19 Obat Alami Penyakit Ginjal yang Terbukti Ampuh

Obat Herbal Ginjal – Sebagaimana yang kita ketahui, ginjal merupakan salah satu organ vital yang berperan sangat penting bagi metabolisme tubuh kita. Meskipun ginjal merupakan salah satu organ vital yang harus dijaga kesehatannya, tidak sedikit juga yang mengabaikan kesehatan ginjal.

Bahkan cenderung acuh terhadap kesehatan ginjalnya sendiri. Mereka akan sadar betapa pentingnya fungsi ginjal setelah ginjalnya mengalami gangguan. Berikut ini beberapa fungsi dari organ ginjal yang sangat luar biasa bagi tubuh kita, yaitu:

 Fungi Ginjal

  • Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  • Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.

Bagaimana? Sangat urgen sekali bukan? Bagaimana jadinya jika ginjal yang merupakan organ berbentuk menyerupai  kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia ini mengalami gangguan, pastilah metabolisme tubuh kita menjadi terganggu.

Nah kira-kira apa saja penyebab gagal ginjal? Pada ulasan seblumnya sudah kami paparkan, silahkan baca pada: 18 Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronis yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini beberapa cara mencegah terjadinya gagal ginjal kronis yang harus anda lakukan:

  • Menerapkan polamakan sehat.
  • Menghindari merokok dan minuman keras.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Mewaspadai dan menangani dengan benar penyakit diabetes.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mencegah gagal ginjal kronik, silahkan simak pada ulasan: 19 Gejala Gagal Ginjal dan Cara Mencegahnya

Nah, sekarang ini, kita akan kupas seputar obat herbal ginjal. Penyakit ginjal ini bisa diobati dengan menggunakan ramuan herbal dari tanaman yang ada di sekitar kita. Herbal-herbal tersebut padahal sudah digunakan turun temurun sejak dahulu untuk mengobati penyakit gainjal, dan terbukti ampuh.

Entah kenapa saat ini tidak lagi banyak orang yang mau menggnuakan obat herbal ginjal tersebut. Orang-orang lebih suka mengkonsumsi zat-zat kimia yang justru bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lainnya, dalam artian bahwa obat-obatan kimia tersebut mengandung efek samping.

Beberapa obat herbal ginjal yang sudah digunakan sejak dahulu seperti kumis kucing, daun sendok, meniran hijau dan lain sebagainya. Tanaman-tanaman tersebut sudah terbukti mampu mengobati penyakit ginjal secara alami. Proses penyembuhan dengan menggunakan herbal alami ini memang membutuhkan proses yang relatif lebih lama, namun biasanya lebih ampuh dan permanen.

Tanaman-tanaman ini lebih ampuh untuk meluruhkan batu ginjal yang biasnaya tumbuh di sepanjang saluran kemih lain seperti ureter, kandung kemih, dan uretra. Batu ginjal yang berukuran cukup kecil kebanyakan bisa dibuang lewat urine dan gejalanya kemungkinan dapat diobati di rumah.

Obat Herbal Ginjal

Ilustrasi: Obat Herbal Ginjal (Kumis Kucing)

Obat Herbal Ginjal yang Ada di Sekitar Kita

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak tanaman herbal di sekitar kita yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pada ginja. Berikut ini beberapa obat herbal ginjal yang bisa anda buat sendiri di rumah:

1. Obat Herbal Ginjal Kumis kucing

Tanaman yang sudah sangat terkenal dapat mengobati penyakit ginjal adalah kumis kucing. Tanaman yang berukuran mini, dengan bunga putih menyerupai kumis kucing ini bermanfaat untuk meluruhkan batu ginjal sampai tuntas, terutama kalau kita mengkonsumsi air rebusannya secara teratur.

Taman dengan nama Latin Orthosiphon stamineus ini ternyata juga mampu merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine secara berlebihan serta mengekskresi natrium dan ion lainnya keluar dari tubuh bersama urin. Nah, kira-kira bagaimana cara mengobati batu ginjal secara alami?

