Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Medis

Obat Gusi Bengkak – Gusi anda sedang bengkak dan nyeri? Gusi bengkak dan nyeri tentu membuat kita menjadi tidak nyaman, baik itu makan, berbicara bahkan beraktivitas sehari-hari. Gusi bengkak dapat mengakibatkan sakit kepala dan konsentrasi buyar, sehingga sulit bagi kita untuk bekerja.

Kira-kira apa obat gusi bengkak yang ampuh? Sebenarnya ada banyak obat gusi sakit yang bisa kita dapatkan di puskesmas atau apotek, juga ada banyak herbal alami yang bisa kita racik sendiri untuk mengatasi gusi bengkak dan nyeri sendiri.

Sebelum kita bahas apa saja obat gusi bengkak yang bisa ktia ramu sendiri, ada baiknya kalau kita ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab gusi bengkak yang sebenarnya. Ceksehat merangkum ada beberapa penyebab gusi bengkak dari berbagai sumber, berikut ini diantaranya:

Penyebab gusi bengkak

Penyebab gusi bengkak yang harus anda ketahui:

1. Kebersihan Mulut

Penyebab gusi bengkak yang pertama adalah karena faktor kebersihan rongga mulut kita. Rongga m ulut kita rentan menjadi sarang perkembangan bakteri, apalagi kalau kita biarkan sisa makanan di dalam mulut tanpa dibersihkan. Selain dapat menjadi penyebab gigi berlubang, kebersihan rongga mulut yang kurang terjaga juga dapat mengakibatkan gusi membengkak.

2. Radang Gusi

Penyebab gusi bengkak selanjutnya adalah karena terjadinya iritasi atau peradangan yang diakibatkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi, atau minimal berkumur setelah makan. Ditambah lagi dengan banyaknya plak (lapisan pada gigi yang tersusun dari bakteri) yang melapisi gigi lama kelamaan akan menusuk-nusuk gusi karena berubah menjadi karang gigi yang sulit dibersihkan.
 
Apabila tidak segera diobati dapat merontokkan gigi yang menempel pada gusi yang mengalami peradangan tersebut.

3.  Kawat Gigi atau Behel

Tahukah anda, pemakaian kawat gigi ternyata juga dapat mengakibatkan gusi membengkak. Hal ini bisa terjadi apabila pemasangan kurang proporsional, kawat gigi dengan sangat rapat dengan gusi maka akan memberikan tekanan yang membuat gusi bengkak dan bahkan bisa menyebabkan iritasi.

4. Alk*hol

Meminum alk*hol juga dapat menjadi penyebab sakit gusi yang kita alami. Mungkin bukan alk*hol pada minuman keras, bisa jadi pada obat-obatan yang mengandung alkohol semacam obat kumur, sangat tidak sarankan untuk dipakai terlalu sreing. Berikut ini beberapa alasan kenapa anda tidak dianjurkan untuk menggunakan produk tersebut:

  • Menyebabkan iritasi pada jaringan gusi
  • Mengganggu pola makan sehingga risiko mengalami kekurangan gizi pun semakin tinggi. Sebelumnya sudah dijelaskan kalau kekurangan gizi (termasuk vitamin) bisa mengembangkan permasalahan gusi.
  • Mengancam gigi dan gusi mengalami kerusakan permanen akibat pecandu alkohol biasanya mengabaikan gejala awal penyakit gusi yang timbul.

5.  Makanan yang Tidak Sehat

 Penyebab gusi bengkak selanjutnya adalah karena terlalu sering dan dalam jumlah banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan dengan kadar gula yang tinggi.

6.  Kekurangan Vitamin C dan Nutrisi Penting Lain

Vitamin C sangat penting untuk tubuh kita, teramasuk untuk gusi kita. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Jika tubuh kita kekurangan vitamin C maka dapat mengakibatkan imunitas melemah, anemia atau kurang darah disertai lemas karena tubuh kekurangan asupan zat besi yang seharusnya bisa diserap dengan baik oleh tubuh yang dibantu dengan vitamin C, sariawan, dan gusi bengkak.

