14 Obat Ambeien Tradisional yang Ada di Sekitar Kita

Obat Ambeien Alami –  Ambeien atau wasir merupakan salah satu gangguan kesehatan saluran pencernaan yang cukup sering diidap oleh masyarakat kita saat ini, terutama mereka yang jarang mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung serta.

Penderita ambeien biasanya akan mengelaurkan darah ketika BAB. Tapi tidak semua BAB berdarah merupakan indikator seseorang menderita ambeien. Pada artikel sebelumnya sudah admin bagikan informasi mengenai penyebab BAB berdarah.

Kali ini CekSehat.com ingin berbagi apa saja obat ambeien alami yang bisa anda temukan disekitar kita tinggal. Namun ada baiknya kalau kita mengetahui apa penyebab ambeien yang perlu kita waspadai. Secara umum, penyebab ambeien yaitu akibat kebiasaan buang air besar yang tidak teratur (konstipasi atau diare), kurang olah raga, faktor nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (kembung berkepanjangan, ascitis, adanya massa intra-abdomen, atau kehamilan), genetik, tidak adanya katup di dalam pembuluh-pembuluh hemoroid, dan usia lanjut. Faktor lain yang diduga meningkatkan risikonya termasuk obesitas, duduk dalam jangka waktu lama, batuk kronik, dan gangguan fungsi dasar panggul.

Loading...

Ambeien sendiri memiliki 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Wasir internal adalah jenis yang timbul di atas garis dentata. Sedangkan wasir eksternal adalah jenis wasir yang timbul di bawah dentata atau garis pektinatus. Wasir ini terliputi di dekatnya oleh anoderma dan di sisi jauhnya oleh kulit, keduanya sensitif terhadap nyeri dan suhu.

Obat Ambeien Alami

Obat Ambeien Alami

Obat Ambeien Alami

Berikut ini beberapa obat ambeien alami yang ada di sekitar kita:

1. Obat Ambeien Alami dengan Jeruk Nipis

Obat ambeien alami yang pertama adalah jeruk nipis. Buah yang memiliki rasa sangat masam ini ternyata terbukti ampuh untuk mengobati penyakit amebeien. Caranya sediakan akar jeruk nipis 15-20 gram dan daun ungu segar 10-15 gram. Cara pembuatan dan pemakaian mengobati wasir secara alami. Kedua bahan dicuci bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Kemudian minum ½ gelas perhari.

2. Obat Ambeien Alami dengan Bayam

Bayam juga menjadi obat ambeien alami yang sangat ampuh. Caranya, ambil daun dan batang bayam duri segar secukupnya. Cuci bersih dan rebus sampai mendidih, kemudian angkat sayuran dari tempat perebusan. Uap yang keluar digunakan untuk menguapi wasir, sedangkan air rebusan yang masih hangat digunakan untuk merendam wasir.

3. Obat Ambeien Alami dengan Duan Keduduk

Daun keduduk atau daun duduk selama ini mungkin lebih dikenal sebagai obat untuk menghentikan pendarahan, nah ternyata juga ampuh digunakan sebagai obat ambeien alami. Caranya ambil 20 gram daun duduk segar, cuci bersih, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari.

4. Obat Ambeien Alami dengan Sosor Bebek

Daun sosor bebek juga bisa dimanfaatkan sebagai obat ambeien alami. Caranya yaitu sediakan 25 gram daun sosor bebek segar. Cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas hingga bersisa separuhnya. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai wasir sembuh.

5. Obat Ambeien Alami dengan Buah Makasar

Buah makasar bisa kita manfaatkan untuk mengobati ambeien. Adapun cara mengobati ambeien dengan buah makasar yatiu, sediakan 7 butir buah makasar. Giling sampai halus, lalu masukkan ke dalam kapsul. Minum sekaligus. Ambil kangkung secukupnya, cuci bersih dan bubuhi dengan garam secukupnya. Lumatkan sampai halus. Bubuhkan campuran tersebut pada bagian yang sakit.