Pertama silahkan sediakan 30 gr daun Meniran segar + 30 gr daun Kumis Kucing segar, 1 gelas air mendidih. Kemudian cuci bersih kedua tanaman tadi setelah itu seduh kedua bahan tadi. Biarkan sampai dingin, saring dan minum. Lakukan selama 5 hari berturut-turut.

Selain dengan cara menyeduhnya. Anda juga bisa merebus bunga kumis kucing secukupnya ditambah dengan air. Berikut ini caranya:

  • Pertama silahkan sediakan daun kumis kucing secukupnya kemudian cuci bersih.
  • Ambil 3 gelas air, kemudian rebus hingga menjadi setengahnya.
  • Minum air rebusan kumis kucing tersebut 2 atau 3 kali sehari.
  • Meminumnya masing masing adalah setengah gelas. Minum ramuan tersebut saat pagi hari, siang hari dan juga malam hari sebelum tidur. Malam hari sebelum tidur sangat efektif untuk membantu memulihkan keadaan ginjal seperti sedia kala.

2. Obat Herbal Ginjal Daun Sukun

Obat herbal ginjal yang kedua adalah daun sukun. Daun sukun merupakan salah satu tanaman herbal penyakit ginjal yang cukup ampuh untuk meluruhkan batu ginjal. Penderita gagal ginjal tidak harus cuci darah. Dengan mengkonsumsi herbal daun sukun ginjal anda bisa berfungsi normal seperti sedia kala.

Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid, tanin, serta asam hidrosianat; bahkan riboflavin dan aseticolin juga akan membantu pemulihan kondisi ginjal. Selain ginjal, penyakit kardiovaskuler serta penyakit diabetes mampu diatasi juga dengan daun sukun ini. Sangat luaar biasa sekali bukan manfaat daun sukun ini?

Hampir sama dengan tanaman kumis kucing, anda bisa menyeduh atau merebus daun sukun untuk diambil airnya. Berikut ini step-step untuk membuat obat herbal ginjal dari daun sukun:

  • Pertama ambil sekitar 5 lembar daun sukun, kemudian cuci bersih.
  • Setelah itu, rebus daun sukun tersebut dengan 4 gelas iar. Tunggu hingga air menjadi setengah gelas saja.
  • Sambil merebus, hancurkan daun sukun tersebut di dalam air rebusan.
  • Setelah tinggal setengah gelas biarkan dingin kemudian saringlah air rebus itu agar yang tersisa hanyalah air rebusannya.
  • Sebaiknya penderita gagal ginjal minum air rebusan daun suku ini sebanyak dua kali dalam sehari. Mengkonsumsi minuman itu saat pagi dan sore hari.

Cararan penting:

Jangan sampai mengkonsumsi rebusan daun sukun ini sebelum makan karena air rebusan daun sukun ini bisa mengikis lambung yang ada di dalam organ pencernaan. Efeknya jika dikonsumsi sebelum makan akan menyebabkan perut menjadi perih dan panas.

3. Obat Herbal Ginjal Daun Binahong

Selain kedua tanaman di atas, anda juga bisa menggunakan tanaman binahong untuk mengobati sakit ginjal secara alami. Daun binahong terbukti ampuh untuk meluruhkan batu ginjal dalam waktu relatif cepat. TAnaman yang tumbuh merambat ini dimanfaatkan bagian daunnya untuk dijadikan sebagai jamu untuk meluruhkan batu ginjal.

Kira-kira bagaimana caranya? Berikut ini panduannya:

  • Pertama, ambil sekitar 10-15 gram daun binahong yang masih segar dengan air 1 gelas saja.
  • Rebus hingga mendidih, setelah mendidih biarkan agak dingin dahulu, bisa minum 2 atau 3 kali dalam sehari.

