12 Khasiat Telur Asin untuk Kesehatan yang Sangat Luar Biasa

Manfaat telur asin untuk kesehatan ternyata cukup banyak. Ya, selain memiliki rasa yang lezat, makanan khas Indonesia yang satu ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, telur asin merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Makanan olahan yang dibuat dengan menggunakan telur bebek ini sangat kaya akan protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot dan kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, telur asin juga sangat kaya akan zat mineral dan zat antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal serangan bibit – bibit penyakit. Nah, kira-kira apa saja kandungan nutrisi telur asin tersebut?

Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan

Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Telur Asin

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam 1 butir telur asin, yaitu:

  • 137 kalori
  • 10,23 gr lemak
  • 656 mg kolesterol
  • 165 mg potasium
  • 1,08 gr karbohidrat
  • 9,51 gr protein

Selain nutrisi di atas, telur asin ternyata juga mengandung beragam vitamin dan mineral seperti Vitamin A dan C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Uniknya, proses pengasinan telur di atas membuat unsur-unsur tersebut lebih mudah diserap oleh tubuh. Dan bila dibanding dengan telur bebek biasa, protein dalam telur asin juga sudah berubah menjadi asam amino.

Antara telur masak dan telur mentah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, dimana telur mentah memiliki kandungan lemak dan protein yang masih menyatu dalam kuning telur. Namun setelah proses pengasinan terjadi, protein tersebut akan terpisah dari lemak. Akibatnya lemak tadi akan berubah menjadi minyak kuning telur.

Cara Membuat Telur Asin

Anda sudah tahu bagaimana cara membuat telur asin yang benar? Berikut ini kami bagikan untuk anda panduan untuk membuatnya:

  • Sediakan telur bebek sekitar 10 hingga 40 butir
  • Ambil abu gosok atau bata merah yang sudah dihancurkan menjadi bentuk bubuk sebanyak kurang lebih 2 liter
  • Garam dapur ½ kg
  • Air

Langkah pembuatannya:

  1. Pertama, cuci bersih telur
  2. Keringkan kemudian amplas sedikit telur tersebut agar pori – porinya terbuka
  3. Campurkan abu gosok atau bubuk bata dengan garam, lalu tuangkan sedikit air hingga menjadi pasta.
  4. Bungkus telur satu per satu dengan menggunakan larutan nomor 2
  5. Simpan telur dalam ember atau wadah penyimpanan, kurang lebih 15 – 20 hari.
  6. Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 jam.
  7. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama.
  8. Telur asin siap disajikan.

Itulah cara-cara untuk mengolah telur bebek menjadi telur asin

 

Ragam Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan Tubuh

Berkat kandungan nutrisi super lengkap yang terdapat di dalam nya, telur asin dapat memberikan banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa khasiat dan manfaat telur asin untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1. Membentuk dan Menambah Massa Otot

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, telur asin memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Dalam satu butir telur asin yang masih bagus, terdapat sekitar 9 gr kadar protein murni. Dengan kandungan protein setinggi itu, telur asin benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk meningkatkan massa otot di tubuh Anda.

2. Membantu Mengoptimalkan Proses Regenerasi Sel dalam Tubuh

Manfaat telur asin yang ke dua adalah untuk membantu mengoptimalkan proses regenerasi jaringan sel dalam tubuh.

Selain dapat membantu meningkatkan massa otot dengan cepat, kandungan protein yang terdapat dalam telur asin juga dapat membantu mengoptimalkan proses regenerasi jaringan sel rusak yang ada pada tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi telur asin, jaringan sel dalam tubuh akan terus dipenuhi dengan jaringan sel baru, sehingga daya tahan tubuh bisa menjadi lebih optimal dan tubuh pun tidak akan mudah terserang bibit – bibit penyakit.

3. Mengoptimalkan Proses Produksi Sel Darah Merah

Telur asin sangat kaya akan vitamin dan zat besi yang berguna dalam proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi telur asin secara rutin, pasokan sel darah merah dalam tubuh akan selalu terpenuhi dengan baik, dan tubuh pun akan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang terkait dengan sel darah merah seperti anemia, dan lain sebagainya.

4. Mencegah Anemia

Manfaat telur asin yang selanjutnya adalah mencegah terjadi nya gejala anemia / kurang darah. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, telur asin memiliki kandungan vitamin dan zat besi yang sangat tinggi.

Berkat ke dua zat nutrisi bermanfaat tersebut, telur asin dapat membantu mengoptimalkan dan memaksimalkan proses produksi sel darah merah dalam tubuh.

Dampak nya, pasokan sel darah merah dalam tubuh akan selalu terpenuhi dengan baik dan tubuh pun tidak akan mudah terserang gejala anemia / kurang darah.

Simak juga: 27 Penyebab Penyakit Anemia yang Harus Anda Waspadai!

5. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Selain meningkatkan kesehatan tubuh, manfaat telur asin ternyata juga mencakup kesehatan dan kecantikan organ kulit.

Telur asin memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Zat vitamin E ini merupakan zat yang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena dapat membuat kulit menjadi lebih halus, lebih cerah dan tampak putih bersinar.

