27 Obat Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah yang Ada di Sekitar Kita

Obat Kolesterol – Kolesterol saat ini merupakan penyakit yang sedang naik daun. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pilihan kuliner dengan rasa yang sangat menggoda yang terbuat dari bahan berkolesterol. Sehingga saat ini kolesterol menjangkiti masyarakat tanpa memandang usia.

Pilihan makanan tersebut justru banyak diminati kaum muda- mudi sehingga kaum muda juga banyak yang menderita penyakit kolesterol tinggi. Namun sebenarnya apakah kolesterol tersebut?

Kolesterol merupakan lemak atau moleskut lipik atau sejenisnya. Jadi makanan yang berkolesterol adalah makanan yang menagndung banyak lemak seperti jeroan, daging tinggi lemak, susu betrlemak tinggi, seafood, minyak trans serta masih banyak lagi jenis yang lainnya.

Loading...

Dengan banyaknya makanan yang mengandung lemak yang masuk ke tubuh dan sulit dicerna sehingga lemak tersebut menumpuk di dalam tubuh khususnya pada membran sel di dalam plasma darah sehingga mengakibatkan naiknya kadar kolesterol jahat atau disebut penyakit kolesterol tinggi.

Makanan berlemak tinggi tersebut akan semakin menumpuk ketika tubuh malas bergerak atau jarang berolahraga sehingga pembakaran lemak tidak optimal. Selain itu berbagai gaya hidup buruk yang lain seperti merokok, minuman beralkohol serta masih banyak lagi yang lainnya turut mengambil andil dalam naiknya kolesterol jahat.

Obat kolesterol tinggi

Obat kolesterol tinggi

Sebenarnya kolesterol juga merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memperoleh energi namun kolesterol atau lemak yang dibutuhkan adalah kolesterol baik yang didapat dari bahan alami seperti buah dan sayur serta minyak tak jenuh.

Artikel terkait: Daftar Buah Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi

Penyakit kolesterol tinggi memiliki banyak sekali resiko komplikasi sehingga penyakit ini sangat berbahaya. Dibutuhkan penanganan khusus untuk mengobati penyakit tersebut. Obat kolesterol sebenarnya sangat mudah kita jumpai disekitar kita.

Jika anda ingin mengetahui obat kolesterol yang mudah maka sebaiknya anda melihat beberapa daftar obat kolesterol yang akan saya bahas kali ini.

Obat kolesterol

Naiknya kadar kolesterol sebenarnya sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berbagai komplikasi bisa saja terjadi jika kolesterol semakin tinggi. Sebaiknya segera lakukan penurunan kadar kolesterol jahat dengan beberapa obat kolesterol berikut ini:

1. Bawang putih

Obat kolesterol alam yang pertama adalah bawang putih. Bawang putih memang sudah sejak dulu digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya salah satunya kolesterol tinggi. Berbagai kandungan pada bawang putih dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan jumlah kolesterol jahat.

Selainb itu bawang putih juga dapat mencegah dan mengaobati pembekuan darah. Bawang putih juga masuk ke dalam daftar makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengobati berbagai infeksi jamur dan virus.

Anda bisa mengkonsumsi beberapa siung bawang putih mentah secara langsung atau mengolahnya bersama masakan sehari-hari.

2. Bawang merah dan madu

Bawang merah masih kerabat dekat bawang putih maka khasiatnya juga hampir sama meski tidak sebanyak bawang putih. Bawang merah juga bisa menjadi salah satu obat kolesterol dengan kandungan flavonoidnya akan melindungi tubuh serta menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Selain kandungan flevonoid yang merupakan antioksidan tinggi , bawang merah juga kaya quercetin yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. penambahan madu juga merupakan kombinasi yang tepat sebab madu juga tidak kalah manfaatnya bagi kesehatan salah satunya bisa menurunkan kolesterol jahat.

3. Jus jeruk

Jus jeruk memang sangat baik bagi kesehatan karena berbagai kandungan pentingya dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya dapat menjadi obat kolesterol yang baik.

Berbagai kandungan tersebut merupakan nutrisi pelindung tubuh yang baik seperti flavonoid, vitamin C, folat, serta fitosterol yang mengandung lemak baik sekitar 12%. Anda bisa bisa mengkonsumsi jus jeruk tanpa gula tambahan setiap pagi, siang dan malam. Jika ingin menambahkan rasa manis sebaiknya tambahkan sedikit madu.

4. Oatmeal

Salah satu cara terbaik menurunkan kadar kolesterol jahat adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat salah satunya adalah oatmeal. Kandungan serat pada oatmeal dapat membantu mencerna lemak dan membuangnya melalui kotoran.

Selain itu sarapan setiap pagi menggunakan oatmeal juga akan memelihara kesehatn jantung serta meningkatkan energi dan mencegah obesitas.