Selain cara di atas, anda juga bisa membuat ramuan daun binahong yang lainnya, ikuti step-stepnya beirkut ini:

  • Seduhlah 1,5 gram daun binahong kering dengan menggunakan air mendidih 1 gelas.
  • Untuk proses pengeringan daunnya sendiri, Anda bisa memanfaatkan oven yang suhunya mencapai 50 derajat Celsius dan biarkan sampai tersisa air 10 persennya.
  • Mengonsumsi air rebusan atau seduhan daun binahong sehari 3 kali sebelum makan akan membawa dampak positif.

Kira-kira cara mana yang mau anda lakukan? Teserah pada anda saja. Kira-kira cara mana yang menurut anda mudah.

4. Obat Herbal Ginjal Mahkota Dewa

Tanaman herbal untuk mengobati sakit ginjal selanjutnya adalah tanaman mahkota dewa. Biasanya tanaman ini selalu ada di Toga yang dibuat oleh ibuibu PKK. Karena memang, tanaman mahkota dewa memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa.

Ada banyak penyakit yang bisa diobati dengan meramu tanaman yang satu ini. Bukan hanya untuk kesehatan saja, tetapi juga untuk berbagai keperluan untuk kecantikan. Hal ini dikaarenakan kandungan mahkota dewa berupa saponin, alkaloid, polifenol, serta flavonoid dan lainnya.

Secara khusus keempat senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit ginjal yang kita alami. Untuk senyawa alkaloid sendiri berperan untuk membantu proses detoksifikasi di mana racun-racun bakal terminimalisir. Polifenol berfungsi sebagai zat anti alergi dan flavonoid memiliki peran sebagai antioksidan. Sementara siponin sendiri bersifat anti-bakteri yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini cara meramu tanaman mahkota dewa untuk dijadikan sebagai obat herbal ginjal:

  • Pertama sediakan 2 s/d 3 buah mahkota dewa masak
  • Kemudia iris tipis, ambil bagian dagingnya saja.
  • Rebus air sebanyak 3 gelas didalam panci kemudian masukkan irisan buah mahkota dewa kedalam rebusan air.
  • Rebus air sampai mendidih sehingga tersisa 2 gelas atau lebih baik tersisa 1 gelas
  • Setelah selesai air rebusan buah mahkota dewa masukkan kedalam gelas tunggu hingga menjadi dingin.
  • Kemudian diminum 2x sehari, satu kali minum 1 gelas rebusan air mahkota dewa.

Dengan mengonsumsi mahkota dewa, gagal ginjal dapat dicegah dan kondisi pun akan dapat dibuat membaik. Bila gagal ginjal disertai dengan penyakit hepatitis B dan juga ada komplikasi penyakit hati atau liver, mahkota dewa bisa jadi solusinya. Mengonsumsi madu mahkota dewa, teh racik mahkota dewa, yang juga diimbangi dengan teh racik temulawak serta teh racik akar alang-alang.

5. Obat Herbal Ginjal Daun Keji Beling

Daun keji beling mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Padahal tanaman yang satu ini sangat berkhasiat untuk meluruhkan batu ginjal yang kita alami. Daun keji beling sendiri mengandung vitamin B2, B1 serta vitamin C-nya; tak lupa juga adanya asam silat, fosfor, ferum, natrium, serta zat kalsium.

Wah sangat banyak sekali kandungan daun keji beling bukan? Kira-kira bagaimana cara membuat ramuan herbal daun keji beling? Caranya yaitu:

  • Sediakan 5 daun keji beling, cuci bersih
  • Rebus dengan 4 gelas air
  • Biarkan air berkurang hingga tersisa sekitar 2 gelas saja.
  • Biarkan beberapa saat, sampai hangat.
  • Minum ramuan ini pagi dan sore sebanyak 1 gelas.
  • Dengan mengkonsumsi tanaman ramuan herbal ini, maka volume darah pada ginjal akan ditingkatkan oleh kandungan natriumnya, sedangkan asam silatnya mampu mengikat air pada ginjal.