Tidak hanya itu, kandungan zat vitamin E yang terdapat dalam telur asin juga diyakini dapat membantu menghindarkan kulit dari berbagai macam permasalahan, seperti ruam, iritasi, jamur, eksim, dan lain sebagainya.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Selain kaya akan vitamin E, telur asin juga sangat kaya akan vitamin A. Berkat kandungan vitamin A yang terdapat di dalam nya, telur asin diyakini dapat membantu menjaga kesehatan organ mata.

Dengan mengkonsumsi telur asin secara rutin, nanti nya Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan yang terkait dengan organ mata.

Simak juga: 18 Kelainan Pada Mata

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat telur asin yang selanjutnya adalah sebagai bahan makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Telur asin memiliki kandungan zat selenium dan zat antioksidan yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, telur asin juga sangat kaya akan protein yang berguna untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi telur asin secara rutin, diharapkan sistem kekebalan dalam tubuh bisa menjadi lebih optimal, dan tubuh pun akan bisa terhindar dari serangan berbagai macam bibit penyakit.

8. Mengoptimalkan Kinerja dan Perkembangan Organ Otak

Berkat kandungan omega 3 yang terdapat di dalam nya, manfaat telur asin untuk kesehatan juga mencakup optimalisasi kinerja dan perkembangan organ otak.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, agar bisa bekerja dan berkembang dengan baik, otak membutuhkan pasokan nutrisi yang memadai.

Nah, salah satu pasokan nutrisi yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dan proses perkembangan organ otak adalah omega 3. Dan karena telur asin memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, maka telur asin dapat membantu mengoptimalkan kinerja dan perkembangan organ otak Anda.

9. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Manfaat telur asin untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Selain kaya akan protein, vitamin, dan omega 3, telur asin juga sangat kaya akan zat mineral bermanfaat seperti fosfor dan kalsium.

Berkat kandungan zat mineral bermanfaat yang terdapat di dalam nya, telur asin diyakini juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Selain itu, jika dikonsumsi oleh anak – anak dan remaja yang masih berada dalam masa pertumbuhan, telur asin juga diklaim dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan tinggi badan.

10. Mencegah Berbagai Macam Penyakit dan Gangguan pada Tulang

Selain dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, telur asin juga diyakini dapat mencegah terjadinya berbagai macam penyakit dan gangguan yang terkait dengan organ tulang.

Dengan mengkonsumsi telur asin secara rutin, diharapkan susunan dan tingkat kesehatan tulang dalam tubuh bisa tetap terjaga dengan baik serta tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, seperti pengapuran tulang, pengeroposan tulang, radang sendi, dan lain sebagainya.

11 Memperlancar peredaran darah

Manfaat telur asin berikutnya adalah untuk memperlancar peredaran darah. Makanan ini memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah. Dengan lancarnya peredaran di dalam tubuh, maka suplai dari darah dan juga mineral lainya ke organ-organ tubuh akan menjadi lancar pula.

12. Kaya Antioksidan

Sebagaimana yang sudah disebutkan bahwa telur asin ini kaya akan kandungan antioksidan, Antioksidan ini bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah menculnya berbagai macam penyakit.

Adakah Bahaya Telur Asin?

Mungkin ini menjadi pertanyaan sebagian orang. Adakah bahaya mengkonsumsi telur asin? Pada dasarnya mengkonsumsi telur asin sangat lah baik, namun tentu saja tidak dalam jumlah yang berlebihan. Karena memang segala sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak akan baik.

Menurut Dr Kalpana Bhaskaran. manajer dari Nutrition Research and Head of Glycemic Index Research Unit di Temasek Polytechnic’s School of Applied Science, “konsumsi sebutir telur asin bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, melebihi jumlah yang direkomendasikan setiap harinya yaitu 300 mg.” Apalagi dalam sebutir telur asin bisa terkandung 300-600 mg kolesterol, tergantung dari proses pembuatannya.

Sebaiknya, saat anda mengkonsumsi telur asin anda membatasi konsumsi garam untuk makanan lainnya, hal ini dikarenakan sodium yang disuguhkan telur asin juga cukup besar.

Untuk batasan konsumsi sodium perharinya sendiri yaitu maksimal 2000 mg atau 1 sdt (5 ml) saja, maka sebutir telur asin diperkirakan sudah memenuhi 30% dari jumlah yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

Bahaya dari mengkonsumsi telur asin diakibatkan asupan sodium terlalu banyak, maka hal ini tak hanya beresiko meningkatkan tekanan darah, namun juga gangguan medis lainnya seperti penyakit lambung, kanker, ginjal, asma, serta osteoporosis. Oleh karena itu, telur asin sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas pada sekali waktu, apalagi kalau Anda mengidap penyakit tertentu yang berkaitan dengan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Itu lah beberapa manfaat telur asin yang bisa kamu dapatkan jika kamu rajin mengkonsumsi nya di kehidupan sehari – hari.

Penting untuk diingat, meski pun telur asin dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun telur asin tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan bagian kuning telur asin memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu, saat membeli telur asin Anda juga harus berhati – hati. Pasal nya saat ini ada banyak produk telur asin palsu yang dibuat dari bahan – bahan yang berbahaya. Jangan lewatkan juga: 41 Manfaat Bersepeda yang Wajib Anda Ketahui

One Response to “12 Khasiat Telur Asin untuk Kesehatan yang Sangat Luar Biasa”
  1. almaguna cargo April 5, 2018

Leave a Reply