Menu Makanan Anak 1 Tahun

Menu Makanan Anak 1 Tahun – Pemilihan menu makanan anak 1 tahun merupakan hal yang sangat krusial. Dengan menu makanan yang tepat, proses pertumbuhan si kecil akan berjalan bisa berjalan dengan lebih optimal. Sebaliknya, jika menu makanan yang diterima oleh si kecil kurang tepat, maka proses pertumbuhan si kecil mungkin tidak akan bisa berjalan dengan optimal.

Menu Makanan Anak 1 Tahun via Youtube

Menu Makanan Anak 1 Tahun via Youtube

Menurut dr. Sri S. Nasar, SpA, pemberian makan merupakan hal wajib yang harus dilakukan orang tua untuk menjamin kelangsungan hidup, proses tumbuh kembang dan kualitas hidup anak, terutama yang berusia di bawah tiga tahun.

Saat si kecil telah menginjak usia 1 tahun, menu makanan hariannya pada dasarnya sudah bisa disamakan dengan orang dewasa. Hanya saja, tekstur dan rasanya harus lebih disesuaikan.

Agar si kecil bisa lebih mudah untuk menelan bahan makanan yang bunda siapkan, menu makanan anak 1 tahun yang bunda siapkan harus dicincang atau bahkan disaring kasar. Selain itu, siapkanlah menu makanan yang memiliki cita rasa wajar dan tidak terlalu mencolok (jangan terlalu pedas, terlalu manis, atau malah tidak berasa sama sekali).

Susun dengan Memperhatikan Kurva Pertumbuhan

Saat memasuki usia 1 tahun, laju pertumbuhan fisik si kecil biasanya akan terkesan mengalami perlambatan. Hal ini ditengarai oleh pergerakannya yang semakin aktif. Tidak jarang, karena aktifitasnya yang “terlalu padat” untuk bermain, si kecil menjadi kehilangan selera makan.

Perkembangan terbesar yang dialami si kecil di rentang usia 1 sampai dengan 3 tahun biasanya berada pada kemampuan fisik, intelektual, dan sosial. Di usia ini si kecil akan belajar cara berjalan, mulai belajar aktif berbicara, dan mulai belajar berinteraksi dengan orang lain.

Nah, untuk mendukung proses perkembangannya tersebut, bunda disarankan untuk selalu menyiapkan menu makanan anak 1 tahun yang sesuai.

Menurut informasi yang kami sadur dari situs web Nutriclub, disebutkan bahwa saat si kecil berusia satu tahun, ada beberapa hal penting yang harus bunda perhatikan, yaitu:

  • Bunda harus menyediakan menu makanan yang kaya akan karbohidrat sebanyak 3 – 4 kali sehari. Biasanya, di usia 1 – 3 tahun, si kecil membutuhkan sekitar 45 sampai dengan 50 kalori per kg berat badannya. Penentuan jumlah kalori ini juga harus mempertimbangkan tingkat keaktifan si kecil ya Bun!
  • Untuk mendukung pertumbuhan si kecil, Bunda disarankan untuk menyediakan menu makanan anak usia 1 tahun yang mengandung sekitar 14,5 gr protein per hari. Jenis protein yang diberikan dapat dipilih dari jenis protein hewani dan nabati.
  • Untuk melengkapi kebutuhan serat dan vitaminnya, Bunda disarankan untuk memberi si kecil buah dan sayuran sebanyak 3 sampai dengan 4 kali sehari.
  • Agar proses pertumbuhan tulang dan gigi si kecil bisa berjalan dengan lebih optimal, Bunda dianjurkan untuk rutin memberi susu dan produk turunannya pada si kecil. Di usia 1 tahun si kecil biasanya masih menyusu. Walaupun begitu, jika si kecil turut mengonsumsi susu formula, kebutuhan hariannya adalah sekitar 400 sampai dengan 500 ml per hari.

