17 Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri, No 10 Paling Ngeri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri – Tubuh yang kurang terjaga pola hidup dan kebersihannya sangat rentan terserang berbagai penyakit. Penyakit bisa muncul kapan saja terutama saat menurunnya daya tahan tubuh. Gaya hidup yang buruk juga dapat menjadi penyebab tubuh terserang penyakit.

Penyakit yang menyerang tubuh bisa disebabkan karena banyak hal. Saat tubuh terserang penyakit hal tersebut bisa disebabkan karena tubuh terserang bakteri. Bakteri memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Meski bakteri tidak kasad mata namun dampak yang dihasilkan sangat luar biasa. Saat tubuh terinfeksi bakteri, berbagai penyakit dapat menyerang tubuh. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri sangat beragam.

Meksi tidak semua bakteri itu penyebab penyakit sebab ada juga bakteri baik di dalam tubuh yang berfungsi melawan bakteri jahat. Bakteri merupakan mikroorganisme yang tidak kasad mata yang tidak memiliki inti sel serta membran sel.

Bakteri sangat mengancam kesehatan manusia, letaknya juga ada dimana-mana bahkan ada juga di dalam tubuh manusia. Meski bakteri hidup di dalam tubuh sebenarnya perkembangannya dapat ditekan dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Namun saat daya tahan tubuh menurun, penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan bereaksi, bahkan dapat berujung kematian. Pertumbuhan bakteri juga sangat cepat. lalu apa saja sebenarnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri? Berikut penjabarannya:

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Meski sebagian bakteri sangat berguna bagi tubuh namun bakteri yang bersifat patogen akan sangat berbahaya bagi tubuh. Bakteri tersebut dapat menginfeksi tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Mari kita lihat beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti berikut ini:

1. Diare

Diare merupakan masalah pencernaan yang disebabkan bakteri clostridium botulinum. Bakteri ini dapat masuk ke tubuh melalui makanan yang anda konsumsi. Bakteri penyebab diare biasanya dapat hilang dalam beberapa hari dengan semakin membaiknya sistem imun.

2. Penyakit kulit

Penyakit kulit juga bisa disebabkan karena kulit terinfeksi bakteri. Kulit juga dapat terserang gatal-gatal. Bakteri staplhylococcus merupakan bakteri jahat yang akan menyerang bagian kulit. Sebaiknya gunakan anti septik untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri.

3. Infeksi paru-paru

Paru-paru merupakan organ pernapasan yang sangat penting. Saat terjadi kesalahan pada organ paru-paru atau yang biasa disebut infeksi paru-paru, itu berarti paru-paru anda terinfeksi bakteri pseudomonas aeruginosa yang masuk ke dalam jaringan tubuh.

Saat anda menggunakan narkoba maka bakteri ini akan sangat mudah menyerang paru-paru anda. Penderita diabetes juga akan mudah terserang bakteri tersebut.

4. Penyakit cholera asiatica

Bakteri dapat menyerang tubuh dan dapat berpindah ke tubuh lainnya dengan mudah dengan kata lain penyakit yang disebabkan bakteri ini akan mudah menular pada orang lain. Begitu juga dengan penyakit kolera ini dapat menular melalui air yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut.

Bakteri penyebab penyakit kolera adalah bakteri vibrio cholera. Penyakit ini tergolong dalam penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kejang, diare hebat, dan muntah bahkan bisa berujung kematian.

5. Penyakit typus abdominalis

penyakit yang disebabkan oleh bakteri berikutnya adalah penyakit typus. Biasanya penderita tipus/tipes tidak dapat bekerja berat serta mudah lelah. Penyakit ini juga membutuhkan perawatan khusus hingga bakteri penyebab tipes benar-benar mati.

Bakteri salmonella typhi adalah bakteri yang menyebabkan penyakit typus. Penderita tipes akan menunjukkan gejala demam tinggi hingga mencapai suhu 40 derajat celcius. Penderita typus juga akan mengalami anoreksia dimana berat badan akan semakin menurun dan tidak dapat dipulihkan sampai penyakit tipus benar-benar sembuh.

