Daftar Pantangan Ibu Hamil Muda

Pantangan Ibu Hamil Muda – Di trimester pertama kehamilan, ada banyak pantangan ibu hamil muda yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Dari mulai hal sepele seperti minuman berkafein, sampai dengan yang agak ekstrim seperti alkohol, semuanya harus dihindari karena berpotensi menimbulkan permasalahan kesehatan pada ibu dan janin.

Penting untuk diketahui, masa – masa awal kehamilan adalah saat yang sangat krusial. Di masa ini, ibu hamil akan mengalami banyak perubahan, terutama di bagian struktur jaringan hormon dalam tubuh. Perubahan struktur jaringan hormon ini acap kali menimbulkan berbagai macam permasalahan kesehatan seperti morning sickness, permasalahan pencernaan, dll.

Di masa awal kehamilan, janin juga masih sangat rentan dan sensitif. Menurut hasil penelitian sekitar 70 persen kasus keguguran terjadi di masa – masa ini. Itulah kenapa ibu hamil muda dianjurkan untuk lebih berhati – hati.

Lantas apa saja sih yang tergolong ke dalam pantangan ibu hamil muda?

Pantangan Ibu Hamil Muda via Obathersmanjur

Pantangan Ibu Hamil Muda via Obathersmanjur

Ragam Pantangan Ibu Hamil Muda

Pada dasarnya, kehamilan merupakan hal yang bersifat sangat personal. Apa – apa yang dialami oleh seorang ibu hamil belum tentu akan dialami juga oleh ibu hamil lainnya. Oleh karena itu, pantangan ibu hamil muda pun sebenarnya juga berbeda – beda tergantung pada kondisi tubuh masing – masing.

Walaupun begitu, secara umum ada beberapa aktivitas yang sama sekali tidak boleh atau sangat dianjurkan untuk dihindari oleh ibu hamil muda. Beberapa aktivitas tersebut adalah sebagai berikut:

1. Merokok atau Terpapar Asap Rokok

Di era modern seperti sekarang ini, aktivitas merokok sudah dianggap sebagai hal yang wajar baik itu untuk kaum pria maupun kaum wanita.

Nah, jika selama ini Anda sudah terbiasa merokok, selepas hamil Anda harus mulai menghentikan atau paling tidak mengurangi kebiasaan merokok Anda tersebut.

Hal ini penting untuk dilakukan karena kandungan zat kimia berbahaya yang terdapat dalam asap rokok berpotensi mengganggu dan menghambat proses perkembangan janin dalam kandungan.

Kalaupun Anda tidak merokok, Anda harus tetap waspada, terutama jika suami Anda adalah seorang perokok aktif.

Pasalnya, paparan asap rokok yang Anda hirup tetap bersiko menimbulkan dampak negatif yang sama seperti halnya ketika Anda merokok secara aktif.

2. Mengonsumsi Alkohol

Pantangan ibu hamil muda yang kedua adalah mengonsumsi alkohol.

Alkohol telah terbukti dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran, bayi lahir prematur, dan bayi terlahir dengan berat badan di bawah normal.

Tidak hanya itu, jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman beralkohol juga beresiko menimbulkan kerusakan organ hati dan pankreas.

Untuk itu, di masa – masa awal kehamilan, Anda harus menghindari minuman beralkohol.

3. Mengonsumsi Obat Tanpa Arahan Dokter

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengonsumsi obat “warung” terbesar di seluruh penjuru dunia.

Bagi mayoritas orang Indonesia, mengonsumsi obat tanpa meminta petunjuk dan arahan dari tim medis sudah dianggap sebagai hal yang wajar dan “aman” untuk dilakukan.

Dalam kebanyakan kasus, hal tersebut memang benar adanya. Namun, tidak demikian jika Anda sedang hamil muda.

Menurut hasil penelitian, beberapa rangkaian produk obat bebas yang aman untuk dikonsumsi saat tidak hamil telah terbukti dapat menimbulkan bahaya jika dikonsumsi saat hamil.

Kalaupun ingin mengonsumsi obat, jenis dan dosisnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter ataupun tenaga medis lainnya.

4. Mengonsumsi Sembarang Suplemen Makanan

Selain mengonsumsi obat, masih ada satu lagi pantangan ibu hamil muda yang tidak boleh disepelekan, yaitu mengonsumsi sembarang suplemen makanan.

Mengonsumsi suplemen makanan pada dasarnya adalah hal yang bagus. Di situasi tertentu, ibu hamil muda bahkan akan dianjurkan atau bahkan diwajibkan untuk mengonsumsi produk suplemen makanan tertentu.

