Penyebab, Gejala Penyakit Hernia dan Cara Mengobatinya

Gejala Hernia – Penyakit hernia yang lebih banyak menyerang kaum pria ini terlihat seperti tonjolan yang dapat diraba dan dirasa. Tonjolan tersebut terjadi akibat adanya bukaan yang tidak normal di tubuh. bukaan tersebut akan menyebabkan sebagian usus keluar melalui dinding perut yang lemah.

Letak hernia bisa beragam seperti pada pusar, pangkal paha dan bagian lainnya. Hernia bisa saja disebabkan faktor keturunan atau terjadi sejak kecil dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan si bayi.

Selain itu hernia juga banyak yang terjadi secara tiba-tiba. Namun sayangnya banyak masyarakat awam yang tidak mengetahui gejala hernia sejak dini. Biasanya hernia diketahui setelah memasuki tahap membutuhkan pengangkatan atau operasi.

Loading...

Untuk itu mengetahui gejala hernia menjadi sangat penting untuk mencegah kondisi yang lebih serius lagi. Meski penyakit ini banyak menyerang pria dewasa dia atas 30 tahun namun banyak juga pria muda yang terserang penyakit tersebut.

Gejala Hernia

Gejala Hernia

Jenis Penyakit Hernia 

Penyakit hernia memiliki tiga jenis. Mari kita lihat ketiga jenis penyakit hernia seperti berikut ini:

  • Hernia abdominalis : merupakan hernia dengan tonjolan yang hanya terdiri dari satu kantong melalui defek dinding perut yang berdinding peritonium
  • Hernia areponibilis : hernia jenis ini tidak ada pengaruhnya pada pemberian darah dimana isi kantong bisa dikembalikan pada ruang abdomen sedangkan hernia irriponibilis adalah penyakit hernia sebaliknya yakni isi kantong tidak dapat dikembalikan pada abdomen.
  • Hernia strangulata : hernia jenis ini terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh darah untuk isi kantong

Penyebab Penyakit Hernia

Adanya penyakit hernia bukannya tanpa penyebab yang jelas. Penyakit hernia atau turun berok ini disebabkan pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga untuk mengangkat benda-benda berat.

Benda yang terlalu beras akan membuat sebagian usus keluar dan membentuk tonjolan. Pekerjaan berat yang sering menyebabkan hernia adalah pekerja pelabuhan, pekerja pabrik, orang yang biasa meniup balon serta mengejan terlalu kuat.

Gejala Hernia yang Harus Anda Waspadai 

Setelah kita mengetahui penyebab hernia sebaiknya kita juga wajib mengetahui gejala hernia untuk mencegah kondisi yang lebih serius lagi. Mari kita lihat beberapa gejala hernia seperti berikut ini :

1. Mual

Gejala hernia yang pertama adalah mual. Saat mual menyerang kita belum dapat mengetahui secara pasti apakah terserang hernia atau penyakit lain sebab mual sering terjadi pada kondisi penyakit lain.

Untuk mengetahui lebih jelasnya biasanya mual pada penderita hernia diikuti dengan munculnya berbagai gejala hernia lainnya.

Artikel terkait: 24 Tips Menghilangkan Mual Saat Hamil

2. Nyeri hebat pada bagian bawah perut

Selain merasakan mual, penderita hernia akan merasakan nyeri hebat pada bagian bawah perut. Nyeri ini disebabkan sebagian usus keluar melalui dinding perut yang lemah. Nyeri pada bagian bawah perut ini merupakan gejala hernia yang sangat umum terjadi.

3. Muncul benjolan pada lokasi hernia

Saat sebagian usus keluar melalui dinding perut yang lemah bukan hanya menyebabkan rasa nyeri hebat namun juga akan menyebabkan munculnya tonjolan pada titik tertentu contohnya bagian pusar serta pangkal paha.

4. Terjadi gelembung prista yang mudah didengar

Gejala hernia selanjutnya adalah munculnya gelembung prista pada titik tertentu dan gelembung tersebut mengeluarkan suara yang mudah didengar.

5. Jika otot mulai mengendur maka tonjolan mulai menghilang

Munculnya tonjolan pada penderita hernia akan semakin parah ketika otot kencang atau menegang. Dengan begitu jika otot mulai lemas dan mengendur maka kondisi tubuh akan semakin membaik dan disertai dengan tonjolan yang semakin menghilang.

6. Perut kembung

Perut terasa kembung menjadi salah satu gejala hernia. Jika anda merasakan berbagai gejala yang telah dituliskan di atas seperti muncul tonjolan, nyeri dibagian perut bawah yang disertai perut kembung sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda secara pasti dan pengobatan bisa segera dilakukan.

