Daftar Olahraga untuk Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Olahraga untuk Diet – Diet dengan cara alami saat ini banyak menjadi pilihan masyarakat karena dirasa lebih aman. Diet bukan hanya soal mengatur pola makan tapi juga mengatur pola hidup yang baik salah satunya dengan melakukan olah raga teratur.

Olahraga untuk diet sangat penting karena dapat membakar lemak yang mengendap pada tubuh yang menyebabkan berbagai masalah seperti obesitas, penyakit kronis dan masih banyak efek samping buruk bagi tubuh.

Ada beragam olah raga yang dapat anda lakukan saat anda menjalankan program diet. Olah raga sebenarnya tidak hanya baik untuk diet tapi baik bagi semua orang yang ingin hidup sehat. Olahraga untuk diet tak hanya dilakukan ditempat-tempat fitness namun juga dapat dilakukan dirumah dengan cara yang sederhana.

Artikel terkait: Tips Diet Ketat yang Harus Anda Jalankan dalam Seminggu

Dengan mengoptimalkan olah raga berarti anda mengoptimalkan juga pembakaran kalori akan memperbanyak jumlah keringat yang keluar melalui pori-pori kulit yang juga ikut mengeluarkan racun-racun yang mengendap pada tubuh

Dengan pembakaran yang maksimal akan membuat kalori yang masuk ke tubuh anda akan lebih sedikit dibandingkan kalori yang dibakar maka hal itu akan membuat tubuh anda bebas lemak jahat yang membuat tubuh kita menjadi ideal.

Olahraga untuk diet

Ilustrasi: Olahraga untuk diet

Jika kita berolahraga kita akan mudah lapar, jangan mentang-mentang kita sudah berolahraga lalu kita bisa makan apa saja pemikiran itu tentu salah. Tetap kontrol makan anda seperti rendah karbohidrat dan lemak. Simak juga: Cara Diet Karbo yang Benar serta 5 Menu Diet yang Harus Anda Ketahui

Ganti nasi putih dengan beras merah, ganti makan berlemak dengan sayur dan buah, dan susu dengan kalori tinggi ganti dengan susu kedelai. Dan yang paling penting lakukan olahraga untuk diet.

Artikel terkait: 25 Makanan Diet Golongan Darah O

Olahraga untuk Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Olah raga memang efektif menurunkan berat badan tapi tak semua olah raga dapat menurunkan berat badan, ada beberapa olah raga yang baik untuk diet seperti:

1. Lari

Olah raga yang satu ini merupakan olahraga yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan kegiatan sederhana tanpa biaya namun memiliki manfaat yang luar biasa yaitu mampu membakar lemak.

Dengan berlari juga dapat menyegarkan dan menjernihkan pikiran karena dengan berlari disekitar lingkungan akan membuat kita bertemu banyak orang berinteraksi yang dapat menghilang stres yang juga bisa menjadi penyebab kegemukan.

2. Lompat tali

Cara olahraga lompat tali terlihat sederhana tapi hasil yang dirasa sangat efektif dan cepat. Cara melakukannya juga sangat mudah anda hanya perlu menyediakan seutas tali lalu putar tali keatas lalu kebawah tubuh, lalu anda melompat seirama dengan ayunan tali.

Olahraga untuk diet ini dapat anda lakukan di pagi dan sore hari. Saat melakukan olah raga ini dalam 1 jam dapat membakar 850 kalori. Lompat tali membuat seluruh anggota tubuh anda bergerak jadi proses pembakaran juga lebih maksimal dilakukan.

Olahraga untuk diet yang satu ini aman dilakukan oleh pria maupun wanita serta anak-anak karena tidak terlalu berat. Jadi olah raga yang satu ini sangat tepat anda jadikan pilihan olahraga untuk diet

3. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan kegiatan sederhana yang rutin kita lakukan setiap hari, saat berjalan kaki sepertinya tak ada yang istimewa karena memang setiap orang pasti berjalan kaki misalnya saat kita akan ke kamar mandi saja kita harus berjalan kaki.