Hanya saja, kembali lagi, sama seperti halnya obat, jenis dan dosis produk suplemen makanan yang dikonsumsi saat hamil muda harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Hal ini perlu dilakukan karena zat kimia yang terdapat pada produk suplemen makanan dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Simak juga yuk: Daftar Makanan Buat Ibu Hamil Biar Pintar Seperti Einsten

5. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Berkafein Secara Berlebihan

Pantangan ibu hamil muda yang selanjutnya adalah mengonsumsi makanan dan minuman berkafein secara berlebihan.

Dalam satu hari, ibu hamil hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi sekitar 200 mg kafein. Jika dosis kafein yang dikonsumsi melebihi angka tersebut, maka risiko ibu hamil untuk mengalami keguguran akan mengalami peningkatan.

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman berkafein saat hamil juga telah terbukti dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan darah tinggi.

Untuk itu, selalu patuhi batas wajar angka konsumsi kafein harian Anda ya!

6. Mengenakan Bra Biasa

Perubahan hormon yang terjadi di masa – masa awal kehamilan biasanya akan membuat payudara menjadi lebih sensitif, bengkak dan terasa nyeri. Dalam beberapa kasus, payudara terkadang juga akan terasa berat dan penuh.

Nah, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, ibu hamil muda dianjurkan untuk tidak lagi mengenakan bra biasa.

Sebagai gantinya, ibu hamil uda dianjurkan untuk mengenakan bra khusus ibu hamil yang lebih kokoh dan tidak menimbulkan rasa sakit.

7. Mengonsumsi Makanan Mentah

Pantangan ibu hamil muda yang selanjutnya adalah mengonsumsi makanan dalam kondisi mentah.

Makanan mentah cenderung lebih beresiko mengandung bakteri dan bibit penyakit.

Itulah kenapa ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan mentah.

Kalaupun ingin mengonsumsinya, ibu hamil dianjurkan untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan air bersih yang mengalir.

8. Terlalu Banyak Mengonsumsi Ikan

Ikan laut pada dasarnya merupakan bahan makanan yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sayangnya, beberapa jenis ikan laut, seperti tuna, salmon dan makerel cenderung memiliki zat merkuri yang berbahaya untuk kandungan.

Untuk itu, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi produk makanan laut dalam porsi yang terlalu banyak.

Kalaupun Anda ingin mengonsumsinya, konsumsilah produk ikan tersebut dalam kondisi yang benar – benar matang.

9. Mengonsumsi Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Pantangan ibu hamil muda yang berikutnya adalah mengonsumsi produk susu yang tidak dipasteurisasi.

Sama seperti halnya produk makanan mentah, susu yang tidak dipasteurisasi juga bersiko mengandung bakteri dan bibit penyakit yang beresiko mengancam kesehatan ibu hamil dan janin.

Jadi, jika ingin mengonsumsi susu murni, pastikan susu tersebut sudah dipasteurisasi ya bu!

10. Malas Beraktivitas Fisik

Karena perubahan hormon yang terjadi di masa – masa awal kehamilan, biasanya ibu hamil akan menjadi lebih mudah merasa lelah dan kecapaian.

Jika sudah begini, biasanya mayoritas ibu muda akan menjadi uring – uringan dan malas untuk beraktivitas.

Padahal, agar bisa cepat kembali sehat seperti sedia kala, ibu hamil perlu beraktivitas fisik.

Untuk itu, sebisa mungkin, usahakanlah untuk bergerak dan beraktivitas fisik, terutama saat pagi dan sore hari.

11. Bersepeda

Bumil, kamu dianjurkan untuk tetap beraktivitas fisik selama masa hamil muda, tapi kamu tidak dianjurkan untuk bersepeda.

Bersepeda saat kamu sedang hamil muda bisa menyebabkan rahim kamu mengalami tekanan dan kontraksi yang berlebihan. Sehingga jika dibiarkan akan mengakibatkan kamu keguguran.

12. Lari

Bunda, kamu sebaiknya juga jangan berolahraga lari. Memang lari ya, bukan lari dari masalah :D. Saat kamu sedang hamil muda, berlari dapar menyebabkan goncangan pada rahim, terutama lari sprint.

Berlari dapat meningkatkan resiko jatuh dan cedera yang lebih besar dibandingkan dengan saat kamu tidak sedang mengandung. Beban berat badan serta goncangan perut yang kerap kali terjadi saat berlari merupakan alasan mengapa resiko jatuh dan cederanya tinggi. Sehingga bila kamu tidak hati-hati, bisa bisa kamu akan kehilangan bayi kamu.

13. Makanan Dengan Pengawet Tinggi

Sebaiknya saat hamil kami jangan sering-sering mengkonsumsi makanan berbahan pengawet tinggi, kalau bisa berpengawet rendah juga dihindari. Mengkonsumsi makanan berpenggawet tinggi ini dapat membahayakan otak janin anda. Otak anak anda akan lambat proses perkembangannya.

