Daftar Menu Diet Sehat Sarapan, Makan Siang, Malam

Menu Diet Sehat – Banyak orang salah mengartikan menu diet sehat, bukannya mendapatkan bentuk tubuh yang ideal malah justru membuat tubuh kita menjadi lemah dan sakit karena kekurangan energi atau bisa juga terjadi gangguan lambung karena perut dibiarkan kosong terlalu lama.

Banyak diet yang menjauhi karbohidrat dan lemak padahal tubuh kita sangat membutuhkan kedua unsur tersebut untuk menghasilkan tenaga untuk menjaga keseimbangan  kerja tubuh dan otak kita.

Diet merupakan pengaturan pola makan yang tepat sesuai kebutuhan tubuh. Bukan berarti diet itu jarang makan atau tidak makan justru diet itu adalah sesering mungkin makan tapi dalam porsi yang sedikit. Agar sistem pencernaan kita lebih mudah mencernanya dan lebih gampang melarutkannya jadi tidak akan ada lemak jahat yang melekat pada tubuh.

Lemak dan karbohidrat juga harus kita konsumsi dalam menu diet sehat kita hanya saja degan jumlah yang tepat setiap harinya jika berlebihan akan menimbulkan berbagai masalah seperti diabetes, dan kelebihan berat badan.

Beberapa Unsur Penting Yang Dibutuhkan Tubuh Beserta Manfaatnya

Saat kita melaksanakan diet atau ingin mengkonsumsi menu diet sehat unsur-unsur berikut juga harus kita perhatikan di dalam makanan yang kita konsumsi karena sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan memiliki banyak manfaat, apa sajakah itu mari kita lihat:

  • Karbohidrat : karbohidrat merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi tubuh kita karena merupakan sumber energi yang penting. Dalam melakukan kegiatan fisik maupun otak kita membutuhkan banyak energi. Dengan mengkonsumsi makan sehat yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tepat maka kita memenuhi kebutuhan tubuh kita. Sumber karbohidrat yang harus kita batasi yaitu nasi, kentang, dan tepung. Sumber karbohidrat yang baik adalah madu, buah, dan sayur.
  • Lemak : Lemak juga salah satu sumber tenaga yang baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan dengan melakukan pembakaran melalui banyak olah raga yang teratur akan mengubah lemak menjadi energi. Lemak jahat yang sebaiknya kita hindari minyak, daging, dan ayam potong. Lemak baik yang kita butuhkan berasal dari minyak zaitun dan alpukat.
  • Protein : Dapat menyembuhkan dirinya sendiri dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita adalah salah satu tugas protein.protein juga membantu kita tumbuh. Sumber protein adalah putih telur.
  • Air : setengah dari tubuh kita ini mengandung air, maka dari itu air sangat berguna bagi tubuh kita. Air dapat mencegah tubuh dari dehidrasi, membantu otak agar tetap berkonsentrasi, serta membantu kulit menjaga kelembabannya. Sebaiknya kita mengkonsumsi 8 gelas air perhari untuk menjaga keseimbangan tubuh kita.
  • Vitamin dan Mineral : Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan tubuh kita untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Vitamin A, B, C,D, E, dan K merupakan vitamin yang dibutuhkan tubuh kita setiap hari. Mineral juga sangat dibutuhkan seperti kalium dan kalsium.

Itulah beberapa unsur yang sangat dibutuhkan tubuh kita yang tetap harus ada dalam setiap menu diet sehat kita. Agar tubuh kita tidak kehilangan fungsinya serta dapat bekerja dengan baik.

Menu Diet Sehat

Menu Diet Sehat

Beberapa menu Diet Sehat Kalori di Pagi, Siang, dan Malam

Jumlah kalori yang tepat juga mempengaruhi tubuh kita. 2000 gram kalori perhari yang harus dipenuhi orang dewasa untuk membuat tubuh tetap sehat. Jangan terlalu berlebihan karena juga akan berpengaruh buruk bagi tubuh. Jika kekurangan kalori juga dapat membuat tubuh kita lemah dan kekurangan tenaga. Inilah beberapa menu diet sehat kalori antara lain

  • Kalori Saat Sarapan – Saat sarapan yang tepat yaitu di bawah jam 9 dengan makanan yang tidak terlalu berat seperti 1 lembar roti, 1 mangkuk sereal, 1 gelas susu tinggi protein rendah lemak dan gula.
  • Kalori Saat Makan Siang – Di siang hari kita boleh mengkonsumsi makanan yang sedikit berat karena kebutuhan akan energi di siang hari juga meningkat dengan banyak melakukan kegiatan di siang hari seperti 1 piring nasi, 200 gram ketang rebus, sayuran, 1 buah apel dan jeruk
  • Kalori Saat Makan Malam – Sebaiknya setelah makan malam kita jangan langsung tidur karena dapat menaikkan asam lambung. Sebaiknya kita istirahat selama 2 jam baru kita tidur. Makanan yang baik pada malam hari yaitu 16 sendok nasi merah, 150 gram daging rendah lemak dan ditutup dengan 1 gelas jus lemon  hangat.