6. Obat Herbal Ginjal Bawang Putih, Jeruk Nipis dan Bawang Bombay

Anda juga bisa mengkombinasikan 3 bahan alami berupa bawang putih, jeruk nipis dan bawang bombai untuk mengobati gagal ginjal sampai tuntas. Kir-kira bagiamana caranya? Silahkan ikuti step by stepnya berikut ini:

  • Pertama silahkan sediakan 3 buah jeruk nipis, bawang bombay 2 siung saja, lalu bawang putih tunggal 11 siung.
  • Cuci bersih, kemudian blenderlah semua bahan jadi satu
  • Kemudian, konsumsilah ramuan ini sebelum makan 3×1 sendok makan setiap harinya akan memberikan hasil terbaik bagi ginjal Anda.

7. Obat Herbal Ginjal Rambut Jagung, Alang-alang, dan Kumis Kucing

Selain dengan 3 ramuan herbal di atas, anda juga bisa membuat ramuan dari 3 herbal yaitu rambut jagung, alang-alang dan kumis kucing. Bagaimana caranya? Berikut ini panduan untuk membuatnya:

  • Pertamasediakan 1 genggam padat rambut jagung, lalu juga 11-15 lembar daun kumis kucing dan akar alang-alang yang dibutuhkan sekitar 3 jengkal.
  • Cuci bersih ketiga bahan tersebut.
  • Setelah itu, tambahkan 600 ml air putih, lalu rebus hingga tersisa sekitar 300 ml saja.
  • Setelah tersisa setengahnya, angkat dan tunggu hingga tidak panas lagi kemudian minumlah ramuan tersebut sekali konsumsi dianjurkan 100 ml dan Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan minum sehari 3 kali.

8. Obat Herbal Ginjal Daun Sirsak

Daun sirsak selain terbukti dapat mengobati kanker ternyata juga dapat mengobati sakit ginjal. Dengan mengkonsumsi ramuan daun sirsak, gagal ginjal yang anda alami bisa diobati secara perlahan tapi pasti. Kira-kira bagiamana cara membuat ramuannya? Silahkan ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama silahkan sediakan daun sirsak 3 – 5 lembar kemudian cuci bersih. Rebus air hingga mendidih dengan daun sirsak tersebut.
  • Biarkan hingga hangat, kemudian saring rebusan tersebut.
  • Mengonsumsinya 2-3 kali setiap hari sampai akhirnya ginjal Anda pulih.

9. Obat Herbal Ginjal Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat, salah satu manfaat minyak zaitun yang tidak bisa diabaikan adalah untuk mengatasi gagal ginjal. Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mengatasi berbagai penyakit.

Kira-kira bagaimana kerja minyak zaitun untuk membantu pengobatan penyakit ginjal. 1 sendok makan minyak zaitun adalah takaran yang pas di mana dengan takaran tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai kandungan terbaik untuk tubuh, seperti lemak tak jenuh tunggal, asam lemak anti-inflamasi serta asam oleat yang akan memberikan perlindungan tubuh dari oksidasi. Peradangan dan segala yang membuat ginjal tak sehat akan dicegah dengan baik oleh kandungan polifenol di dalam minyak ini. Selain memperbaiki ginjal, risiko penyakit jantung dan kanker juga dapat dikurangi.

10. Obat Herbal Ginjal Daun sendok

Daun sendok juga berkhasiat untuk mengatasi gagal ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa terpenoid di dalam daun mangkok bermanfaat untuk menghambat pembentukan dan memengaruhi ukuran kristal kalsium oksalat. Kristal ini biasa ditemukan sebagai bahan dasar batu ginjal.

