28 Obat Mata Bengkak dan Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui

Obat Mata Bengkak – Setelah selesai menangis biasanya mata akan terlihat bengkak. Meski tidak terasa sakit tapi kita akan malu ke luar rumah dengan kondisi seperti itu. Lalu bagaimana Jika kondisi darurat memaksa kita keluar rumah seperti sekolah dan bekerja. Tidak mungkin kita harus meminta izin terus menerus bukan ?

Selain karena habis menangis, mata bengkak juga bisa disebabkan beberapa hal berikut ini, kemasukan debu, alergi, terserang virus dan bakteri, terkena pukulan dan masih banyak penyebab lain. Mata bengkak ada yang menyebabkan rasa sakit ada juga yang tidak menyebabkan rasa sakit. Mata bengkak bisa terjadi karena jaringan ikat disekitar mata mengalami peradangan dan kelebihan cairan.

Tidak semua mata bengkak sesederhana itu, mata bengkak juga dapat terjadi karena tubuh memberikan sinyal terhadap penyakit tertentu seperti gangguan ginjal, selulitis orbital, penyakit graves dan herpes okular.

Loading...
Obat Mata Bengkak

Ilustrasi: Obat Mata Bengkak

Penyebab Mata Bengkak

Lalu apa solusi masalah mata bengkak yang tepat? Sebaiknya segera lakukan penanganan dengan memberikan obat mata bengkak. Sebelum kita melihat beberapa obat mata bengkak yang baik, sebaiknya kita lihat dulu beberapa penyebab mata bengkak berikut ini:

  1. Menangis

Menangis dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan mata bengkak. Hal itu terjadi karena kelenjar mata disekitar kelopak mata terjadi retensi cairan.

  1. Kurang tidur

Istirahat  sangat diperlukan oleh tubuh,  sekitar 6 sampai 8 jam per hari. Jika kebutuhan tidur terganggu mata akan menjadi bengkak karena kelelahan.

  1. Dipukul

Dipukul di area sekitar mata juga dapat menjadi penyebab mata bengkak karena kelopak mata akan mengalami peradangan dan cidera sehingga pembengkakan juga akan terjadi.

  1. Sakit mata

Mata bengkak juga dapat terjadi karena sakit mata. Sakit mata akan menyebabkan kelebihan air pada kelopak mata yang  menyebabkan mata bengkak, berair, perih dan gatal.

  1. Flu dan sinusitis

Peradangan pada rongga hidung akan menyebabkan gejala seperti pilek. Hal itu biasa terjadi pada penderita sinusitis. Selain itu penderita sinusitis juga akan mengalami peradangan pada wajah dan terjadi retensi cairan yang menyebabkan mata bengkak

  1. Kelebihan garam

Mengkonsumsi makan yang terlalu asin setiap hari akan menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh. Cairan tersebut juga menumpuk pada kelopak mata  yang menjadikan mata menjadi bengkak.

  1. Kemasukan debu

Kemasukan debu juga bisa menyebabkan peradangan dan menjadikan mata bengkak.

  1. Mengkonsumsi narkoba, rokok, dan alk*hol

Mengkonsumsi beberapa hal tersebut dapat menumpuk penyakit di dalam tubuh serta dapat menjadikan mata bengkak.

  1. Gigitan serangga

Gigitan serangga pada kelopak mata  juga dapat menjadi salah satu penyebab mata bengkak

  1. Penyakit tertentu

Penyakit tertentu seperti gangguan ginjal dapat memberikan tanda alami berupa mata bengkak.

  1. Polusi

Polusi yang berada disekita kita juga dapat menyebabkan iritasi dan mengakibatkan  mata bengkak

Obat Mata Bengkak

Beberapa penyebab mata bengkak tersebut ada yang menyebabkan peradangan yang membuat mata terasa sakit ada juga yang tidak menimbulkan rasa sakit. Meski begitu mata bengkak harus disembuhkan dengan obat mata bengkak yang ampuh seperti beberapa obat mata bengkak berikut ini:

  1. Dikompres

Mengkompres mata menggunakan air hangat atau es batu dapat mengurangi dan menyembuhkan mata bengkak. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan sederhana tapi memberikan dampak penyembuhan yang cukup efektif. Mengompres mata juga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

  1. Mentimun

Mentimun juga dapat menjadi obat mata bengkak karena mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi yang dapat menenangkan kulit serta dapat menghidrasi kulit yang dapat mengobati mata bengkak.

