Daftar Penyebab Hb Rendah yang Harus Anda Ketahui!

Penyebab Hb Rendah – Hb atau hemoglobin terdapat dalam sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen. Hemoglobin ini berupa protein yang terdapat dalam sel darah merah yang kaya akan zat besi. Hemoglobin atau Hb ini akan membantu menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Oksimeglobin adalah salah satu molekul yang terdapat di dalam hemoglobin. Molekul ini berfungsi menyebarkan oksigen ke organ tubuh yang rendah kadar oksigennya untuk menggantikan karbon dioksida.

Hemoglobin atau Hb sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melaksanakan fungsi dari masing-masing organ. Jadi kekurangan kadar hemoglobin akan menghambat kinerja dari seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Kekurangan hemoglobin  bisa dikatakan sebagai penyakit anemia. Penyebab Hb rendah sangat beragam, mulai dari kekurangan asupan makanan yang mengandung zat besi dan nutrisi lain hingga mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan stres.

Penyebab Hb Rendah

Penyebab Hb Rendah

Selain itu masih banyak lagi penyebab Hb rendah lainnya yang akan kita bahas secara tuntas dalam artikel kali ini. Namun sebelum kita melihat beberapa penyebab Hb rendah mari kita lihat terlebih dahulu kadar hemoglobin normal dalam darah seperti berikut ini:

  • Bayi baru lahir : 17 hingga 22 gm
  • Anak-anak : 11 hingga 13 mg
  • Pria dewasa  : 14 hingga 18 gm
  • Wanita dewasa : 12 hingga 16 gm
  • Pria lansia : 12.4 hingga 14.9 mg
  • Wanita lansia : 11.7 hingga 13.8 mg

Kadar hemoglobin atau Hb jika berada di bawah garis normal tersebut maka bisa dikatakan Hb rendah. Hb rendah akan menyebabkan kurangnya asupan oksigen ke seluruh tubuh sehingga akan mengganggu kinerja tubuh.

Tubuh akan merasa lemas, kurang bersemangat, kurang bertenaga, sesak napas, kurang konsentrasi serta masih banyak lagi gejala lainnya. Jika kadar Hb terus menerus mengalami penurunan dan dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti gagal jantung dan ginjal.

Kurangnya pasokan oksigen akibat Hb rendah akan membuat jantung bekerja keras untuk mengatasi kekurangan oksigen yang akibatnya jantung akan mengalami kerusakan jika terjadi terus menerus.

Belum lagi kurangnya oksigen ke otak akan membuat anda sulit berkonsentrasi atau fokus. Seluruh gejala Hb rendah itu disebabkan beberapa hal.

Penyebab Hb Rendah

Penyebab Hb rendah sangat beragam mulai dari aktivitas fisik yang meningkat hingga kekurangan asupan nutrisi dalam tubuh. selain itu masih banyak lagi penyebab Hb rendah yang meliputi:

1. Meningkatnya aktivitas fisik

Meningkatnya aktivitas fisik bisa mempengaruhi kadar Hb dalam darah. Kelelahan akibat dari kurang istirahat yang memicu turunnya kadar hemoglobin. Oleh sebab itu meskipun kegiatan fisik tengah meningkat harus diimbangi dengan istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bernutrisi agar kadar Hb tetap terjaga.

2. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan asupan air dapat menyebabkan Hb menurun karena cairan sangat dibutuhkan tubuh salah satunya untuk menjaga kadar hemoglobin tetap normal. Sebaiknya konsumsi air secukupnya yaitu 8 hingga 10 gelas perhari agar tubuh tetap sehat dan kadar hemoglobin tetap normal.

Kadar hb yang terus menurun akan menyebabkan tubuh merasa pusing, lelah, lesu dan masih banyak lagi gejala lain yang akan menghambat aktivitas sehari-hari.

3. Kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh

Cara paling ampuh mengendalikan kadar hemoglobin tentunya dengan menjaga asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan asam folat,  zat besi, serta vitamin B12. Jika makanan dengan kandungan beberapa nutrisi tersebut kurang maka akan menjadi penyebab Hb rendah.

Penuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar Hb tetap normal dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat seperti sayur, buah dan daging.