Nah, selain vitmain C, gusi bengkak juga dapat diakibatkan oleh kekurnagna asam folat. Asam folat sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan sintesis protein, mendorong proses produksi sel darah merah, menjaga fungsi sel normal, dan mencegah penyakit pada gusi seperti gingivitis.

7. Masa Kehamilan

Saat wanita sedang hamil, tubuh mereka sangat rentan, karena mengalami kekurangan kandungan gizi tubuh sebab harus dibagi dengan janin yang sedang dikandungnya. Ibu hamil juga sangat rentan terkena gusi bengkak.

8. Serangan Bakteri Akibat Plak Gigi

Penyebab gusi bengkak yang terakhir adalah karena adanya serangan bakteri sebagia akibat plak pada gigi. Plak gigi yang mendeposit bakteri, lendir, dan sisa-sisa makanan juga ikut serta dalam meningkatkan risiko gusi mengalami pembengkakan. Apabila tidak dibersihkan segera, maka presentase terkena masalah kesehatan mulut pun semakin besar. Hal ini bertambah buruk seiring perkembangan abnormal jamur candida di dalam mulut.

`Obat gusi bengkak

Obat gusi bengkak

Obat Gusi Bengkak Alami

Berikut ini beberapa obat gusi bengkak yang bisa anda ramu sendiri di rumah:

1  Menggunakan Garam

Obat gusi bengkak yang pertama adalah dengan menggunakan garam. Gunakan satu sendok teh garam dan mencampurnya dengan air hangat. Aduk hingga rata dan setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi bengkak sembuh dalam waktu yang cepat.

2. Gambir

Selain garam, anda juga bisa menggunakan gambir untuk mengobati gusi bengkak. Caranya sediakan  Gambir (3 potong), empu kunyit (1/2 jari), dan air matang (2 gelas).
Cara pengolahan: Kedua bahan (gambir dan empu kunyit) dibersihkan, kemudian iris tipis-tipis. Rebus ke dalam panci yang telah berisi 2 gelas air sampai mendidin dan tersisa 1 gelas saja. Gunakan air rebusan untuk berkumur (setelah hangat). Pengobatan dilakukan 3 – 4 kali dalam sehari.

3. Minyak Cengkeh

Obat gusi bengkak selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang bengkak akan kembali normal.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa menjadi obat gusi bengkak yang ampuh untuk anda.Caranya sangat mudah sekali, pertama silahkan peras jeruk nipis tersebut. Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Akan lebih baik jika Anda menggunakan ramuan ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat Anda bangun pagi.

5. Menggunakan Madu

Siapa sih yang tidak kenal dengan manfaat madu? Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah untuk mengobati gusi bengkak. Caranya sangat muah sekali, anda cukup mengoleskan minimal 3 kali dalam sehari dan setelah itu Anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.

6. Asam Jawa (Untuk Menghilangkan Karang Gigi Penyebab Gusi Bengkak)

Obat gusi bengkak selanjutnya adalah asam jawa (khusus untuk mengobati gusi bengkak akibat karang atau plak pada gigi). Carnaya yaitu, pertama sediakan biji asam jawa (secukupnya). Kemudian sangrai bahan selama beberapa menit, kemudian tumbuk hingga hancur dan halus. Gosok pada gigi yang dilapisi karang dengan kain atau sikat gigi.

7. Bawang Merah

Bawang merah selain digunakan untuk bahan masak, juga bisa kita gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Caranya mudah sekali, silahkantumbuk hingga halus bawang merah secukupnya, lalu oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam. 

8.  Mengunakan Lemon dan Air Hangat

Selain jeruk nipis, lemon juga dapat kita gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Caranya silahkan ambil ¼ lemon, lalu peras airnya lalu campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari maka gusi anda akan cepat sembuh dari pembengkakan. Takaran di atas bersifat perbandingan.

9. Banyak Minum Air Putih

Cara yang sukup ampuh untuk mengoabti gusi bengkak adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih harian anda. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan mengonsumsi air putih dengan banyak.

10. Mengurangi stress

Anda sering stress? Nah coba kurangi atau hindari stress, carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran anda. Dengan menghindari stress kesehatan mulut akan menjadi lebih baik.

