11 Ramuan Herbal Sakit Pinggang yang Terbukti Ampuh

Obat tradisional sakit pinggang – Sakit pinggang menjadi salah satu gangguan kesehatan yang banyak diderita oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Sebagaiman mesin yang sudah lama dipakai, maka pastilah akan mengalami aus dan juga semakin menurun kekuatannya.

Begitu juga manusia, karena sudah lama ginakan untuk aktivitas sehari-hari, pinggan manusia juga mengalami aus dan menurun kekuatannya. Apalagi kalau asupan nutrisi untuk tulang seperti kalsium atau vitamin D atau asupan nutrisi lainnya yang dapat mengokohkan kepadatang tulang. Ada banyak obat tradisional sakit pinggang yang bisa temukan disekitar tempat tinggal ataua bahkan mungkin di pekarangan rumah kita.

Obat tradisional sakit pinggang sudah digunakan sejak dahulu hingga kini oleh masyarakat kita. Namun tentu saja jika keluhan terus berlanjut sebaiknya anda memeriksakan ke dokter. Kalau dalam bahasa medisnya, sakit pinggang dikenal dengan istilah low back pain atau lumbago.

Sebelum masuk dalam pembahasan mengenai obat tradisional sakit pinggang, ada baiknya anda mengetahui beberapa penyebab sakit pinggang yang anda alami. Penyebab utama sakit pinggang adalahterjadinya gangguan pada tulang belakang, otot, ligamen, tendon dan sayraf, hernia diskus, arthritis, infeksi di sekitar tulang belakang Anda, penyakit di rongga panggul, perut, dan kelainan bawaam pada tulang belakang. itulah beberapa penyebab sakit pinggang yang dapat muncul.

obat tradisional sakit pinggang

Obat tradisional sakit pinggang

Obat Sakit Pinggang Tradisional yang Ampun

Beberapa herbal berikut ini bisa menjadi obat tradisional sakit pinggang paling ampuh untuk sebelah kanan, kiri dan belakang, memang butuh perawatan beberapa lama, karena memang pengobatan secara tradisional membutuhkan waktu sampai sembuh total. Silahkan cari tanaman berikut ini:

1. Cabe Rawit

Siapa sangka ternyata cabe yang super pedas ini dapat mengobati sakit pinggang yang anda derita. Cara perawatannya adalah ambil cabai rawit (dibuang tangkainya) + jahe (diiris-iris) masing-masing secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu air rendaman tersebut dioleskan pada pinggang yang terasa sakit. Lakukan secara teratur.

2. Bawang Putih

Tidak hanya cabe rawit, ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk mengobati sakit pinggang yang anda derita. Cara perawatannya adalah ambil 120 gram jahe merah, 150 gram bawang putih, bubuk cabai secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu air rendaman tersebut dioleskan pada bagian yang sakit. Lakukan secara teratur.

3. Jahe Merah

Jahe merah mungkin agak langka, belum banyak dijual di pasaran, padahal jahe merah ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengobati sakit pinggang yang anda derita. Hal ini dikarenakan kandungan  gingerol, zingeron, dan shogaol yang ada di dalamnya.

Cara membuat herbal jahe merah yaitu ambil 25 gram jahe merah segar, 25 gram temu hitam segar, 30 gram akar sawi langit segar, 30 gram daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.

4. Daun Dewa

Daun dewa juga bisa anda gunakan untuk mengatasi sakit pinggang yang adan derita, hal ini dikarenakan kandungan senyawa flavonoid, saponin, dan minyak atsiri yang terdapat di dalam daun dewa. Caranya cukup mudah, yaitu ambil 30 gram daun dewa segar, 30 gram temu lawak segar, 25 gram daun baru china segar direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.

5. Angco

Pernah mendengar nama buah angco? Buah ini merupakan kurma tiongkok atau kurma cina. Angco bisa anda unakan sebagai herbal untuk mengatasi sakit pinggang, caranya yaitu ambil 10 butir angco, 1 – 3 buah sun boi/kiam boi, 15 gram akar bawang merah segar, 25 gram jahe merah segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.

7. Buah Takokak

Siapa sangka ternyata buah takokak juga berkhasiat untuk mengobati sakit pinggang. Buah ini mirip dengan buah leunca. Cara meramunya adalah ambil 100 gram buah takokak, 30 gram rambut jagung, 20 gram jahe merah segar, 10 gram adas direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, lalu diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.

8. Akar Ilalang

Akar ilalang sudah tidak diragukan lagi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Nah, salah satunya adalah untuk mengobati sakit pinggang. Caranya ambil akar ilalang secukupnya lalu direbus sampai mendidih. Setelah dingin, minumlah air rebusan akar ilalang tadi dengan takaran 2 kali sehari.

9. Kumis Kucing

Kumis sangat terkenal dapat mengobati penyakit ginjal, selain itu ternyata juga bisa membantu kita menghilangkan sakit pinggang. Caranya hanya dengan merebus kumis kucing secukupnya untuk diminum 2 kali sehari.

10. Daun Bakung

Daun bakung juga bisa anda gunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Namun bukan dari dalam, melainkan dari luar. Caranya, ambil beberapa lembar daun bakung lalu dipanggang sampai sedikit layu. Setelah itu olesi daun bakung tersebut dengan menggunakan minyak kelapa. Jika sudah merata, tinggal ditempelkan pada bagian pinggang yang sakit.

11. Daun Beluntas

Tanaman yang satu ini biasanya tumbuh menjadi pagar pekarangan rumah. Ternyata tanaman yang satu ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi sakit pinggang. Caranya dengan mengkonsumsi daun mudanya sebagai lalapan dengan merebus akar serta daunya.dan meminum air ramuan tersebut secara teratur.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan ramuan herbal untuk mengobati sakit pinggang yang ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Itulah beberapa obat tradisional sakit pinggang yang bisa kami bagikan untuk anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga bisa mengobati sakit pinggang yang mereka derita. Tunggu tips kesehatan lainnya di web CekSehat.com

Leave a Reply