Cara menggunakan mentimun sebagai obat mata merah juga sangat muda, pertama iris tipis mentimun lalu letakkan irisan tersebut pada kelopak mata  yang bengkak, biarkan selama 20 menit kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

  1. Kentang

Obat mata bengkak selanjutnya adalah kentang. Kentang juga merupakan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab mata bengkak. Kentang juga memberikan efek dingin yang dapat mengurangi peradangan.

Memilih kentang sebagai obat mata bengkak adalah pilihan yang tepat. Anda juga dapat mengiris tipis kentang  lalu letakkan pada mata yang membengkak seperti cara menggunakan mentimun. Atau anda juga dapat mengompres mata menggunakan kentang yang dihaluskan dan di masukkan ke dalam kain tipis lalu ditempelkan pada kelopak mata selama 15 menit.

  1. Menggunakan kantong teh witch hazel

Mengompres mata menggunakan kantong teh witch hazel yang sudah di seduh saat masih dalam keadaan  hangat, dapat menyembuhkan mata bengkak. Hal itu disebabkan karena teh tersebut bersifat anti inflamasi yang sangat ampuh menyembuhkan pembengkakan. Lakukan cara tersebut 3 kali sehari agar mata anda sembuh kembali.

  1. Kunyit

Kunyit bersifat anti bakteri dan anti inflamasi yang sangat baik dijadikan obat mata bengkak. Anti bakteri yang terkandung pada kunyit juga dapat membunuh bakteri jahat penyebab mata bengkak.

Kunyit juga dapat mengurangi rasa sakit dan panas akibat mata bengkak yang meradang karena  Kunyit dapat menenangkan kulit alami. Haluskan kunyit secukupnya lalu tempelkan pada kelopak mata yang bengkak secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Lidah buaya

Daging lidah buaya sangat ampuh mengobati mata bengkak. sifat anti inflamasi yang dimiliki lidah buaya sangat baik mengurangi pembengkakan. Gel lidah buaya juga dapat memberikan rasa adem pada kulit.

Gunakan daging lidah yang dihaluskan pada kelopak mata, dan biarkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara teratur setiap malam menjelang tidur.

  1. Menggunakan masker mata/ penutup mata

Gangguan pada tidur yang dapat menyebabkan mata bengkak dapat diobati dengan masker mata atau penutup mata khusus untuk tidur. Anda bisa mendapatkan masker mata di swalayan atau toko kosmetik.

Masker ini juga dapat mencegah terjadinya pembengkakan akibat iritasi dibagian pembuluh darah disekitar mata.

  1. Memakai teh kamomil

Teh kamomil dapat menenangkan fikiran dan kulit. Kulit yang tenang alan terhindar dari masalah seperti pembengkakan. Kandungannya yang bersifat anti inflamasi juga dapat mengobati dan mengurangi mata bengkak.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, ambil kantong teh kamomil yang sudah di seduh lalu masukkan ke dalam kulkas. Setelah 10 menit tempelkan kantong teh pada mata yang bengkak dan meminum tehnya untuk menenangkan pikiran dan kulit.

  1. Kantong teh hitam

Teh hitam mengandung tanin yang memiliki sifat anti inflamasi. Kandungan tersebutlah yang berperan penting mengobati mata bengkak. Menggunakan kantong teh hitam juga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Cara menggunakannya juga sama seperti menggunakan kantong teh kamomil yaitu mengompres mata dengan kantong yang diletakkan di dalam kulkas. Cara ini sebaiknya dilakukan 3 kali sehari agar dapat menyembuhkan mata secara maksimal.

