Oatmeal untuk Diet: Kandungan, Manfaat dan Resep Diet Sehat Sehari-hari

Oatmeal Untuk Diet – Oaetmeal termasuk dalam golongan biji-bijian yang rendah lemak serta kaya akan serat larut. Oatmeal juga sangat baik dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengkonsumsi oatmeal dapat memelihara kesehatan jantung karena mengandung fitonutrien yang disebut ligna. Serta berperan penting menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolestrol baik. Berbagai kandungan tersebut juga dapat menjadikan oatmeal sebagai makanan untuk diet karena dapat membantu membakar kadar lemak dalam darah.

Oatmeal untuk diet sangat baik karena rendah lemak dan memiliki kandungan serat larut pada oatmeal membantu proses penurunan berat badan dengan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Mengkonsumsi oatmeal dengan teratur juga dapat mengendalikan kadar gula dalam darah karena mengandung karbohidrat rendah glemik, jadi menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe-2. Selain itu protein, karbohidrat kompleks, dan zat besi pada oatmeal juga dapat mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit terutama kanker dan dapat mengurangi berat badan.

Menjadikan oatmeal untuk diet sangat tepat karena selain mendapat bentuk tubuh yang ideal, juga dapat menjaga kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung. Daripada menurunkan berat badan dengan cara instan seperti mengkonsumsi berbagai obat pelangsing justru penggunaan jangka panjang akan merusak berbagai organ penting dalam tubuh seperti ginjal, liver dan hati.

Oatmeal untuk diet

Oatmeal untuk diet

Bukankah tujuan utama diet adalah mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan untuk hidup sehat. Jadi gunakan pula cara sehat untuk menurunkan berat badan seperti mengkonsumsi oatmeal untuk diet. Sebelum kita membahas oatmeal untuk diet kita lihat dulu beberapa kandungan pada oatmeal

Beberapa Kandungan Pada Oatmeal

Oatmeal memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan memelihara berbagai kesehatan organ inti dalam tubuh. Beberapa kandungan oatmeal seperti:

  1. Serat larut : sreat pada oatmeal inilah yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta membantu mengontrol nafsu makan. Karena serat akan lebih lama dicerna jadi kita akan merasa kenyang lebih lama.
  2. Vitamin : oatmeal juga kaya akan vitamin yang dibutuhkan tubuh.
  3. Protein : protein pada oatmeal akan membantu perbaikan otot dan membantu membentuk tubuh serta membantu tubuh berkembang.
  4. Karbohidrat kompleks : karbohidrat pada oatmeal lebih sehat dan bergizi dan membantu menurunkan mengontrol kadar gula dalam darah.
  5. Zat besi : zat besi juga dapat membantu menguatkan tubuh agar tidak mudah lemas karena akibat dati program diet yang kita jalani
  6. Fitonutrien : kandungan inilah yang berperan penting menjaga kesehatan jantung kita
  7. Mineral : oatmeal juga kaya mineral yang baik bagi tubuh kita
  8. Antioksidan : antioksidan pada oatmeal dapat menjaga kesehatan tubuh dan menangkal berbagai radikal bebas.

Itulah berbagai kandungan pada oatmeal yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat mengkonsumsi oatmeal selain menurunkan berat badan.

Beberapa Manfaat Oatmeal 

Mengkonsumsi oatmeal secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan anda serta memiliki banyak manfaat lain seperti :

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan fitonutruen yang terdapat pada oatmeal yang berperan oenting menjaga kesehatan jantung. Jantung yang sehat akan mengurangi terjadinya penyakit jantung atau serangan jantung.

  1. Melancarkan metabolisme

Serat pada oatmeal akan membantu melancarkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak dapat maksimal

  1. Menstabilkan gula dalam darah

Oatmeal juga memiliki karbohidrat rendah glemik yang akan membatu menstabilkan gula dalam darah jadi kita akan terhindar dari resiko penyakit diabetes

  1. Mengontrol berat badan

Karbihidrat kompleks pada oatmeal juga dapat membantu kita selalu merasa kenyang jadi keinginan makan kita akan berkurang. Oatmeal juga rendah lemak dan kaya serat yang membantu mengontrol nafsu makan jadi berat badan anda akan terkontrol.

  1. Menurunkan kadar kolestrol jahat

Mengkonsumsi oatmeal secara rutin juga dapat menurunkan kolestrol jahat dan menaikkan kolestrol baik.

Beberapa Menu  Otmael untuk Diet

Selai mengkonsumsi oatmeal murni tanpa campuran bahan lain oatmeal untuk diet juga dapat ditambah beberapa makanan sehat lain untuk melengkapi menu diat anda agar nutrisinya seimbang. Berikut ini :

Sarapan

  • ½ cangkir oatmeal
  • ½ cangkir susu krim
  • 1 sendok makan kismis
  • 1 buah apel

Snack pagi

Pengganti snack di pagi hari yang kurang sehat anda dapat mengkonsumsi berbagai buah berikut:

  • ½ cangkir blueberry
  • 1 buah pisang
  • 1 buah apel
  • 1 buah jeruk

Saat sarapan oatmeal untuk diet tanpa nasi dengan mengkonsumsi beberapa menu diatas dan ditutup dengan buah pencuci mulut yaitu 1 buah apel dan jangan lupa air putih secukupnya.

