3 Cara Mengobati Sakit Gigi pada Anak

Obat Sakit Gigi untuk Anak – Menjaga kesehatan gigi dan mulut penting dilakukan sejak dini, termasuk anak-anak. Meskipun gigi anak akan tanggan dan tumbuh lagi, justru menjaga gigi susu anak menjadi sangat penting, karena dengan gigi susu atau gigi yang terawat akan berdampak baik untuk pertumbuhan gigi permanen nantinya.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak banyak yang dapat merusak gigi susu, makanan seperti cokelat, susu, jajanan lainnya yang dibiarkan lama di sela-sela gigi dapat membusuk sehingga akan mengakibatkan gigi berlubang.

Jika gigi sudah berlubang, efek yang ditimbulkan selanjutnya adalah rasa nyeri atau sakit pada gigi. Sakit gigi merupakan serangan rasa nyeri dan berdenyut yang terjadi pada gusi dan gigi. Kondisi sakit gigi akan membuat penderitanya terasa seperti disiksa dengan rasa nyeri yang berdenyut-denyut yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Nah, kira-kira apa saja obat sakit gigi untuk anak?

Sebelum lebih jauh kita bahas apa saja obat sakit gigi untuk anak, lebih baik kita ketahui apa saja penyebab sakit gigi pada anak tersebut, agar kedepannya tidak terulang kembali atau anak kita selanjutnya tidak mengalami hal yang sama seperti saat ini.

Penyebab sakit gigi pada anak yang paling umum terjadi adalah karena makanan jajan ataupun makanan yang memiliki kandungan pemanis seperti gula yang sangat tinggi. Jika setelah mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi tidak segera dibersihkan, maka akan menumpukĀ  di sela-sela gigi sehingga mengakibatkan bakteri dari sisa-sisa tersebut berkembang biak pada gigi. Hal ini dikarenakan bakteri dalam gigi akan membuat zat gula mengeluarkan zat asam yang dapat merusak lapisan email sebagai pelindung gigi. Apabila hal ini terjadi, maka bakteri penghancur akan menjalar melalui saluran hingga ke syaraf yang kemudian menimbulkan peradangan dan memicu timbulnya sakit yang menusuk dan berdenyut pada gigi.

Selain karena makanan manis atau sisa makanan yang menumpuk di gigi, beberapa kondisi kesehatan lain juga bisa menjadi penyebab sakit gigi, seperti sinusitis, angina, polip dan radang gusi. Memang, kondisi kesehatan ini jarang diketahui oleh orang tua sebagai penyebab skait gigi.

obat sakit gigi untuk anak

Obat sakit gigi untuk anak

Orang tua saja ketika sakit gigi akan mengerang kesakitan, apalagi anak. Tentu mereka hanya bisa menangis dan menangis, akibatnya orang tua akan kebingungan. Jika sudah demikian, segera bawa anak anda ke dokter.

Obat Sakit Gigi untuk Anak

Berikut ini 3 obat sakit untuk anak yang bisa anda dapatkan dan lakukan sendiri di rumah:

1. Berikan Pijatan Es Batu

Cara mengobati sakit gigi pada anak yang pertama adalah dengan menggunakan es batu. Cara ini terbukti ampuh untukĀ  mengurangi rasa sakit yang diderita anak akibat sakit gigi, anda bisa melakukannya dengan memberikan pijatan es batu. Pemberian es batu akan membantu meredakan rasa sakit yan diderita anak, sebab bagian tubuh yang diletakan es batu akan menimbulkan efek mati rasa sehingga rasa sakit bisa diredam.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Obat sakit gigi untuk anak selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang merah dan putih. Kedua jenis umbi ini terbutki ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Cara menggunakannya dengan cara ambil satu siung bawang merah dan bawang putih, keprek kemudian letakan pada gigi anak yang terasa sakit, saripati dari bawang akan mampu meredakan rasa sakit yang diderita anak.

3. Garam

Obat sakit gigi untuk anak yang terakhir dari kami adalah dengan menggunakan garam dapur. Pemberian garam ternyata ampuh dalam mengobati sakit gigi. Bukan rasa asinnya yang dapat meredakan sakit gigi, melainkan kandungan yodium pada garam yang begitu tinggi dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Itulah 3 obat sakit gigi untuk anak yang bisa anda dapatkan dengan mudah di rumah. Semoga membantu, jika cara di atas belum bisa juga mengatasi rasa sakit atau nyeri gigi anak, segera bawa anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat, baca juga Cara mengobaati sakit mata secara alami

Leave a Reply