21 Obat Tipes Alami yang Ada di Sekitar Kita, No 15 Ampuh Atasi Tipes

Obat tipes – Penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri salmonella typhi banyak menyerang negara berkembang seperti indonesia. Bakteri tersebut merupakan bakteri penyebab penyakit tipes. Dengan gejala awal berupa demam tinggi di waktu-waktu tertentu.

Bakteri penyebab penyakit tipes ini akan berkembang biak di dalam usus kemudian berkembang hingga ke organ tubuh lainnya. Demam yang dirasakan penderita tipes bahkan suhu tubuhnya mencapai 39 sampai 40 derajat celcius

Demam yang terjadi pada penderita tipes biasanya tidak terjadi setiap saat namun hanya terjadi pada pagi dan malam hari. Penyakit tipes biasa dikaitkan dengan kelelahan. Yang berarti penderita tipes tidak bisa bekerja terlalu berat karena tubuh akan mudah lemas dan lelah.

saat anda merasa ada yang salah dengan tubuh sebaiknya segera lakukan pengujian atau pemeriksaan ke dokter untuk memastikan apakah tubuh terserang penyakit tipes atau tidak. Penyakit ini tanpa disadari dapat menular ke orang lain. Itu sebabnya penanganan sejak dini akan menyembuhkan dengan cepat serta mencegah penularan.

Oleh sebab itu penyakit tipes membutuhkan perawatan intensif agar bisa sembuh total. Obat tipes yang biasa diberikan dokter adalah antibiotik. Hal utama yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi antibiotik adalah meminum antibiotik sampai habis.

Pengobatan tipes yang tidak tuntas justru akan mempersulit pengobatan karena bakteri akan semakin membandel dan sulit dimusnahkan. Selain pemberian antibiotik obat tipes menggunakan bahan alami juga bisa membantu menyembuhkan penyakit tipes hingga tuntas.

Obat tipes dari bahan alami memang tidak secepat pengobatan menggunakan obat-obatan dari bahan kimia yang telah diolah secara modern tapi cara ini lebih aman tanpa efek berbahaya bagi tubuh serta hasil yang didapat juga tidak kalah dari pengobatan mahal.

Obat tipes alami

Obat tipes alami

Gejala Penyakit Tipes

Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri yang masuk ke tubuh melalui mulut menuju ke saluran pencernaan dan menyebabkan demam tinggi. Bakteri tersebut akan hidup dan berkembang di usus dan menyebabkan beberapa gejala sakit tipes yang khas.

Sebelum kita melihat obat tipes sebaiknya kita lihat dulu beberapa gejala penyakit tipes seperti berikut ini:

  • Ciri utama penyakit tipes adalah demam tinggi yang mencapai suhu 39 sampai 40 derajat celcius pada pagi dan malam hari selama 3 minggu
  • Nafsu makan berkurang
  • Tubuh terasa lemah dan lemas akibat kurangnya asupan makanan
  • Bau mulut tidak sedap
  • Berat badan menurun akibat dari menurunnya nafsu makan
  • Radang tenggorokan
  • Bibir pecah-pecah
  • Lidah bagian tengah berwarna putih dengan bagian tepi berwarna merah
  • Tekanan darah menurun
  • Sulit buang air besar dan diare saat tipes sudah mulai menyerang limfa dan hati
  • Mual bahkan muntah yang terjadi cukup sering
  • Nyeri diseluruh tubuh
  • Hilang kesadaran

Meski tubuh telah menunjukkan gejala seperti diatas namun pemeriksaan medis juga penting dilakukan untuk memastikan. Pemeriksaan sampel darah, urine atau fases biasanya dilakukan untuk memastikan penyakit tipes.

Obat Tipes Alami yang Ada di Sekitar Kita

Setelah melakukan secara pasti sebaiknya segera konsumsi obat tipes guna membunuh bakteri penyebab tipes. Mari kita lihat beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat tipes seperti berikut ini:

1. Buah sawo muda

Buah sawo muda merupakan salah satu obat tipes yang cukup efektif. Biasa kita mengkonsumsi sawo matang sebagai buah tapi sekarang kita juga bisa mengkonsumsi sawo muda untuk mengobati penyakit tipes.

