Faktor Penyebab Asam Urat Tinggi yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Asam Urat – Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit asam urat? Penyakit asam urat bisa dibilang gangguan kesehatan yang sangat populer belakangan ini, dikarenakan banyak sekali orang-orang yang masih berusia 40 tahun sudah mengidap penyakit yang membuat sendi-sendi nyeri ini.

Penyakit asam urat tidak hanya diderita oleh pria saja, wanita juga bisa terkena asam urat, namun dengan presentase yang lebih kecil. kira-kira apa sih sebenarnya penyebab asam urat itu? Apa saja makanan pantangan penderita asam urat?

Kali ini Ceksehat akan membahas seputar penyebab asam urat dan makanan pantangan yang mesti dihindari atau diminimalisir mengkonsumsinya oleh penderita asam urat. Sebelum kita bahas lebih jauh tentang penyebabnya, ada baiknya kita luruskan terlebih dahulu pemahaman kita terkait penyakit yang menyerang persendian ini.

penyebab asam urat

Ilustrasi Penyebab asam urat

Tentang Penyakit Asam urat

Tahukah anda, ternyata asam urat sebenarnya berfungsi sebagai zat antidioksidan dalam tubuh, untuk melindungi lapisan pembuluh darah. Asam urat adalah hasil dari proses metabolisme tubuh, namun jika fungsi ginjal tidak bekerja maksimal, akan terjadi kelebihan asam urat.

Beberapa tanda-tanda Asam Urat yang dapat dirasakan adalah:

  1. Bagian tubuh sering merasa linu terutama di persendian dan terjadi selama beberapa hari.
  2. Biasanya linu ini disertai dengan pembengkakan pada lengan dan bagian persendian.
  3. Pada bagian lengan biasanya terasa nyeri, misalnya di jari tangan dan dan jari kaki
  4. Jika sudah parah seseorang akan sulit bergerak dan merasakan kesakitan di persendian.

Dalam kondisi normal asam urat tentu saja sangat bermanfaat untuk tubuh kita, namun dalam kondisi yang berlebihan, asa murat justru sangat mengganggu. Kelebihan asam urat akan menimbulkan gejala libu atau nyeri di persendian seperti lutut, pinggang dan persendian lainnya.

Jika asam urat di dalam persendian kita mengalami kelebihan jumlah, maka dapat mengakibatkan terjadinya peradangna yang akan membentuk kristal asam urat dan menumpuk pada persendian. Pada keadaan inilah seseorang mengalami peradangan sendi akibat kristal asam urat tersebut.

Pantangan Asam urat

Secara umum, beberapa jenis makanan dan minuma berikut ini menjadi pantangan penderita asam urat:

  • Jeroan
  • Makanan laut
  • Kopi
  • Bir
  • Alkohol
  • Minuman bersoda
  • Ikan yang diasinkan

Penyebab Asam Urat

Sekali lagi yang perlu sama-sama kita luruskan, makanan di atas bukanlah penyebab utama asam urat, melainkan pemicu naiknya asam urat di dalam tubuh. Penyebab asam urat sebenarnya adalah karena proses metabolisme oleh ginjal yang tidak berjalan dengan baik.

Jika fungsi ginjal kita tidak bekerja maksimal, maka maka sisa metabolisme dari sumber makanan di atas akan berubah menjadi asam urat yang berbahaya. Asam urat disebabkan karena dalam makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung zat purin. Zat purin adalah zat yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari seperti daging, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Asam urat dapat juga diartikan sebagai sisa kandungan makanan yang telah kita konsumsi, biasanya penyakit ini menyerang orang usia lanjut. Sama dengan Kolesterol, asam urat juga dapat memicu munculnya penyakit lain seperti diabetes dan gagal ginjal.

Untuk menghindari asam urat, dapat dilakukan dengan menghindari makanan yang dapat memicu berlebihnya asam urat di tubuh.

Faktor Penyebab Asam Urat Tinggi

Berikut ini setidaknya ada 0 faktor penyebab kadar asam urat tinggi yang mesti anda ketahui:

1. Jenis kelamin

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas bahwa faktor jenis kelamin juga menentukan resiko seseorang terkena asam urat, dimana pria memiliki resiko lebih besar terkena penakit nyeri sendi ini. Hal ini tidak lain disebabkan oleh hormon esterogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat di dalam tubuh pria meningkat selama masa puber.

2. Faktor usia

Selain faktor jenis kelamin, faktor usia juga sangat menentukan dimana usia 40 hingga 50 tahun merupakan usia yang sangat rentan seseorang terkena asam urat. Perlu sama-sama diketahui bahwa usia remaja dan anak-anak sangat jarang terkena asam urat.

3. Faktor Keturunan

Asam urat juga dapat diwariskan kepada keturunan. Silahkan cek rwayat keluarga anda, apakah pernah mengalami asam urat. Penyakit ini berisko diturunakn sebesar 20%.

