11 Fungsi Vitamin B Kompleks / Complex untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin B Kompleks – Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin B kompleks karena tubuh tidak bisa memproduksi vitamin B kompleks secara alami. Vitamin B kompleks terdiri dari beberapa vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B7, B9, serta vitamin B12.

Manfaat vitamin B komplek bagi tubuh untuk membantu memperoleh energi. Jika kebutuhan vitamin B kompleks tidak terpenuhi maka kita akan merasa lemah dan lesu kekurangan energi. Vitamin B12 tidak dapat larut dalam air seperti vitamin B lainnya, jadi jika kelebihan vitamin B12 akan dikeluarkan melalui keringat dan urine.

Ada banyak sekali manfaat vitamin B kompleks namun ada baiknya kita mengetahui sumber makanan yang dapat menghasilkan vitamin B kompleks.

Manfaat Vitamin B Kompleks / Complex

Manfaat Vitamin B Kompleks / Complex

Makanan yang Mengandung Vitamin B kompleks / Complex

Karena tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin B kompleks maka kita butuh konsumsi beberapa makanan yang dapat menghasilkan vitamin ini untuk dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin B kompleks seperti:

  • Sayuran

Di dalam sayuran banyak mengandung vitamin B komlpeks yang dapat membantu tubuh menghasilkan energi. Dari pada harus mengkonsumsi suplemen yang tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang lebih baik anda mencari bahan alami yang tanpa efek samping berbahaya.

 Daftar sayuran yang mengandung vitamin B kompleks antara lain: asparagus, kale, sawi hijau, jamur, lobak, jagung, terong, bayam,wortel, buncis, mentimun, brokoli , serta seledri.

  • Buah-buahan

Vitamin B kompleks juga banyak terdapat pada beberapa jenis buah.  Seperti alpukat, apel, melon, pisang, serta bluebery. Semua jenis buah-buahan tersebut kaya akan vitamin B kompkeks. Selain makanan sehat kaya akan vitamin buah tersebut juga memiliki rasa yang enak dapat dimakan langsung atau dijadikan jus dan manisan.

Tak ada salahnya bukan mengkonsumsi banyak buah-buahan tersebut enak dan kaya manfaat.

  • Daging dan olahan hewan

Daging juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang sangat baik terutama daging merah. Dalam proses pengolahan karbohidrat menjadi energi, vitamin B akan dibantu oleh zat kreatin yang terdapat pada daging merah, serta akan memenuhi kebutuhan gizi harian anda.

Daging merah juga menjaga kesehatan mental, jadi daging merah merupakan sumber vitamin B yang paling lengkap dan baik. Selain itu ada juga beberapa olahan hewan yang juga termasuk sumber vitamin B seperti dada ayam, ikan sarden, ikan salmon, susu sapi dan juga telur.

  • Kacang-kacangan

Ada juga beberapa jenis kacang yang kaya akan kandungan vitamin B yang baik bagi tubuh untuk membantu proses pembakaran lemak seperti kacang almond, kacang tanah, serta kacang mete.

Itulah beberapa makanan yang mengandung vitamin B yang dapat kita jadikan sumber vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan harian anda.

Namun juga jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin B kompleks karena akan berakibat buruk pada organ yang lainnya seperti:

  • Komplikasi jantung
  • Diabetes
  • Asam urat
  • Masalah kulit

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Manfaat vitamin B kompleks bagi tubuh kita amat beragam semua itu dapat menjadikan tubuh kita sehat dan kuat. Karena tubuh kita tidak dapat menghasilkan vitamin B kompleks secara alami maka kita membutuhkan asupan makanan yang kaya akan vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut ini Ceksehat rangkum untuk anda:

1. Menjaga kadar kolesterol

Dengan terpenuhinya jumlah vitamin b pada tubuh anda akan menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh yang dapat mengakibatkan pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyakit komplikasi lainnya seperti darah tinggi, jantung , dan stroke.

 Namun tetap menjaga kadar kolesterol baik karena kolesterol juga sangat dibutuhkan oleh tubuh namun jenis kolesterol baik tentunya.

Info terkait: 22 Gejala Kolesterol yang Harus Anda Waspadai

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Terganggunya sistem pencernaan akan mengakibatkan berbagai hal buruk pada tubuh seperti konstipasi, wasir dan akan mengganggu sistem pembuangan yaitu susah buang air besar. Hal itu dapat dihindari dengan memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks.

