Selain morning sickness, mual dan muntah, bengkak juga termasuk ke dalam salah satu gejala yang sering dialami di masa kehamilan.

Nah, jika Anda mengalami gejala bengkak – bengkak selama masa kehamilan, Anda dapat mengonsumsi buah semangka untuk mengurangi gejala bengkak yang terjadi.

Dengan kandungan air yang terdapat di dalam nya, diharapkan sistem peredaran darah di sekitar pembuluh darah bisa berjalan dengan lebih lancar, sehingga pembengkakan / endema pun bisa dihindari / dikurangi.

Simak juga: Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Saat Hamil

8. Mencegah Keram Otot

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah terjadi nya keram otot punggung.

Ketika masa kehamilan mulai memasuki usia 6 bulan, perut ibu biasa nya sudah mulai terasa berat. Dampak nya, otot punggung pun akan lebih mudah mengalami keram karena dipaksa bekerja menahan beban yang cukup berat.

Untuk mengatasi nya, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah – buahan yang dapat memperlancar sistem peredaran darah dan cairan dalam tubuh, termasuk salah satu nya adalah buah semangka.

9. Mengoptimalkan Pertumbuhan Rangka Janin

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang berikutnya adalah mengoptimalkan proses pertumbuhan tulang janin.

Proses pertumbuhan tulang janin sangat bergantung pada ketersediaan nutrisi mineral yang ada dalam tubuh ibu. Agar kebutuhan nutrisi mineral berupa kalsium, kalium, dll bisa terpenuhi dengan baik, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan zat mineral, termasuk salah satu nya adalah semangka.

Dengan kandungan kalium dan magnesium yang tinggi, buah semangka diharapkan dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan rangka janin dalam kandungan.

10. Mencegah Terjadinya Pigmentasi

Perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan terkadang juga dapat menyebabkan terjadi nya pigmentasi pada kulit.

Untuk mencegah terjadi nya hal tersebut, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah – buahan yang mengandung zat pigmen pembentuk warna kulit, termasuk salah satu nya adalah buah semangka.

11. Membantu Mengurangi Resiko Terkena Preklampsia

Siapa sangka ternyata buah semangka ini bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena preklamsia yang kerap terjadi pada ibu hamil. Apa itu preklampsia? Preklampsia adalah gangguan kehamilan yang biasanya ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan kadar proten dalam urin. Jika kadar protein dalam urin meningkat, itu artinya terdapat kerusakan pada ginjal.

Hal ini didasarkan pada penelitian dari International Journal of Gynecology and Obstetrics dimana dengan mengkonsumsi likopen setidaknya 4 mg sehari, dapat mengurangi resiko terkena preklampsia. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin, resiko terkena preklampsia bisa ditekan hingga 50%. Nah, sebagaimana yang kita ketahui, buah semangka ini kaya akan kandungan likopen, maka sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil

12. Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital fungsinya. Nah dengan mengkonsumsi buah semangka yang kaya akan likopen maka akan membuat jantung kita menjadi lebih sehat. Baik jantung sang ibu maupun si janin. Oleh karena itu memakan semangka bisa memelihara kesehatan jantung.

13. Meredakan asam lambung

Mengkonsumsi buah semangka ternyata juga bermanfaat untuk meredakan asam lambung yang mungkin akan dialami oleh ibu hamil. Buah ini juga memiliki efek menenangkan pada perut.

14 Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit Ibu Hamil

Buah semangka ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil, terutama ketika kehamilan berusia bulan ke-2 hingga ke-4. Pada bulan-bulan awal ini, kebanyakan ibu hamil yang saya ketahui rona wajahnya seperti orang kelelahan dan pucat. Di sinilah, konsumsi semangka dapat memberi manfaat berupa membuat kulit wajah ibu hamil menjadi halus dan kembali cerah seperti saat-saat belum hamil.

15. Baik untuk Kesehatan Mata Ibu Hamil dan Janin

Buah semangka ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah ini kaya dengan kandungan vitamin A.

