Penyebab Penyakit Gagal Ginjal yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Gagal Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ vital yang ada di dalam tubuh kita. Ginjal sendiri terdiri dari 2 organ yang bentuknya hampir sama dengan kacang merah. Ginjal letaknya berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia.

Fungsi Ginjal

Sebagai organ vital, selama ini yang kita ketahui fungsi ginjal adalah untuk mengyaring ampas hasil metabolisme tubuh kita, nah kira-kira apa fungsi ginjal yang lainnya? Berikut ini beberapa fungsi ginjal yang harus anda ketahui:

  • Fungsi ginjal yang pertama adalah untuk menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  • Fungsi ginjal selanjutnya adalah untuk menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  • Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  • Ginjal juga berfungsi untuk menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Fungsi penting ginjal lainnya adalah untuk menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  • Fungsi ginjal yang terakhir adalah untuk mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.

Wah, ternyata ada banyak sekali fungsi ginjal ya? Pantas saja organ yang satu ini sangat penting untuk kita jaga kondisi kesehatannya, karena ada beberapa kondisi yang adapat mengakibatkan fungsi ginjal melemah atau bahkan rusak yang kita kenal dengan istilah gagal ginjal. Kira-kira apa saja penyebab gagal ginjal tersebut?

Penyebab gagal ginjal

Penyebab gagal ginjal

Penyebab Gagal Ginjal

Kali ini, Ceksehat.com akan berbagi beberapa penyebab gagal ginjal yang wajib anda ketahui. Perlu anda ketahui, panyakit gagal ginjal sendiri terbagi menjadi 2 jenis. Kedua jenis ini dibedakan atas dasar perjalanan penyakitnya, yaitu:

  1. Gagal Ginjal Akut (terjadi mendadak dalam waktu cepat dan kurang dari 3 bulan)
  2. Gagal Ginjal Kronis (keadaan gagal ginjal dimana kerusakan ginjal terjadi perlahan-lahan dan sudah terjadi lebih dari 3 bulan)

Perlu sama-sama kita ketahui bahwa kedua jenis penyakit gagal ginjal di atas sama-sama dapat mengakibatkan kematian. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab gagal ginjal akut dan kronis yang harus anda waspadai:

Penyebab gagal ginjal akut

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah, untuk jenis gagal ginjal akut, kondisi penderita lebih darurat dan harus mendapatkan pertolongan segera karena jenis gagal ginjal akut terjadi dengan cepat yang dapat merusak hampir seluruh organ ginjal sehingga dapat menyebabkan kematian bila tidak mendapat pertolongan sesegera mungkin. Maka dari kita harus lebih waspada terhadap gagal ginjal akut.

Berikut ini beberapa penyebab gagal ginjal akut yang harus anda waspadai:

  • Kurang Cairan / Dehidrasi

Penyebab gagal ginjal akut yang pertama adalah karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi sebagai penyebab utama terjadinya penyakit gagal ginjal. Ada beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan tubuh kita mengalami dehidrasi seperti diare (BAB lebih dari 3x sehari), perdarahan yang banyak, muntah-muntah hebat dan demam tinggi. Seseorang yang menderita keadaan di atas tidak boleh kurang minum karena dapat memperparah keadaan dehidrasinya.

Jika anda mengalami masalah seperti di atas jangan sampai kekurangan asupan air, karena akan mengakibatkan gangguan kesehatana lainnya, gagal ginjal akut misalnya.

  • Beberapa Macam Obat

Penyebab gagal ginjal yang kedua adalah sebagai akibat dari mengkonsumsi jenis obat tertentu. Jenis obat-obatan yang dapat memicu seseorang terkena gagal ginjal seperti obat penahan nyeri, obat kanker, beberapa macam antibiotik dan obat anti darah tinggi.

Bila kita mengkonsumsi jenis obat-obatan tersebut diiringi dengan saat tubuh sedang kekurangan cairan maka dapat memicu terjadinya penyakit gagal ginjal. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut, konsultasikan kepada dokter. 

  • Infeksi

Penyebab gagal ginjal akut berikutnya adalah akibat adalah infeksi seperti malaria, demam berdarah dengue dan leptospirosis. Kondisi ini dapat mengakibatkan tubuh kita mengalami kekurangan cairan serta merusak ginjal secara langsung hingga menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Bila anda sudah positif terkena infeksi di atas sebaiknya segera periksakan diri ke dokter atau sekurang-kurangnya jangan sampai kekurangan asupan cairan.

