Info Penyakit Herpes Mulai dari Penyebab Sampai Cara Mengobatinya

Penyakit herpes merupakan penyakit kulit yang bisa menular pada siapa saja. penyakit herpes adalah  penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh. Virus akan tumbuh dan berkembang biak saat daya tahan tubuh melemah.

Saat kondisi daya tahan tubuh meningkat maka penyakit herpes bisa sembuh dengan sendirinya namun belum diketahui jangka waktu yang tepat. Meski anda sudah merasa sembuh dari penyakit tersebut tetap saja penyakit herpes bisa datang kembali sewaktu-waktu.

Virus penyebab penyakit herpes berawal dari penyakit cara air yang disebut virus varicella-zoster. Virus ini menetap pada kondisi kulit yang tidak aktif atau pusat syaraf posterior  pada penyakit cacar air.

Saat cacar air sudah dinyatakan sembuh total namun virus tersebut akan tetap tinggal di tubuh maka saat daya tahan tubuh melemah maka virus tersebut akan bekerja kembali dan menjadi penyakit herpes.

Penyakit herpes memiliki bentuk seperti cacar air yang berbentuk bintik-bintik kecil berwarna merah yang berisi cairan. Cairan tersebutlah yang nantinya akan menyebabkan penularan yang cukup serius pada anggota tubuh lainnya bahkan ke tubuh orang lain.

Penyakit Herpes

Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Sebenarnya penyakit herpes akan semakin parah saat seseorang kekurangan nutrisi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaiknya konsumsi berbagai makanan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh seperti bawang putih serta beberapa makanan lainnya.

Gejala Penyakit herpes

Setelah kita mengetahui bentuk penyakit herpes sebaiknya kita mengetahui beberapa gejala awal penyakit herpes agar kita tidak terlambat menangani penyakit tersebut. Seperti berikut ini:

  • Kulit akan mengalami pembengkakan pada kelenjar utama khususnya kelenjar getah bening
  • Anggota tubuh tertentu akan sering mengalami kesemutan dimana virus tersebut bersembunyi dan menginfeksi tubuh
  • Pada bagian yang terinfeksi virus akan timbul gelembung kecil bintik-bintik merah bahkan bisa sampai melepuh. Dimana bagian tersebut akan terasa sakit dan panas
  • Hindari beberapa makan yang bisa memicu pertumbuhan penyakit herpes seperti udang, kepiting, kerang, terasi, telur, daging kambing, nangka, singkong, tape, sirsak dan minuman beralkohol.
  • Jaga kebersihan tubuh saat anda menggunakan obat berupa bedak atau salep agar penyembuhan bisa maksimal
  • Gelembung kecil tersebut lama-kelamaan berisi cairan yang akan semakin berkembang dan berkumpul dalam jumlah yang banyak
  • Dalam waktu 10 hari penyakit herpes akan sembuh dengan sendirinya jika gejala yang ditunjukkan seperti di atas
  • Penyakit herpes akan semakin serius jika menunjukkan gejala lebih lanjut dan pengobatannya akan lebih lama lagi seperti sesak napas, demam, sendi terasa nyeri, pegal pada beberapa anggota tubuh, serta menggigil.
  • Mulut akan terasa seperti terserang sariawan pada tempat yang sama secara terus-menerus maka penyakit herpes membutuhkan penanganan lebih lanjut

Itulah beberapa penyebab penyakit herpes yang wajib kita ketahui agar dapat segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Penyebab Penyakit Herpes

Sama seperti penyakit lainnya yang memiliki sebab maka begitu juga dengan penyakit herpes memiliki beberapa penyebab seperti berikut ini:

  • Penyakit herpes bisa disebabkan oleh virus yang berasal dari cacar air
  • Penularan juga bisa menjadi penyebab seseorang terserang terserang penyakit herpes. Penularan bisa terjadi melalui udara yang membawa virus herpes karena kita berada satu ruangan dengan seseorang yang menderita penyakit tersebut
  • Penularan secara langsung juga bisa terjadi akibat ada kontak langsung dengan penderita herpes.
  • Virus herpes yang menginfeksi tubuh tidak akan berkembang biak jika kondisi tubuh dan pikiran sedang baik. namun jika saat virus herpes menginfeksi tubuh kita saat keadaan pikiran sedang stres maka penyakit tersebut akan sangat mudah aktif dan berkembang di tubuh kita
  • Paparan sinar matahari dan angin yang langsung mengenai tubuh akan membuat penyakit herpes semakin bertambah parah. Sebaiknya tetap berdiam diri di rumah saat tubuh anda terserang penyakit herpes.