5. Rebusan air ketumbar

Ketumbar biasa digunakan sebagai rempah masakan yang bertujuan untuk menambah rasa sedap pada masakan dan menghilangkan rasa amis pada masakan tersebut, namun ternyata bukan hanya itu manfaat dari rempah tersebut, ketumbar juga memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga secara otomatis akan membantu menekan kadar kolesterol jahat. Selain itu ketumbar juga dapat penyerapan gula secara maksimal sehingga akan mencegah penyakit diabetes.

Caranya

  • Rebus 2 sendok ketumbar dengan 1 gelas air
  • Tunggu hingga air mendidih kemudian angkat
  • Setelah dingin saring dan minum setiap pagi dan sare masing-masing 1 gelas
  • Minum ramuan ini hingga kolesterol kembali normal

Simak juga: Pantangan Penyakit Kolesterol yang Wajib Anda Hindari Sejak Saat ini!

6. Konsumsi virgin coconut oil

Minyak ini sebenarnya lebih dikenal dengan minyak kelapa asli. Minyak ini bisa anda gunakan untuk memasak. Minyak ini sangat baik mengandung lemak tak jenuh yang bisa menggantikan penggunaan minyak kelapa sawit.

Selain itu minyak ini tinggi asam larut sehingga dapat dipercaya meningkatkan kolesterol baik dan menekan jumlah kolesterol jahat di dalam darah. Selain digunakan untuk memasak anda bisa menambahkan minyak ini ke dalam salad atau berbagai olahan masakan lain.

7. Minum minyak ikan salmon

Minyak ikan salmon merupakan salah satu suplemen yang bisa anda dapatkan di apotek terdekat yang juga berperan dalam penurunan kadar kolesterol jahat. Selain itu ber bagai manfaat lain juga bisa anda rasakan dengan mengkonsumsi minyak ikan salmon.

Seperti dapat memelihara kesehatan jantung, diabetes serta mengurangi resiko gangguan ingatan seperti demensia. Minyak ikan salmon ini memiliki banyak kandungan salah satunya kadar omega 3 nya dapat mencegah penyakit diabetes, serta dapat menurunkan resiko kegemukan.

8. Minum cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung kadar asam cuka yang cukup tinggi sehingga sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu cuka sari apel juga bisa mengobati berbagai penyakit lain.

Namun karena kadar asamnya cukup tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi penderita maag secara berlebihan. Kandungan asam tersebut dapat semakin melukai lambung. selain itu cuka sari apel juga memiliki banyak kandungan lain.

Seperti kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan tinggi yang dapat memerangi trigliserida dan kolesterol dalam darah.

Anda bisa mengkonsumsi 1 gelas air hangat yang yang diberi campuran 1 sendok teh cuka sari apel setiap hari hingga kolesterol benar-benar turun. Jika anda kurang menyukai rasanya tambahkan sedikit madu atau jus jeruk

9. Teh hitam

Teh hitam menjadi salah satu jenis teh yang bisa menjadi obat kolesterol tinggi. Tapi harus dikonsumsi tanpa gula tambahan agar penurunan kolesterol bisa maksimal. Bahkan sebuah penelitian membuktikan teh hitam mampu mencegah penyakit kanker serta jantung koroner.

Mengkonsumsi 5 cangkir teh hitam tanpa gula dalam satu minggu akan membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Dari pada yang tidak. Namun pola makan juga harus diperhatikan meski anda sudah mengkonsumsi teh hitam agar pengobatan bisa maksimal.

10. Makan buah gooseberry

Mengkonsumsi buah gooseberry juga menjadi salah satu obat kolesterol yang cukup ampuh. Bahkan di berbagai negara tetangga buah ini sangat terkenal seperti di eropa, asia tenggara dan afrika barat.

Kandungan corilagin sangat penting dalam mencegah penumpukan kolesterol dan plak di dalam arteri sehingga buah ini sangat ampuh mengobati kolesterol. Selain itu buah gooseberry memiliki kandungan kalium dan serat yang dapat meningkatkan sirkulasi darah serta mencegah obesitas dan meningkatkan proses pencernaan.

Anda bisa mengkonsumsi buah gooseberry secara langsung atau bisa juga mengkonsumsi ekstrak gooseberry dalam bentuk bubuk kemudian diseduh seperti minum susu atau teh namun tetap tanpa tambahan gula.

11. Minum coklat bubuk hitam

Coklat bubuk hitam biasa digunakan untuk bahan tambahan pembuatan kue atau bisa juga disedu dan dijadikan minuman. Namun ternyatamcoklat bubuk hitam juga memiliki manfaat yang sangat penting salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Bubuk coklat hitam memiliki kandungan flevonoid yang berperan penting dalam memerangi kolesterol dan gula dalam darah. Sebuah studi juga membuktikan mengkonsumsi coklat bubuk hitam bisa meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 24%.