  • Luka Bakar

Penyebab gagal ginjal yang jarang orang ketahui adalah karena luka bakar. Jika tubuh kita mengalami luka bakar sampai 30% maka akan merusak kulit sehingga kulit tidak dapat menjalani fungsinya dengan optimal. Hal ini rentan menyebabkan air mudah menguap dari kulit yang terbakar sehingga rentan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

  • Bencana Alam dan Kecelakaan

Korban mencana alam dan kecelakaan juga rentan terkenaa gagal ginjal. Hal ini dikarenakan biasanaya korban bencana alam seperti gempa bumi yang tertimbun di rereuntuhan berhari-hari dapat menderita gagal ginjal akut karena keadaan dehidrasi. Selain dehidrasi, hancurnya otot yang tertimpa oleh reruntuhan juga dapat menyebabkan gagal ginjal karena zat yang dilepaskan dari otot yang luka tersebut. Kecelakaan yang melibatkan banyak luka parah pada otot juga dapat menjadi penyebab sakit ginjal.

  • Sumbatan Saluran Kencing

Sumbatan saluran kencing juga menjadi penyebab gagal ginjal akut yang mesti anda waspadai. Hal ini dikarenakan zat sisa yang seharusnya dibuang akan kembali ke organ ginjal sehingga merusak ginjal. Sumbatan dapat dalam bentuk apa saja. Sebab yang paling sering ialah pria dengan pembesaran prostat yang tidak diobati. Penyebab lainnya adalah batu ginjal yang tidak diobati dan penyembuhan yang tidak sempurna dari saluran kencing yang pernah sakit sebelumnya sehingga terjadi penyempitan.

  • Keracunan

Jika seseorang mengalami keracunan maka dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal akut. Kandungan dalam obat maupun jamu tersebut bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Banyak kandungan dalam obat kimia yang tidak bisa diterima ginjal karena memberatkan kerja ginjal. Seperti efek samping aspirin, ibuprofen dan asetaminofen adalah obat yang paling berbahaya bagi ginjal.

  • Konsumsi Petai dan Jengkol yang Berlebihan

Nah, tahukah anda ternyata mengkonsumsi petai dan jengko juga dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal akut. Namun tentu saja jika mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak dalam dalam satu waktu (sekali makan).

Penyebab gagal ginjal kronis

Selanjutnya, berikut ini beberapa penyebab gagal ginjal kronis yang harus anda ketahui. Sebagai tambahan juga, jenis gagal ginjal ini lebih banyak diidap ketimbang penyakit gagal ginjal akut. Berikut penyebab gagal ginjal kronis yang harus anda ketahui:

  • Diabetes Melitus / Kencing Manis

Penyebab gagal ginjal kronis yang pertama adalah karena penyakit diabetes melitus atau kencing manis. Bila anda mengalami penyakit ini dalam waktu yang lama dan tidak diobati terus-menerus sangat sering menyebabkan gagal ginjal kronis. Bahkan gagal ginjal kronis biasa menjadi komplikasi kencing manis yang tak jarang merenggut nyawa. Kencing manis adalah penyebab nomor satu gagal ginjal kronis di dunia.

Jangan lewatkan: 20 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

  • Darah Tinggi

Selain diabetes melitus, darah tinggi juga menjadi penyabab gagal ginjal kronis yang harus anda waspadai. Jika penyakit darah tinggi yang anda derita sudah berjalan dalam waktu lama dan tidak pernah mendapat pengobatan dapat mengakibatkan gagal ginjal kronis. Maka mengontrol dan mengobati tekanan darah Anda merupakan hal yang sangat penting.

  • Sepsis

Spsis dapat menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Sepsis bisa menyebabkan sistem imun di dalam tubuh menjadi berlebihan, jika hal itu terjadi tubuh akan mudah terkena infeksi. Infeksi tersebut bisa menyebabkan peradangan dan bisa membuat ginjal menjadi rusak.

  • Tersumbatnya Pembuluh Darah

Waspadalah jika darah anda mengalami penyumbatan karena hal ini dapat mengakibatkan fungsi dan kinerja ginjal pun akan menjadi terganggu. Hal itu dikarenakan dalam menjalankan fungsinya ginjal membutuhkan aliran darah. Jika pembuluh darah tersumbat akibatnya adalah aliran darah ke ginjal menjadi tidak lancar dan menyebabkan ginjal menjadi terganggu dan menjadi rusak.