Cara membuat

  • Ambil 5 buah sawo muda
  • Bersihkan lalu cuci bersih
  • Langkah berikutnya haluskan buah sawo dengan cara diparut
  • Kemudian peras dan ambil airnya
  • Lalu campurkan air perasan sawo dengan 1 gelas air putih
  • Minum air sawo tersebut 1 gelas perhari selama 2 hari untuk anak-anak sedangkan orang dewasa 1 gelas perhari selama 4 hari

2. Mentimun segar

Mentimun yang biasa digunakan sebagai lalapan ini ternyata juga mampu membunuh bakteri penyebab tipes. Selain itu tubuh juga akan terasa segar karena penyakit tipes akan membuat penderitanya merasa lemas serta bisa menurunkan demam.

Cara membuatnya juga sangat sederhana. Pertama siapkan 2 buah mentimun  kemudian cuci bersih. parut mentimun tersebut. Setelah mentimun halus peras dan ambil airnya. Minum air mentimun tersebut hingga demam benar-benar reda.

3. Kunyit

Kunyit yang biasa digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit yang terjadi pada darah ini juga bisa menjadi obat tipes yang cukup baik. selain itu kandungan antibiotik tinggi pada kunyit juga bisa menangkal radikal bebas.

Cara membuat

  • Siapkan beberapa bahan berikut dua ruas kunyit, 20 lembar daun pegagan, serta 10 lembar daun sambiloto dan air secukupnya
  • Bersihkan semua bahan kemudian cincang semua bahan
  • Lalu masukkan ke dalam panci dan rebus menggunakan 4 gelas air
  • Tunggu hingga air tersisa 3 gelas kemudian angkat
  • Minum 3 kali sehari secara rutin hingga benar-benar sembuh

4. Cacing tanah

Meski cacing tanah termasuk ke dalam hewan yang menjijikkan dan kotor tapi ternyata cacing tersebut dapat membunuh bakteri penyebab tipes dengan mudah. bahkan saat ini pembuatan obat-obatan dari bahan kimia telah banyak yang memanfaatkan cacing tanah sebagai bahan dasar

Anda hanya perlu merebus 10 ekor cacing tanah yang sudah dibuang isi perutnya terlebih dahulu dengan menambahkan 500 cc air. Tunggu selama 10 menit atau hingga air mendidih untuk membunuh kuman yang melekat pada air dan cacing.

Setelah mendidih angkat dan biarkan sampai air menjadi hangat. Minumlah selagi hangat sebanyak 3 kali dalam 1 hari. Minum ramuan tersebut secara teratur hingga benar-benar sembuh

5. Buah pepaya

Buah kaya serta ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kecantikan salah satunya bisa menjadi obat tipes yang cukup efektif. Tapi penggunaan pepaya muda akan lebih berkhasiat. Kandungan papain pada pepaya muda lebih tinggi yang berfungsi merawat kesehatan tubuh salah satunya dapat mengobati tipes.

Cara mengolah ramuan dari pepaya juga sangat mudah. anda hanya perlu memarut pepaya muda hingga halus. Setelah itu ambil air perasan pepaya tersebut. Minum 1 gelas setiap hari sampai penyakit tipes sembuh.

6. Air putih

Mengkonsumsi banyak air putih atau air mineral bisa membantu melarutkan bakteri penyebab tipes yang bersarang di usus melalui buang air kecil dan menghambat pertumbuhan bakteri. Cara ini sangat sederhana namun hasilnya sangat memuaskan. Cairan yang cukup juga akan membantu menyegarkan tubuh.

Mengkonsumsi air putih juga akan membantu menurunkan suhu tubuh atau menyembuhkan demam tinggi akibat penyakit tipes. Selain itu air juga membantu proses detoksifikasi sehingga tubuh akan lebih sehat dan seimbang. Serta penyakit tipes akan sembuh dengan cepat.

Simak juga: Cara Terapi Air Putih yang Benar, Rasakan Manfaatnya yang Sangat Luar Biasa

7. Cukup istirahat

Penderita tipes akan merasa mudah lelah dan nyeri yang berlebihan oleh sebab itu penderita tipes dianjurkan banyak istirahat untuk membantu menyegarkan tubuh serta mempercepat penyembuhan.

Anda juga harus mengurangi kegiatan fisik yang membutuhkan banyak tenaga karena hal tersebut akan memperburuk kondisi tubuh anda. istirahat yang cukup juga akan meningkatkan kinerja tubuh dan meningkatkan sistem imun.

Dengan sistem imun yang baik maka sistem kekebalan tubuh tersebut akan melawan bakteri penyebab tipes secara alami. sebaiknya istirahatkan tubuh anda sementara waktu hingga tubuh anda membaik.