Manfaat vitamin b kompleks dapat menjaga sistem pencernaan yang akan membantu anda terhindar dari berbagai masalah tersebut. Beberapa jenis vitamin B yang berperan dalam menjaga sistem pencernaan antara lain vitamin B1, B2, B3, dan juga B6.

3. Membantu pemecahan lemak

Selain menjaga pencernaan, vitamin B tersebut juga dapat membantu produksi asam klorida (HCL) serta dapat membantu pemecahan lemak, karbohidrat, dan protein. Sehingga lemak tidak dapat mengendap dalam tubuh yang menyebabkan kegemukan.

4. Memproduksi energi

Energi dihasilkan dari proses pembakaran. Salah satu sumber energi yang harus perlu dibakar adalah karbohidrat yang dengan bantuan vitamin B akan diubah atau dibakar menjadi glukosa yang berfungsi menambah tenaga. Dalam melakukan itu kita juga memerlukan vitamin B lainnya seperti B2, B3, B5, B6, serta vitamin B7.

Dengan terpenuhinya kebutuhan tenaga akan membuat tubuh kita menjadi kuat dan dapat melakukan kegiatan sehari-hari.

5. Menjaga sistem saraf dan tubuh

Beberapa jenis vitamin B sangat penting untuk mengatur seluruh saraf agar mampu bekerja dengan benar seperti vitamin B1, B6, dan B12. Sedangkan vitamin B kompleks itu sendiri dapat menjaga kesehatan tubuh serta menjaga sistem saraf agar tetep sehat.

6. Menjaga kehamilan dan janin

Pada kehamilan biasanya hormon tidak stabil itu akan membuat si ibu akan mudah terserang stres dan selalu merasa cemas. Hal itu tentu akan berpengaruh buruk pada sang janin, karena saat hamil kita tidak boleh banyak pikiran agar bayi lahir dengan sehat dan selamat.

Vitamin B9 akan membantu menstabilkan hormon serta dapat menghasilkan asam folat yang dapat mengurangi stres dengan mengurangi ketegangan yang terjadi pada saraf serta dapat mencegah bayi lahir cacat

7. Menjaga kesehatan rambut

Vitamin B kompleks juga dapat merawat kerusakan yang terjadi pada rambut seperti rambut rontok, kusam, serta bercabang. Dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks rambut kita akan sehat kuat dan berkilau.

8. Merawat kesehatan kuku

Vitamin B kompleks dapat membantu reproduksi sel tubuh jika kita kekurangan vitamin B juga dapat berdampak buruk pada kesehatan kuku seperti kuku lebih mudah pecah dan rapuh karena kekurangan nutrisi.

9. Menyembuhkan penyakit maag

Penyakit maag adalah salah satu penyakit gangguan lambung pada sistem pencernaan kita. Vitamin B akan membantu menjaga sistem pencernaan serta dapat membatu pemecahan lemak agar kerja lambung tidak terlalu berat. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin B kompleks akan menjaga lambung dan menghindari penyakit maag.

Simak juga: Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Sakit Maag

10. Merawat kesehatan hati

Organ hati juga akan terganggu jika tubuh kekurangan vitamin B kompleks. Jangan dapatkan vitamin B kompleks dari suplemen tambahan yang menggunakan bahan kimia itu justru akan merusak organ hati konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin B kompleks yang alami.

11. Mencegah anemia

Manfaat vitamin B kompleks juga dapat membantu pembentukan sel darah merah yang dilakukan oleh vitamin B6 sehingga kebutuhan darah tercukupi dan kita terhindar dari anemia. Kekurangan darah yang kita tahu akan membuat kita lesu dan tidak bersemangat.

Banyak sekali bukan manfaat vitamin B kompleks bagi tubuh kita. Bisa dikatakan vitamin ini merupakan salah satu kebutuhan pokok tubuh kita karena mampu membantu menghasilkan energi. Jika kita kekurangan energi akan mengganggu kerja seluruh tubuh kita.

Usahakan memperoleh vitamin B kompleks dari makanan yang alami jangan mengkonsumsi suplemen yang bersifat instan karena hal itu justru akan merusak organ lainnya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Untuk memperoleh makanan yang mengandung vitamin B kompleks tidak terlalu sulit kita akan menemukan banyak di pasaran. Jangan lewatkan juga: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Leave a Reply