Senyawa terpenoid berkhasiat untuk menghambat pembentuan kristal di dalam ginjal sehingga massa dai batu ginjal itu bisa bertambah. Senyawa tersebut juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran batu ginjal yang ada di dalam ginjal manusia. Berikut ini panduan membuatnya:

  • Pertama silahkan ambil sekitar 7 lembar daun sendok, kemudian bersihkan.
  • Setelah bersih, blender atau tumbuk daun sendok tersebut.
  • Setelah halus, peras dan saring hasil tumbukan atau blenderan daun sendi tersebut.
  • Setelah itu, anda bisa menambahkan madu sebanyak 1 sdm.
  • Minum sari daun sendok itu secara teratur tiga kali dalam sehari agar massa batu ginjal segera mengecil.

11. Obat Herbal Ginjal Meniran hijau atau dukung anak

Air ekstrak tanaman meniran hijau bermanfaat melarutkan kristal batu ginjal hingga 56,8%( dalam tabung penelitian (in vitro)). Air ekstrak ini juga mampu menghambat agregasi atau pembentukan kristal kalsium oksalat ginjal sebesar 53,09%.

Bahannya :

  • 30 gr Meniran segar (daun, batang dan akarnya)
  • 60 gr akar alang-alang segar
  • 30 gr Pegagan segar
  • 800 cc air

Cara membuatnya yaitu, pertama silahkan cuci bersih bahan tersebut, kemudian rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

12. Obat Herbal Ginjal Rumput Upas

Rumput upas juga bermanfaat untuk mengobati gagal ginjal secara alami. Nama rumput ini mungkin tidak terlalu familiar di telinga kita, padahal tanaman ini bermanfaat untuk mengurangi enzim pensitensis oksalat, enzim yang membuat batu di ginjal semakin besar.

Luar biasanya lagi, rumput ini juga berkhasiat untuk meringankan gejala penyakit saluran kemih. Saluran kemih yang di dalamnya ada batu ginjal bisa diringankan gejalanya menggunakan rumut ini. Cara mengobati batu ginjal menggunakan rumput upas sangat mudah sekali yaitu dengan merebusnya. Berikut ini adalah cara mengobati batu ginjal menggunakan rumput upas:

  • Pertama sediakan 10 gram rumput upas
  • Ambil juga 4 gelas, kemudian rebus rumput upas tersebut hingga medidih.
  • Biarkan beberapa menit hingga tersisa setengahnya.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

13. Obat Herbal Ginjal Mentimun

Mentimun yang biasnaya dijadikan sebagai lalapan ini ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi gagal ginjal. Mentimun bermanfaat untuk mempercepat proses pelarutan batu. Tanaman ini juga diduga bisa mengurangi pembentukan batu bila digunakan sebagai pengobatan pencegahan.

Adapun cara kerja mentimun untuk mengobati batu ginjal adalah kandungan mineral dan vitamin pada mentimun bisa membuat batu ginjal larut dan hancur dengan cepat. Mengkonsumsi mentimun ini tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah, hal itu dikarenakan efek samping dari mengkonsumsi mentimun ini adalah membuat tekanan darah menjadi rendah.

14. Obat Herbal Ginjal Daun Alpukat

Kalau selama ini alpukat yang dimanfaatkan adalah buahnya, nah, kini yang kita manfaatkan adalah bagian daunnya. Daun alpukat berkhasiat untuk  mengobati sakit ginjal seperti radang ginjal dan juga batu ginjal. Cara mengobati sakit ginjal menggunakan daun alpukat ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Pertama ambil sekitar 1o lbr daun alpukat kemudian cuci bersih.
  • Rebus daun alpukat tersebut ke dalam 4 glas air, tunggu hingga mendidih
  • Biarkan sampai tinggal setengahnya.
  • Minum air rebusan itu dua kali dalam sehari pagi dan juga malam hari.