11. Pijatan Gusi

Anda juga bisa mengobati gusi dengan melakukan sedikit pijatan pada gusi. Caranyagunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang. Bersihkan tangan terlebih dahulu.

12. Modifikasi diet

Ubahlah pola diet anda.Gantikan makana yang tidak sehat dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Tambahkanlah buah-buahan pada menu diet.

13. Mengobati Gusi Bengkak dengan Hidrogen peroksida atau baking soda

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida ataua yang lebih dikenal masyarakat kita dengan nama baking soda. Caranya yaitu dengan mencampurkan air dan juga hidrogen peroksida atau baking soda. Anda bisa terbantu dengan obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Anda bisa berkumur beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.

14. Bayam Duri

Obat gusi bengkak selanjutnya adalah bayam duri, silahkan siapkan tanaman bayam duri dengan jumlah secukupnya. Lalu bakar tanaman bayam duri menggunakan alas dari genteng dan setelahnya ditumbuk hingga halus. Gunakan ramuan herbal ini seperti salep, yaitu dioleskan pada bagian gusi yang sakit.

15. Kulit Andong

Obat gusi bengkak berikutnya adalah kulit andong. Silahkan sediakan garam dapur secukupnya serta kulit dari tanaman andong. Cucilah kulit andong sampai benar-benar bersih sampai kotoran yang tertempel benar-benar hilang, anda bisa mengunyah kulit andong dan berilah garam dapur secukupnya lalu masukkan pada gusi yang sedang sakit.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Berikut ini beberapa tips pengobatan gusi bengkak yang bisa anda lakukan:
  • Menggunakan obat kumur yang dibuat sendiri dari larutan garam pada air hangat guna membersihkan gigi, gusi, dan rongga mulut dari bakteri.
  • Membasahi rongga mulut dengan cara minum banyak air, tujuan utama untuk membantu merangsang produksi air liur yang membunuh bakteri penyebab gusi bengkak.
  • Menggosok gigi dengan cara yang benar agar tidak mengiritasi gusi.
  • Hindari penggunaan obat kumur dengan zat yang dapat memperparah gusi bengkak. 
  • Berhenti menghisap rokok karena tembakau dapat memperburuk kondisi ini, jangan pula minum alkohol saat gusi masih bengkak.
  • Melakukan pemijatan perlahan pada gusi merupakan alternatif termudah.
  • Terakhir, kompres dengan kain yang telah dicelupkan pada air hangat pada bagian luar (pipi) gusi bengkak untuk meredakan rasa sakit pada gusi.

Obat penghilang rasa sakit

Gusi bengkak menimbulkan rasa nyeri dan sakit, berikut ini beberapa obat penghilang rasa sakit yang bisa anda dapatkan:

  • Pertama Anda bisa minum obat untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit yang terjadi akibat gusi bengkak, yaitu analgesik yang dapat dengan mudah Anda temukan, contohnyaL ibuprofen, metampiron (antalgin), dan asam mefenamat.
  • Antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi gusi dapat Anda minum sesuai anjuran dokter.
  • Obat anti radang untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada gusi bengkak dan area lain dalam mulut. Sebelum mengonsumsi obat ini sebelumnya Anda sudah menyesuaikan dengan petunjuk dokter.

Cara Mencegah Gusi Bengkak (Lagi)

Berikut ini beberapa cara mencegah gsi bengkak yang bisa anda lakukan:

  1. Sehabis makan, menjelang tidur, dan bangun tidur rajin-rajinlah menggosok gigi atau flossing.
  2. Setiap enam bulan sekali setidaknya berkunjung ke dokter gigi untuk membersihkan kotoran pada gigi yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi (plak dan karang gigi).
  3. Apabila mulut Anda sering kering, tanya pada dokter tentang obat kumur dan pasta gigi yang tidak membahayakan kondisi ini.
  4. Makan buah atau minum suplemen yang kaya vitamin C, kalsium, dan asam folat untuk mencegah gusi bengkak.
Demikianlah informasi seputar obat gusi bengkak yang bisa kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat dan jangan lupaj uga untuk membagikan informasi ini kepada yang lainnya agar semakin bermanfaat lagi. Baca juga Obat sakit gigi berlubang

Leave a Reply