  1. Biji ketumbar

biji ketumbar biasa dijadikan rempah untuk memasak, namun ternyata biji ketumbar juga dapat menjadi penenang alami dan menyembuhkan. Berbagai manfaat tersebut menjadikan biji ketumbar sangat baik menyembuhkan mata bengkak.

Cara membuat

  • ambil biji ketumbar secukupnya
  • masukan biji ketumbar kedalam kain
  • lalu rendam kain yang berisi biji ketubar selama 2 jam
  • setelah itu angakat biji ketumbar
  • dan ambil air rendamanya untuk membasuh mata bengkak
  • kemudian kompres mata menggunakan kain yang berisi biji ketumbar selama 30 menit
  1. Es batu

Es batu juga bisa menjadi obat mata bengkak yang cukup ampuh. Ambil 1 beberapa kotak es batu lalu masukkan ke dalam kain lalu kompres bagian mata yang bengkak menggunakan kain yang berisi es batu. Lakukan cara ini sesering mungkin akan mata anda cepat sembuh.

Cara ini juga dapat memberikan efek tenang pada kulit disekitar mata dan merelaksasi mata yang lelah akibat kurang tidur.

  1. Minum air putih

Minum air sesuai sesuai aturan yaitu 8 sampai 10 gelas perhari akan membatu melarutkan bakteri, kuman, dan virus penyebab mata bengkak melalui buang air kecil. Saat mata bengkak anda disebabkan gangguan ginjal juga dapat disembuhkan dengan cara mengatasi retensi air pada mata sehingga mata anda menjadi kempis.

Minum air putih sesuai aturan juga akan menghindari anda dari berbagai penyakit dan mencegah mata bengkak kambuh kembali.

Simak juga Cara Terapi Air Putih yang Benar, Rasakan Manfaatnya yang Sangat Luar Biasa

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk bisa menjadi penyebab mata menjadi bengkak. Hal itu terjadi karena mata mengalami kelelahan akibat kebiasaan begadang. Kurang tidur juga bisa membuat area di bawah mata menghitam.

Sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat dengan cara tidur sekitar 6 sampai 8 jam perhari untuk mencegah pembengkakan pada mata.

  1. Menghindari makanan asin

Garam memang sangat dibutuhkan tubuh namun jika anda mengkonsumsinya terlalu banyak justru akan menimbulkan  berbagai penyakit seperti obesitas, darah tinggi dan mata bengkak. Kandungan natrium pada garam akan menimbun cairan di dalam tubuh dan memperdalam retensi air pada kulit sekitar mata.

Hal tersebutlah yang menjadikan garam sebagai penyebab mata bengkak. Jadi mulai sekarang kurangi konsumsi garam untuk mencegah dan mengobati mata bengkak.

  1. Memakai krim anti radang

Jika berbagai cara di atas kurang ampuh mengobati mata bengkak sebaiknya gunakan krim khusus yang mengandung anti peradangan. Pembuluh darah akan mengecil saat anda menggunakan obat ini.

Anda dapat memilih krim untuk obat mata bengkak yang memiliki kandungan kafein tinggi karena kafein bermanfaat menurunkan resiko pembengkakan. Gunakan krim sesuai takaran agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Obat tetes

Obat tetes mata juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengobati mata yang bengkak. Tapi jangan gunakan obat tetes dalam waktu yang lama atau pemakaian jangka panjang akan merusak mata anda.

  1. Menghindari alkoh*l

Mengkonsumsi minuman beralk*hol dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat merusak tubuh dan mengakibatkan mata bengkak. Sebaiknya hindari minuman beralk*hol untuk menghindari dan mengobati mata bengkak.

Menjauhi minuman beralk*hol juga sangat baik bagi kesehatan tubuh, sebaiknya ganti minuman beralk*hol dengan air putih atau air kelapa muda untuk mencegah dehidrasi dan mengobati mata bengkak.

  1. Bawang putih

Bawang putih sangat ampuh mengobati berbagai macam penyakit seperti kolesterol, penyempitan pembuluh darah, dan darah tinggi. Ternyata tak hanya itu manfaat bawang putih, Tapi juga dapat menjadi obat mata bengkak.