Dibalik semua kesederhanaannya itu ternyata menyimpan segudang manfaat salah satunya dapat dijadikan olahraga untuk diet. Dengan berjalan kaki tubuh kita mampu membakar kalori penyebab berat badan berlebih.

Berjalan kaki minimal 10.000 langkah perhari dapat mencegah osteoporosis, dengan membantu menguatkan tulang. Ternyata berjalan kaki dapat menurunkan berat badan secara efektif.

4. Senam

Senam merupakan olah raga yang kita tau sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Selain mampu membakar kalori, menguatkan tulang dan persendian, juga dapat menyegarkan otak kita yang lelah karena digunakan untuk berfikir.

Saat kita melakukan olahraga untuk diet seperti salah satunya senam kita tidak hanya dapat menurunkan berat badan kita saja namun juga dapat mengencangkan bagian-bagian tubuh yang mulai mengendur karena faktor usia, menyusui, dan melahirkan.

Senam juga dapat mengecilkan perut buncit yang banyak dialami para pria beristri. Dalam sehari kita dianjurkan senam minimal 45 menit dan jumlah kalori yang terbakar sekitar 680 kalori.

5. Berenang

Saat anda memutuskan untuk diet, berenang dapat anda jadikan salah satu olah raga pilihan untuk menurunkan berat badan. Berenang adalah olah raga yang dilakukan di dalam air dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh anda dengan cara mengayunkan tangan dan kaki.

Saat berenang tubuh kita dapat membakar kalori sebanyak 270 untuk wanita, dan 840 kalori pada pria dengan melakukan olah raga berenang. Dengan berenang juga dapat menguatkan tulang dan persendian.

6. Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan  yang sering dilakukan oleh anak-anak saat bermain. Ternyata bersepeda juga digolongkan dalam salah satu olahraga untuk diet yang efektif membakar kalori.

Lebih dari 1000 kalori mampu dibakar oleh tubuh dengan bersepeda 1 jam saja perhari. Dengan bersepeda berat badan kita akan cepat turun tapi tetap harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Dengan bersepeda juga dapat menyehatkan jantung kita

7. Angkat beban

Angkat beban merupakan kegiatan olah raga untuk melatih peningkatan kekuatan otot. Saat melakukan olah raga ini pembakaran kalori berjalan secara efisien meskipun saat kita sedang beristirahat.

Olahraga angkat beban ini sangat baik untuk dijadikan olahraga untuk diet yang berikutnya. Olahraganya juga tak harus dilakukan setiap hari cuku 2 kali seminggu namun tetap dengan hasil yang maksimal sesuai dengan yang kita harapkan.

8. Menari

Menari adalah suatu kegiatan tubuh yang aktif menggerakkan seluruh anggota tubuh dengan gerakan yang dinamis dan beragam. Menari sering dilakukan menggunakan iringan musik.

Dengan bergeraknya seluruh anggota tubuh membuat proses pembakaran berjalan efektif. Ada sebagian orang menjadikan menari sebuah hobi yang menyenangkan dilakukan. Ada juga yang menjadikan menari sebagai profesi.

Apapun tujuan dasar seseorang menari, hasil yang didapat tetap sama yaitu memiliki bentuk tubuh yang ideal serta dapat menyehatkan tubuh

9. Squat Jump

Olahraga yang satu ini dapat menguatkan dan mengencangkan otot kaki, dan otot perut. Olah raga ini sangat baik untuk menurunkan berat badan. Dengan cara melompat lalu jongkok sambil melipat kedua tangan dibelakang kepala.

10. Push up

Push up sangat efektif mengecilkan perut. Olahraga ini biasa dijadikan sebagai hukuman saat kita melakukan kesalahan saat di sekolah atau ditempat latihan lain. Push up juga dapat menguatkan otot kaki dan tangan.

Jika anda menginginkan bentuk tubuh yang ideal anda bisa memulai pemanasan dan peregangan otot agar tak terjadi cidera dan kram perut lalu diselesaikan dengan push up sebanyak yang anda mampu.