Artikel terkait: 21 Obat Tipes Alami yang Ada di Sekitar Kita, No 15 Ampuh Atasi Tipes

6. Penyakit disentri

Penyakit disentri merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini juga membutuhkan penanganan khusus dari pihak medis. Penderita disentri biasanya akan mengeluarkan darah saat buang air besar serta diare hebat. Dan diiringi dengan demam tinggi.

Bakteri shigella dysenteriae merupakan bakteri yang menyerang tubuh dan mengakibatkan penyakit disentri.

7. Penyakit Tuberkulosis paru (TBC)

Penyakit TBC ini menyerang paru-paru yang membuat penderitanya mengalami batuk menahun. Saat batuk maka sebagian bakteri akan ikut keluar itu sebabnya penularan penyakit ini sangat cepat melalui udara.

Udara yang sudah terkontaminasi bakteri mycobacterium ini jika terhirup oleh orang lain maka orang tersebut akan mengidap TBC. Sebaiknya saat anda menderita TBC gunakan masker agar bakteri penyebabnya tidak menular ke orang lain.

Hindari menggunakan alat yang sama saat  makan dan minum penderita TBC karena bakteri penyebab TBC juga terdapat pada air liur penderitanya yang menular pada orang lain. Sebaiknya sediakan alat khusus bagi penderita TBC

Artikel terkait: Gejala dan Penyebab Penyakit TBC yang Wajib Anda Ketahui

8. Penyakit leptospirosis

Bakteri leptospira interrogans merupakan bakteri penyebab penyakit leptospirosis. Bakteri ini dapat menular ke orang lain saat terjadi kontak langsung. Hindari juga berada di dalam air yang sama dengan penderita penyakit ini karena anda juga bisa terkontaminasi bakteri tersebut.

9. Penyakit antraks

Penyakit antrasks merupakan penyakit yang sering menyerang sapi. Namun saat anda menyentuh sapi secara langsung atau memakan daging sapi yang sudah terinfeksi bakteri bacilluc anthracis penyebab penyakit antraks ini anda juga bisa tertular penyakit antraks ini.

Bakteri penyebab antraks ini bisa membentuk spora dalam jumlah yang banyak meski tidak dapat bergerak namun saat tubuh anda terkontaminasi bakteri ini akan sangat berbahaya. Sebaiknya beri faksin hewan peliharaan anda agar terhindar dari penyakit antraks yang bisa menyerang tubuh anda juga.

10. Penyakit kusta

Penyakit kusta penyebarannya sangat cepat serta membutuhkan penanganan khusus. Penyakit kusta lebih cenderung menyerang tangan, mukosa hidung serta daun telinga. Jika tidak mendapat penanganan serius maka jari tangan akan semakin terkikis dan habis lalu penderitanya bisa mengalami kecacatan.

Bakteri mycobacterium merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit kusta. Penyakit ini tergolong dalam penyakit berbahaya dan membutuhkan penanganan sesegera mungkin agar tidak menular pada orang lain.

11. Penyakit tetanus

Tetanus bisa menyerang tubuh yang terluka. Saat luka anda mengalami tetanus sebaiknya segera beri obat agar penyakit yang anda alami tidak semakin serius. Tetanus akan menyebabkan kekakuan otot sehingga akan menimbulkan rasa nyeri.

Tetanus pada luka akan semakin parah saat bakteri clostridium tatani penyebab tetanus semakin berkembang biak. Bakteri ini dapat berkembang biak meski hidup dilingkungan tanpa oksigen. Bakteri penyebab tetanus juga dapat bertemu dengan bakteri lain dan bekerja sama menginfeksi luka yang semakin parah bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan permanen.

12. Difteri

Penyakit difteri juga termasuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Meski penyakit ini jarang ditemukan namun saat menyerang tubuh maka akan sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian.

