18 Obat Vertigo Alami yang Terbukti Ampuh

Obat Vertigo Alami – Vertigo merupakan penyakit yang menyerang bagian kepala. Saat suplai darah ke otak terhambat maka berbagai gangguan pada kepala bisa terjadi salah satunya penyakit vertigo. Saat penyakit vertigo menyerang maka penderita vertigo akan merasa dunia berputar, semua benda dan orang yang ada disekitar penderita seakan berputar.

Jika penyakit vertigo tidak segera ditangani maka akan berakibat penderita mengalami pusing, mual, muntah bahkan bisa sampai kehilangan kesadaran diri. Penderita vertigo sebaiknya menghindari cahaya yang terlalu terang atau keadaan yang terlalu ramai yang membuat dada terasa sesak sebab dapat memicu serangan vertigo, jika hal itu terjadi sebaiknya segera duduk atau istirahat.

Jika anda mengalami gejala awal vertigo seperti semua benda dan objek berputar sebaiknya segera lakukan pengecekan medis untuk memastikan penyakit yang anda derita. Saat diagnosa menunjukkan anda benar-benar terserang vertigo sebaiknya segera lakukan penanganan.

Obat vertigo alami sambiloto

Obat vertigo alami sambiloto

Anda bisa melakukan penanganan dengan mengkonsumsi obat vertigo yang berasal dari obat-obatan tradisional yang dijamin ampuh mengobati gejala vertigo. Cara tradisional tentunya akan lebih murah dan mudah didapat serta tanpa efek samping berbahaya. Bahan yang digunakan juga bahan yang bisa menyehatkan tubuh dan memberikan nutrisi tambahan.

Cara Mencegah Vertigo Sejak Awal

Sebelum kita melihat obat vertigo sebaiknya kita lihat dulu cara awal mencegah dan mengurangi gejala yang diakibatkan vertigo dengan cara merubah gaya hidup seperti berikut ini:

  1. Hindari bepergian ke tempat umum seorang diri karena ditakutkan serangan vertigo akan terjadi mendadak saat anda sendirian sebaiknya ajak teman saat anda ingin bepergian
  2. Saat gejala vertigo menyerang anda sebaiknya segera duduk lalu minta bantuan orang lain
  3. Hindari keramaian yang membuat dada anda terasa sesak karena hal itu dapat memicu serangan vertigo
  4. Jangan membawa komputer atau gadget di dalam kendaraan
  5. Jauhi keramaian yang memutar musik terlalu kencang serta cahaya yang terlalu terang karena dapat membuat anda pusing dan akhirnya vertigo kambuh
  6. Minum air putih secukupnya serta makan camilan sehat saat sedang berkendaraan
  7. Hindari rokok dan asap rokok
  8. Saat bangun tidur biarkan tubuh berbaring sesaat jangan langsung bangun karena bisa membuat anda pusing mendadak yang dapat memicu vertigo
  9. Istirahat yang cukup.
  10. Jauhi minuman beralkohol dan berkafein

Simak artikel terkait lainnya: 17 Penyebab Kepala Pusing yang Wajib Anda Ketahui dan Cara Mencegahnya

Obat vertigo alami yang terbukti ampuh

Meski anda telah melakukan beberapa pola hidup seperti di atas namun vertigo tetap menyerang anda sebaiknya segera lakukan penanganan dengan mengkonsumsi obat vertigo menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini:

1. Teh dan jahe

Mengkombinasikan teh dan jahe bisa menjadi obat vertigo yang cukup ampuh. Cara ini akan mengobati pusing yang  sering anda alami yang bisa memicu vertigo. Teh juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Selain itu jahe juga dapat menghangatkan tubuh yang membuat tubuh merasa nyaman. Anda bisa menyeduh teh dengan segelas air hangat lalu tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang akan membantu melawan vertigo dari dalam tubuh secara alami.

