Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami yang Ampuh

Obat Mata Merah – Sakit mata merupakan penyakit ringan yang terjadi pada indera penglihatan. Meski tergolong penyakit ringan dan bukan penyakit kronis, namun penyakit ini dapat mengganggu aktivitas dan rasa percaya diri anda. Saat sakit mata mewabah daerah anda, sebaiknya hindari kontak langsung antar mata untuk menghindari penularan

Jika mata anda sudah terlanjur terserang penyakit tersebut hindari mengucek mata karena itu akan memperparah penyakit anda, kuman yang terdapat pada tangan juga dapat masuk ke mata. Justru akan memperparah dan memperlambat penyembuhan.

Saat anda mengalami sakit mata biasanya mata akan berubah merah, mata akan terasa gatal, bengkak, belekan, dan mata akan terasa perih. Sebaiknya anda segera mencari obat mata merah untuk menyembuhkan mata anda.

Loading...

Namun tahukah anda? Sebenarnya tidak semua sakit mata itu dapat menular. Semua itu tergantung dari jenis sakit mata. Sebelum kita melihat apa saja obat sakit mata yang baik, sebaiknya kita lihat dulu jenis dan penyebab sakit mata.

Obat mata merah alami

Obat mata merah alami

Jenis, Penyebab, dan Gejala Sakit Mata

Sebelum anda mengobati sakit mata sebaiknya cari tahu dulu apa jenis dan penyebab sakit mata untuk mendapatkan obat mata merah yang tepat, berikut beberapa jenis dan penyebab mata merah:

1. Viral conjunctivitis

Jenis sakit mata yang satu ini tergolong menular dan disebabkan oleh virus. Namun sakit mata yang satu ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Biasanya saat anda mengalami sakit mata jenis viral conjunctivitis , mata anda akan mengeluarkan cairan bening dan encer.

2. Sakit mata karena bakteri

Sakit mata yang disebabkan bakteri ini memerlukan penanganan yang cukup intensif karena penyakit ini cukup serius. Jika tidak segera ditangani akan semakin parah dan merusak mata. Sakit mata ini juga sama seperti penyakit mata yang disebabkan oleh virus yaitu sama-sama penyakit yang menular.

Hanya yang membedakan ada cairan yang dikeluarkan mata. Sakit mata yang disebabkan bakteri biasanya akan mengeluarkan belek.

3. Sakit mata karena alergi

Sakit mata yang satu ini tidak termasuk penyakit yang menular. Alergi pada mata disebabkan mata kemasukan debu atau bulu hewan peliharaan. Biasanya mata alergi akan ditunjukkan rasa gatal yang berlebih, namun jangan menguceknya yang dapat meperparah penyakit anda.

4. Sakit mata karena iritasi

Kelilipan bisa menjadi penyebab iritasi pada mata. Mata merah karena iritasi tidak menular dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Artikel terkait: 28 Obat Mata Bengkak dan Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui

Beberapa Obat Mata Merah

Berikut CekSehat bagikan obat mata merah yang bisa anda coba:

1. Dikompres

Mengompres mata saat mata merah akan mengobati penyakit tersebut. Mengompres juga akan mengurangi rasa gatal dan bengkak pada mata. Anda dapat mengompres mata dengan es batu atau dengan air hangat. Kedua cara tersebut sama ampuhnya, jadi terserah anda akan memilih cara yang mana.

2. Konsultasi ke dokter

Saat mata merah tidak berkurang sakitnya tapi justru bertambah parah setiap harinya sebaiknya konsultasi ke dokter untuk meminta obat yang cocok dengan mata anda. ditakutkan jika tidak ditangani oleh dokter secepatnya akan mengurangi daya penglihatan anda.

3. Daun sirih

Daun sirih merupakan antibiotik yang dapat dijadikan obat mata merah. Menggunakan daun sirih bukan hanya mengobati mata tapi juga dapat mengeluarkan kotoran yang ada di dalam mata anda. lalu bagaimana membuat obat mata merah menggunakan daun sirih? Mari kita lihat berikut cara yang tepat:

  • Pertama bersihkan 5 lembar daun sirih
  • Setelah itu rebus daun sirih dengan menambahkan air secukupnya
  • Tunggu hingga air mendidih agar ramuan tersebut menjadi steril
  • Angkat dan biarkan beberapa saat sampai hangat-hangat kuku
  • Setelah itu bersihkan mata menggunakan air daun sirih atau bisa anda jadikan obat tetes mata

4. Bawang putih

Bawang putih juga merupakan anti septik yang baik untuk mengurangi mata merah dengan cara membunuh virus, kuman, dan bakteri penyebab mata merah.

