Daftar Menu Buka Puasa yang Sehat dan Enak

Menu buka puasa yang sehat adalah menu buka puasa yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Tidak perlu mahal, selama menu buka puasa yang dikonsumsi memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, maka menu tersebut dapat digolongkan sebagai menu berbuka puasa yang sehat.

Saat menyiapkan menu buka puasa, mayoritas orang biasanya cenderung hanya memperhatikan rasa dan tampilan saja. Selama menu buka puasa yang disiapkan lezat, maka kebanyakan orang sudah merasa cukup.

Padahal, menu buka puasa yang lezat belum tentu sehat. Di lain sisi, jika Anda lihai dalam memasak, menu buka puasa yang sehat bisa dibuat menjadi terasa lezat.

Menu Buka Puasa yang Sehat via Tribun

Menu Buka Puasa yang Sehat via Tribun

Nah, berbicara mengenai menu buka puasa, pada kesempatan kali ini CekSehat akan membagikan sedikit informasi mengenai menu buka puasa sehat. Langsung saja berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda.

Ragam Pilihan Menu Buka Puasa yang Sehat dan Enak

Berikut merupakan beberapa pilihan menu makanan sehat yang dapat Anda konsumsi saat berbuka puasa nanti atau besok:

1. Kelapa Muda

Sepertinya kelapa muda sudah menjadi menu utama ketika hendak membatalkan puasa. Kelapa muda yang segar dan enak ini memang tidak salah menjadi minuman pilihan untuk berbuka puasa. Pasalnya kelapa muda mengandung elektrolit yang akan mengembalikan cairan tubuh seketika.

Jadi, dengan mengkonsumsi kelapa muda ketika berbuka, rasa haus yang kita alami seharian akan segera sirna, plus kita akan mendapatkan pasokan energi secara instant.

Air kelapa muda ini juga sangat mudah lo diserap oleh tubuh, sehingga kita segera terhindar dari dehidrasi. Agar lebih topcer anda bisa menambahkan madu beberapa sendok.

2. Kurma

Selain teh manis, ada satu lagi jenis makanan manis yang cocok untuk dijadikan sebagai menu buka puasa yang sehat. Makanan tersebut adalah buah kurma.

Sama seperti halnya teh manis, buah kurma juga memiliki kandungan gula sederhana yang cukup tinggi. Oleh karenanya, buah ini juga cocok untuk dijadikan sebagai buah untuk berbuka puasa.

Nabi Muhammad SAW sendiri selalu menjadikan buah kurma sebagai makanan pertama yang Beliau konsumsi saat berbuka puasa.

3. Sup Buah

Menu buka puasa yang sehat selanjutnya adalah sup buah. Dibandingkan dengan dua menu makanan yang sebelumnya, sup buah cenderung memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih lengkap.

Tidak hanya sekedar memiliki kandungan gula sederhana yang cukup tinggi, sup buah juga memiliki kandungan serat, vitamin, dan zat besi yang cukup tinggi.

Dalam prakteknya nanti, sup buah sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makanan ke tiga selepas mengonsumsi teh manis dan buah kurma sebelum melaksanakan sholat magrib.

4. Salad Buah

Sama seperti halnya sup buah, salad buah juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap.

Dari mulai vitamin, serat, zat besi, sampai dengan gula alami, semuanya bisa didapatkan dari olahan makanan yang satu ini.

Karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap, salad buah sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu makanan pembuka sebelum mengerjakan sholat magrib.

5. Nasi Merah

Nasi Merah via allianz

Nasi Merah via allianz

Saat berbuka puasa, Anda disarankan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan berat terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar organ lambung dan usus yang terdapat dalam tubuh Anda tidak “terkejut”.

Di awal waktu berbuka, Anda disarankan untuk mengonsumsi empat jenis makanan di atas atau jenis – jenis makanan ringan lainnya.

Selepas mengerjakan sholat magrib, barulah Anda dapat melanjutkan aktivitas buka puasa Anda dengan mengonsumsi makanan berat.

Nah, dalam prakteknya nanti, jika Anda ingin mengutamakan kesehatan, Anda disarankan untuk mengonsumsi nasi merah. Pasalnya, bila dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memiliki kandungan karbohidrat yang lebih kompleks, sehingga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, dan dapat membuat tubuh terasa fit lebih lama.

6. Kentang Rebus

Sebagai variasi, ada satu lagi sumber karbohidrat pengganti nasi putih yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan menu buka puasa yang sehat. Makanan tersebut adalah kentang rebus.

Sama seperti halnya nasi merah, kandungan karbohidrat yang terdapat dalam kentang rebus adalah jenis karbohidrat kompleks.

Tidak hanya itu, kentang rebus juga cenderung memiliki kadar kalori yang lebih rendah dari kadar kalori yang dimiliki oleh nasi putih.

Agar tidak cepat bosan, Anda dapat menyeling kentang rebus dan nasi merah secara bergantian setiap hari.

Jangan lewatkan juga: 16 Makanan untuk Mengobati Asam Lambung

7. Ayam Panggang Tanpa Kulit

Menu buka puasa yang sehat selanjutnya adalah ayam panggang tanpa kulit.