Lalu tambahkan irisan jahe ke dalamnya. anda bisa mengkonsumsi teh jahe tersebut setiap pagi dan malam menjelang tidur agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

2. Madu dan ketumbar

Madu dan ketumbar bisa menjadi obat vertigo selanjutnya. Mengkonsumsi ramuan ini secara rutin akan mengobati vertigo yang anda derita. Cara membuatnya juga sangat sederhana pertama rendam beberapa biji ketumbar selama 24 jam lalu ambil air rendaman tersebut.

Hangatkan air rendaman ketumbar lalu masukkan ke dalam gelas. Kemudian tambahkan 2 sendok madu. Minum ramuan ini sekali sehari sampai vertigo anda benar-benar sembuh.

Simak juga: 16 Makanan untuk Mengobati Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi

3. Strawberry dan yoghurt

Mengkonsumsi jus strawberry yang dicampur dengan sedikit yoghurt sangat baik dikonsumsi penderita vertigo untuk membantu mengurangi gejala vertigo serta akan menambah nutrisi penderitanya.

Strawberry juga dapat meningkatkan sistem imun yang akan membantu melawan penyakit dari dalam secara alami. Buat jus strawberry seperti anda membuat jus lainnya lalu tambahkan 2 sendok yoghurt setelah itu minum. Ulangi cara tersebut 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Susu dan kacang almond

Tidak seperti penyakit lainnya yang menggunakan ramuan yang memiliki rasa pahit, namun penyakit vertigo ini justru menggunakan bahan alami yang memiliki rasa yang cukup enak. Selain enak tentunya juga bergizi tinggi.

Sebab penyakit vertigo menekankan peningkatan nutrisi tubuh dan otak untuk mengobati penyakit ini. Bahan lami yang memiliki banyak nutrisi untyk obat vertigo selanjutnya adalah susu dan kacang almond.

Haluskan 1 sendok amakn akcang almond matang lalu masukkan ke dalam segela susu hangat. Anda dapat minum obat vertigo yang memiliki rasa nikmat tersebut. Cara ini akan membantu meringankan gejala vertigo yang anda alami

5. Susu hangat

Selain menambahkan kacang almond, mengkonsumsi susu hangat setiap pagi dan malam menjelang tidur akan mengurangi gejala vertigo dan menghindari pusing menyerang kepala anda.

Pilih susu rendah lemak agar tidak menyebabkan penyakit lain menyerang tubuh anda seperti kolesterol. Cara membuatnya juga sama seperti membuat susu lainnya. Pertama siapkan sebuah gelas lalu masukkan 2 sendok susu.

Lalu tambahkan air panas ke dalamnya. minum susu ini selagi hangat untuk meringankan gejala vertigo seperti pusing, mual, muntah dan hilang kesadaran.

6. Jus lemon

Jus lemon termasuk ke dalam minuman yang bisa mengobati vertigo dengan cepat. anda juga bisa menambahkan taburan lada hitam untuk meningkatkan khasiatnya yang bisa mengurangi gejala vertigo dan dapat menyegarkan penderita vertigo.

Sat tubuh terasa segar dan sejuk maka akan mengurangi rasa sakit kepala, mual dan muntah akibat vertigo. Minum jus lemon tersebut setiap pagi lalu dalam 2 minggu akan menunjukkan hasil yang siknifikan

7. Daun teh

Cara mengobati vertigo juga bisa anda lakukan menggunakan daun teh. Di dalam daun teh memiliki efek relaxasi yang dapat menenangkan dan menyegarkan kepala serta tubuh anda sehingga akan mengurangi gejala yang ditimbulkan penyakit vertigo.

Anda bisa merebus 1 genggam daun teh muda menggunakan 1 gelas air lalu tunggu sampai mendidih. Angkat ramuan dan tunggu sebentar. Anda dapat meminum air air daun teh tersebut selagi hangat seminggu 2 kali.