Makanan dengan jumlah kalori yang tepat dapat membantu menjaga tubuh kita agar tetap langsing. Mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan tanpa diiringi olah raga yang teratur akan membuat kita kelebihan berat badan.

Beberapa Menu Diet Sehat Serat di Pagi, Siang, dan Malam

Makanan berserat tinggi memang sangat baik jika dimasukkan pada menu diet sehat kita. Makanan yang sehat sebenarnya tak hanya dibutuhkan bagi orang yang sedang melaksanakan program diet, tapi bagus diterapkan pada semua orang yang ingin hidup sehat.

  • Pagi : Serat juga dapat membantu menurunkan berat badan seperti yang menjadi tujuan utama diet. Serat yang baik didapat dari buah dan sayur. Di pagi hari sebaiknya kita mengkonsumsi 1 200 gr sayur bayam, 1 buah jeruk, seperempat madu yang di seduh dengan 1 gelas air. Dapat juga kita tambahkan satu gelas jus jeruk nipis yang mampu membantu membakar lemak yang menumpuk pada tubuh kita.
  • Siang : Di siang hari sebaiknya kita mengkonsumsi serat dengan jumlah yang sedikit lebih banyak dibanding kan pagi dan malam hari agar tubuh kita tidak merasa lemas. Serat yang kita butuhkan seperti 1 piring salad yang dibuat dari campuran berbagai sayur dengan tambahan minyak zaitun, 2 buah apel yang memang dipercaya dapat menahan rasa lapar, setengah piring tumis jamur.
  • Malam : pada malam hari sebaiknya kita mengkonsumsi lebih banyak buah yang di jus seperti 1 gelas jus apel, 1 gelas jus lemon, 1 gelas teh hijau yang juga dapat membakat lemak yang menumpuk pada tubuh anda.

Diatas merupakan contoh makanan berserat yang baik anda jadikan menu diet sehat. Selain dapat membuat tubuh anda ideal serat juga sangat baik bagi kulit dan rambut. Jika ingin memiliki tubuh bebas lemak kita harus mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita serta diimbangi banyak minum air putih serta olah raga yang teratur.

Beberapa Menu Diet Sehat Karbohidrat Di pagi, Siang, dan Malam

Dengan tidak mengkonsumsi karbihidrat sama sekali yang nota bene dapat membuat tubuh menjadi gemuk merupakan diet yang salah. Tidak adanya karbohidrat yang masuk ketubuh kita kan membuat tubuh kita kehilangan tenaga untuk melakukan tugasnya masing-masing.

Mengurangi jumlah karbohidrat sesuai dengan kebutuhan tubuh kita itulah yang seharusnya kita lakukan. Memilih sumber karbohidrat yang baik juga harus kita lakukan seperti dari buah dan sayur. Beberapa menu diet sehat karbohidrat seperti:

Menu Diet Sehat Karbohidrat di pagi hari

Banyak sekali makan alami yang menjadi sumber karbohidrat yang baik kita konsumsi dipagi hari memang jumlahnya cukup sedikit seperti 3 sendok makan madu murni, 1 buah jeruk, 2 buah pisang, 200 gram kentang rebus. Simak selengkapnya: 15 Ide Menu Sarapan Sehat Agar Berat badan Tetap Ideal

Menu Diet Sehat Karbohidrat di siang hari

Disiang hari banyak kesibukan yang kita jalani juga mempengaruhi jumlah makanan yang kita konsumsi, karna kita sebut tadi mengkonsumsi makanan yang tepat kebutuhan tentu disiang hari akan lebih banyak seperti 4 buah pisang, 400 gram kentang rebus, 2 buah apel, dan satu piring salad.

Menu Diet Sehat Karbohidrat di malam hari

Kebutuhan makanan di malam hari akan berkurang karena tubuh kita akan beristirahat maka sistem pencernaan kita sebaiknya juga beristirahat agar dapat bekerja dengan fit keesokan harinya. Beberapa makanan yang baik pada malam hari 1 gelas jus apel, 3 sendok makan madu murni,100 gram kentang rebus.

Yuk simak juga 22 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga yang Mudah Dijalankan

Beberapa makanan sehat tersebut bukan berarti kita dapat mengkonsumsinya secara bersamaan tapi kita cukup memilih salah satunya saja.kelebihan karbohidrat juga dapat mengakibatkan penumpukan kadar gula dalam darah dan dapat mengakibatkan kencing manis atau sekarang yang sedang naik daun yaitu diabetes.

