Penyakit Telinga: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati serta Tips Mencegahnya

Penyakit telinga – Telinga merupakan indra pendengaran yang sangat penting untuk membantu kita berinteraksi dengan orang lain. Karena telinga memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk mendengar oleh sebab itu menjaga kebersihan dan kesehatan telinga juga sangat penting.

Saat telinga bermasalah maka pendengaran juga akan terganggu. Belum lagi sensasi peradangan yang menimbulkan rasa nyeri hebat  juga akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Penyakit telinga tidak dapat diabaikan karena dapat berakibat ketulian permanen.

Penyakit telinga biasanya diawali dengan suara dengungan meski tidak ada suara yang berasal dari lingkungan sekitar. Adanya dengungan dari dalam telinga jika tidak segera mendapat penganan maka dapat berakibat pada pendengaran konduktif atau sensorineural.

Penyakit telinga yang menyebabkan suara dengungan juga akan membuat kita sakit kepala. Selain telinga mendengung masih banyak lagi macam dari penyakit telinga.

Penyakit telinga

Penyakit telinga

Penyakit telinga

Penyakit telinga bukan hanya disebabkan karena adanya gangguan pada telinga namun acap kali penyakit telinga ini berasal dari penyakit lain yang menyebabkan terjadinya peradangan pada telinga seperti influenza atau demam.

Saat influenza memasuki tahap yang serius maka akan menyebabkan peradangan di beberapa organ tubuh seperti pembengkakan saluran hidung, tenggorokan serta peradangan pada telinga. Infeksi akut atau kronis pada telinga yang ditandai dengan detak jantung yang dibarengi dengan tinitus berdenyut maka itu merupakan gejala dari tumor di leher atau kepala.

Pada umunya telinga yang bermasalah juga akan mengeluarkan cairan seperti air namun untuk kasus yang lebih serius lagi telinga bisa mengeluarkan darah serta nanah. Hal itu bisa berkaitan dengan trauma atau karsinoma.

Bocornya cairan serebropinal akan membuat telinga mengeluarkan cairan yang jernih dan encer. Penyembuhan bisa dilakukan namun keadaan telinga juga mempengaruhi berapa lama pasien bisa sembuh seperti warna cairan yang dikeluarkan, baunya, hubungannya dengan gatal serta nyeri dan trauma.

Selain telinga yang mengeluarkan cairan, telinga juga sering mengalami nyeri dari nyeri ringan sampai nyeri akut. Penyakit telinga yang menyebabkan rasa nyeri bisa diakibatkan adanya peradangan di dalam atau di luar telinga.

Rasa nyeri tersebut terkadang juga bisa disebabkan karena masalah yang terjadi pada anggota tubuh yang sedikit berjauhan seperti di kepala atau leher. Terjadi infeksi di telinga luar serta telinga tengah juga bisa menyebabkan rasa nyeri yang sering terjadi. Peradangan telinga juga bisa berasal dari sakit gigi, vertebrata servikal, serta faring.

Penyakit telinga bisa terjadi saat ada kesalahan di sepanjang perjalanan syaraf kranianialis trigeminu, fasialia, glososfaringeus dan vagus. Selain beberapa penyebab di atas, penyakit telinga juga bisa terjadi akibat infeksi, kemasukan cairan atau benda dalam waktu yang lama.

Gejala penyakit telinga

seperti penyakit alin penyakit telinga juga memiliki beberapa gejala yang menandakan adanya kelainan pada telinga yang membuat telinga mengeluarkan cairan bening yang lama-kelamaan akan berubah menjadi keruh, berbau serta kurangnya pendengaran. Sebelum penyakit telinga menjadi seperti itu biasanya tubuh akan menunjukkan beberapa gejala seperti berikut:

  1. Demam tinggi atau influenza, dalam beberapa kasus disertai dengan diare
  2. Telinga mengeluarkan cairan yang ditandai adanya gendang telinga yang pecah akibat tekanan cairan yang berlebihan
  3. Telinga akan mengalami peradangan yang membuat kesulitan mengunyah dan menelan yang berakibat kurangnya nafsu makan
  4. Penyakit telinga juga membuat peradangan yang diikuti dengan mual, muntah serta sakit kepala.

Jenis penyakit telinga

Penyakit telinga sangat berkaitan erat dengan kebersihan telinga serta cara membersihkan telinga yang kurang benar. Penyakit telinga bisa menyebabkan gangguan pendengaran serta mengeluarkan bau busuk. Penyakit telinga memiliki beberapa jenis penyakit seperti berikut ini:

  • Penyakit menire

Penyakit telinga yang satu ini lebih sering menginfeksi telinga kebanyakan orang. Biasa penyakit telinga ini akan membuat telinga penderitanya mengalami dengungan yang disebabkan adanya cairan yang tidak normal. Belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan akan sangat mengganggu kegiatan.