Artikel terkait: 28 Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

8. Buah manggis

Buah manggis memiliki rasa yang manis dan enak. Siapa sangka selain kulit manggis ternyata buah manggis juga baik dijadikan obat vertigo. Sebaiknya konsumsi buah manggis sesering mungkin. Berbagai kandungan nutrisi di dalam buah manggis juga dapat menutrisi tubuh anda.

9. Minyak zaitun

Dari sekian banyak jenis minyak, minyak zaitun adalah minyak terbaik yang merupakan minyak alami yang mengandung lemak tak jenuh yang bisa memenuhi kebutuhan lemak tubuh tanpa menyebabkan penyakit bagi tubuh.

Selain itu minyak zaitun juga bisa menjadi obat vertigo yang cukup baik. minum 2 sendok minyak zaitun setiap pagi dapat menghilangkan gejala vertigo yang anda alami serta tidak akan kambuh lagi.

10. Yoghurt

Yoghurt terbuat dari susu yang dapat memelihara kesehatan tubuh. Bahkan yoghurt lebih baik dari pada susu itu sendiri. Selain itu yoghurt juga bisa mengobati vertigo yang menyerang bagian kepala ini. Mengkonsumsi yoghurt  secara teratur akan mengurangi rasa pusing yang anda rasakan serta bisa menghindari vertigo.

11. Konsumsi vitamin D

Inti pengobatan vertigo adalah penambahan nutrisi. Mengkonsumsi beberapa makan yang mengandung vitamin D juga bisa menyembuhkan penyakit vertigo. Namun cara ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena akan berakibat buruk bagi penderita vertigo.

Sebaiknya hubungi dokter terlebih dahulu jika anda ingin memulai terapi vitamin D untuk memulai pengobatan vertigo. Anda akan mengatahui seberapa besar vitanin D yang cocok bagi tuh anda melalui dokter.

12. Vitamin B6

Beberapa makan yang mengandung vitamin B6  bisa meningkatkan produksi sel darah merah, meningkatkan kekebalan tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang baik dikonsumsi para penderita vertigo yang disebabkan oleh efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Vitamin B6 akan membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan vertigo seperti pusing, mual dan muntah. Berikut beberapa makan yang mengandung vitamin B6 yang baik dikonsumsi penderita vertigo seperti pisang, alpukat, ikan tuna, ikan salmon, ikan makarel, daging merah, bayan, brokoli, dan daging ayam tanpa kulit.

13. Vitamin C

Vitamin C juga termasuk ke dalam deretan vitamin yang bisa mengobati vertigo. vitamin C sebaiknya didapat dari makanan atau minum sehingga tidak menyebabkan efek samping bagi tubuh.

Saat vertigo menyerang maka tubuh akan merasa lemah maka anda perlu mengkonsumsi makan yang mengandung vitamin C sehingga energi tubuh akan bertambah serta bisa mnegobati vertigo yang anda rasakan.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, melon, semangka, strawberry, brokoli, tomat, bayam, lobak, kembang kol dan paprika.

14. Cabai rawit

Obat vertigo alami selanjutnya agak ekstrim, yaitu cabai rawit. Cabai yang super pedas ini ternyata kaya akan vitamin C serta mengandung ginko biloba yang dapat melancarkan aliran darah kesemua tubuh termasuk ke otak. Gangguan vertigo bisa terjadi akibat aliran darah yang kurang lancar ke otak.

Jika peredaran darah ke otak lancar maka vertigo atau pusing memutar yang anda alami dapat diatas secara perlahan. 

Namun anda jangan terlalu banyak mengkonsumsi cabai rawit karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

15. Bunga Melati

Obat vertigo alami selanjutnya adalah bunga melati. Bunga melati yang wangi ini biasanya dibuat sebagai teh herbal. Selain itu, karena kandungan bunga melati mengandung minyak atsiri yang berkhasiat untuk anti-depressan yang meredakan perasaan mual dan juga memperlancar peredaran darah, sehingga akan membantu Anda untuk mengatasi gejala vertigo.