Meski rasanya sedikit panas dan pedas, tapi khasiatnya sangat ampuh mengempiskan mata anda.  oleskan bawang putih pada kelopak mata yang bengkak dan biarkan selama 30 menit. Saat menggunakan bawang putih, mata anda akan mengeluarkan air mata. Hal itu sangat baik karena kuman dan bakteri akan ikut keluar bersama air mata.

  1. Mengatur posisi tidur

Posisi tidur yang baik dan selalu menggunakan bantal juga dapat mengobati mata bengkak. Menggunakan bantal saat tidur  dapat mengurangi cairan yang menyebabkan mata bengkak. Jadi biasakan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dengan cara tidur menggunakan bantal untuk mencegah dan mengobati mata bengkak.

  1. Memijat area mata

Lakukan pemijatan lembut di area sekitar mata akan mengurangi cairan yang menumpuk pada kelopak mata. Sehingga mata bengkak dapat mengempis dengan cepat. anda juga dapat  memijat area sekitar mata menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk memberikan efek menenangkan dan mencerahkan mata.

  1. Buka kontak lensa

untuk mendapatkan mata yang indah biasanya sebagian wanita menggunakan lensa kontak. Jika lensa kontak didapatkan dari dokter itu tergolong aman, tapi ke banyak orang membeli kontak lensa di toko kosmetik yang tidak terjamin keamanannya.

Menggunakan lensa kontak sembarang dapat menyebabkan mata bengkak. Sebaiknya buka lensa kontak anda untuk mengurangi dan mengobati pembengkakan.

  1. Menghindari pemakaian make up

Menggunakan make up di area sekitar mata dapat menyebabkan mata bengkak. Apalagi jika make up tersebut masuk ke mata itu akan menyebabkan iritasi pada mata. Sebaiknya hindari penggunaan make up pada area mata untuk mengobati dan mencegah mata teriritasi dan bengkak.

  1. Menghindari alergi

Alergi terhadap makan tertentu dapat menjadikan mata anda menjadi bengkak. Untuk mengobati mata bengkak yang satu ini anda harus menghindari penyebab alergi agar mata anda menjadi normal kembali.

  1. Membersihkan bulu mata

Mata bengkak juga dapat mengakibatkan keluar cairan terus menerus dan belekan. Bersihkan area mata anda secara rutin untuk mengobati mata bengkak. Gunakan kapas yang dicelupkan ke air hangat untuk membersihkan mata. Air hangat yang digunakan juga bisa mengurangi peradangan.

  1. Tidak menyentuh mata

Terlalu sering mengucek mata akan menyebabkan bakteri dan kuman yang ada pada tangan masuk ke mata dan menyebabkan iritasi. Iritasi pada mata jika tidak segera diobati akan menyebabkan mata bengkak. Jadi hindari menyentuh atau mengucek mata untuk menghindari dan mengobati mata bengkak.

  1. Hindari keluar rumah terlalu sering

Keadaan lingkungan yang tercemar debu dan polusi bisa masuk ke mata anda jika terlalu sering berada di luar rumah. Jadi hindari keluar rumah terlalu sering agar mata anda terhindar dari mata bengkak.

  1. Menggunakan pelindung mata

Saat anda naik kendaraan usahakan menggunakan pelindung mata seperti helm dan kaca mata untuk mencegah dan menghindari debu dan kotoran masuk ke mata anda. dengan begitu anda dapat terhindar dari mata bengkak.

  1. Konsultasi ke dokter

Jika berbagai cara di atas tidak bisa mengobati mata bengkak yang anda alami, sebaiknya konsultasi ke dokter bisa menjadi solusi yang baik. Ditakutkan  mata bengkak yang anda derita disebabkan tubuh anda terserang penyakit yang menyebabkan mata bengkak seperti ginjal dan herpes okular.

Loading...

Itulah 28 obat mata bengkak yang ampuh mengempiskan mata. Jangan lupa konsumsi air putih sesuai aturan untuk menghindari mata bengkak. Selamat mencoba, semoga berhasil. Baca juga 9 Cara Membuat Obat Diabetes Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Gula Darah

loading...

Leave a Reply