4. Faktor konsumsi obat – obatan

Perlu dicatat bahwa, konsumsi terhadap obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena asam urat, beberapa diantaranya adalah:

  • Obat-obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, dan kondisi lain
  • Aspirin dengan dosis rendah setiap hari yang biasanya digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke
  • Obat anti-penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan transplantasi organ untuk beberapa kondisi rematologi.
  • Levodopa yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson
  • Niacin yang digunakan untuk meningkatkan high density lipoprotein (HDL) dalam darah.

5. Faktor alk*hol

Seorang yang suka meminum alkoh*l juga beresiko terkena asam urat, selain asam urat, juga beresiko terkena penyakit jantung dan kanker.

6. Faktor diet

faktor diet juga beresiko terkena asam urat, apalagi diet yang kita jalani tinggi kadar purinnya seperti daging merah, jeroan (hati, ginjal), ikan kalengan, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol, kacang, dan jamur dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat.

7. Paparan timbal

Faktor peningkat resiko asam urat selanjutnya adalah akibat paparan timbal.

8. Kondisi kesehatan lainnya

Beberapa kondisi juga dapat meningkatkan resiko terkena asam urat, seperti obesitas, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolesterol yang tinggi, hypothyroidism (gangguan tiroid), psoriasis, anemia hemolitik, serta gangguan ginjal.

9. Konsumsi minuman yang terlalu manis

Mengkonsumsi minuman terelalu manis dan terlalu sering juga dapat meningkatkan resiko terkena asam urat, terutama minuman yang fruktosa tinggi.

10. Mandi malam

Faktor peningkat resiko terkena asam urat yang terakhir adalah akibat mandi malam, bahaya mandi malam memang ternyata dapat menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

Jenis Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Sebagaimana yang sudah dijelaskan panjang lebar di atas bahwa asam urat merupakan limbah yang harus dibuang oleh tubuh kita. Limbah ini dibuang melalu proses ekskresi ginjal yang akan dikeluarkan melalu urine dan sebagian kecil melalui tinja, namun jika produksi lebih besar daripada pembuangan, makan kondisi inilah yang akan memicu terjadinya tumpukan asam urat di dalam tubuh.

Nah, berikut ini ada sekitar 30 jenis makanan yang dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh yang mesti anda waspadai:

1. Daging merah 

Yang pertama adalah daging merah, namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua daging memiliki kandungan purin yang sama, selain daging merah, daging putih sebenarnya lebih baik dikonsumsi dan menyehatkan. Mengkonsumsi daging merah sebaiknya dalam jumlah wajar dan cukup sesekali saja.

2. Kalkun

Daging kalkun memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dapat memicu resiko asam urat meningkat. Bahkan daging kalkun memiki kadar asam urat lebih tinggi dibangingkan makanan lainnya.

3. Jeroan sapi

Jeroan sapi mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Manfaat jeroan adalah sebagai penghasil karbohidrat vitamin dan mineral. Kandungan vitamin yang terdapat dalam jeroan adalah vitamin B1 dan B12 yang harus dipenuhi dalam kebutuhan nutrisi manusia. Jeroan sapi juga bermanfaat untuk mengatasi anemia karena kandungan asam folat pada jeroan berfungsi untuk metabolisme inti sel darah merah.

4. Hati sapi

Hati sapi mengandung vitamin A dan vitamin B12, namun tidak disarankan mengkonsumsi hati sapi terlalu sering bagi penderita kolesterol. Hati sapi merupakan organ penyaring racun dalam tubuh hewan sehingga sangat rentan tercemar zat beracun.

5. Daging domba

Makanan penyebab asam urat tinggi selanjutnya adalah daging domba. Daging hewan ini mengandung zat purin yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan makan terlalu banyak daging domba. Bagi seseorang yang bergolongan darah A dapat menimbulkan kanker usus.

6. Dada ayam dan kulit ayam

Bagian dada dan kulit ayam memiliki kandungan zat purin yang tinggi. Zat purin pada dada ayam berjumlah 175mg/100g sehingga dapat menjadi makanan penyebab asam urat, jika dikonsumsi berlebih.

7. Daging ayam

Perlu anda ketahui bahwa kandungan zat purin pada daging ayam yaitu sebesar 169mg/100g. Mengkonsumsi daging ayam setiap hari berisiko meningkatkan asam urat.

8. Daging angsa

Selain daging ayam, daging angsa juga memiliki kandungan zat purin yang cukup tinggi yakni sekitar 165mg/100g. Kandungan purin pada daging angsa menyebabkan resiko asam urat tinggi.

9. Lidah sapi

Lidah sapi selain bermanfaat karena mengandung vitamin B12 yang berfungsi untuk mengatasi anemia ternyataa mengandung zat purin penyebab asam urat yang cukup tinggi.

10. Daging kuda

Daging kuda mengandung zat purin yang cukup tinggi yaitu 200mg/100g sehingga menyebabkan peningkatan asam urat.

11. Daging bebek

Selain daging angsa, daging bebek juga dapat memicu seseorang terkena asam urat. Perlu anda ketahui juga, daging bebek mengandung 2 macam serat yaitu serat merah 84% dan serat putih 16%. Serat merah mempunyai kadar protein yang rendah serta kadar lemak yang tinggi. Oleh sebab itu kadar lemak yang tinggi menyebabkan obesitas.

