Pantangan Penyakit Kolesterol yang Wajib Anda Hindari Sejak Saat ini!

Pantangan kolesterol – Kolesterol tinggi merupakan penyakit yang dapat memicu munculnya penyakit lain yang tak kalah berbahaya, sebab kolesterol tinggi akan menyumbat berbagai saluran di dalam tubuh sehingga akan banyak fungsi organ yang terganggu kinerjanya.

Untuk itu kita patut waspada terhadap hal-hal yang dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat di dalam darah dengan menjauhi segala pantangan kolesterol. Maraknya kemunculan  rumah makan siap saji saat ini menjadi pemicu utama naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol tinggi juga dapat menjerat siapa saja tanpa memandang batas usia serta jenis kelamin. Terutama anda yang gemar mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi serta mengandung lemak trans.

Agar kita tidak terjangkit wabah kolesterol ada baiknya kita mengetahui apa saja pantangan kolesterol agar kita bisa lebih berhati-hati dan menghindari penyakit tersebut. Kadar kolesterol bisa dikatakan normal ketika kadarnya berada di angka 150 mg/dl. Jika kadar kolesterol dalam darah anda melebihi batas tersebut berarti anda patut waspada karena berbagai penyakit akan mengancam tubuh anda.

Pantangan kolesterol

Pantangan kolesterol

Pantangan kolesterol

Penyakit kolesterol merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menjadi awal dai munculnya berbagai macam penyakit berbahaya lainnya. Untuk itu menjaga kestabilan kada kolesterol dalam darah merupakan hal yang harus dilakukan.

Jangan lewatkan: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Untuk menjaga kestabilan kada kolesterol kita tentunya harus menjauhi pantangan kolesterol. Pantangan kolesterol memang sedikit sulit dijauhi karena berbagai makanan pantangan kolesterol merupakan makanan yang cukup lezat dan digemari oleh berbagai kalangan.

Mari kita melihat beberapa pantangan kolesterol yang wajib kita hindari seperti berikut ini:

1. Daging unggas

Pantangan kolesterol yang pertama adalah daging unggas. Namun bukan semua jenis daging unggas tidak dapat kita konsumsi, hanya saja daging unggas yang mengandung banyak lemak didalamnya harus kita jauhi. Seperti daging ayam dengan kulit mengandung kolesterol jahat sebanyak 160 mg/dl, sedangkan daging bebek dengan kulit mengandung kolesterol jahat sebesar 165 mg/dl.

2. Makanan olahan daging

Makanan olahan daging memang wajib dijauhi karena makanan tersebut diolah dengan memasukkan lemak ke dalamnya seperti contohnya sosis sapi dan ayam. Untuk itu sebaiknya anda menjauhi makanan tersebut agar tidak terserang penyakit kolesterol tinggi.

3. Daging ternak

Beberapa jenis daging ternak yang mengandung kadar lemak tinggi juga wajib anda hindari. Seperti contohnya daging sapi dengan lemak tinggi serta jenis hewan ternak lainnya yang memiliki kadar lemak tinggi di dalamnya.

4. Belut

Belut memang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi dengan rasa yang gurih. Berbagai nutrisi di dalam belut dapat membantu mencerdaskan otak, namun konsumsinya harus tetap dibatasi karena daging belut memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi sekitar 185/10 gr.

5. Seafood

Sudah bukan rahasia lagi jika seafood atau makanan laut memiliki kadar kolesterol sangat tinggi. Untuk itu sebaiknya makanlah seafood dengan porsi kecil di bawah 10 gr dengan intensitas yang jarang. Beberapa contoh seafood yang mengandung kadar kolesterol tinggi adalah udang serta kerang.

6. Gula berlebih

Penderita kolesterol sangat rentan terserang berbagai penyakit lain untuk itu menjaga pola makan menjadi sangat penting. Contohnya anda harus menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula agar tidak terserang diabetes.

Jika anda sudah mengalami kadar kolesterol tinggi lalu ditambah lagi dengan naiknya kadar gula maka akhirnya tubuh akan semakin sakit dan akan semakin sulit disembuhkan.

7. Kentang olahan

Kentang sebenarnya memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Namun jika dikonsumsi dengan cara yang salah justru dapat menyebabkan naiknya kolesterol jahat dalam darah.

Pengolahan kentang dengan cara digoreng sebaiknya anda hindari karena dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol sebab kentang mampu meresap lebih banyak minyak trans sehingga banyak minyak jenuh yang terkandung di dalamnya.

8. Pizza

Pizza menjadi salah satu pantangan kolesterol yang cukup jahat. Di dalam setiap potong pizza memiliki kandungan lemak jenuh sebanyak 4,4 gr. Belum lagi beberapa bahan dasarnya mengandung banyak lemak jenuh seperti mentega, telur, sosis serta masih banyak lagi sumber lemak lainnya.

9. Jagung panggang

Jagung yang diolah dengan cara dipanggang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi sekitar 60 gr. Apalagi biasanya pengolahan jagung panggang menggunakan mentega, santan serta keju, hal tersebut tentunya akan lebih berbahaya lagi.

10. Makanan yang diolah dengan cara digoreng

Makanan yang digoreng sebenarnya masih boleh dinikmati asal minyak yang digunakan untuk manggang terbuat dari lemak tak jenuh seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Namun pengolahan dengan cara ini sangat dilarang karena minyak yang digunakan biasanya mengandung minyak trans. Contoh minyak yang haus dihindari minyak kelapa sawit, mentega.

11. Beberapa jenis sayur

Beberapa jenis sayur berikut ini juga harus dibatasi konsumsinya. Namun bagi anda yang sudah positif menderita kolesterol tinggi sebaiknya anda menjauhi sayuran tersebut seperti daun singkong, sawi, asparagus, kol, daun pepaya, serta jamur kuping.