 Daftar Makanan untuk Menu Diet Sehat

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal dapat juga dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Mengkonsumsi kalori dengan tepat sangat dianjurkan agar memperlancar proses pembakaran. Melakukan diet seimbang dapat membakar lemak secara efektif dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Beberapa makanan untuk menu diet sehat:

  1. Buah Tomat

Tomat merupakan buah yang dapat membantu anda menjaga keseimbangan berat badan karena tomat rendah akan kalori dan tinggi serat yang dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat mengurangi nafsu makan dan kebiasaan buruk seperti mengemil. Di dalam tomat juga memiliki kandungan likopen yang dapat berbagai penyakit.

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk juga merupakan penurunan berat badan yang dapat mengatur jumlah gula di dalam darah karena memiliki jumlah kalori yang sedikit. Penyebab kegemukan bukan hanya lemak tapi juga dapat disebabkan oleh gula yang terlalu berlebihan tanpa proses pembakaran yang sempurna. Kandungan air yang cukup banyak pada buah jeruk juga dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan konsentrasi.

  1. Oatmeal

Oatmeal berasal dari gandum utuh yang sangat tinggi serat yang kemudian dijadikan sereal untuk sarapan. Dengan mengkonsumsi oatmeal akan membuat kita lebih lama merasa kenyang.

  1. Rempah-rempah

Rempah tidak hanya dapat dijadikan bumbu dapur tapi juga ada beberapa jenis rempah yang dapat dijadikan menu diet sehat, seperti lada hitam sangat bagus untuk membantu membakar kalori, melancarkan sistem pencernaan juga dapat dibantu dengan mengkonsumsi jahe.

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang baik. Kentang merupakan salah satu makanan rendah kalori dan memiliki serat yang tinggi. Yang telah banyak kita bahas serat membuat kita menjadi kenyang lebih lama, karena bersifat lebih lama dicerna.

  1. Apel

Apel banyak diketahui sebagai makanan pengganjal perut lapar. Apel memiliki rasa yang cukup manis tapi rendah karbohidrat sehingga tidak dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk. Buah apel merupakan serat pangan yang baik, rendah kalori dan lemak jadi buah ini baik untuk dijadikan menu diet

  1. Kacang- Kacangan

Kacang kenari merupakan tanaman kacang-kacangan yang sangat baik untuk membantu kesuksesan diet anda karena rendah kalori dan tentunya tinggi serat.

  1. Buncis

Buncis dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga tak ada lagi makanan yang mengendap pada tubuh karena mampu dicerna dengan baik karena memiliki serat yang tinggi. Buncis juga dapat mengontrol gula darah yang dapat menyebabkan kegemukan, diabetes, dan kencing manis. Selain rasanya yang enak ternyata manfaatnya juga banyak sebaiknya anda menambahkan kacang buncis kedalam menu anda.

  1. Dada ayam

Ayam yang dimaksud disini bukan ayam potong ya tapi ayam kampung atau ayam organik. Di dalam dada ayam banyak terkandung protein dan rendah lemak yang dapat dijadikan menu diet yang memiliki rasa sangat enak, jika anda bosan dan ingin mengganti menu diet anda dengan yang sedikit berdaging maka dada ayam sangat cocok anda konsumsi.

  1. Pisang

Pisang merupakan makanan super food yang telah diakui dunia karena kandungan di dalamnya sangat lengkap akan nutrisi harian anda. Pisang juga tinggi akan kalium yang dapat menambah tenaga. Pisang juga dapat dijadikan pengganti nasi.

  1. Buah pir

Buah pir memiliki kandungan air yang cukup tinggi yang baik dijadikan menu diet sehat anda. Air yang terdapat pada buah pir akan membuat anda merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan anda. Serta kandungan serat yang tinggi yang dapat menjadikan diet anda cukup berhasil.

  1. Kacang pinus

Kandungan fitonutrium pada kacang pinus dapat mengatur nafsu makan anda agar tidak berlebihan. Konsumsilah minimal 1 geng sehari maka akan membuat anda merasa lebih kenyang.

  1. Jamur

Jamur merupakan makanan sehat dan juga sedap. Ada banyak jenis jamur. Jamur yang baik untuk diet adalah jamur kancing karena rendah akan kalori.

  1. Kacang lentil

Kacang ini mungkin cukup asing di telinga kita tapi tahukah anda kacang ini sangat baik dijadikan menu diet sehat karena memiliki protein yang tinggi yang dapat mengontrol kadar gula dan lemak dalam darah.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang tergolong dalam makanan tinggi serat dan baik untuk menurunkan berat badan anda, serta dapat melepaskan lemak jenuh. Saat anda memasak sayur yang satu ini hindari penggunaan keju karena tidak akan mampu melaksanakan tugasnya sebagai makanan peluntur lemak.