12. Hati Ayam

Hati ayam mengandung kolesterol yang tinggi sehingga menyebabkan penyakit asam urat dan jantung. Selain itu didalam hati ayam terkandung bakteri campylobacter. Untuk menghindari tubuh tercemar bakteri tersebut dianjurkan agar proses masaknya dilakukan sampai matang.

13. Ikan bandeng

Ikan bandeng sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 50 gram per hari. Jadi memakan daging ikan bandeng masih aman asalkan sesuaikan takaran sajian kadar asam urat yang aman.

14. Ikan Haring

Scott Zashin, professor Rheoumatologist di UT Southwestern menyarankan agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi ikan haring dan tuna. Dibandingkan udang, ikan haring menyebabkan peradangan sendi karena kelebihan kadar asam urat.

15. Udang

Udang mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga berpotensi menjadi makanan penyebab asam urat pada tubuh. Udang ini juga tidak termasuk dalam daftar makanan rendah kolesterol, jadi harus dihindari bagi penderitanya.

16. Lobster 

Lobster mengandung lemak jenuh dengan kadar cukup tinggi. Kadar lemak jenuh pada lobster dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

17. Kerang

Seafood selanjutnya yang dapat memicu terkena asam urat adalah kerang. Kerang memiliki lemak jenuh cukup tinggi seperti udang dan lobster, kepiting dan cumi-cumi. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kerang terlalu banyak setiap hari.

18. Ikan kakap

Anda penggemar kepala kakap? Nah, perlu anda catat, ternyata kandungan zat purin pada ikan kakap juga cukup tinggi sebesar 160mg/100g. Kandungan zat purin pada ikan kakap dapat menyebabkan asam urat pada tubuh.

19. Asparagus

Sayuran asparagus mengandung zat purin yang lebih tinggi dibandingkan jenis sayuran yang lain. Jika ingin tetap menikmati makanan ini, sebaiknya tidak dikonsumsi berlebih dan tidak dimakan setiap hari.

20. Kangkung

Mengkonsumsi kangkung setiap hari dapat meningkatkan kadar asam dalam darah lalu menyerang persendian. Jika jarang bergerak maka linu asam urat semakin sakit dirasakan.

21. Biji melinjo

Perlu anda ketahui ternyata di dalam 100g emping melinjo terdapat 50-150mg zat purin, agar tidak mengakibatkan asam urat yang tinggi. Perlu diperhatikan minyak yang digunakan saat menggoreng emping melinjo.

22. Kacang Hijau

Wah kacang hhijau ternyata juga masuk ya, tahukah anda kacang hijau memiliki kandungan zat purin sedang yakni sekitar 90-100mg. Kacang hijau boleh dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.

23. Mete

Mengkonsumsi mete berlebih dapat menyebabkan asam urat dan perdangan sendi.

24. Kedelai

Kedelai yang menjadi bahan utama pembuatan tempe memiliki beroptensi menyebabkan asma urat tinggi.

25. Kornet sapi

Kornet sapi juga mengadung zat purin yang tinggi. Mengkonsumsi kornet sapi secara berlebih dapat meningkatkan kadar asam urat di darah.

26. Ikan Kering

Anda suka mengkonsumsi ikan kering? Tahukah anda? Satu porsi ikan kering (3,5 ons) menyumbang 1.000mg zat purin ditambah dengan jenis makanan lain. Orang yang gemar konsumsi ikan kering perlu mengontrol jumlah ikan kering yang dikonsumsi agar asam urat tinggi tidak mengkristal di persendian.

27. Minuman manis

Mengkonsumsi minuman manis dalam jumlah banyak seperti sirup dapat meningkatkan risiko asam urat. Disarankan gar tidak terlalu banyak meminum minuman manis terlalu banyak dan setiap hari.

28. Ragi

Terlalu banyak mengkonsumsi ragi dapat menyebabkan peradagan asam urat. Ragi seperti ini biasanya banyak terdapat di ragi bir untuk pembuatan alc*hol.

29. Roti Manis

Ternyata roti manis memiliki kadar purin 100-1.000mg zat purin dalam 100 gram roti manis. Sebaiknya tidak mengkonsumsi roti manis setiap hari, bisa dikombinasikan atau diganti dengan roti gandum.

30. Tempe

Nah, yang terakhir adalah tempe. Tempe memiliki kandungan zat purin cukup tinggi sebesar 141mg/100g. Mengkonsumsi terlalu sering juga dapat menyebabkan asam urat pada tubuh.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali ya makanan yang dapat meningkatkan resiko terkena asam urat? Bagi anda yang sudah positif terkena asam urat tentu saja menjadi warning tersendiri dalam mengkonsumsi makanan di atas, apalagi kalau anda jarang melakukan aktivitas fisik, sehingga pembakaran di dalam tubuh rendah.

Bagi anda yang beraktivitas fisik tinggi, seperti rutin berolahraga maka resiko terkena asam urat semakin kecil. Itulah beberapa penyebab asam urat yang mesti anda ketahui, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan luap juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya sehingga semakin bermanfaat untuk sesama. Baca juga 15 Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Leave a Reply