Perhatian:

Ada beberapa hal yang perlu ibu hamil perhatikan. Yakni, anda tidak dianjurkan mengkonsumsi buah semangka berlebihan. Karena mengkonsumsi buah semangka berlebihan justru akan berakibat kurang baik. Hal ini tentu sesuai dengan prinsip di dalam islam, segala sesuatu itu tidak boleh berlebihan. Berikut ini beberapa catatan yang harus anda simak:

Glukosa  tinggi: Pertama, jika ibu hamil makan buah semangka terlalu berlebihan maka akan mengakibatkan kadar glukosa darah menjadi tinggi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes gestational. Jadi hindari makan buah yang manis secara berlebihan, termasuk semangka selama kehamilan.

Membersihkan : Buah semangka ini juga bisa membersihkan semua zat sisa di dalam tubuh tentu ini sangat baik, namun juga nutrisi penting di dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang berlebih.

Menyebabkan masalah lambung: Khusus untuk masalah lambung dapat terjadi karena mengkonsumsi buah semangka yang sudah dibelah atau dikupas tempat terbuka terlalu lama, karena dapat menyebabkan masalah pencernaan, mual dan muntah. jadi Makanlah buah semangka yang baru saja dipotong dan jus yang masih segar. Terakhir, konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda berencana memasukkan semangka kedalam diet sehat kehamilan Anda. Dokter Anda pasti tahu yang terbaik bagi kehamilan Anda, dan bisa merekomendasikan bagian yang tepat untuk manfaat yang maksimal .

Simak juga: Daftar Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin Sehat

Buah-buahan Peningkat Produksi ASI

Bunda tentu ingin agar setelah melahirkan nanti memiliki jumlah ASI yang mencukupi untuk bayi kita nantinya. Nah, dari web prenagen kami mengutip beberapa buah yang baik untuk andak konsumsi agar jumlah ASI kita meningkat:

  • Pepaya
    Buah yang pertama adalah pepaya, buah ini kaya akan vitamin A, vitamin C, bahan mineral seperti kalsium, asam folat, hingga enzim papain. Adanya enzim papain ini sendiri bermanfaat untuk membantu proses pencernaan protein. Pada saat ibu menyusui, ibu membutuhkan protein lebih banyak dalam produksi ASI. Buah pepaya juga memiliki banyak cairan sehingga buah pepaya bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam memproduksi ASI. Pepaya yang masih ranum cocok untuk dimakan secara langsung, sementara pepaya yang masih mengkal cocok untuk dijadikan sup.
  • Labu
    Selain pepaya, buah labu juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Keluarga labu seperti labu siam, labu botol, dan juga labu kuning merupakan langkah alami yang bisa digunakan dalam meningkatkan jumlah ASI. Buah labu terkenal bergizi tinggi serta mudah dicerna oleh usus sehingga juga mampu mencegah kondisi sembelit. Sama halnya seperti sayuran hijau, labu juga memiliki kandungan zat besi meski jumlahnya tidak lebih banyak dibandingkan dengan sayuran hijau.
  • Pisang
    Buah selanjutnya adalah pisang. Ternyata buah pisang ini memiliki kandungan mineral yang sangat diperlukan sebagai zat pembentuk ASI, terutama mineral kalsium yang terkandung dalam pisang. Dalam setiap 100 gram buah pisang terkandung 100 mg kalsium.
  • Kurma
    Buah yang terakhir adalah kurma. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki kalium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada calon bayi yang tengah dikandung. Kemudian glukosa serta fruktosa yang terkandung dalam buah kurma mempunyai peran penting pula dalam menambah kekuatan sang ibu saat proses persalinan berlangsung. Sebagai penyempurnaan, hormon oksitosin dalam setiap buah kurma berguna dalam memperlancar proses persalinan serta memperlancar ASI.

 

Itu lah beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil yang bisa kami bagikan untuk anda saat ini. Penting untuk diingat, meski pun buah semangka memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, namun ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah semangka dalam jumlah yang besar (atau pun secara berlebihan).

Disamping itu, dalam beberapa kasus, buah semangka terkadang juga dapat memberikan efek negatif terhadap kehamilan. Maka dari itu, jika ternyata setelah mengkonsumsi buah semangka, Anda mengalami hal – hal yang ganjil, Anda kami sarankan untuk langsung berkonsultasi ke dokter dan mengganti semangka dengan buah lain nya.

Simak juga: 26 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin

Leave a Reply