Beberapa jenis makanan yang berpengawet tinggi seperti:

  • Mie instan
  • Sarden
  • Kornet
  • Makanan yang dikalengkan.

14. Mengkonsumsi Sushi

Selama ini mungkin anda sangat suka mengkonsumsi sushi, tapi waktu anda sedang hamil muda, sebaiknya jangan mengkonsumsi sushi ya.

Kenapa? Karena sushi sendiri merupakan makanan mentah, pastinya tidak steril dan masih mengandung bibit penyakit.

Jika anda tetap mengkonsumsi sushi ini, dapat mengakibatkan janin mengalami pembengkakan cairan di saraf kepalanya. Akibatnya kepala bayi akan berukuran besar.

Tidak tanggung-tanggung, berikut ini beberapa jenis bakteri yang bisa terkandung di dalam sushi dan bahayanya:

  • Bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare dan juga kram perut.
  • Bakteri coliform.
  • Toksoplasmosis merupakan sejenis bakteri yang akan menyebabkan janin mengalami penyakit tokso. Tokso ini akan menyerang bagian kepala bayi.

Artikel terkait: Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Penting dan Sumbernya

Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang baik untuk dikonsumsi. Tapi ternyata tidak semua jenis buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Berikut ini beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda:

Durian

Buah yang pertama adalah durian. Siapa sih yang tidak suka dengan buah berkulit tajam dan memiliki aroma semerbak ini.

Bunda ketika hamil muda sebaiknya tidak mengkonsumsi durian. Durian ini mengandung alkohol yang dapat mengakibatkan perut menjadi panas. Akibatnya janin akan mengalami keguguran.

Nangka

Selain durian, bumil sebaiknya juga tidak mengkonsumsi buah nangka. Buah nangka yang berwarna kuning cantik ini memang sangat menggoda.

Ternyata buah nanas ini juga mengandung alkohol yang tinggi. Jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan keguguran.

Nanas

Wah, nanas sih memang sudah terkenal berbahaya untuk janin. Karena memang nanas ini mengandung zat berbahaya untuk janin, apalagi nanas muda. Berikut ini alasan nanas berbahaya untuk dikonsumsi bumil:

  • Pertama, buah ini memiliki kandungan bromelain yang dapat mengakibatkan leher rahim menjadi lunak sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin lama tumbuh semakin besar. Akibatnya ibu hamil akan mengalami keguguran karena leher rahim lunak.
  • Selanjutnya, buah ini juga memiliki kandungan alkohol yang menyebabkan rasa panas di perut.
  • Terakhir, buah ini juga memiliki rasa gatal, jika ibu hamil mengkonsumsinya membuat perut ibu hamil terasa gatal-gatal.

Pepaya Muda

Bumil sebaiknya juga tidak mengkonsumsi pepaya muda. Pepaya muda biasanya dijadikan sebagai masakan. Nah, bumil sebaiknya tidak mengkonsumsi buah pepaya muda, karena:

  • Pertama, getah pada pepaya muda membuat ibu hamil akan mengalami kontraksi sehingga bayi akan lahir prematur.
  • Getah pepaya membuat rasa gatal pada ibu hamil dan juga janin.
  • Getah pepaya membuat plasenta menjadi lengket seperti sayur nangka.

Baca juga yuk: 15 Khasiat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil dan Janin

Buah yang Dikalengkan

Selanjutnya, bumil sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis buah apapun yang dikalengkan, karena mengandung banyak pengawet.

Anggur

Bumil, sebaiknya anda urungkan niat dulu untuk membeli buah anggur. Kenapa? Karena buah ini ternyata:

  • Buah ini tinggi kandungan gulanya sehingga akan membuat janin terkena bahaya obesitas bagi ibu hamil.
  • Masih berupa kandungan gula, kandungan gula dalam anggur mudah menjadi fermentasi, fermentasi sangat tidak baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena mengandung alkohol.
  • Terakhir, akohol pada anggur akan menyebabkan suhu di dalam rahim meningkat secara tajam, akibatnya perut menjadi panas dan janin tidak bisa bertahan.

Cempedak

Selain nangka, bumil sebaiknya juga tidak mengkonsumsi cempedak, karena dapat mengakibatkan kontraksi dini.

Buah Kepel

Terakhir, bumil sebaiknya tidak mengkonsumsi buah kepel. Karena buah yang mirip dengan sawo dan kiwi ini dapat mengakibatkan keputihan berlebih. Ibu hamil akan mengalami keputihan, oleh sebab itu jangan memperburuk kondisi dengan memakan buah kepel agar keputihannya tidak berlebihan.

*****

Itulah beberapa pantangan ibu hamil muda dan jenis buah yang yang harus Anda hindari untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: Panduan Kehamilan pada Trimester Pertama

Leave a Reply