  • Tinnitus

Saat telinga anda mengeluarkan suara dengungan meski tidak anda suara dari sekita lingkungan maka sudah dipastikan anda menderita penyakit tinnitus. Penyakit ini menyebabkan sakit kepala seta depresi yang cukup serius. Serta kesulitan istirahat karena suara yang mendengung terus menerus tersebut

  • Otitis media

Telinga yang meradang biasa disebut otitis media. Hal ini biasa dialami kebanyakan orang tanpa disertai dengan demam tinggi. Tapi jangan remehkan penyakit yang satu ini karena penanganan yang terlambat dapat menyebabkan gangguan pendengaran serta pembengkakan oada telinga

  • Baro trauma

Penyakit tang satu ini disebabkan karena adanya tekanan udara pada ketinggian tertentu, namun penyakit ini tidak terlalu berbahaya karena dapat hilang saat anda turun ke daerah yang normal. Saat anda menaiki pesawat terbang penyakit ini juga bisa menyerang anda. penyakit ini juga bisa terjadi saat anda berada dbawah dengan kedalaman tertentu

  • Infeksi telinga

Penumpukan cairan yang ada pada telinga bagian bawah ini menyebabkan bagian telinga tengah mengalami pembengkakan atau infeksi telinga tepatnya pada saluran asutachis menjadi tertutup. Selain itu kebiasaan merokok, infeksi pada sinus, serta gangguan lendir yang berlebihan dapat menjadi penyebab penyakit telinga jenis ini.

Untuk infeksi yang masih tergolong ringan akan sembuh dengan sendirinya saat daya tahan tubuh meningkat namun untuk infeksi yang cukup serius pemberian obat-obatan akan membantu menangani masalah tersebut.

Infeksi telinga biasanya lebih banyak menyerang anak-anak di bawah 3 tahun dengan persentase sekitar 75%. Infeksi telinga akan berakibat kurangnya pendengaran, keluar cairan seperti nanah, serta nyeri telinga. Pemberian obat seperti ibuprofen, dekongestan dan asetaminofen bisa membantu mengobati infeksi telinga tersebut.

  • Perfomasi gendang telinga

Gendang telinga berfungsi mencegah kotoran masuk ke kedalaman telinga serta memberikan respon suara sehingga kita dapat mendengar dengan baik. saat gendang telinga mengalami performasi maka pendengaran juga akan terganggu.

Sebaiknya hindari kerusakan pada gendang telinga. Gendang telinga yang bermasalah juga akan memudahkan kotoran dan bakteri masuk ke dalam telinga sehingga akan memudahkan bakteri menginfeksi telinga.

  • Mringitis infeksiosa atau radang gendang telinga

Saat telinga anda mengalami penyakit ini maka gendang telinga akan rusak seperti melepuh yang berisi cairan , hal ini disebabkan adanya serangan virus dan bakteri.

Infeksi gendang telinga akan membuat rasa nyeri yang berlebihan, demam tinggi. Sebaiknya segera hubungi dokter saat telinga anda mengalami masalah tersebut.

  • Penyakit perikondritis

Tulang rawan telinga yang mengalami infeksi merupakan penyakit telinga perikondritis. Gigitan serangga, bisul yang dipecahkan dengan cara dipaksa yang terdapat di luar telinga, serta cidera saat terbentur benda keras diduga menjadi penyebab telinga mengalami masalah tersebut. Hal ini akan membuat telinga bernanah dan nyeri hebat.

  • Lebrintis

Penyakit ini merupakan penyakit yag menyerang bagian dalam telinga karena adanya gangguan dari organ lain yang mengalami masalah seperti infeksi otak, alergi serta geger otak. Penyakit ini juga akan diiringi dengan gejala seperti telinga berdenging, mual, muntah, kurangnya pendengaran serta vertigo.

  • Cellulitis

Penyakit telinga yang satu ini merupakan gangguan pada telinga bagian luar.

  • Cholesteatoma

Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi pada telinga bagian tengah. Bagian tengah pada telinga mengalami infeksi yang cukup serius sehingga membutuhkan pengobatan segera.

Penyebab penyakit telinga

Penyakit telinga bisa menyerang siapa saja tanpa memandang siapa orang tersebut. Penyakit telinga bisa disebabkan karena banyak hal, salah satunya seperti berikut ini:

  • Infeksi virus dan bakteri

Virus dan bakteri memang sangat mengancam kesehatan tubuh manusia . berbagai penyakit bisa disebabkan oleh virus dan bakteri. Begitu juga penyakit telinga yang juga disebabkan karena telinga terinfeksi virus dan bakteri.