12. Kacang-kacangan

Selain beberapa jenis yang wajib dihindari, beberapa jenis kacang-kacangan berikut ini juga bisa menjadi sumber kolesterol seperti kacang tanah, kacang hijau serta melinjo. Selain itu makanan yang terbuat dari kacang tersebut juga harus dihindari.

13. Jeroan

Jeroan menjadi salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga untuk anda yang sudah positif menderita penyakit kolesterol tinggi sebaiknya jauhi makanan tersebut. Makanan ini sangat berbahaya serta dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan cepat. contohnya usus, hati serta limfa.

14. Merokok

Kebiasaan merokok dapat menekan kadar kolesterol baik di dalam darah sehingga kada kolesterol jahat akan semakin meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh zat adiktif yang terkandung di dalam rokok.

15. Makanan bersantan

Pantangan kolesterol selanjutnya adalah makanan yang mengandung santan. Karena santan merupakan sumber lemak trans jika dalam proses memasaknya menggunakan api besar serta dimasak terlalu lama.

16. Minuman beralkoh*l

Kecanduan minuman beralkoh*l memang dapat merusak tubuh dan pikiran. Berbagai penyakit juga akan mudah menyerang tubuh salah satunya dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dan menekan kadar kolesterol baik.

17. Daging merah

Mengkonsumsi daging merah memang sangat lezat namun jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol jahat. Dengan begitu konsumsi daging merah dalam jumlah yang kecil serta intensitas yang jarang

18. Air kelapa

Bukan hanya santannya saja yang dapat meningkatkan kolesterol dalam darah namun air kelapa juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu beberapa makanan lain juga dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah seperti es krim, keju, kuah daging dan kaldu.

19. Kue

Kue memang memiliki rasa yang sangat lezat namun berbagai bahan yang digunakan mengandung kadar kolesterol tinggi seperti susu, telur, tepung, mentega, gula dan masih banyak bahan lainnya. Beberapa contoh jenis kue yang menjadi pantangan kolesterol seperti kue pai dengan kadar kolesterol sebesar 350 mg dengan kadar gula yang juga tinggi, kue coklat basah dengan kadar kolesterol sebesar 290 mg.

Baca juga: Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Sakit Maag

Minuman Pantangan Kolesterol tinggi

Berikut ini juga beberapa minuman pantangan kolesterol yang sebaiknya anda hindari, kalau pun tidak bisa konsumsilah dalam jumlah yang sangat sedikit. Apa saja kira-kira? Simak berikut ini:

1. Berbagai Macam Susu

Minuman pantangan kolesterol yang pertama adalah berbagai macam susu, perlu anda ketahui, tidak semua jenis susu yang dilarang untuk anda penderita kolesterol, susu sangat baik dikonsumsi karena mengandung kalsium, vitamin dan juga mineral.

Untuk jenis susu yang dilarang yaitu:

  • Jenis susu yang dilarang yang pertama adalah susu sapi, karena di dalam susu sapi menghasilkan kolesterol sebanyak 250 mg.
  • Jenis susu yang kedua adalah susu sapi yang dilengkapi dengan cream. Kandungan cream yang mengandung banyak lemak tidak boleh masuk di penderita kolesterol.

2. Kopi

Selain itu, kopi juga menjadi salah satu minuman pantangan kolesterol yang harus diwanti-wanti. Kopi hitam sebenarnya tidak masalah untuk dikonsumsi. Yang menjadi masalah adalah ketika kopi dicampurkan dengan creamer dan juga susu. Akan membuat kandungan lemak tinggi.

Cara diet kolesterol

Selain mengkonsumsi berbagai jenis obat untuk membantu menurunkan kolesterol, diet kolesterol juga bisa membantu anda menormalkan kadar kolesterol dalam darah seperti berikut ini:

Jangan lewatkan juga: Panduan Diet Golongan Darah A: Karakteristik, Pantangan, serta Menu Makanan Sehat

  • Rajin olahraga

Rajin olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berbagai penyakit dapat disembuhkan dengan rajin berolahraga salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan rajin olahraga maka sistem metabolisme juga akan menjadi lancar sehingga proses pembakaran dan pembuangan lemak juga akan maksimal sehingga tidak akan terjadi penumpukan lemak seta kolesterol.

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Memilih-milih makanan adalah hal yang haus kita lakukan. Jika beberapa makanan diatas dapat meningkatkan kolesterol maka anda bisa menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti perbanyak buah dan sayur yang mengandung banyak nutrisi, penuhi kebutuhan lemak tak jenuh, protein, serat dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Hindari stres

Menghindari stres menjadi salah satu kunci hidup sehat. Dengan menghindari stres berarti kita juga menjauhkan tubuh dai berbagai penyakit berbahaya salah satunya penyakit kolesterol. Jika anda tidak bisa menghindari stres sebaiknya anda dapat mengelola stres dengan baik dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Jangan lewatkan juga: 31 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Bagaimana? Ternyata ada banyak makanan dan pola hidup pantangan kolesterol yang selama ini mungkin masih anda lakukan atau anda konsumsi. Nah mulai saat ini batasi konsumsi makanan tersebut, atau hindari kebiasaan tidak sehat terbut agar hidup anda semakin nyaman dan sehat.

Demikianlah ulasan seputar pantangan kolesterol yang wajib anda hindari. Semoga bermanfaat untuk anda semua, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin banyak lagi yang mengetahui pantangan kolesterol itu apa-apa saja. Simak juga: Daftar Sayuran Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi!

Leave a Reply