Cara membuat

  • Ambil 1 siung bawang putih lalu kupas
  • Setelah itu potong bawang putih menjadi dua bagian
  • Lalu oleskan bawang putih pada kelopak mata bagian bawah beberapa kali
  • Mata anda akan terasa pedih dan mengeluarkan air mata tapi cara itu sangat baik untyk mengeluarkan kotoran dan membunuh kuman pada mata
  • Diamkan selama 5 menit lalu cuci bersih

Info terkait: 11 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

5. Daun patikan kebo

Daun ini meski namanya sedikit asing, tapi sebenarnya sangat mudah ditemukan disekitar kita. Daun yang satu ini sangat ampuh mengobati mata merah akibat infeksi. Cara menggunakannya juga sangat mudah, anda hanya perlu meneteskan getah daun tersebut secara tertur agar mata anda cepat sembuh.

6. Madu

Madu merupakan minuman yang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh dan kulit. Selain itu madu juga dapat dijadikan obat mata merah dan belekan. Gunakan madu murni secara tertur sehari 3 kali untuk mengembalikan kesehatan mata anda.

Sebelum anda mengoleskan madu pada area mata yang sakit anda harus membersihkan mata   dan membuang semua belek yang melekat pada mata menggunakan handuk panas. Setelah beberapa saat anda dapat membersihkan madu menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat

7. Mentimun

Iris mentimun menjadi tipis lalu letakkan pada mata yang sakit. Cara ini dijamin ampuh mengurangi rasa sakit pada mata merah. Kandungan pada buah mentimun akan membantu membunuh bakteri penyebab mata merah. Gunakan mentimun secara teratur agar mata anda sehat kembali.

Menggunakan mentimun pada area mata juga dapat menyegarkan mata dan menghilangkan kantung mata dan mata panda.

8. Jus kentang

Menggunakan jus kentang juga dapat mengobati mata merah akibat alergi. Kentang juga dapat mendinginkan mata yang panas akibat sakit mata.

Cara membuat

  • Pertama ambil 1 buah kentang lalu kupas dan bersihkan
  • Setelah itu parut kentang sampai lembut
  • Setelah lembut anda dapat mengoleskan pada area mata secara langsung atau di masukkan kedalam kain lalu dikompres pada kelopak mata
  • Lakukan beberapa saat sekitar 15 menit
  • Terakhir cuci area mata sampai bersih

9. Susu murni

Mengompres mata menggunakan kapas yang dicelupkan kedalam susu murni akan mengobati mata merah. Namun cara ini tidak tepat mengobati mata merah karena bakteri dan virus, tapi hanya bisa menjadi obat mata merah akibat alergi dan iritasi. Lakukan cara ini sehari 3 kali sampai mata menjadi normal kembali.

10. Air mawar

Air rendaman mawar selain dapat merawat kecantikan kulit juga dapat dijadikan obat mata merah yang cukup efektif. Debu dan kotoran di dalam mata juga dapat di keluarkan. Caranya juga sangat mudah. Pertama rendam bunga mawar menggunakan air dingin setelah itu bersihkan mata menggunakan air mawar.

11. Kurangi penggunaan obat tetes mata

Biasanya cara pertama yang kamu lakukan saat mata merah pasti meneteskan obat tetes mata. Namun sebenarnya penggunaan obat tetes kurang baik karena obat tersebut terbuat dari bahan kimia. Penggunaan jangka panjang juga harus anda hindari untuk menghindari efek samping berbahaya. Sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu saat ingin menggunakan obat tetes mata.

Tips Memelihara Mata

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat mata agar terjaga kesehatan dan kebersihannya seperti :

  1. Hindari mata dari debu dan polusi dengan cara menggunakan helm dan kaca mata saat berkendaraan
  2. Hindari mengucek mata secara berlebihan
  3. Kurangi penggunaan make up di area mata ditakutkan menimbukan alergi
  4. Saat akan menyentuh mata cuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu
  5. Hindari penggunaan kontak lensa tanpa berkonsultasi ke dokter mata
Loading...

Itulah beberapa obat mata merah yang sangat ampuh mengobati mata anda. selain menggunakan obat dari luar anda juga harus memenuhi nutrisi mata agar mata anda sehat secara alami dan terhindar dari penyakit mata. Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lewatkan juga: 18 Kelainan Pada Mata

loading...

Leave a Reply