8. Mengkonsumsi makanan halus

Untuk membantu proses penyembuhan agar berjalan lancar sebaiknya konsumsi makanan yang lembut agar usus tidak begitu kesulitan mencerna makanan. Sebab usus sudah cukup tersiksa dengan adanya bakteri yang berkembang di usus.

Anda lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi bubur nasi yang dicampur dengan sayur dan ikan. Cara ini akan membantu meringankan kerja usus dan menunjang penyembuhan yang tengah dilakukan.

9. Makan lebih sering

Meski saat menderita tipes nafsu makan akan menurun tapi anda harus paksa tubuh anda mengkonsumsi makanan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda lebih dianjurkan makan dalam jumlah sedikit tapi sesering mungkin.

Cara tersebut bertujuan meringankan kerja usus akibat peradangan yang terjadi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi bubur saja. mengkonsumsi makanan juga akan mencegah bakteri berkembang biak.

10. Hindari makanan pedas

Makanan yang terlalu pedas akan membuat luka pada usus semakin parah sehingga penyakit usus juga akan semakin berkembang. Sebaiknya hindari makanan pedas agar usus tidak semakin tersiksa dan membuta penyakit tipes semakin bertambah parah.

Makanan pedas akan membuat bakteri semakin berkembang biak dan menjadi lebih ganas. Jika hal tersebut terjadi maka usus bisa mengalami pendarahan dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius lagi.

11. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan menjadi kebiasaan wajib bagi penderita tipes. Tapi tentunya menjaga kebersihan juga wajib dilakukan semua orang. Keadaan sekitar dan keadaan tubuh yang kurang terjaga kebersihannya akan membuat kuman dan bakteri berkembang biak dengan cepat.

Selain itu penderita tipes memiliki kekebalan tubuh yang lemah sehingga mudah terserang penyakit lain. Ditakutkan bakteri lain akan mudah menyerang tubuh dan menyebabkan penyakit lain. Itulah sebabnya penderita tipes harus menjaga kebersihan tubuh dan daerah sekitar. Hal sederhana yang bisa anda lakukan adalah mencuci tangan sebelum makan serta mandi minimal 2 kali sehari untuk mencegah bakteri lain masuk ke tubuh.

12. Kompres dengan air dingin

Dengan semakin menurunnya daya tahan tubuh maka demam tinggi bisa semakin sering terjadi pada penderita tipes. Itulah mengapa kompres dingin perlu dilakukan guna menurunkan suhu tubuh atau meringankan demam.

Anda bisa mengompres tubuh anda menggunakan handuk kecil yang dicelupkan ke dalam air dingin setelah itu tempelkan pada tubuh yang suhunya lebih tinggi dibanding anggota tubuh lainnya seperti kening, ketiap, lipatan paha.

Bagian telapak tangan dan telapak kaki juga akan terasa lebih panas dibanding yang lainnya. Sebaiknya anda mengelap telapak tangan dan kaki menggunakan handuk dingin untuk meredakan demam.

13. Minum larutan oralite

Larutan oralite juga diperlukan untuk meredakan diare akibat bakteri yang bersarang di usus penyebab tipes. Diare yang dialami dapat memperparah penyakit tipes yang anda derita. Sebaiknya minum larutan oralite untuk meredakan diare dan meringankan penyakit tipes.

Cara membuat

  • Ambil ½ gelas air putih
  • Kemudian tambahkan sedikit garam
  • Aduk keduanya agar larut dan tercampur
  • Minum larutan tersebut untuk mengurangi diare yang tengah anda alami

14. Minum cuka sari apel

Cuka sari apel bukan hanya baik bagi kulit tapi baik juga bagi usus. Bakteri yang bersarang di usus yang menjadi penyebab utama penyakit tipes bisa dibunuh menggunakan cuka sari apel. Meski rasanya asam tapi cuka aman dikonsumsi penderita tipes.

Cuka sari apel juga akan meredakan demam, menghilangkan mual serta mengurangi diare. Saat anda mengkonsumsi cuka sari apel sebaiknya tambahkan air agar tidak terlalu asam. Masukkan 2 sendok cuka sari apel pada segelas air putih hangat aduk lalu minum 1 gelas perhari.

15. Bawang putih

Bawang putih memang sangat baik menyembuhkan berbagai penyakit kronis salah satunya bisa menyembuhkan penyakit tipes. Kandungan antibakteri pada bawang putih akan membantu membunuh bakteri penyebab tipes.