15. Obat Herbal Ginjal Lobak

Lobak? Iya, ternyata sayuran yang satu ini juga bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal. Sayuran yang mirip dengan wortel ini mengandung antioksidan, mineral dan vitamin bermanfaat untuk mengobati sakit ginjal seperti peradangan ginjal. Berikut ini adalah cara mengobati sakit ginjal menggunakan lobak :

  • Pertama sediakan 200 gram lobak, kemudian cui bersih kemudian kupas.
  • Haluskan lobak tersebut, tambahkah 1 gelas air ke dalamnya. Blender selama 3 menit.
  • Minum jus lobak itu secara teratur tiga kali dalam sehari agar ginjal bisa berfungsi seperti sedia kala atau setidaknya ginjal kembali sehat tanpa terganggu oleh apapun.

16. Obat Herbal Ginjal Daun Sambiloto

Obat alami ginjal selanjutnya adalah daun sambiloto. Tidak hanya bermanfaat untuk meringankan sakit ginjal, daun smabiloto ini juga berkhasiat untuk asam urat dan kolesterol tinggi. Kandungan senyawa antioksidan yang tinggi di dalam daun sambiloto juga dapat meringankan sakit ginjal seperti infeksi ginjal. Berikut ini adalah cara mengobati sakit ginjal menggunakan daun sambiloto :

  • Pertama, cuci bersih 7 lembar daun sambiloto
  • Kemudian rebus daun tersebut dalam empat gelas air ke dalam panci.
  • Rebus sampai mendidih. Biarkan air rebusannya menyusut menjadi setengahnya.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari pagi dan juga malam hari.

16. Obat Herbal Ginjal Acai Berry

mengkonsumsi buah berry ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh serta menjaga kesehatan ginjal. Buah acai berry kaya akan antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas itu bisa membuat sakit ginjal bertambah parah.

Peran antioksidan ini sebagai pelindung ginjal dari hal hal yang bisa membuatnya rusak. Untuk pengobatan ginjal, penderita ginjal harus mengkonsumsi 100 gram acai berry setiap harinya, sedangkan untuk menjaga kesehatan ginjal cukup setangahnya saja yaitu 50 gram per hari.

17. Obat Herbal Ginjal Guarana

Selanjutnya, tanaman guarana juga bermanfaat untuk mengobati sakit ginjal. Tanaman yang ada di pedalaman hutan Amazon ini memiliki kandungan senyawa aktif yang ada di dalam buah guarana akan meringankan gejala gagal ginjal pada penderita ginjal. Penderita gagal ginjal juga akan lebih memiliki energi yang cukup. Jika tidak mengkonsumsi obat herbal yang bisa membangkitkan energi, orang yang terkena gagal ginjal sering terlihat lesu dan mudah capek. Silahkan makan buah guarana untuk mengobati sakit ginjal yang anda alami.

18. Obat Herbal Ginjal Akasia

Tanaman akasia ternyata juga merupakan herbal untuk mengobati sakit ginjal yang cukup ampuh. Serat akasia bermanfaat untuk untuk memperbaiki organ manusia yang mengalami kerusakan, serat akasia juga dipercaya bisa digunakan untuk menormalkan pencernaan yang terganggu.

Bagaimana kira-kira caranya? Ternyata tidak terlalu sulit. Silahkan rebus serat akasia yang telah dikeringkan. Rebus serat akasia itu menggunakan empat gelas air dan sisakan menjadi setengahnya. Setelah itu minum air rebusan itu dua kali dalam sehari.

19. Obat Herbal Ginjal Plum Hitam

Buah plum hitam memang termasuk buah-buahan kelas atas dan tergolong mahal. Buah yang di import dari luar ini hanya ada di mall-mall besar. Buah plum hitam mengandung asam oksalat, asam malat, tannin dan juga zat besi yang tinggi. Semua kandungan pada plum hitam dipercaya bisa memperbaiki fungsi ginjal yang terganggu dan mengembalikan fungsinya dengan baik. Untuk bisa memperbaiki fungsi ginjal, konsumsilah plum hitam tiga buah dalam sehari.

Demikianlah ulasan seputar tanaman obat herbal ginjal dari kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar semakin banyak orang yang terbantu. Baca juga 9 Obat Herbal Jantung yang Ampuh

Leave a Reply