Sebenarnya virus dan bakteri yang masuk ke telinga bisa dicegah pertumbuhan dan perkembangannya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Virus dan bakteri juga bisa menyerang bagian tubuh lain namun memiliki imbas terhadap telinga seperti menginfeksi bagian tenggorokan dan hidung.

  • Suara yang terlalu keras

Gendang telinga juga bisa bermasalah saat anda mendengar suara yang terlalu keras yang tidak sesuai dengan kapasitas telinga kita. Sebaiknya hindari menyetel musik terlalu keras agar telinga kita tidak mengalami masalah di kemudian harinya.

  • Efek samping obat

Mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia dalam jangka waktu yang lama serta dosis tinggi juga bisa berakibat menurunnya pendengaran atau lebih sering disebut penyakit telinga. Sebaiknya minimalisir penggunaan obat-obatan tersebut agar menghindari penyakit telinga yang lebih serius.

  • Kotoran telinga

Kotoran telinga dapat mencegah gendang teliga menangkap suara dari luar. Sehingga pwndengaran akan semakin menurun karena aliran suara telah dihambat oleh kotoran yang menumpuk

  • Cidera

Cidera yang anda alami yang membuat bagian telinga, kepala serta leher terbentur benda keras juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

  • Stress

Banyak penyakit yang disebabkan karena gaya hidup yang buruk salah satunya karena stress. Stress memang bisa memicu pertumbuhan hormon perusak tubuh salah satu penyakit yang bisa disebabkan karena stress adalah penyakit telinga.

Strees ytang berlebihan juga dapat menghabat proses penyembuhan yang anda lakukan. Sebaiknya kelola strees anda dengan baik agar tubuh menjadi lebih senat dan relax

  • Eksim kulit

Penyakit pada kulit seperti eksim kulit yang menyerang area telinga juga bisa menyebabkan penyakit telinga yang cukup serius. Adanya eksim kulit juga bisa mengundang bakteri dan kuman yang bisa menginfeksi telinga.

Sebaiknya jaga kebersihan dan kesehatan kulit disekitar telinga untuk mencegah eksim pada kulit yang bisa berakibat penyakit telinga.

  • Infeksi tenggorokan

Penyakit telinga bukan hanya disebabkan adanya gangguan pada telinga namun juga bisa karena adanya peradangan di tempat lain lalu menjalar sampai ke telinga. Salah satu penyakit yang juga menyebabkan penyakit telinga adalah adanya infeksi pada tenggorokan.

Karena letraknya berdekatan maka telinga juga bisa terinfeksi saat terjadi infeksi pada tenggorokan

  • Penyumbatan telinga

Penyumbatan telinga bisa terjadi akibat kotoran yang menumpuk, masuknya hewan kecil, serta masuknya air ke dalam telinga. Beberapa hal tersebut juga bisa menyebabkan penyakit telinga jika tidak dibersihkan atau dikeluarkan sesegera mungkin.

  • Bisul

Bisul yang tumbuh di telinga atau area sekitar telinga juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit telinga. Kulit yang ditumbuhi bisul biasanya akan terasa nyeri begitu juga telinga yang ditumbuhi bisul juga akan berakibat sakit pada telinga.

Cara mencegah penyakit telinga

penyakit telinga sebenarnya bisa dicegah dengan rajin membersihkan telinga. Namun jika anda membersihkan telinga dengan cara yang salah justru akan berakibat penyakit telinga yang lebih serius. Sebaiknya lakukan pencegahan penyakit telinga dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Jangan membersihkan telinga terlalu dalam hingga menyentuh liang telinga, cukup bersihkan area sekitar daun telinga saja menggunakan cotton but yang halus. Saat anda membersihkan terlalu dalam bisa berakibat pecahnya gendang telinga dan kotoran akan semakin masuk ke dalam.
  2. Jangan menggaruk telinga menggunakan lidi atau sebagainya saat telinga terasa gatal. Sebaiknya beri obat penghilang gatal yang bisa anda dapatkan dari dokter atau apotek. Cara ini akan menghilangkan gatal serta dapat mendorong kotoran keluar dengan sendirinya
  3. Jangan gunakan pembersih telinga sembarangan sebaiknya gunakan sedikit kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat terlebih dahulu.
  4. Membersihkan telinga memang wajib dilakukan namun jangan melakukannya secara berlebihan karena akan merangsang produksi minyak yang akan membuat telinga anda akan mudah kotor
  5. Sebaiknya bersihkan telinga anda ke THT 6 bulan sekali untuk membersihkan kotoran yang sudah terlanjur mengeras. Membersihkan telinga ke dokter THT juga akan membantu membunuh bakteri dan kuman yang bersarang di telinga anda.