Panduan menu makanan anak 1 tahun di atas bisa bunda gunakan sejak si kecil berusia 1 tahun hingga ia menginjak usia 3 tahun. Setelah si kecil berusia lebih dari tiga tahun, kebutuhan nutrisi tubuhnya akan kembali mengalami perubahan, sehingga menu makanannya pun harus kembali disesuaikan.

Menu Makanan Anak 1 Tahun yang Menyehatkan

Untuk memudahkan bunda dalam menyusun menu makanan yang cocok untuk si kecil, berikut kami lampirkan beberapa bahan makanan sehat yang bisa bunda pilih untuk dijadikan sebagai menu makanan si kecil:

Kentang

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, di usia satu tahun jenis makanan yang diberikan untuk si kecil pada dasarnya sudah bisa disamakan dengan makanan orang dewasa.

Nah, karena itu, untuk memenuhi kebutuhan karbohidratnya, bunda sejatinya sudah bisa memberi si kecil nasi tim.

Hanya saja, jika setiap hari terus – terusan diberi nasi tim, si kecil pasti akan mudah merasa bosan. Untuk itu, bunda harus berkreasi, termasuk salah satunya adalah dengan mengganti nasi tim dengan kentang.

Tempe dan Tahu

Bahan makanan ke dua yang juga cocok untuk dijadikan menu makanan anak 1 tahun adalah tempe dan tahu.

Tempe dan tahu memiliki kandungan serat dan protein yang cukup tinggi.

Dengan rutin mengonsumsi tempe dan tahu, si kecil akan mendapatkan asupan protein yang memadai. Hasilnya, proses pertumbuhan jaringan otot dan sarafnya akan bisa berjalan dengan lebih optimal.

Ikan Salmon

Bunda tentu ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas bukan?

Nah, untuk menunjang dan mengoptimalkan proses perkembangan jaringan saraf otaknya, bunda disarankan untuk memberi si kecil ikan salmon.

Selain kaya akan protein yang berguna untuk proses perkembangan jaringan massa otot, ikan salmon juga sangat kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menunjang proses perkembangan jaringan saraf otaknya.

Tidak hanya itu, karena memiliki rasa yang “khas”, ikan salmon juga cocok untuk dijadikan sebagai varian menu makanan sumber protein untuk si kecil. Dengan begitu si kecil tidak cepat merasa bosan.

Bayam

Bahan makanan selanjutnya yang juga bagus untuk dijadikan menu makanan anak 1 tahun adalah sayur bayam.

Sayur bayam memiliki kandungan nutrisi yang super lengkap. Dari menu makanan favorit Popeye ini, si kecil bisa mendapatkan beberapa jenis asupan nutrisi bermanfaat sekaligus, seperti: vitamin, serat, zat besi, dan anti oksidan.

Dalam prakteknya nanti, bunda dapat mengolah sayur bayam menjadi berbagai macam olahan makanan yang lezat dan menarik, seperti keripik bayam, tumis bayam, dll.

Pepaya

Untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin si kecil, bunda dapat memberi ia beberapa jenis buah – buahan, termasuk salah satunya adalah buah pepaya.

Bila dibandingkan dengan beberapa jenis buah yang lainnya, pepaya cenderung memiliki kandungan nutrisi yang paling lengkap. Dari buah ini, si kecil bisa mendapatkan asupan serat, vitamin A, vitamin C, air, dll.

Selain itu, karena tekstur buahnya yang lunak, buah pepaya juga dapat mempermudah si kecil dalam belajar mengunyah.

Agar – Agar

Menu makanan anak 1 tahun yang selanjutnya adalah agar – agar. Selain dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian si kecil, agar – agar juga dapat membantu merangsang nafsu makan mereka.

Karena teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis, agar – agar biasanya sangat disukai oleh anak – anak.

Satu hal yang harus bunda ingat, saat membuat agar – agar, usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak gula dan bahan pemanis.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya karies gigi pada si kecil.

****

Nah, itulah sedikit informasi mengenai menu makanan anak 1 tahun yang bisa kami bagikan untuk bunda. Akhir kata, semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: 20 Cara Menurunkan Panas Anak yang Cepat dan Ampuh

Leave a Reply