Ayam panggang tanpa kulit memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.Di lain sisi, kadar kalori ayam panggang tanpa kulit juga cenderung tidak terlalu tinggi sehingga relatif cukup aman untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Satu hal penting yang harus Anda ingat jika ingin menyiapkan menu ayam panggang adalah Anda harus membuang bagian kulitnya.

Kenapa harus dibuang? Karena bagian kulit ayam cenderung memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

8. Sup Kentang

Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk kentang rebus, kentang juga dapat dikonsumsi dalam bentuk sup.

Dibandingkan dengan kentang rebus, sup kentang biasanya cenderung memiliki rasa yang lebih lezat.

Di lain sisi, karena sup kentang sudah dicampur dengan beraneka macam sayur – sayuran, sup kentang juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap.

Dari mulai serat, vitamin, sampai dengan protein, semuanya bisa didapatkan dari sup kentang.

Beberapa jenis makanan tambahan yang bisa dimasak bersama dengan sup kentang adalah kembang kol, wortel, bakso sapi, jamur, sawi, dll.

9. Tumis Kangkung

Tumis Kangkung

Tumis Kangkung

Selain lezat, tumis kangkung juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk orang yang sedang berpuasa. Oleh sebab itu, menu makanan sederhana yang satu ini bisa dikategorikan sebagai menu buka puasa yang sehat.

Saat dikonsumsi oleh orang yang berpuasa, sayuran kangkung akan berperan secara aktif sebagai sumber serat, zat anti racun, dan zat anti kanker dalam tubuh.

Wajib baca: Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Sakit Maag

10. Daging Panggang

Menu Buka Puasa yang Sehat - Daging Panggang

Menu Buka Puasa yang Sehat – Daging Panggang

Walaupun memiliki jumlah kalori yang tinggi, namun secara keseluruhan daging panggang masih bisa dikategorikan sebagai menu buka puasa yang sehat.

Pasalnya daging panggang memiliki jumlah protein yang sangat tinggi. Selain itu, daging panggang jugamemiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk sistem pencernaan orang yang baru berpuasa.

Dalam prakteknya nanti, agar daging panggang yang Anda siapkan bisa benar – benar sehat, saat memanggang, Anda disarankan untuk menggunakan olive oil (bukan margarin / mentega apalagi minyak goreng curah / non kemasan).Untuk bahan bumbunya, Anda dapat menggunakan merica, air perasan lemon, dan sedikit garam.

11. Tambahkan Oatmeal dan Irisan Buah Pada Menu Anda

Oatmeal dan Buah via lindenandrosemary

Oatmeal dan Buah via lindenandrosemary

Menu buka puasa yang sehat selanjutnya adalah makanan yang terbuat dari oatmeal dan aneka buah. Menu ini sangat baik untuk kita konsumsi ketika berbuka puasa.

Santapan sehat ini akan menyuplai protein dan seratn yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhmu.

Tahukah anda, jika anda mengkonsumsi 100 gram oatmeal, anda bisa menemukan 38 kalori, 10 gram serat, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Untuk membuat oatmeal makin enak, kamu bisa menambahkan irisan buah-buahan di atasnya. Seperti strawberi yang kaya vitamin C dan pisang sebagai asupan kalori.

Artikel terkait: Daftar Makanan untuk Menambah HB Darah dengan Cepat

12. Coba Buat Telur Dadar Gulung

Telur dadar gulung via shutterstock

Telur dadar gulung via shutterstock

Untuk anda yang hobi mengemil, cobalah untuk membuat telur dadar gulung. Selain sebagai camilan, telur dadar gulung ini juga bisa anda jadikan sebagai lauk untuk makan lo.

Telur dadar gulung ini termasuk menu buka puasa yang sehat untuk anda konsumsi. Kenapa, karena telur sendiri merupakan sumber protein tinggi yang dilengkapi dengan sejumlah nutrisi baik seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, kalsium, zinc, fosfor, serta lemak sehat.

Anda bisa memasukan isian berupa wortel, tomat, dan daun bawang. Tentu nutrisi yang anda peroleh akan semakin komplit lagi.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan jamur yang akan vitamin B, vitamin D; serta sejumlah mineral meliputi fosfor, kalium, besi, dan selenium. Yang tentunya akan mengganti kebutuhan vitamin dan mineral yang hilang saat berpuasa.

Silahkan anda kreasikan sendiri, kira-kira anggota keluarga anda menyukai telur dadar gulung dengan isian apa. Anda bisa membuat semacam pertanyaan menarik kepada anak anda.

****

Nah, jadi bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui seperti apa menu buka puasa yang sehat itu?

Penting untuk diingat, saat menyiapkan menu untuk berbuka puasa, Anda harus mengutamakan kandungan nutrisi. Menyiapkan menu buka puasa yang lezat itu memang penting, namun begitu, menu buka puasa yang sehat jauh lebih penting dan harus selalu lebih diutamakan.

Jangan lewatkan juga: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Leave a Reply