Makan siang

  • ½ cangkir oatmeal
  • ½ cangkir yogurt murni
  • ½ mangkuk salad sayuran
  • 1 porsi dada ayam panggang

Snack siang

Mengganjal lapar saat menjelang makan malam biasanya sebagian orang akan mengemil gorengan atau cake hal itu harus anda ganti dengan makanan sehat berikut ini

  • Salad sayuran seperti ½ cangkir irisan wortel serta irisan paprika hijau dan selada secukupnya
  • 1 buah apel
  • 1 buah jeruk

Makan malam

  • ½ cangkir oatmeal
  • Salad sayur

Itulah beberapa menu diet yang akan membantu nada mendapatkan bentuk tubuh yang ideal serta jangan lupa minum air putih 8 gelas perhari.

Simak juga 9 Resep Teh Hijau Untuk Diet : Tips Cara Cepat Menurunkan Berat Badan yang Aman

Beberapa Langkah Melakukan Diet Menggunakan Oatmeal

Ada beberapa tahapan dan langkah yang dapat anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan dengan oatmeal untuk diet berikut ini :

Langkah pertama

Saat menjalankan program diet jangan pernah meninggalkan sarapan. Lakukan sarapan sebelum jam 9. Sarapan sangat penting untuk menunjang keberhasilan diet sepanjang hari anda. konsumsi makanan sehat berikut ini buat setengah cangkir oatmeal yang dicampur setengah cangkir susu krim hangat rendah lemak setelah itu beri taburan kayu manis bubuk dan kismis bubuk.

Langkah kedua

Langkah berikutnya yang dapat kita lakukan untuk menurunkan berat badan menggunakan oatmeal adalah makan siang tepat waktu pada pukul 13.00  dengan menu agak berat tanpa nasi seperti 1 porsi dada ayam panggang ditemani setengah mangkuk salad sayuran. ½  cangkir oatmeal yang dicampur ½  cangkir yoghurt. Menu berikut akan membantu menambah tenaga anda tanpa menaikkan berat badan untuk melakukan kegiatan anda.

Langkah ketiga

Saat anda akan makan malam konsumsi 1 gelas air putih dan 1 cangkir oatmeal agar makan malam anda porsinya lebih sedikit, karena perut anda sudah merasa kenyang. tetap konsumsi makan malam tanpa nasi dan rendah kalori seperti sayur dan buah

Langkah keempat

Langkah berikutnya  selama tujuh hari pertama program diet anda konsumsi kalori 900 sampai 1200 kalori perhari. Kemudian di minggu berikutnya selama 30 hari kedepan  tingkatkan asupan kalori anda sebanyak 1000 sampai 1300 perhari.

Langkah kelima

Setelah anda menyelesaikan program diet anda selama 30 hari tetap  jaga pola makan anda. Serta tetap tambahkan 2 cangkir oatmeal setiap hari untuk mempertahankan berat badan anda.

Beberapa langkah diatas akan meningkatkan keberhasilan program penurunan berat badan anda. teta imbangi konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari untuk menjaga cairan dalam tubuh anda. beberapa olahan oatmeal berikut ini juga dapat anda buat untuk diet dengan rasa yang enak dan sedap.

Resep Oatmeal Untuk Diet

Selain mengkonsumsi oatmeal dengan diseduh air hangat dan ditambahkan susu krim hangat arau yoghurt anda juga dapat mengolah oatmeal menjadi makan yang lezat dan bergizi namun tidak akan menaikkan berat badan anda. berikut ini :

Olahan pertama

Bahan-bahan

  • 2 sendok susu rendah lemak
  • 4 sendok makan oatmeal
  • 250 cc air
  • 1 sendok kayu manis bubuk
  • Keju parut secukupnya

Cara membuat

  • Pertama siapkan panci lalu masukkan air lalu masak air hingga mendidih
  • Setelah mendidih masukkan oatmeal sambil terus diaduk sampai mengental
  • Setelah mengental masukkan 2 sendok susu lemak masakan selam dua menit
  • Setelah itu angkat lalu masukkan kedalam mangkuk saji
  • Beri taburan kayu manis bubuk dan keju parut, olahan oatmeal siap disantap

Olahan kedua

Bahan-bahan

  • 4 sendok makan Quaker oatmeal
  • 200cc Susu cair rendah lemak
  • 2 sendok mentega atau butter
  • 3 sendok madu pengganti gula

Cara memasak

  • Didihkan 200 cc susu cair rendah lemak lalu angkat
  • Siapkan quaker oatmeal lalu masukkan kedalam mangkuk kemudian siram dengan susu cair panas
  • Lalu tambahkan mentaga aduk semua bahan hingga rata
  • Setelah iru beri taburan madu sebagai toping dan juga penambah rasa manis.
  • 1 mangkuk quaker oatmeal siap disajikan sebagai menu diet sehat dan lezat.

Itulah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Oatmeal untuk diet juga dapat menyehatkan tubuh anda. jangan lupa tetap imbangi dengan olah raga teratur sesuai kemampuan anda. Baca juga Cara Diet Ala Deddy Corbuzier untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Leave a Reply