Selain itu bawang putih menjadi salah satu makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sistem imun tersebut dapat melawan penyebab penyakit secara alami dari dalam. Jika anda kuat dengan aroma dan rasa bawang putih sebaiknya kunyah bawang putih 2 siung setiap hari.

Untuk anda yang tidak bisa memakannya secara langsung anda bisa menghaluskan 2 siung bawang putih lalu campurkan dengan segelas air kemudian minum. Hindari penggunaan bawang putih pada ibu hamil dan menyusui.

16. Minum rebusan air cengkeh

Cengkeh sangat baik dikonsumsi penderita tipes karena berbagai kandungan pada cengkeh mampu meredakan tipes hingga tuntas. Kandungan antibiotik pada cengkeh mampu membunuh bakteri penyebab tipes.

Khasiat cengkeh juga bisa digunakan untuk meredakan gejala yang muncul akibat tipes seperti diare, mual serta muntah.

Cara membuat

  • Ambil 6 cengkeh kering atau basah
  • Rebus cengkeh tersebut menggunakan segelas air putih atau air mineral
  • Biarkan hingga air tersisa setengahnya
  • Kemudian minum selagi ramuan hangat
  • Minum ramuan ini selama 5 hari maka penyakit tipes akan benar-benar sembuh

17. Makan pisang

Buah pisang bisa menjadi salah satu obat tipes yang cukup efektif. Pisang juga memiliki tekstur yang lembut dan halus yang baik bagi usus dan sistem pencernaan yang mengalami masalah akibat bakteri.

Selain itu pisang juga akan meningkatkan tenaga yang terkuras akibat diare dan muntah. Selain itu pisang juga bisa membantu penyerapan cairan di dalam usus sehingga penyembuhan demam bisa terjadi dengan mudah.

Sebaiknya tambahkan 2 buah pisang dalam menu harian anda sebagai obat tipes dan pelancar proses pencernaan. Anda bisa memakan buah pisang secara langsung atau membuat bubur pisang yang diberi campuran sedikit madu.

18. Makan telur rebus

Penyakit tipes akan membuat tubuh penderitanya menjadi lemah dan lemas akibat demam tinggi, diare terus menerus serta muntah yang berlebihan. Hal itu juga diperparah dengan menurunnya nafsu makan.

Sebenarnya ada cara mengurangi berbagai gejala tersebut dan meningkatkan kondisi tubuh dengan mengkonsumsi 1 buah telur rebus saat pagi dan 1 buah telur rebus ketika malam. Sebainya konsumsi telur ayam kampung karena gizinya akan lebih banyak.

Telur banyak sekali mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh seperti omega, protein dan kalori yang bisa menambah tenaga dan mempercepat proses penyembuhan tipes.

19. Jus jambu merah

Obat tipes secara alami juga bisa menggunakan jus jambu merah. Kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan tinggi pada jambu biji akan membantu membunuh dan melawan bakteri penyebab tipes. Serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu jambu biji juga mengandung banyak air yang membantu memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit. Anda bisa membuat jus jambu biji tanpa gula tambahan sebagai obat tipes yang baik. minum jus jambu tersebut setiap pagi dan malam agar penyakit tipes cepat sembuh.

20. Sambiloto

Daun sambiloto tentunya sudah akrab terdengar didunia tanaman herbal bukan? Berbagai khasiat bisa kita ambil dari daun sambiloto salah satunya dapat menjadi obat tipes yang cukup mujarab. Meski rasanya sangat pahit namun hasilnya tidak akan mengecewakan. Anda cukup meminum air rebusan daun sambiloto secara teratur. Minumlah 2 kali sehari agar hasil bisa maksimal.

21. Daun sirsak

Daun sirsak mengandung zat anti kanker yang bisa mencegah penyebaran sel kanker. Selain itu ternyata daun sirsak juga bisa menjadi obat tipes. Selain itu daun sirsak juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit dan membantu membunuh bakteri penyebab tipes.

Rebus 5 lembar daun sirsak dengan  2 gelas air. Biarkan sampai air tersisa 1 gelas. Kemudian minum air sirsak tersebut selagi hangat. Hingga penyakit tipes benar-benar sembuh.

Demikianlah beberapa tips meredakan penyakit tipes. Karena pengobatan yang terlambat bisa membuat penyakit tipes menular ke orang lain dan menyebabkan komplikasi yang cukup serius. Itulah sebabnya obat tipes harus dikonsumsi sedini mungkin dan tuntas. Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lewatkan juga 37 Manfaat Donor Darah yang Wajib Anda Ketahui

Leave a Reply