Penyebab Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan terkadang memang agak sedikit sulit. Meskipun sudah minum obat dan sudah menjaga pola makan, lendir di tenggorokan tetap tak kunjung hilang.

Padahal, lendir yang bersarang di tenggorokan akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Apalagi jika jumlahnya besar, tidak jarang untuk membersihkannya kita harus bolak – balik ke kamar mandi hanya untuk membuang dahak.

Penyebab Dahak dan Lendir di Tenggorokan

Lendir atau pun dahak yang ada di tenggorokan dapat muncul karena berbagai macam hal, seperti:

  • Karena infeksi virus
  • Karena infeksi bakteri
  • Karena gangguan dan permasalahan lambung
  • Karena rokok
  • Karena penyakit paru – paru, dll

Dalam kebanyakan kasus, permasalahan lendir di tenggorokan akan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, di waktu – waktu tertentu, terkadang dibutuhkan waktu yang cukup lama sebelum lendir di tenggorokan benar – benar hilang dengan sempurna.

Perhatikan Warna Dahak Anda!

Coba anda perhatikan dahak yang keluar! Warna dahak yang keluar menunjukkan indikasi yang berbeda-beda. Untuk informasi saja menusia memproduksi lendir melalui mulut, hidung, sinus, tenggorokan, hingga paru-paru.

Jadi, hal yang normal-normal saja kalau pada saluran-saluran tersebut menghasilkan lendir, namun jika lendir tersebut menjadi lebih tebal dan lengket yang disebut dahak, maka ini tentu akan menggangu.

Kondisi lendir menebal biasanya sering terjadi saat kita sedang batuk pilek, atau alergi. Kira-kira, apa saja arti dari warna lendir yang keluar? Berikut ini diantaranya:

Jernih

Jika anda menemukan lendir yang keluar berwarna jernih alias bening tidak melulu berarti anda sehat. Bisa jadi warna lendir jernih menjadi reaksi terhadap alergi.

Nah, bila anda mengalami alergi, biasanya diiringi dengan bersin, gatal, dan hidung tersumbat mungkin ikut dirasakan. Meski demikian, kamu masih dapat menemukan dahak jernih pada awal infeksi, misal pada infeksi sinus. Sehingga tentu saja harus melihat gejala lain yang muncul bersama dahak.

Kuning hingga Hijau

Bagaimana jika anda menjumpai lendir berwarna kuning hingga hijau? Jika anda menemukan lendir keluar berwarna kuning hingga hijau maka ini biasanya menunjukkan bawhwaa anda sedang mengalami infeksi. Biasanya infeksi terjadi pada saluran pernapasan atas.

Artikel terkait: 6 Gejala Flu Singapura yang Harus Anda Waspadai

Kemerahan hingga Kecoklatan

Terakhir, jika anda menemukan lendir berwarna kemerahan hingga kecokelatan maka ini biasanya terjadi ketika anda sedang pilek, biasanya akan diiringi oleh rasa gatal pada hidung sehingga kita terpaksa untuk menggosok dan membersihkan ingus dan dahak dengan keras mungkin akan dirasakan.

Tidak jarang, akibat menggosok atau membersihkan ingus akan mengakibatkan saluran pernapasan mengalami iritasi dan berdarah.

Cek juga yuk: 14 Gejala ISPA yang Patut Diwaspadai Sejak Dini!

Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan

Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan Cepat

Agar lendir yang bersarang di tenggorokan bisa lebih cepat hilang, Anda dapat menerapkan beberapa alternatif cara menghilangkan lendir di tenggorokan berikut ini:

1. Menggunakan Larutan Garam

Cara mengeluarkan lendir di tenggorokan yang pertama adalah dengan memanfaatkan larutan garam. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, lendir di tenggorokan dapat dipicu oleh infeksi virus dan infeksi bakteri.

Karena garam memiliki sifat anti virus dan anti bakteri, maka kita dapat memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai bahan alami penghilang dahak di tenggorokan.