Bakteri corynebacterium adala bakteri penyebab penyakit difteri. Penyakit ini lebih sering ditemukan pada remaja dan orang dewasa. Untuk difteri berat biasanya terjadi karena bakteri ini memproduksi toxin atau racun dalam jumlah berlebih atau biasa disebut difteri respirasi yang dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Untuk difteri ringan biasanya toxin yang dihasilkan sangat sedikit yang disebut difteri kutan, untuk tipe yang satu ini tidak berbahaya.

Penyakit difteri berat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jantung dan ginjal serta dapat menyebabkan kelumpuhan pada otot. Penularannya bisa terjadi karena adanya kontak fisik, air liur, batuk, handuk, pakaian, makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi.

13. Pertusis

Penderita pertusis ini akan mengalami batuk rejan tiada henti karena saluran pernapasan terinfeksi bakteri bordetella pertussis atau haemophilus pertussis. Hal itu akan menyebabkan infeksi serius pada saluran pernapasan.

Penularannya tentu saja bisa melalui udara saat penderitanya batuk dan terhirup oleh orang lain. Selain itu air liur juga bisa menularkan penyakit tersebut.

14. Pes

Pes merupakan penyakit yang berasal dari bakteri yersinia pestis atau pesteurella pestis yang terdapat pada hewan pengerat seperti tikus. Bakteri ini biasanya hidup menempel pada hewan pengerat.

Makanan yang sudah dimakan oleh hewan ini akan terkontaminasi penyakit pes, maka sebaiknya jangan gunakan tangan kosong untuk membuang makanan sisa tersebut, agar tubuh anda tidak terinfeksi penyakit tersebut.

Hindari juga bersentuhan langsung dengan hewan pengerat seperti tikus dan kelinci. Hindari juga terkena percikan air liur orang yang menderita penyakit pes tersebut

15. Gonorhea

Gonorhea juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri khususnya bakteri neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini akan menyebabkan penderitanya kencing nanah yang dapat ditularkan melalui hubungan s*ksual.

Lapisan dala utera leher rahim, bagian putih pada mata, tenggorokan serta rectum dapat diinfeksi bakteri tersebut. Setelah terinfeksi maka dapat menyebar melalui aliran darah dan menginfeksi bagian tubuh lainnya.

Sebaiknya segera lakukan pengobatan agar bakteri ini tidak sampai menyerang bagian kelamin dan sistem reproduksi pada wanita.

16. Sifilis

Sering berganti pasangan serta memiliki pasangan yang kurang steril bisa menyebabkan tubuh terserang bakteri spiroset treponema pallidum penyebab penyakit sipilis yang dapat menular melalui hubungan seksual.

Seorang calon ibu juga bisa menularkan penyakit tersebut pada bayinya. Biasanya penderita sipilis akan menunjukkan gejala seperti adanya ruam pada telapak tangan dan tumit, serta terdapat luka yang tidak terasa sakit maupun gatal.

Namun gejala yang ditimbulkan pada setiap orang dapat berbeda-beda, sebaiknya lakukan tes darah untuk memastikannya. Setelah itu lanjutkan dengan pengobatan hingga tuntas.

17. Meningitis

Meningitis atau yang lebih dikenal dengan nama kanker kelenjar getah bening. Penyakit ini juga disebabkan oleh bakteri yaitu bakteri neisseria meningitis yang menginfeksi selaput otak. Bukan hanya bakteri yang menyebabkan meningitis namun adanya virus dan organisme lain yang menyerang selaput otak.

Penderita meningitis akan menunjukkan gejala kaku pada leher disertai dengan sakit kepala. Demam, kebingungan, muntah, perubahan kesadaran. Penderita meningitis juga sangat sensitif terhadap cahaya dan suara keras.

Itulah 17 penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit yang bisa menginfeksi tubuh anda. Semoga bermanfaat. Simak juga Gejala HIV/AIDS yang Harus Kita Waspadai

Leave a Reply