28 Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Teh Hijau – Teh merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi bagi orang indonesia. Teh biasanya dijadikan minuman pembuka pagi bersama kudapan, dan biasa dijadikan minuman untuk para tamu yang datang. Saat berkumpul bersama keluarga akan kurang lengkap jika tak ada hidangan teh.

Teh memiliki rasa yang nikmat dapat diminum dalam keadaan apapun seperti dapat dijadikan teh panas yang biasa diminum di pagi hari atua juga dapat dijadikan es teh baik diminum di siang hari saat keadaan panas

Teh ada beberapa jenis seperti teh putik, teh hitam, teh hijau, dan teh oolong. Dari sekian banyak varian teh yang memiliki banyak khasiat adalah teh hijau. Manfaat teh hijau sangat beragam seperti dapat dijadikan minuman diet, merawat kecantikan dan dapat merawat kesehatan tubuh.

Artikel terkait: 37 Manfaat Donor Darah yang Wajib Anda Ketahui

Banyak kandungan yang terdapat pada teh hijau yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita seperti antioksidan yang sangat tinggi, katekin, kafein, vitamin C,vitamin B kompleks, Vitamin E, gamma asam butirat asam (GABA), flavonoid, polisakarida, fluoride dan theanine.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan

Bari banyaknya kandungan pada teh hijau memberikan manfaat teh hijau yang baik bagi kesehatan. Saat anda akan mengkonsumsi teh hijau ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Tips Sehat Meminum Teh Hijau

Saat kita akan mengkonsumsi teh hijau sebaiknya menghindari berbagai hal agar kita memperoleh manfaat teh hijau secara sempurna. Salah-salah bukannya sehat malah akan memperburuk keadaan kita. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi teh hijau seperti :

  • Minum 2-3 cangkir sehari :mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan akan membuat tubuh keracunan dan kerusakan hati. Sebaiknya jangan lebih dari 3 cangkir perhari agar kita tidak kehilangan manfaat teh hijau yang baik
  • Jangan mengkonsumsi teh hijau saat perut kosong : kandungan kafein pada teh hijau dapat menyebabkan gangguan lambung jika mengkonsumsi teh hijau dalam keadaan perut kosong.
  • Jangan mengkonsumsi teh setelah makan : teh hijau bersifat menyerap dan mengikat nutrisi pada makanan dan akan dikeluarkan melalui sistem pembuangan. Sebaiknya konsumsi teh 30-40 menit setelah makan
  • Jangan mengkonsumsi teh terlalu malam : kandungan kafein pada teh hijau dapat menahan kantuk. Jadi jika anda mengkonsumsi teh terlalu malam akan membuat anda kesulitan untuk tidur
  • Singkirkan kantung teh hijau : saat teh hijau siap disajikan singkirkan segara kantung teh karena rawan terkena mikroba.

Simak juga: 41 Manfaat Bersepeda yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dengan kandungan yang sangat beragan membuat teh hijau memiliki banyak manfaat. Manfaat teh hijau yang sangat terkenal mampu menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan. Mari kita lihat manfaat teh hijau yang lebih signifikan seperti :

1. Menjaga kesehatan kulit

Teh hijau mampu menjadi benteng kulit kita dari dalam karena mengandung antioksidan alami yang dapat menangkal sinar ultra violet dari dalam dengan rajin mengkonsumsi teh hijau. Dengan menangkal sinar matahari yang dapat merusak kesehatan kulit. Seperti kanker kulit dan kulit keriput. Akan menjadikan kulit kita menjadi sehat.

2. Mengurangi rambut rontok

Kandungan pada teh hijau dapat membantu meregenerasi dan membantu pertumbuhan rambut. Teh hijau juga dapat memberikan nutrisi pada rambut dan akar rambut agar rambut menjadi kuat dan terhindar dari kerontokan parah .