Untuk bisa menghilangkan lendir di tenggorokan menggunakan larutan garam, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan satu sendok teh garam dan satu gelas air panas
  • Larutkan garam yang sudah disiapkan ke dalam air panas
  • Manfaatkan larutan air garam tersebut untuk berkumur
  • Ulangi secara rutin di pagi dan malam hari

Agar hasilnya lebih maksimal, coba semprotkan larutan garam yang ada di mulut Anda ke arah atas, bawah, depan, belakang, dan pangkal tenggorokan. Harapannya, dengan begitu bakteri yang ada di sekitar tenggorokan bisa ikut keluar dengan larutan air garam yang digunakan untuk berkumur.

2. Banyak Minum Air Putih

Alternatif cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang ke dua adalah dengan memperbanyak angka konsumsi air putih harian.

85 persen bagian tubuh manusia tersusun atas cairan. Oleh karenanya, ketika tubuh mengalami permasalahan tertentu, akan sangat bijak bila kita memanfaatkan cairan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Nah, khusus untuk permasalahan lendir di tenggorokan, air putih dapat berperan sebagai zat untuk mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh. Ketika proses metabolisme dalam tubuh meningkat, maka secara otomatis sistem kekebalan tubuh akan turut meningkat, sehingga serangan bakteri dan virus penyebab lendir di tenggorokan pun akan melemah.

Dalam prakteknya, untuk bisa menghilangkan lendir di tenggorokan menggunakan air putih, Anda hanya perlu mengonsumsi air putih lebih dari 8 gelas sehari.

3. Coba Terapi Uap

Terapi uap dapat membantu mencairkan lendir yang bersarang di tenggorokan. Bila Anda mau, Anda dapat menerapkannya sendiri di rumah. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan air panas yang masih mendidih dan satu kantong teh kamomil
  • Masukkan kantong teh kamomil ke dalam air panas tersebut, lalu tutup selama 2 menit
  • Hirup uap yang muncul dari air panas tersebut. Uap tersebut akan membuat tenggorokan Anda terasa plong sekaligus membuat lendir di tenggorokan Anda mencair

4. Coba Makan Makanan Pedas

Meskipun agak sedikit menyiksa, makanan pedas ternyata sangat ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan lendir di tenggorokan.

Saat dikonsumsi oleh orang yang sedang berdahak, makanan pedas akan menimbulkan efek hangat di area sekitar tenggorokan. Ketika hal ini terjadi, maka secara otomatis lendir yang bersarang di tenggorokan akan mencair. Bila sudah begini, tenggorokan akan menjadi plong dan terasa nyaman.

5. Memanfaatkan Jahe

Jahe memiliki kandungan anti bakteri dan anti virus yang cukup tinggi. Karena ke dua kandungan nutrisi tersebut, jahe juga sangat pas untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang ampuh.

Untuk bisa menghilangkan dahak di tenggorokan menggunakan jahe, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan dua ruas jahe
  • Bersihkan, lalu tumbuk / geprek hingga pecah
  • Siapkan air mendidih, lalu masukkan jahe geprek yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam air mendidih tersebut
  • Aduk, lalu biarkan hingga air berubah menjadi hangat suam – suam kuku
  • Setelah air dirasa cukup aman untuk diminum, langsung minum air tersebut hingga habis
  • Ulangi secara rutin 2 kali sehari hingga permasalahan lendir di tenggorokan Anda benar – benar teratasi dengan sempurna

6. Manfaatkan Jeruk Nipis

Selain dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit, jeruk nipis ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan lendir di tenggorokan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis diyakini sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk bisa menghilangkan lendir di tenggorokan menggunakan jeruk nipis, Anda hanya perlu rutin mengonsumsi larutan jeruk nipis hangat dua kali sehari setiap hari.

