9 Cara Mengobati Herpes Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Obat Penyakit Herpes – Herpes merupakan penyakit yang menyerang kulit bagian luar. Penyakit ini sangat mudah menular terutama ketika daya tahan tubuh menurun. Penyakit herpes disebabkan oleh virus varicella-zoster.

Virus herpes akan masuk ke tubuh bersamaan dengan penyakit cacar air. Meski penyakit cacar sudah membaik namun virus herpes akan menetap di dalam tubuh dalam kondisi tidak aktif. Saat daya tahan menurun maka virus tersebut dapat aktif kembali.

Penyakit ini akan menyerang kulit dan ditandai dengan munculnya gelembung berisi cairan dan berkelompok. Cairan tersebut akan pecah dan menyebar ke seluruh kulit. Bahkan penularannya bisa kepada orang lain.

Sebenarnya penyakit herpes bisa sembuh dengan sendirinya namun seiring dengan membaiknya daya tahan tubuh. Namun jangka waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan belum bisa ditentukan. Bisa dalam beberapa hari, beberapa minggu bahkan beberapa tahun.

Penyembuhan yang lambat tentunya akan membuat kita kurang nyaman, menimbulkan rasa nyeri, serta mengganggu kegiatan. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan pengobatan untuk mempercepat penyembuhan.

Obat penyakit herpes bisa kita temukan dengan mudah di apotek atau bahkan mungkin di pekarangan rumah kita. Untuk obat penyakit herpes yang alami, sangat aman tanpa efek samping berbahaya tapi hasilnya dapat menyembuhkan sampai tuntas.

Obat Penyakit Herpes Alami

Obat Penyakit Herpes Alami

Penyebab penyakit herpes

Penyakit herpes sebenarnya bukanlah penyakit yang mengancam keselamatan jiwa tapi tetap saja penyakit ini akan memberikan efek buruk bagi tubuh. Saat virus penyebab herpes menetap di dalam tubuh secara tidak aktif atau laten sebenarnya tidak berbahaya asal virus tersebut tidak kembali aktif.

Namun beberapa faktor berikut dapat membuat virus varicella-zoster aktif kembali seperti berikut ini:

  • Stres yang berlebihan bisa memicu virus tersebut aktif kembali
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh akibat gangguan kesehatan seperti penderita HIV, diabetes, serta orang yang tengah menjalani kemoterapi
  • Lansia yang berusia di atas 50 tahun

Gejala penyakit Herpes

Penyakit herpes bukan hanya menimbulkan bercak merah pada kulit namun juga bisa menyebabkan tubuh mengalami beberapa hal seperti berikut ini:

  • Gatal-gatal : gejala ini merupakan gejala awal yang ditunjukkan penyakit herpes
  • Sesak napas : penderita herpes akan merasa kesulitan bernapas atau sesak napas
  • Menggigil : selain sesak napas, penderita herpes juga akan merasakan tubuhnya kedinginan sampai menggigil
  • Kulit seperti terbakar
  • Demam
  • Sakit perut: tapi hal ini sangat jarang terjadi
  • Nyeri persendian: nyeri pada persendian juga bisa menjalar hingga anggota tubuh lainnya. Dan menyebabkan seluruh tubuh merasakan nyeri
  • Bintik merah menggelembung : hal ini merupakan ciri utama herpes dimana bintik tersebut akan berisi cairan yang bisa menyebar dan menular

Makanan penyebab penyakit herpes

Beberapa makanan berikut ini sebaiknya anda kurangi atau dihindari untuk mencegah penyakit herpes menyerang kulit dan menghindari perkembangan virus tersebut serta mencegah virus tersebut aktif kembali. Seperti berikut ini:

  • Udang atau lobster
  • Telur kepiting
  • Daging kambing
  • Kerang
  • Terasi
  • Tape singkong
  • Nangka
  • Salak
  • Alpukat
  • Sirsak
  • Minuman beralkohol

Obat Penyakit Herpes Alami

Meski penyakit herpes bisa sembuh dengan sendirinya seiring membaiknya daya tahan tubuh namun waktu penyembuhannya belum bisa dipastikan. Penyembuhan yang lambat akan semakin membuat tubuh semakin tersiksa.

Sebaiknya anda menggunakan obat penyakit herpes yang alami untuk menyembuhkan penyakit tersebut hingga tuntas. Obat penyakit herpes alami berikut bisa membunuh virus penyebab herpes dengan cepat. Berikut beberapa obat penyakit herpes :

1. Tanaman dewa merah

Tanaman dewa merah merupakan tanaman herbal kaya antibiotik yang bisa membunuh virus dengan mudah. itulah mengapa tanaman dewa merah sangat tepat untuk mengobati herpes. Selain penyakit herpes tanaman dewa merah juga bisa mengobati berbagai penyakit luar seperti luka gores, sariawan, dan luka bakar.

Cara membuat

  • Siapkan beberapa lembar daun dewa merah
  • Kemudian cuci bersih
  • Setelah itu haluskan daun tersebut hingga lembut
  • Setelah itu oleskan pada kulit yang terkena herpes
  • Daun binahong

Daun binahong menjadi salah satu obat penyakit herpes yang cukup ampuh. Daun ini juga kaya kandungan antibiotik yang baik untuk membunuh virus. Virus penyebab herpes juga bisa dihilangkan dengan menggunakan daun binahong.