11. Yoga

Yoga merupakan olahraga untuk diet berikutnya. Yoga selain dapat membakar lemak juga dapat merelaksasi pikiran anda dengan cara mengosongkan pikiran anda dan melupakan semua masalah.

Olah raga ini memang tidak banyak bergerak namun olah raga ini justru dapat membakar lemak dan kalori sekaligus. Jadi sangat cocok untuk penurunan berat badan. Lakukan yoga sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu ditempat- tempat pelatihan yoga atau juga dapat dilakukan dirumah menggunakan panduan dari televisi.

12. Pull up

Pull up merupakan olahraga untuk diet yang efektif membentuk tubuh. Dalam melakukan olah raga ini anda biasanya membutuhkan tiang untuk menumpukan tubuh anda.

Olahraga yang satu ini membutuhkan banyak tenaga sehingga proses pembakaran kalorinya akan lebih maksimal. Lakukan olah raga ini 1 hingga 2 set perhari sudah mampu membakar kalori

13. Squat Thrust

Olah raga yang satu ini merupakan olah raga kombinasi antara squat jump dan push up yaitu dengan cara jongkok dan melompat setinggi –tingginya tapi bukan jongkok kembali seperti saat squat jump namun merebahkan tubuh anda dengan meluruskan kaki kebelakang dan menjadikan tangan sebagai penahan tubuh seperti kegiatan push up.

Dengan mengkombinasikan kedua olahraga tersebut maka tenaga yang dibutuhkan juga doble. Jadi pembakaran yang terjadi juga dua kali lipat lebih banyak. Olahraga ini dapat menguatkan otot kaki, otot tangan, serta otot perut anda sehingga bentuk tubuh anda akan bebas lemak dan membentuk sempurna.

Olah raga ini sepertinya sedikit keras yang cocok bagi para lelaki namun bagi para wanita jika sanggup juga diperbolehkan melakukan olah raga ini. Anda dapat melakukan squat thrust sebanyak 4 sampai 5 set per hari.

Artikel terkait: Tips Cara Diet Ala Deddy Corbuzier untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

14. Plank

Olahraga ini merupakan olah raga tambahan saat anda melakukan push up yaitu pertama-tama lakukan gerakan push up lalu angkat tubuh anda dengan tangan menjadi penumpu badan lalu tahan selama 1 sampai 2 menit atau bisa selama 4 sampai 5 menit sesuaikan dengan kemampuan anda.

Olahraga yang satu ini dapat membuat oto menjadi kuat seperti otot perut, otot tangan dan otot kaki. Serta dapat mengurangi berat badan serta membentuk badan lakukan olah raga ini di pagi hari.

15. Jumping Jack

Olah raga ini merupakan olahraga tambahan lompat tali yaitu dengan menambah membukan kaki anda saat ayunan tali berada diatas kepala anda sambil bertepuk tangan. Lalu tangan diturunkan saat anda menutup kaki anda kembali. Lakukan per set nya sebanyak 10 kali lompatan.

16. Salsa

Menari memiliki berbagai gaya dan judul salah satunya adalah salsa. Salsa juga dapat dijadikan olahraga untuk diet. Dengan melakukan salsa akan menggerakkan seluruk bagian tubuh membuat tubuh kita berkeringat dan sehat

Salah satu ciri terjadinya pembakaran lemak adalah dengan olah raga yang berkeringat. Salsa selain dapat menurunkan berat badan juga dapat menguatkan persendian.

17. Karate

Karate merupakan salah satu olahraga yang juga dapat dijadikan sebagai tameng untuk membela diri. Didalam karate kita akan melakukan banyak jurus yang membuat seluruh tubuh kita bergerak sehingga pembakaran kalori dapat maksimal.

Itulah beberapa olahraga untuk diet yang dianjurkan anda lakukan saat anda mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan atau diet maka diimbangi dengan olah raga teratur seperti olah raga di atas. Simak juga Pola Makan Diet yang Harus Anda Perhatian!

Leave a Reply