  • Pukulan

Waspadai pukulan yang terjadi di sekitar perut terutama di bagian dekat dengan ginjal karena hal ini dapat mengakibatkan ginjal akan luka atau cidera. Luka dan cidera tersebut akan mengganggu kinerja ginjal. Jika sudah begitu resiko gagal ginjal pun bisa terjadi.

  • Alkoh*l

Penyebab gagal ginjal selanjutnya adalah karena mengkonsumsi alkoh*l. Orang yang terlalu sering dan terlalu banyak menenggak alkoh*l bisa memberatkan sistem kerja ginjal. Kandungan di dalam alkoh*l tidak bisa dicerna ginjal sehingga ginjal akan bekerja sangat keras untuk mencerna kandungan di dalam alkohol. Jika ginjal bekerja keras setiap harinya, fungsi ginjal pun akan mudah rusak dan terganggu.

  • Minuman Energi

Mengkonsumsi minuman berenergi saat bekerja keras memang dapat memberikan energi instan kepada kita. Namaun bila kita mengkonsumsinya terlalu sering atau dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan gagal ginjal, hal ini diakibatkan oleh kandungan karbonat dan berbagai bahan kimia di dalamnya bisa memberatkan kinerja ginjal. Dalam tahap ringan, orang yang sering mengkonsumsi minuman tersebut akan terkena infeksi atau radang ginjal. Namun dalam tahap yang serius infeksi itu bisa berubah menjadi gagal ginjal.

  • Kanker Prostat

Selanjutnya, kanker prostat juga menjadi penyebab gagal ginjal kronik atau kronis. Kanker prostat bisa menghambat pengosongan di dalam kandung kemih. Jika kandung kemih kosong bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

  • Radang Pada Ginjal

Penyebab gagal ginjal kronis selanjutnya adalah terjadinya peradangan pada ginjal itu sendiri. Peradangan di ginjal sendiri dapat disebabkan oleh infeksi dan penyakit imunitas. Penyakit infeksi yang sering menyebabkan gagal ginjal kronis adalah infeksi ginjal berulang dan penderita penyakit HIV. Sedangkan penyakit imunitas yang sering menyebabkan penyakit ginjal adalah lupus.

  • Penyakit Ginjal Polikistik

Penyebab gagal ginjal yang terakhir adalah karena keturunan atau faktor genetik. Parahnya, untuk jenis ini biasanya tidak memberikan gejala sehingga biasanya baru memberikan gejala setelah fungsi ginjal sudah menurun drastis. Maka dari itu, kita harus ketahui apakah keluarga kita memiliki riwayat terkena gagal ginjal atau tidak.

Gejala Penyakit Ginjal Secara Singkat

Mari kita bahas secara ringkas apa saja gejala penyakit ginjal yang biasanya muncul, berikut ini diantaranya:

Gejala gagal ginjal akut

  • Kencing sedikit dan air kencing dapat berwarna sangat keruh bahkan kemerahan
  • Perasaan mengantuk atau tidak sadar
  • Bengkak pada kaki dan tungkai
  • Sesak napas
  • Mual, muntah
  • Diare
  • Kejang
  • Gagal ginjal akut juga kadang tidak menimbulkan gejala

Gejala gagal ginjal kronis

  • Tidak menimbulkan gejala pada fase awal. Seiring berjalannya tingkat keparahan penyakit, gejala klinik akan makin jelas.
  • Warna kulit menjadi semakin gelap
  • Warna kulit yang semakin pucat
  • Sering merasa mengantuk
  • Sering mual dan muntah
  • Sulit konsentrasi, mudah mengantuk
  • Nyeri tulang
  • Gatal tanpa sebab
  • Darah pada tinja
  • Perut membesar dan kencang (terisi cairan)
  • Sesak nafas

Bagaimana? Sudah sangat jelas sekali bukan? Mudah-mudahan bisa membantu anda semua dalam menjaga kesehatan ginjal, karena ginjal juga sangat penting untuk tubuh kita. Demikianlah uraian singakt seputar penyebab gagal ginjal yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga Gejala HIV/AIDS yang Harus Kita Waspadai

Leave a Reply