3. Menghilangkan jerawat

Manfaat teh hijau juga dapat menghilangkan jerawat dengan cara meregenerasi kulit dan menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk pada wajah menggunakan  Zat antioksidan pada teh hijau.

4. Menurunkan berat badan

Zat ketekin polifenol pada teh hijau dapat membantu pembakaran lemak secara maksimal. Jadi teh hijau dipercaya mampu menurunkan berat badan serta dapat menyerap lemak. Dan dapat menjadikan bentuk tubuh kita menjadi ideal.

Simak juga: 15 Minuman Penurun Berat Badan Alami yang Terbukti Ampuh Membakar Lemak

5. Mencegah diabetes

Para penderita diabetes sangat dianjurkan mengkonsumsi teh hijau karena manfaat teh hijau salah satunya dapat mengatur kandungan kadar gula dalam darah dan konsumsilah teh hijau tanpa gula.

Artikel terkait: 31 Gejala Penyakit Diabetes yang Harus Anda Waspadai

6. Mengurangi resiko kanker

Zat antioksidan memang memiliki banyak manfaat salah satunya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Antioksidan tinggi pada teh hijau 100 kali lebih baik dari vitamin C, dan 24 kali lebih baik dari pada vitamin E . dengan mengkonsumsi ter hijau secara rutin tanpa gula akan melindungi kita dari sel kanker yang dibantu dengan antioksidan.

7. Mencegah penyakit jantung

Teh hijau mampu mengendalikan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang membuat darah menjadi normal. Sehingga membuat kita terhindar dari stroke dan jantung yang disebabkan hipertensi. Teh hijau juga dapat menurunkan menurunkan kadar kolesterol dengan tetap menjaga kolesterol baik didalamnya.

Simak juga: 9 Obat Herbal Jantung yang Ampuh Mengobati Penyakit Jantung

8. Menangkal radikal bebas

Kandungan terbaik yang dimiliki teh hijau adalah antioksidan yang dikenal sebagai polifenol dapat melawan semua penyebab penyakit atau radikal bebas yang banyak terdapat dilingkungan sekitar kita. jadi membantu anda melawan penuaan dan meningkatkan kesehatan.

9. Membakar lemak jahat

Teh hijau dapat membantu membakar 70 kalori perhari. Dengan kata lain teh hijau sangat ampuh membakar lemak yang merupakan sumber kalori. Selain mampu membakar lemak dengan baik teh hijau juga dapat membantu proses metabolisme alami.

Jangan lewatkan: 15 Gerakan Mengecilkan Perut yang Terbukti Membakar Lemak dengan Cepat

10. Mencegah kanker kulit

Terlalu lama terpapar sinar matahari langsung diatas jam 9 akan dapat menaikkan resiko terkena kanker kulit. Antioksidan pada teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari dalam sebagai tabir surya alami yang melindungi dari dalam.

11. Mengurangi resiko Rheumatoia arthirtis

Penyakit ini terjadi pada sendi atau disebut radang sendi yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang dirinya sendiri. Teh hijau mampu menyembuhkan penyakit ini dengan cara menghalangi enzim yang merusak tulang rawan atau sendi.

12. Memperkuat tulang

Kandungan fluoride pada teh hijau mampu membantu menjaga kepadatan tulang secara alami. Mengkonsumsi teh hijau sangat baik untuk merawat tulang. Selain kalsium yang mampu memperkuat tulang ternyata teh hijau juga minuman herbal yang dapat merawat kesehatan tulang

13. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat teh hijau yang berikutnya adalah mampu menjaga kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

14. Menghindari obesitas

Obesitas terjadi karena tubuh kita tidak dapat memproses lemak degan baik sehingga terjadilah penumpukan lemak dan menjadikan berat badan kita meningkat melebihi batas normal. Dengan mengkonsumsi teh hijau mampu menghentikan glukosa dalam sel lemak serta mampu membantu proses pembakaran lemak.