Selain dapat membantu melancarkan dahak, larutan jeruk nipis juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh, dan menyehatkan organ – organ vital yang ada di dalam tubuh.

7. Menggunakan Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih secara langsung mungkin akan terasa menjijikan dan sangat menyiksa. Namun, hal tersebut telah terbukti dapat dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang ampuh.

Bawang putih memiliki kandungan anti virus, anti bakteri, anti jamur, dan anti oksidan yang sangat tinggi. Berkat kandungan yang dimilikinya tersebut, bawang putih diyakini dapat membantu mengatasi serangan bakteri dan jamur penyebab lendir di tenggorokan.

Cukup kunyah bawang putih secara rutin tiga kali sehari, permasalahan lendir di tenggorokan Anda nantinya akan reda dan sembuh secara berangsur – angsur.

8. Memanfaatkan Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang cukup tinggi. Berkat kandungan nutrisi bermanfaat yang dimilikinya, kunyit telah terbukti dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang ada pada tubuh, termasuk salah satunya adalah permasalahan lendir di tenggorokan.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan lendir di tenggorokan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa ruas kunyit, lalu kupas dan cuci hingga bersih
  • Parut manual kunyit tersebut hingga halus
  • Campurkan parutan kunyit tersebut dengan air hangat, lalu aduk dan pisahkan antara sari dan pati nya
  • Ambil bagian sarinya, lalu langsung konsumsi selagi hangat

9. Daun Mint

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan selanjutnya bisa anda lakukan dengan mengggunakan daun mint. Daun mint mungkin selama ini sudah dikenal luas sebai bahan alami untuk mengobati batuk.

Tetapi ternyata bukan hanya untuk mengobati batuk saja, karena ternyata daun mint ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan lendir yang berlebihan di tenggorokan. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini panduannya untuk anda:

  • Pertama sediakan beberapa lembar daun mint.
  • Bersihkan, lalu campurkan pada segelas air panas.
  • Tunggu beberapa saat hingga meresap, kemudian minumlah ramuan daun mint ini selagi masih hangat.

10. Konsumsi Madu

Madu sudah digunakan sejak dahulu sebagai herbal alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Madu sendiri mengandung antibiotik dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengusir bakteri dan virus penyebab dahak di tenggorokan.

Madu ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan pada penderita batuk dan flu. Selain itu, madu bisa meningkatkan stamina, karena mengandung banyak vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara mengkonsumsi madu juga sangat mudah, silahkan anda larutkan beberapa sendok madu dalam segelas air hangat.

11. Telur Ayam Kampung

Selanjutnya, anda bisa menggunakan telur ayam kampung untuk mengatasi lendir di tenggorokan yang anda alami. Caranya yaitu:

  • Sediakan telur ayam kampung dan madu
  • Panas air seperempat gelas saja
  • Kemudian tambahkan madu dan telur ayam kampung ke dalam air panas tersebut
  • Aduk hingga rata.
  • Meminum ramuan selagi hangat selama 2 kali dalam sehari.

Cara di atas selain dapat mengurangi lendir di tenggorokan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda.

12. Lemon Tea

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang terakhir adalah dengan menggunakan lemon tea. Lemon sendiri memiliki banyak kandungan asam sitrat di dalam lemon. Asam sitrat ini jugalah yang ditemukan dalam jeruk nipis, yang berguna untuk mengusir bakteri jahat.

Caranya yaitu:

  • Pertama, silahkan anda buat minuman lemon tea dengan air hangat.
  • Jangan tambahkan gula, melainkan tambahkan madu beberapa sendok
  • terakhir, konsumsi selagi panas atau hangat.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah mempraktekkan salah satu atau beberapa alternatif cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang kami sampaikan di atas? Bagaimana hasilnya? Semoga lendir di tenggorokan Anda bisa segera hilang ya!

Jangan lewatkan juga: Penyebab Tenggorokan Terasa Mengganjal dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply