10 Khasiat Telur Setengah Matang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat telur setengah matang untuk tubuh ternyata sangat banyak. Dengan rajin mengonsumsi telur setengah matang, tubuh bisa menjadi lebih sehat dan juga lebih bugar.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kebiasaan mengonsumsi telur setengah matang telah mendarah daging di beberapa kalangan masyarakat. Alasan nya, supaya kandungan nutrisi yang terdapat dalam telur bisa tetap utuh dan tidak terbuang percuma hanya karena dimasak dengan suhu yang terlalu panas.

Di lain sisi, beberapa orang juga cenderung menyukai telur setengah matang karena rasanya yang dianggap lebih segar dan lebih enak ketimbang telur yang sudah matang.

Manfaat Telur Setengah Matang

Manfaat Telur Setengah Matang

Nah, berbicara mengenai telur setengah matang, pada kesempatan kali ini Ceksehat akan membagikan sedikit informasi mengenai beberapa khasiat dan manfaat telur setengah matang untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Kandungan Nutrisi dalam Telur Setengah Matang

Sebelum masuk ke pokok pembahasan utama mengenai manfaat telur setengah matang untuk kesehatan, sebagai permulaan kami akan membahas mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam telur setengah matang.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, kandungan nutrisi yang terdapat dalam telur setengah matang cenderung jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam telur yang dimasak hingga matang.

Hal ini terjadi dikarenakan ketika telur dimasak dengan suhu panas dalam jangka waktu yang lama, maka kandungan nutrisi yang terdapat dalam telur akan menyusut. Namun begitu, di lain sisi, telur yang dimasak hingga benar – benar matang juga memiliki kelebihan, yaitu lebih aman untuk dikonsumsi.

Ketika telur dimasak menggunakan suhu panas dalam jangka waktu yang lama, meski pun kandungan nutrisi nya menyusut, namun di lain sisi bakteri, virus dan mikro organisme berbahaya lain nya yang terdapat dalam telur juga akan terbunuh. Hasil nya, telur pun akan menjadi jauh lebih aman untuk dikonsumsi.

Terlepas dari hal itu, berikut merupakan beberapa zat nutrisi yang bisa didapatkan dari telur setengah matang:

  • Protein sebesar 5.51 gr
  • Lemak sebesar 4,65 gr
  • Lemak jenuh sebesar 1.432 gr
  • Gula sebesar 0.49 gr
  • Karbohidrat sebesar 0.49 gr
  • Kolesterol sebesar 186 mg
  • Sodium sebesar 122 mg
  • Pottasium sebesar 55 mg
  • Serat sebesar 0.49 gr

Ragam Manfaat Telur Setengah Matang untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi super lengkap yang terdapat di dalam nya, telur setengah matang dapat memberikan banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa di antara nya adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Telur setengah matang memiliki kandungan asam amino dan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Kandungan asam amino yang terdapat dalam telur setengah matang dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama, sedangkan kandungan lemak tak jenuh yang terdapat di dalam nya nanti nya akan menjadi cadangan energi yang siap untuk digunakan kapan saja tubuh membutuhkan nya.

2. Menambah Massa Otot

Manfaat telur setengah matang yang ke dua adalah untuk menambah dan meningkatkan massa otot.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, telur setengah matang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein tersebut nanti nya sangat berguna dalam proses pembentukan otot.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Telur setengah matang cenderung memiliki kandungan choline yang lebih tinggi dibandingkan telur yang dimasak sampai matang.

Berkat kandungan choline yang terdapat di dalam nya, telur setengah matang diyakini dapat membantu meningkatkan dan mengoptimalkan daya ingat orang yang mengonsumsi nya.

4. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Selain dapat meningkatkan daya ingat, manfaat telur setengah matang juga mencakup perlindungan diri terhadap ancaman terjadi nya penuaan dini.

Menurut hasil penelitian, mengonsumsi satu butir telur setengah matang secara rutin setiap hari dapat membantu mencegah kerusakan jaringan sel sekaligus membantu mempercepat proses regenerasi jaringan sel dalam tubuh.

Hasil nya, tubuh akan menjadi lebih sehat, tidak mudah terserang penyakit, dan selalu tampak awet muda.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Organ Mata

Manfaat telur setengah matang yang selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan organ mata.

Selain kaya akan protein, telur setengah matang juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A ini diyakini dapat membantu menjaga kesehatan organ mata.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin A yang terdapat dalam telur setengah matang kabar nya juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah serangan jantung.

6. Mengoptimalkan Proses Metabolisme Dalam Tubuh

Berkat kandungan asam amino yang terdapat di dalam nya, telur setengah matang juga dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh orang yang mengonsumsi nya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, asam amino adalah salah satu bentuk cadangan energi yang paling mudah dicerna oleh tubuh. Nah, dengan ada nya asam amino, nanti nya proses metabolisme dalam tubuh akan berlangsung dengan lebih optimal.

7. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak hanya sekedar mengoptimalkan proses metabolisme, manfaat telur setengah matang juga mencakup peningkatan sistem imun dan sistem kekebalan tubuh.

Cukup konsumsi telur setengah matang secara rutin setiap hari, sistem kekebalan tubuh Anda nanti nya akan menjadi lebih kuat, sehingga tubuh Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

8. Mencegah Terjadinya Anemia

Manfaat telur setengah matang yang selanjutnya adalah untuk mencegah terjadi nya gejala kurang darah alias anemia.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, anemia biasa nya akan terjadi ketika seseorang kekurangan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah sendiri dapat diakibatkan oleh kurang nya asupan vitamin B12.

Nah, karena telur setengah matang memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi, nanti nya telur setengah matang akan dapat membantu mencegah terjadi nya gejala kurang darah alias anemia.

9. Sebagai Suplemen dan Sumber Energi di Waktu Sakit

Bila Anda mau, Anda juga bisa memanfaatkan telur setengah matang untuk dijadikan sebagai suplemen dan sumber energi tambahan ketika sedang dalam kondisi sakit.

Dengan kandungan asam amino nya yang sangat tinggi, telur setengah matang nanti nya akan langsung memasok kebutuhan energi tubuh Anda dengan lebih cepat. Hasil nya tubuh Anda akan menjadi lebih cepat fit dan lebih cepat pulih.

Dalam praktek nya nanti, jika Anda ingin mengonsumsi telur setengah matang ketika sakit, Anda sebaiknya memilih jenis telur ayam kampung atau pun telur bebek yang dirawat atau pun dipelihara secara alami.

10. Sebagai menu sarapan yang sehat

Telur asin juga bisa dijadikan sebagai menu sarapan sehat yang akan memberikan anda energi secara instan yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari anda.

Telur setengah matang ini merupakan merupakan sumber lemak tidak jenuh yang sangat baik, dan dengan mengkonsumsi telur setengah matang ini juga tidak akan menigkatkan resiko terkena penyakit jantung. dengan mengonsmusi tiga buah makanan ini setiap hari untuk sarapan terbukti bisa mengecilkan linkar pinggang.

Simak selengkapnya: 15 Ide Menu Sarapan Sehat

***

Itu lah beberapa khasiat dan manfaat telur setengah matang yang akan kita dapatkan jika kita rajin mengonsumsi nya.

Penting untuk diingat, meski pun telur setengah matang dapat memberikan banyak khasiat dan manfaat, namun aktivitas pengonsumsian nya tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan bagian kuning telur memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, sehingga relatif tidak aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu besar.

Artikel terkait: 12 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan

Leave a Reply