15. Mencegah Alzaimer

Alzaimer merupakan penyakit yang mengakibatkan seseorang kehilangan daya ingat secara perlahan. Hal ini terjadi karena otak mengalami kelainan dan kerusakan yang membuat ukuran otak semakin mengecil. Teh hijau mampu mengatasi  masalah dan menutrisi otak.

16. Merawat hati

Antioksidan pada teh hijau mampu menangkal racun yang mengendap dihati yang berlemak. Serta dapat membantu pasien dengan gagal hati dengan cara melemahkan trasplantasi.

17. Mengobati keracunan

Senyawa katekin pada teh hijau merupakan anti bakteri. Makanan yang menyebabkan keracunan  biasanya mengandung bakteri berbahaya, sifat teh hijau yang anti bakteri dapat membunuh bakteri yang masuk kedalam tubuh karena makanan yang tidak sehat dan menyebabkan keracunan.

18. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa kita dapat dari teh hijau yang memiliki kandungan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid. Kekebalan tubuh yang kuat dapat melawan infeksi dan virus yang masuk ke tubuh .

19. Mengobati pilek dan flu

Flu disebabkan oleh virus yang masuk pada tubuh dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Teh hijau merupakan sumber yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga virus flu yang menyerang tubuh dapat dimusnahkan menggunakan ramuan teh hijau.

20. Mengobati asma

Asma merupakan penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan. Penyakit ini membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas. Teh hijau bisa menjadi solusi masalah ini karena kandungan theophyline yang terdapat pada teh hijau akan melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan.

21. Mengobati herpes

Herpes merupakan penyakit yang menyerang kulit. Teh hijau sangat ampuh mengobati penyakit ini dengan cara mencuci dan mengompres kulit yang terkena herpes.

Tentang herpes: 9 Cara Mengobati Herpes Secara Alami yang Terbukti Ampuh

22. Mencegah kerusakan gigi

Bakteri dan virus pada mulut dapat menyebabkan kerusakan terjadi pada gigi serta bau mulut. Teh hijau bersifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri dan virus yang menyerang gigi sehingga gigi terbebas dari bakteri dan terjaga kesehatannya.

23. Menghilangkan stres

Teh hijau juga dapat merelaksasi tubuh serta otak dan pikiran dengan bantuan asam amino yang bernama L-thanine yang berfungsi meringankan stress dan kecemasan.

24. Minuman diet

Teh hijau dapat mempercepat metabolisme dan meningkatkan rasa kenyang sehingga sangat baik dijadikan minuman saat anda melakukan program diet. Teh hijau dapat mendukung diet anda karena memiliki efek meningkatkan rasa kenyang membuat tubuh kita mampu mengontrol nafsu makan.

25. Melembabkan kulit

Vitamin E pada teh hijau mampu merawat kulit dengan baik salah satunya menjaga kelembaban kulit dan mencerahkan kulit.

26. Sumber antioksidan yang baik

Kandungan terbesar yang terdapat pada teh hijau adalah antioksidan yang bahkan 100 kali lebih baik dari vitamin C. Jika anda ingin terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas maka rajinlah mengkonsumsi teh hijau tanpa gula tambahan

27. Menghilangkan kantuk

Saat anda sedang bekerja tiba-tiba kantuk berat menyerang sebaiknya anda menyedu teh hijau agar rasa kantuk yang dapat mengganggu pekerjaan anda hilang karena teh hijau mengandung kafein yang dapat menghilangkan kantuk.

28. Membantu pembentukan kolagen

Vitamin C pada teh hijau mampu membantu proses pembentukan kolagen yang baik untuk kulit dan pelumas bagi tulang rawan .

Itulah beberapa manfaat teh hijau yang dapat membantu berbagai masalah kesehatan dan merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi. Konsumsilah teh hijau tanpa gula secara rutin. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lewatkan juga: 28 Khasiat Air Putih untuk Merawat Kesehatan dan Kecantikan

Leave a Reply