Cara membuat dan menggunakannya juga mudah. pertama cuci bersih daun binahong secukupnya, kemudian giling daun tersebut hingga lembut. Setelah lembut anda bisa mengoleskan  daun tersebut pada kulit yang terserang herpes. Ulangi cara tersebut hingga herpes benar-benar sembuh

2. Jintan hitam

Jintan hitam atau lebih dikenal dengan nama habbatusauda ini sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Jintan hitam juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sangat cocok untuk melawan penyakit herpes. Selain itu jintan hitam juga kaya antioksidan yang dapat membantu melawan virus penyebab herpes.

Cara membuat

  • Siapkan beberapa bahan berikut ini 1 sendok jintan hitam, temu putih secukupnya, umbi bidara upas, brotowali, serta daun sambiloto
  • Setelah itu masak air sebanyak 1 liter
  • Setelah air mendidih masukkan semua bahan
  • Masak sampai air tersisa 2 gelas
  • Minum 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di malam hari hingga herpes membaik

3. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang kaya manfaat. Berbagai keuntungan bisa kita rasakan dengan mengkonsumsi 1 gelas teh hijau setiap hari. Dengan minum teh hijau kulit bisa menjadi cerah, kencang, lembut, lembab dan halus.

Selain itu teh hijau juga biasa dikonsumsi saat melakukan program diet. Selain beberapa manfaat tersebut, teh hijau juga bisa dijadikan obat penyakit herpes alami. Kandungan antioksidan tinggi pada teh hijau akan membantu membunuh virus penyebab herpes.

Cara membuatnya juga sangat mudah, anda bisa mengkonsumsi 1 gelas teh hijau perhari. Kemudian gunakan kantung teh tersebut untuk mengompres luka akibat serangan herpes.

4. Air garam

Anda juga bisa merendam kulit yang terserang herpes menggunakan air hangat yang diberi sedikit garam. Air garam ini sangat baik mengobati herpes dengan cara membunuh virus penyebab herpes.

Meski rasanya akan sedikit perih namun hasilnya tidak akan mengecewakan. Lakukan perawatan tersebut setiap pagi dan sore menjelang mandi sampai herpes benar-benar sembuh.

5. Bawang putih

Menggunakan bawang putih juga bisa menjadi salah satu obat penyakit herpes yang alami. Bawang putih memang terkenal dengan manfaatnya yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya. Salah satunya penyakit herpes.

Bawang putih kaya akan antibiotik yang baik mengobati herpes. Antibiotik tersebut akan membantu membunuh virus tersebut.

Cara membuat

  • Siapkan bawang putih secukupnya
  • Kemudian kupas
  • Lalu haluskan bawang putih
  • Setelah halus oleskan pada kulit yang terserang herpes
  • Lakukan pengobatan tersebut hingga kulit benar-benar sembuh
  • Lidah buaya

Siapa sangka lidah buaya juga bisa menjadi obat herbal herpes yang cukup ampuh. Kandungan antioksidan pada lidah bauya akan membantu penyembuhan dengan cepat. selain itu gel lidah buaya juga bisa meredakan rasanyrei akibat herpes.

Haluskan gel lidah buaya kemudian oleskan pada kulit yang luka. Lakukan cara ini hingga herpes membaik. Selain itu untuk mempercepat pengobatan sebaiknya anda mengkonsumsi jus lidah buaya segelas perhari.

6. Madu

Madu tinggi propolis dan antioksidan yang bisa menyembuhkan herpes dengan cepat. propolis pada madu sangat baik untuk mengobati dan membunuh virus penyebab herpes. Selain itu madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga pengobatan herpes bisa dilakukan dari dalam secara alami. minum segelas air yang dicampur dengan 2 sendok madu setiap pagi sebagai cara pengobatan dari dalam.

7. Daun waru landak

Layukan daun waru landak dengan cara diangin-anginkan. Setelah itu tumbuk daun tersebut hingga halus. Setelah halus tambahkan sedikit air tajin atau air rebusan beras. Aduk hingga keduanya tercampur.

Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terserang herpes. Cara ini akan membantu penyembuhan herpes dan membantu mengurangi rasa nyeri pada kulit. Lakukan cara ini hingga keadaan kulit benar-benar membaik.

8. Daun gude

Gunakan daun gude yang masih segar untuk mengobati herpes dari luar. Meski nama obat ini masih asing tapi khasiatnya sangat ampuh mengobati herpes. Haluskan 2 lembar daun gude dengan cara digiling.

Setelah halus tempelkan daun tersebut pada kulit kemudian tutup dengan kain bersih atau kain kasa. Ganti ramuan tersebut 3 kali sehari.

9. Hindari sinar matahari dan angin

Jika anda mengalami penyakit herpes sebaiknya tetap berada di dalam ruangan karena berada diluar ruangan di bawah sinar matahari serta terkena angin secara langsung akan membuat herpes semakin memburuk.

Tetap tinggal dirumah juga akan mencegah penularan penyakit ini kepada orang lain. Sebaiknya anda menghindari sinar matahari dan angin langsung agar penyakit herpes bisa segera sembuh.

Itulah beberapa obat penyakit herpes alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati dan membunuh virus penyebab herpes. Sebaiknya anda menghindari kontak langsung dengan seseorang yang menderita penyakit tersebut agar anda tidak tertular herpes. Selamat mencoba. Simak juga 19 Gejala Penyakit Tipes ( Tifus) yang Wajib Anda Ketahui Sejak Dini

Leave a Reply