  1. Daging tanpa lemak

Diet sebenarnya bukan hanya memakan sayur dan buah setiap hari dapat juga sekali-kali anda mengkonsumsi daging tentu saja yang tidak memiliki lemak.

  1. Buah melon

Buah melon juga merupakan salah satu buah dengan serat yang baik. Selain serat kadar air pada melon juga cukup tinggi yang mampu menahan lapar jika dilihat dari komposisinya.

  1. Bayam

Serat yang sangat tinggi pada bayam serta kandungan zat besi pada bayam sangat baik bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi bayan selain dapat membuat kita tampil langsing juga membuat kulit kita tampak halus.

  1. Teh hijau

Katekin merupakan antioksidan yang terdapat pada teh hijau yang dapat membantu melunturkan lemak pada tubuh kita. Dengan rajin meminum seduhan teh hijau akan membuat tubuh kita bebas lemak jahat.

  1. Jeruk nipis

Kandungan asam folat pada jeruk nipis sangat efektif mengurangi lemak pada tubuh kita. Jeruk nipis memang memiliki rasa yang asam yang dapat menyebabkan gangguan lambung tapi jika dikonsumsi dalam jumlah dan cara yang tepat dapat membantu mengurangi berat badan anda.

Jangan lewatkan juga 14 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet yang Harus Anda Ketahui

  1. Kayu manis

Kayu manis biasa dijadikan bumbu dapur yang dipakai untuk menyedapkan makanan dan juga dapat dijadikan menu diet sehat anda. Karena kandungan pada kayu manis dapat membantu membakar lemak.

  1. Beras merah

Beras merah memiliki molekul yang kompleks yang akan lebih lama dipecah menjadi kalori sehingga dapat dijadikan cadangan tenaga sehingga kita akan selalu merasa kenyang.

Daftar Menu Diet Sehat Lainnya

Berikut ini rekomendasi menu diet sehat lainnya yang bisa anda konsumsi:

Ikan Salmon

Siapa yang tidak kenal dengan manfaatkan ikan salmon untuk tubuh kita terutama kandungan omega-3 nya yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, termasuk untuk diet. Kandungan asam lemak omega-3 nya yang di sini juga berguna untuk diet.

Selai Kacang

Anda bisa menggunakan selai acang sebagai menu sarapan pagi yang sehat bersama anggota keluarga. Selai kacang ini dapat menggantikan berbagai isian roti seperti susu cokelat atau gula pasir dan mentega. Tahukah anda, dalam Abs Diet, selai kacang sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk diet. Karena jika sudah diserap tubuh, dirinya akan membantu menghilangkan lemak yang menumpuk pada beberapa titik. Jika Anda punya uang lebih, bisa juga mengganti selai kacang dengan mentega almond, rasanya lebih nikmat dan khasiatnya juga lebih banyak.

Cuka Apel

Cuka apel juga bermanfaat untuk diet kita, karena sari buah apel ini dapat menjaga sistem pencernaan kita agar tetap sehat. Luar biasanya lagi, cuka apel ini berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Dengan begitu, otomatis setiap makanan yang berpotensi meninggalkan lemak akan tersingkirkan. 
Manfaat lain yang akan Anda peroleh adalah nafsu makan menjadi terkontrol. Pada waktu-waktu di mana Anda biasanya makan, cuka apel akan membantu tubuh memberikan respon rasa lapar sehingga Anda tidak akan telat makan, karena ada beberapa orang yang mudah sakit hanya karena telat makan.

Minyak Zaitun

Minyak yang berasal dari Timur Tengah ini sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai pengganti minyak goreng yang kita gunakan.Tahukah anda bahwa makanan yang tercelup dalam minyak zaitun tidak akan memberikan dampak negatif pada Anda yang diet, karena minyak zaitun tidak melekatkan lemak pada makanan yang hendak Anda konsumsi.

Buah Blueberry

Buah blueberry juga sangat baik dikonsumsi untuk diet kita. Karena buah ini dapat menghancurkan lemak serta memecahkan glukosa darah berlebih, sehingga penyakit yang bisa timbul akibat kadar gula berlebih akan terminimalisir risikonya. Pastikan bahwa blueberry yang ingin Anda makan masih segar.

Buah Alpukat

Menu diet sehat yang terakhir adalah buah alpukat yang biasanya di buat sebagai jus atau dapat dikonsumsi secara langsung, Buah ini mengandung lemak baik yang dibutuh oleh tubuh kita.

Itulah beberapa makana sehat yang dapat anda jadikan menu diet sehat yang dapat membantu anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal serta menjadikan tubuh anda menjadi sehat. Simak juga 27 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Bisa Anda Terapkan

No Responses to “Daftar Menu Diet Sehat Sarapan, Makan Siang, Malam”

Leave a Reply