Penyakit herpes biasa menyerang lapisan kulit terluar yang berbentuk bintik-bintik kecil yang semakin lama semakin berkumpul menjadi semakin banyak dan berisi cairan yang bisa menular pada anggota tubuh lain atau orang lain.

Virus menjadi penyebab utama penyakit herpes akibat pengaruh dari daya tahan tubuh  melemah yang diperoleh secara eksogen dan endogen. Penyakit ini memiliki frekuensi penularan sangat cepat namun penyembuhannya juga bisa terjadi sangat cepat saat daya tahan tubuh meningkat.

Namun saat daya tahan tubuh menurun maka penyakit ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk penyembuhannya bahkan dibutuhkan cara tertentu untuk mengobati penyakit herpes.

Penyakit herpes bahkan bisa menular tanpa bersentuhan langsung dengan penderitranya. Penularan lewat udara juga bisa terjadi akibat berada satu ruangan dengan orang yang terkena herpes.

Penyakit herpes juga bisa menular melalui hubungan seksual serta pada ibu hamil yang bisa menularkan pada bayinya. Sehingga operasi caesar lebih baik dilakukan pada masa persalinan.

Jenis Penyakit Herpes pada Kulit

Penyakit herpes pada umumnya disebabkan oleh virus yang menyerang bagian kulit yang membentuk gelembung berisi cairan yang dapat menular pada siapa saja. penyakit herpes biasanya dapat mempengaruhi beberapa anggota tubuh seperti mulut, sekitar penis, vagina, paha atau pantat.

Penyakit ini akan membuat luka pada mulut serta lecet pada alat kelamin. Penyakit herpes jangan dianggap sepele karena penanganan yang lambat akan menimbulkan komplikasi yang cukup serius akibat daya tahan tubuh yang melemah.

Penyakit herpes sebenarnya memiliki 2 jenis yaitu herpes simplex dan herpes zoster.

  • Herpes simplex

Herpes simplex ini biasa terjadi pada bagian mulut dan alat kelamin yang bisa berupa luka dinding seperti borok pada kulit atau selaput lendir (lapisan lembab tipis seperti yang terdapat pada hidung, mulut, tenggorokan, serta alat kelamin.

Herpes ini lebih dikenal sebagai HVS yang menginfeksi sel-sel epitel dan tetap laten dalam neuron. Penyakit herpes komplex ini bisa menyebabkan komplikasi seperti radang otak, radang gusi dan lapisan lendir mulut, kekeringan parah pada mata yang melibatkan kornea dan ulkus kornea dendritik.

  • Herpes zoster

Penyakit herpes jenis ini disebabkan oleh virus yang juga menyebabkan cacar air. Bahkan virus herpes zoster lebih berbahaya dari pada cacar air karena virus ini akan tetap hidup di dalam tubuh selama bertahun-tahun bahkan ketika cacar air sudah dinyatakan sembuh.

Penyakit herpes ini bukan hanya menyerang bagian kulit namun juga dapat menyebar ke organ viseral terutama pada penderita immunocompromised. Penderita penyakit ini sangat sensitif terhadap cahaya.

Gejala awal yang ditunjukkan penderita herpes ini adalah sakit kepala, akan merasa seperti sedang flu tapi tidak disertai dengan demam, lalu akan terasa gatal-gatal, kesemutan serta nyeri dibagian tubuh tertentu yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Penyakit ini biasanya berasal dari penyebab cacar yang akan aktif selamanya di dalam tubuh dan menjadi lebih agresif ketika daya tahan tubuh melemah, stres, serta beberapa obat tertentu dapat memicu aktifnya virus tersebut dan dapat menyebabkan ruam herpes zoster.