6. Obat Ambeien Alami dengan Daun Iler

Daun iler juga berkahsiat untuk mengatasi ambeien, caranya yaitu sediakan 25 gram daun iler yang segar. Cuci sampai bersih lalu rebus dalam 2 gelas air mendidih, kira-kira selama 15 menit. Tambahkan 5 gram gula merah dan aduk rata. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus.

7. Obat Ambeien Alami dengan Pegagan

Di sekitar rumah anda terdapat daun pegagan? Nah, Daun pegagan juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan ambeien yang kita derita. Caranya ambil 50 gram pegagan segar berikut akarnya. Cuci bersih, rebus dalam 2 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai sembuh

8. Cara Mengobati Ambeien Dengan Air putih

Cara mengobati ambeien selanjtunya adalah dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh dan menetralisir racun. Dengan mengkonsumsi air putih dengan porsi yang sesuai maka rasa nyeri yang ditimbulkan akibat ambeien akan berkurang.

9. Cara Menyembuhkan Ambeien Dengan Olahraga

Cara mengobati ambeienyang tidak boleh anda lewatkan adalah dengan mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. Dengan berolahraga secara teratur, ambeien yang kita derita secara perlahan dapat berkurang.

10. Cara Mengobati Wasir Dengan Kulit manggis

Kulit manggis beberapa tahun belakangan ini sangat populer, dan ternyata juga berkhasiat untuk mengobati ambeien yang kita derita. Caranya adalahkeringkan kulit manggis, setelah itu rebus, lalu minum air rebusannya di pagi dan malam hari. Minuman obat ini akan meringankan penyakit ambeien yang Anda derita.

11. Cara Menyembuhkan Wasir Dengan Bunga Pagoda

Jika anda memiliki daun pagoda di sekitar rumah, maka itu bisa dimanfaatkan untuk herbal wasir. Caranya yaitu campurkan bunga pagoda dengan air dan madu secukupnya lalu rebus hingga mendidih. Setelah air bunga pagoda mendidih, dinginkan. Minum pada pagi dan malam hari.

12. Cara Mengobati Wasir dan Ambeien Dengan Daun pepaya

Siapa sangka ternyata daun pepaya bisa kita gunakan untuk mengobati ambeien yang sudah lama kita derita. Caranya cukup mudah yaitu rebus daun pepaya hingga mendidih. Minum airnya di pagi dan malam hari.

13. Cara Mengobati Ambeien Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya juga ampuh untuk mengobati wasir. Caranya berikut ini:

  • Ambil Lidah Buaya Lalu Di Potong Bagian Ujung dan Pangkalnya, Silakan Dicuci dan diparut
  • Silakan parutan lidah Buayanya Disaring lalu Di peras menggunakan Sendok Agar lendirnya Keluar
  • Tambahkan 2 Sendok Madu dan 70cc Air Putih Matang ( 1/3 Gelas )
  • Minum Ramuan Herbal Alami ini sekali Sehari

14. Cara Menyembuhkan Wasir Dengan Daun Sirsak

Selain untuk mengobati kanker, daun sirsak juga berkhasiat untuk mengobati ambeien, caranya adalah:

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak Yang sudah di bersihkan
  • Rebus Degan 3 gelas air dan masak sampai tersisa 2 gelas
  • Minum Ramuan ini Secara Teratur

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali cara mengobati ambeien bukan? Jadi tidak perlu khawatir, karena cara di atas itu alami, maka efek sampingnya sangat kecil bahkan nyaris tidak ada, dengan syarat tidak berlebihan tentunya.

Cara Mencegah Ambeien

Sekilas, ada beberapa tindakan yang bisa kita lakukan untuk mencegah terkena ambeien, yaitu hindari mengejan ketika buang air besar, menghindari konstipasi dan diare dengan mengonsumsi makanan serat tinggi dan meminum banyak cairan atau meminum suplemen serat, dan cukup berolahraga. Disarankan juga untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk mencoba buang air besar, menghindari membaca ketika di toilet, juga menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan dan menghindari mengangkat beban berat.

Itulah beberapa obat ambeien alami yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat dan bisa menyembuhkan ambeien anda atau orang yang kita cintai, jadi jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang liannya. Baca juga 11 Ramuan Herbal Sakit Pinggang yang Terbukti Ampuh

loading...

Leave a Reply