Bagaimana? Jika anda memiliki tanaman ini di pekarangan rumah anda atau tetangga, sebaiknya anda coba cara alami mengobati vertigo dengan bunga melati. Bagaimana cara membuat herbal vertigo dari daun melati? Pertama silahkan ambil segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Setelah itu, Anda remas-remas semua bahan tersebut dan taburkan pada air. Nah, air rendaman daun dan bunga melati tersebut dapat Anda gunakan sebagai obat vertigo dengan mengoleskannya pada kening dan pelipis Anda.

16. Sambiloto

Selain bunga melati, obat vertigo alami berikutnya adalah sambiloto yang merupakan tanaman liar yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Selama ini mungkin tanaman liar ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan jamu.

Nah, selain untuk jamu, tanaman sambiloto ternyata juga berkhasiat untuk mengobati vertigo secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid di dalamnya yang bersifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan juga mematikan virus dan kontaminan asing dalam tubuh. Nah, biasanya vertigo disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, sehingga memanfaatkan daun sambiloto memang pantas dijadikan solusi.

Jika di sekitar anda terdapat tanaman yang satu ini, tidak ada salahnya untuk mencobanya untuk mengobati vertigo yang di alami oleh orang di sekitar anda.

Caranya juga sangat mudah, pertama ambil 3-5 helai daun sambiloto, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Jika sudah mendidih, saring airnya dan dinginkan sejenak. Setelah dingin, maka Anda bisa meminumnya secara langsung. Sambiloto ini bisa diminum hingga 3 kali dalam sehari.

17. Cocor Bebek

Obat vertigo alami berikutnya adalah tanaman cocor bebek. Tanaman hias yang satu ini memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk membunuh virus-virus di dalam tubuh, sehingga akan membantu untuk mengurangi gejala vertigo.

Cara membuat herbal cocor bebek juga cukup mudah, pertama silahkan sediakan 10 helai daun cocor bebek kemudian tumbuk halus daun-daun tersebut. Agar dapat dioleskan, maka tambahkan dengan air garam sedikit saja. Jika sudah, maka oleskan campuran daun cocor bebek dan air garam di kening dan pelipis Anda 1 atau 2 kali dalam sehari.

18. Tanaman Pegagan

Obat vertigo alami yang terakhir dari kami adalah tanaman pegagan yang juga merupakan salah satu tanaman liar yang mungkin cukup banyak di sekitar kita. 

Tanaman juga punya nama lain sebagai kaki kuda ini sangat bermanfaat untuk mengatasi gejala vertigo. Tanaman pegagan memiliki efek anti-infeksi, anti-toxic, dan anti-bakteri yang membuat tanaman ini sangat ampuh untuk mengatasi bakteri yang dapat menginfeksi telinga dalam Anda. Hasilnya, tentu saja gejala-gejala vertigo yang Anda rasakan bisa segera reda.

Cara membuat herbal tanaman pegagan juga cukup mudah, pertama silahkan ambil segenggam daun pegagan, kemudian masukkan ke dalam panci yang diisi 3 gelas. Setelah itu, rebus air tersebut dan tunggu hingga air tinggal tersisa 1 gelas. Jika sudah tersisa 1 gelas, maka saring air tersebut dan konsumsi dengan segera. Untuk memperkaya rasa, maka Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu ke dalam ramuan tradisional tersebut.

Bagaimana? Ternyata ada banyak obat vertigo alami yang ada di sekitar kita bukan? Selama ini mungkin kita kebingungan saat vertigo menyerang, karena kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi selain pasrah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian. Demikianlah ulasan seputar obat vertigo alami dari kami. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin bermanfaat lagi. Simak juga: 27 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami dengan Cepat yang Terbukti Ampuh

Leave a Reply