Itu beberapa cara mencegah penyakit telinga yang bisa anda lakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit telinga seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pengobatan penyakit telinga

saat anda telah melakukan beberapa cara pencegahan untuk menghindari penyakit telinga namun masalah pada telinga yang berakibat menurunnya pendengaran serta rasa nyeri yang tergolong berat yang berlangsung cukup lama tentu akan sangat menghambat akitivitas anda.

belum lagi jika telinga mengeluarkan cairan yang berbau tentunya akan membuat orang enggan berdekatan dengan anda. sebaiknya segera obati penyakit telinga yang anda derita agar penyakit telinga tersebut tidak bertambah parah.

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah konsultasi ke dokter THT yang akan memberi saran apa yang baik bagi telinga anda dan obat apa yang cocok bagi penyakit telinga tersebut. Lalu penggunaan obat tetes bisa sedikit membantu meredakan nyeri yang tengah anda rasakan

Pengobatan telinga yang bermasalah juga dilakukan untuk menghindari semakin menurunnya pendengaran yang bisa berujung ketulian permanen. Anda juga harus rajin membersihkan telinga yang mengeluarkan cairan untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan kuman.

Cara Mengobati Penyakit Telinga

Selain beberapa cara di atas anda juga bisa mengobati penyakit telinga dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Hidrogen perioksida

Mengobati penyakit telinga juga bisa dilakukan dengan memberikan obat hidrogen perioksida yang bisa anda beli di apotik. Tapi sebelum menggunakan obat tersebut sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk melihat berapa dosis yang tepat. Obat ini berupa obat tetes yang dapat membantu meredakan rasa nyeri yang tengah anda rasakan. Namun tetap gunakan obat ini dengan anjuran dokter agar tidak berbahaya bagi telinga anda.

  1. Minyak wijen dan jus mangga

Selain menggunakan obat tetes yang berbahan kimia anda juga dapat mengguanakan obat tetes dari bahan alami seperti memberikan beberapa tetes minyak wijen pada telinga. Penggunaan jus mangga juga bisa meredakan rasa nyeri akibat peradangan pada telinga

  1. Obat tetes

Penggunaan obat tetes disini bukanya obat tetes yang dibeli di apotek melainkan menggunakan air untuk menetesi telinga yang ke masukkan air. Cara ini merupakan cara terbaik untuk membantu mengeluarkan air yang masuk ke telinga.

Saat air masuk ke telinga jika tidak dikeluarkan akan mengakibatkan sumbatan yang membuat telinga terasa nyeri serta menurunnya pendengaran.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur serba guna. Berbagai kandungan pada bawang putih mampu mengatasi penyakit telinga yang disebabkan virus dan bakteri. Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat membunuh virus dan bakteri yang menginfeksi telinga.

Haluskan 1 siung bawang putih lalu ambil cotton but. Setelah itu oleskan cotton but pada bawang putih lalu oleskan cotton bit tersebut pada telinga yang bermasalah

  1. Chinacea

Mengobati penyakit telinga juga bisa dilakukan dengan memberikan antibiotik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh menggunakan chinacea. Cara ini bukan hanya mengobati penyakit telinga namun juga dapat mengobati hidung dan tenggorokan. Anda hanya perlu menyeduh 1 sendok chinacea dengan segelas air hangat lalu tambahkan madu secukupnya.

  1. Uap minyak eukaliptus dan lavender

Merelaksasi telinga menggunakan campuran kedua minyak ini juga bisa meredakan rasa nyeri yang nada rasakan. Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak tersebut ke dalam air hangat lalu hirup uap panas yang sudah dicampur minyak selama 5 menit.

  1. Kompres air hangat

Menghilangkan rasa nyeri pada telinga juga bisa dilakukan dengan mengompres area sekitar telinga menggunakan air hangat. Celupkan handuk kecil ke dalam air hangat lalu kompres telinga menggunakan handuk tersebut.

Itulah beberapa pembahasan mengenai penyakit telinga yang dapat mengancam siapa saja. sebaiknya bersihkan telinga secara teratur dengan cara yang benar agar terhindar dari penyakit telinga. Semoga bermanfaat. Simak juga Penyakit Beri-beri: Penyebab, Gejala Beri-beri Basah dan Kering Serta Cara Pengobatannya

Leave a Reply