7. Muntah

Selain merasakan mual yang berlebihan penderita hernia juga akan mengalami muntah-muntah. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan sebab dapat membuat energi semakin berkurang dan daya tahan tubuh juga bisa semakin lemah, maka kondisi kesehatan tubuh juga bisa lebih berbahaya lagi.

8. Kesemutan

Di awal penyakit herpes juga bisa dilihat dari tubuh yang sering mengalami kesemutan. Kesemutan bisa menyerang salah satu anggota tubuh maupun seluruh anggota tubuh. saat kesemutan terjadi pada kaki akan membuat kita kesulitan berjalan.

9. Otot melemah

Gejala hernia selanjutnya adalah otot melemah. Ketika otot melemah kita akan kesulitan melakukan  kegiatan sehari-hari, bahkan untuk melakukan gerak tubuh saja akan sangat kesulitan. Sebaiknya ketika otot mulai melemah perbanyak istirahat agar kondisi tubuh tidak semakin serius.

10. Kandung kemih bermasalah

Sebagian usus yang keluar melalui bagian perut yang lemah akan menyebabkan kandung kemih mengalami masalah. Masalah kandung kemih ini akan membuat penderita hernia kesulitan saat buang air kecil. Jika hal ini terjadi sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ahli bedah.

11. Nyeri kaki

Salah satu gejala hernia adalah nyeri pada kaki. Nyeri kaki akan membuat kita kesulitan gerak dan melakukan aktivitas dan melakukan aktivitas fisik. Tak jarang nyeri kaki diikuti dengan kaki yang membengkak dan meradang.

12. Pangkal paha seperti tertekan

Pangkal paha seperti tertekan menjadi salah satu gejala hernia. Tekanan ini bukan hanya menyerang paha saja namun juga menyerang bagian pinggang ke bawah. Tekanan ini juga membuat perut terasa kurang nyaman dan menimbulkan efek mual dan muntah.

13. Demam

Penyakit hernia selain dapat dilihat dari berbagai gejala hernia yang muncul juga menyebabkan naiknya suhu tubuh atau demam tinggi. Demam ini merupakan salah satu pertanda sistem imun tengah berperang melawan penyakit secara alami.

14. Detak jantung semakin cepat

Salah satu gejala hernia juga bisa kita lihat dari intensitas detak jantung yang semakin cepat. Detak jantung akan semakin parah ketika penderita hernia merasa ketakutan merasakan kondisi kesehatannya semakin parah.

Pengobatan awal penyakit hernia 

 Untuk mengatasi penyakit hernia bisa dimulai dari langkah pengobatan awal yang cukup sederhana seperti berikut ini:

  • Istirahat secukupnya akan membantu pemulihan bagian diskus yang menonjol serta merilekskan tulang belakang
  • Mengkonsumsi obat antiinflamasi yang telah diresepkan dokter
  • Anda bisa melakukan kompres panas atau dingin sesuai dengan petunjuk dokter
  • Traksin bertujuan untuk mengurangi tekanan dengan cara menempatkan tulang atau otot di bawah tekanan
  • Pijat oleh ahlinya
  • Terapi fisik bisa dilakukan sebagai pengobatan awal untuk memperkuat otot punggu dan sendi serta mengurangi rasa nyeri
  • Suntikan steroid dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan suntikan ini akan dilakukan di dalam ruang dekat herniasi diskus
  • Operasi akan dilakukan jika pengobatan sederhana tidak membantu dan membuat kondisi membaik.

Cara Mencegah Penyakit Hernia 

Penyakit hernia bisa diobati dengan melakukan beberapa tindakan yang telah dijabarkan di aras namun akan lebih baik jika kita dapat mencegah munculnya hernia dengan melakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Saat mengangkat beban yang terlalu berat sebaiknya gunakan teknik yang baik dan benar agar tekanan tersebut tidak menyebabkan sebagian usus keluar
  • Jangan berdiri terlalu lama pada satu tempat
  • Saat duduk sebaiknya sering merenggangkan tubuh
  • Saat duduk di kursi sebaiknya pilihlah kursi yang memiliki senderhana punggung yang baik
  • Tidur di kasur atau matras yang kaku
  • Jangan tidur tengkurap yang akan membuat perut tertekan.
Loading...

Demikianlah beberapa gejala hernia yang harus kita waspadai. Sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter saat merasakan adanya gejala tersebut untuk mencegah kondisi yang lebih serius lagi. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: 21 Gejala Cacar Air yang Harus Anda Waspadai Sejak Dini

loading...

Leave a Reply