Minumlah secangkir coklat bubuk hitam setiap pagi tanpa tambahan susu dan gula.

12. Minyak zaitun

Siapa yang tidak mengenal khasiat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan minyak zaitun telah digunakan sejak zaman peradaban islam untuk berbagai keperluan. Minyak zaitun memiliki berbagai kandungan penting seperti asam lemak trans monoenoic.

Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Minyak alami ini akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. selain itu mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur akan membantu mengurangi penumpukan lemak sehingga berat badan akan menjadi ideal.

Anda bisa menggunakan minyak ini sebagai pengganti minyak kelapa sawit atau mentega untuk mengolah berbagai masakan serta dapat anda jadikan tambahan pembuatan salad.

13. Konsumsi ekstrak artichoke

Sayuran ini mungkin masih terdengar asing di indonesia namun daun ini memiliki manfaat yang cukup penting yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Banyak sekali kandungan yang berhubungan dengan penurunan kadar kolesterol.

Artikel terkait: Daftar Sayuran Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi!

Seperti kandungan cynarin pada daun ini dapat meningkatkan jumlah cairan empedu di dalam hati. Dengan begitu pengeluaran pengeluaran kolesterol dari dalam tubuh akan maksimal serta dapat mencegah penumpukan kolesterol dalam arteri sehingga kadar kolesterol dapat turun dengan maksimal.

Anda bisa membeli ekstrak daun tersebut lalu dijadikan taburan dalam setiap masakan agar kolesterol dapat turun dengan cepat.

14. Konsumsi kacang-kacangan sehat

Berbagai jenis kacang yang mengandung serat tinggi serta strerol dapat mengoptimalkan proses pencernaan dalam mengeluarkan kolesterol atau lemak dari dalam tubuh. Sehingga penurunan kadar kolesterol dalam darah juga bisa berjalan lancar.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah kacang almond, kacang kenari, pecan, pistachio dan kacang pinto. Namun jangan  mengkonsumsi kacang tersebut yang diolah dengan cara digoreng.

Simak juga: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Konsumsilah beberapa jenis kacang tersebut sebanyak segenggam perhari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik secara alami.

15. Makan sup sayur bayam

Bayam tinggi akan serat, zat besi, serta lutein yang berguna untuk menyehatkan tubuh dan mengobati berbagai penyakit seperti meningkatkan energi tubuh, mendorong produksi sel darah merah dalam tubuh, mencegah penyakit degenerasi makula, serta manfaat utama yang cukup penting adalah dapat menyerap plak dan kolesterol yang menumpuk dalam arteri.

Selain itu kandungan lutein pada bayam dapat menurunkan kolesterol dan mencegah gangguan pada jantung. Anda bisa mengolah sayur bayam menjadi sup bersama dengan bahan alami lain seperti wortel dan tomat.

Namun bagi anda penderita asam urat sebaiknya menghindari sayur ini agar penyakit anda tidak semakin parah. Serta jangan lupa untuk memilih bayam organik yang bebas pestisida.

16. Minyak kedelai dan minyak jagung

Minyak jagung dan minyak kedelai mengandung pitisterol yang cukup tinggi yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Anda bisa menggunakan minyak tersebut untuk campuran sayuran ketika memasak atau bisa menambahkannya dalam salad agar penurunan kolesterol dapat berjalan maksimal.

17. Gunakan margarin tanpa lemak trans

Kebiasaan orang indonesia ketika memasak adalah menggunakan minyak trans ketika memasak. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab utama naiknya kadar kolesterol dalam adalah. Untuk itu sebaiknya ganti penggunaan lemak trans ketika memasak dengan menggunakan lemak tak jenuh.

Dengan penggunaan minyak tak jenuh maka secara otomatis kandungan lemak jahat akan berkurang secara drastis. Salah satu hal yang patut dihindari adalah penggunaan margarin yang berlemak tinggi dengan margarin tanpa lemak trans.

Artikel terkait lainnya: 31 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

18. Alpukat

Kolesterol sebenarnya juga sangat dibutuhkan oleh tubuh namun konsumsi kolesterol jahatlah yang wajib dihindari. Namun pemenuhan kolesterol baik bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi berbagai bahan alami  salah satunya alpukat.

Alpukat kaya akan lemak sehat sehingga akan membantu menekan kadar lemak jahat di dalam tubuh. Alpukat memang buah yang kaya akan lemak nabati, kalori dan lemak tinggi yang alami  sehingga aman dikonsumsi setiap hari namun juga jangan terlalu berlebihan dan konsumsi alpukat tanpa gula dan susu tambahan.

19. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang kaya manfaat salah satunya dapat melindungi kesehatan jantung serta dapat melindungi dinding kolesterol dari penumpukan kolesterol jahat. Kandungan kurkumin pada kunyit juga akan melindungi kesehatan tubuh serta dapat mengatasi berbagai masalah pada darah.

Anda bisa mengkonsumsi sari dari kunyit yang dibuat menjadi jamu atau bisa juga menjadikan kunyit sebagai campuran saat memasak.

20. Konsumsi teh hijau setiap hari

Selain teh hitam yang dapat menurunakan kadar kolesterol jahat, teh hijau juga dapat membantu anda meningkatkan kadar koleterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat. Bahkan teh ini memiliki kandungan epigallocathingallate yang lebih tinggi dari pada teh hitam

Kandungan tersebut merupakan antioksidan tinggi yang dapat melawan berbagai penayakit serta melawan kolesterol dalam darah segingga kolesterol jahat dapat turun secara drastis. Selain itu kandungan tersebut dapat mencegah kanker secara alami.

Konsumsi teh hijau setiap pagi dan malam tanpa gula tambahan. Pastikan juga anda mengkonsumsi teh ini setelah makan karena kafein di dalamnya dapat menyebabkan gangguan lambung.

21. Beras merah

Nasi putih sebenarnya memiliki kandungan yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas serta kolesterol. Sebaiknya untuk menghindari dan mengobati berbagai penyakit tersebut ganti penggunaan nasi putih dengan beras merah yang kaya akan serat, vitamin B, nutrisi, mineral, karbohidrat kompleks, serta berbagai vitamin.

Semua nutrisi tersebut dapat membuat tubuh menjadi sehat dan mencegah berbagai penyakit salah satunya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. serta dapat menyehatkan jantung dan mencegah obesitas.

22. Konsumsi ragi beras merah

Ada sejenis suplemen yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah yaitu ragi beras merah. Kandungan monakolins pada ragi beras dapat menghambat sintesis kolesterol sehingga kadar kolesterol dalam darah dapat menurun secara drastis.

Ragi beras merah ini bisa didapat dari hasil fermentasi beras merah yang dijadikan pil suplemen yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bahkan obat ini telah sejak lama digunakan oleh masyarakat cina untuk menurunkan kolesterol dan mengobati penyakit jantung.

23. Konsumsi sayur terong

Terong merupakan sayur yang mengandung asam khlorogenik yang berfungsi mengikat kolesterol jahat dan menigkatkan kadar kolesterol baik. selain itu kandungan serta tinggi pada terong juga dapat menmabu melarutkan koleterol atau lemak dari dalam tubuh.

Namun bagi ada penderita sakit maag serta asam urat dilarang mengkonsumsi sayur terong secara berlebihan agar tidak memperburuk penyakit yang anda alami.

24. Olahraga secara teratur

Selain karena mengkonsumsi berbagai makanan kaya lemak atau kolesterol kebiasaan berdiam diri terlalu lama akan menghambat pembakaran lemak sehingga membuat lemak menumpuk di dalam tubuh dan darah, akibatnya berbagai penyakit akan menumpuk di dalam tubuh salah satunya obesitas dan kolesterol tinggi.

Untuk itu sebaiknya lakukan olahraga secara teratur untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol jahat. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang berhubungan dengan olahraga kardio seperti lari.

25. Daun salam

Daun salam juga bisa menjadi obat diabetes yang cukup efektif. Berbagai kandungan pada daun salam dapat membantu menekan kadar kolesterol jahat. Bahkan cara ini sudah dilakukan sejak dulu untuk mengobati kolesterol.

Caranya

  • Rebus 5 lembar daun salam dengan 2 gelas air bersih
  • Tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas
  • Setelah air dingin minum setiap pagi dan malam hingga kolesterol benar-benar turun

26. Perbanyak sayuran hijau

Obat kolesterol juga bisa anda dapatkan dari berbagai sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi penting. Nutrisi tersebut akan membuat tubuh menjadi sehat dan membantu melarutkan lemak atau kolesterol dari dalam tubuh dan darah.

Namun hindari mengolah sayur dengan cara ditumis menggunakan minyak kelapa sawit, namun lakukan pengolahan sayur hijau ini  dengan cara direbus atau dijadikan salad mentah saja.

27. Buah naga

Buah naga adalah buah yang kaya antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat di dalam darah. Oleh sebab itu buah naga juga direkomendasikan sebagai salah satu obat kolesterol yang cukup efektif.

Anda bisa mengkosnusmi buah naga secara langsung atau juga bisa dijadikan jus buah naga tanpa gula tambahan agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Loading...

Itulah beberapa obat kolesterol yang cukup efektif menurunkan kolesterol. Semoga artikel tersebut dapat membantu anda yang tengah mengalami gangguan kolesterol tinggi. Selamat mencoba, semoga berhasil. Simak juga: Daftar Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

loading...

Leave a Reply