Penyebab Penyakit Herpes Parah

Penyakit herpes pada umumnya juga memiliki beberapa penyebab yang dapat memicu aktifnya virus tersebut akibat beberapa hal berikut ini:

  • Terlalu lama berada di luar yang membuat tubuh terpapar cahaya matahari dan udara secara langsung karena penderita herpes lebih sensitif terhadap cahaya matahari dan udara. Hal ini akan membuat penyakit semakin parah
  • Penyakit herpes juga sangat berbahaya saat anda sedang mengalami demam tinggi yang otomatis daya tahan tubuh juga sedang menurun dimana hal itu akan membuat virus semakin agresif
  • Stres fisik dan emosi menjadi salah satu penyebab aktifnya virus yang menyebabkan penyakit herpes menjadi lebih serius. Sebaiknya kelola stres dengan baik karena stres memang menjadi kunci berbagai penyakit menyerang tubuh salah satunya penyakit herpes
  • Sehabis melakukan operasi
  • Melakukan aktivitas seksual dengan pasangan yang mengidap herpes menjadi salah satu penyebab penularan penyakit herpes
  • Pada saat haid. Kebersihan organ intim yang kurang terjaga saat masa menstruasi dan penggunaan pembalut yang kurang cocok dengan kulit akan memicu perkembangan penyakit herpes
  • Mengkonsumsi makanan atau obat-obatan tertentu juga bisa memicu aktifnya virus penyebab herpes
  • Perilaku homo seksual bisa menjadi penyebab herpes
  • Kurang menjaga kebersihan

Obat Penyakit Herpes Tradisional

Meski penyakit herpes dapat menyembuhkan dirinya sendiri namun waktu yang dibutuhkan belum pasti bisa dalam waktu singkat serta bisa dalam waktu yang lama. sebaiknya lakukan pengobatan untuk mempercepat penyembuhan penyakit tersebut menggunakan obat-obatan tradisional seperti berikut ini:

1. Madu

Khasiat madu memang tidak perlu diragukan lagi. Berbagai kandungan pada madu mampu mengobati berbagai penyakit. Mengkonsumsi madu secara teratur juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat melawan penyakit herpes dengan mudah.

Tambahkan 2 sendok madu murni ke dalam segelas air putih aduk lalu minum. Cara akan mampu mereda penyakit herpes dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik sehingga penyakit herpes mampu mengobati dirinya sendiri.

2. Teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau secara teratur juga bisa mengobati penyakit herpes. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dan kulit dari serangan virus salah satunya virus penyebab herpes.

Antioksidan juga mampu membunuh virus yang bersarang di tubuh. Minum teh hijau setiap pagi tanpa gula akan membantu mengobati penyakit herpes dengan cepat. anda juga bisa menambahkan sedikit madu sebagai pemanis serta  membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Simak artikel tentang teh hijau lainnya: 28 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

3. Lidah buaya

Lidah buaya termasuk ke dalam deretan tanaman herbal yang mampu mengusir virus penyebab herpes. Anda dapat mengkonsumsi daging lidah buaya yang dijadikan nata atau membuat jus lidah buaya.

Minum jus lidah buaya segelas gelas setiap pagi akan membantu penyembuhan penyakit herpes dengan mudah. penyakit kulit yang satu ini memang cukup bandel sehingga membutuhkan pengobatan yang tepat salah satunya menggunakan lidah buaya.

Itulah beberapa pembahasan tentang penyakit herpes yang memberikan sedikit pengetahuan bagi anda sehingga bisa menghindari penyakit tersebut menginfeksi kulit anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk. Jangan lupa jugau untuk membagikan artikel ini agar lebih bermanfaat lagi dan menyelamatkan banyak orang. Jangan lewatkan juga: 9 Cara Mengobati Herpes Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Leave a Reply