4. Kehamilan

Wanita hamil biasanya nafsu makan akan menurun terutama di trimester pertama. Sedangkan kebutuhan nutrsis dan makanan saat hamil akan semakin meningkat. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan janin harus terpenuhi dengan baik.

Sedangkan konsumsi makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan vitamin B12 semakin berkurang itulah sebabnya wanita hamil rentan mengalami Hb rendah atau anemia. Selain itu bagian plasma membutuhkan peningkatan jumlah sel darah dengan lebih cepat, sehingga dapat mengencerkan darah yang juga dapat menurunkan kadar Hb.

Simak juga: 11 Cara Ampuh Mengatasi Anemia Sendiri di Rumah!

Itulah mengapa wanita hamil dianjurkan melakukan cake up rutin untuk menjaga kondisi tubuh dan bayi dengan mengkonsumsi vitamin penambah darah.

5. Pendarahan

Penyebab Hb rendah selanjutnya adalah pendarahan. Pendarahan bisa diakibatkan kecelakaan atau beberapa penyakit seperti tukak lambung, wasir berdarah, proses persalinan, operasi serta siklus menstruasi.

Banyaknya darah yang keluar akibat pendarahan turut mempengaruhi jumlah sel darah merah dan kadar hemoglobin. Kedua zat tersebut akan berkurang secara drastis sehingga jumlahnya tidak normal.

6. Infeksi penyakit tertentu

Terserang suatu penyakit tertentu atau penyakit kronis juga dapat mempengaruhi kadar Hb dalam darah. Penyakit tersebut biasanya disebabkan infeksi bakteri, infeksi virus, serta infeksi mikroorganisme lainnya.

Beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab Hb rendah adalah gagal ginjal, kanker, penyakit autoimun, infeksi usus, serta masih banyak lagi penyakit lain yang dapat menurunkan kadar Hb dalam darah.

Beberapa penyakit kronis tersebut akan menyulitkan tubuh memproduksi sel darah merah sehingga jumlahnya di dalam tubuh akan berkurang.

7. Penggunaan obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan bisa memberikan efek samping berbahaya bagi tubuh salah satunya dapat menurunkan kadar Hb dalam darah. Penggunaan obat-obatan kemoterapi atau prosedur radiasi dengan menggunakan sinar X serta masih banyak jenis obat lainnya yang dapat menurunkan kadar hemoglobin.

Obat-obatan tersebut akan merusak sumsum tulang sehingga tidak dapat menghasilkan sel darah merah secara optimal.

8. Ketidakseimbangan hormon

Di dalam tubuh manusia terdapat hormon yang berperan dalam membantu produksi sel-sel darah merah yaitu hormon erythropoietin. Hormon ini bekerja merangsang sumsum tulang dalam memproduksi sel-sel darah merah.

Jika hormon tersebut mengalami gangguan maka produksi sel-sel darah merah juga ikut terganggu sehingga secara otomatis Hb dalam darah juga ikut berkurang.

9. Hancurnya sel darah merah di dalam tubuh

Pembesaran limpa dapat menyebabkan hancurnya sel darah merah dalam tubuh sehingga sel darah merah akan lebih banyak menghilang dari biasanya. Dengan begitu kadar Hb dalam darah juga akan berkurang drastis.

Selain pembesaran limpa ada kondisi lain yang menyebabkan hancurnya sel darah merah seperti anemia hemolitik, anemia sel sabit, serta kekurangan enzim yang menyebabkan sel darah merah cepat mati.

10. Makanan kurang sehat

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari akan mempengaruhi kadar hb dalam darah. Jika makanan yang anda konsumsi kurang sehat seperti makanan berlemak, makanan cepat saji, serta masih banyak lagi makanan lain maka kadar Hb anda akan rendah.

Makanan tersebut tidak akan menunjang produksi sel darah merah sehingga jumlahnya akan kurang dibanding yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

11. Pola makan tidak teratur

Selain  makanan yang kita konsumsi mempengaruhi jumlah Hb dalam darah, pola makan juga ikut berperan penting dalam produksi sel darah merah. Pola makan yang tidak teratur akan menjadi penyebab Hb rendah sebab produksi sel darah merah akan menurun.

12. Penyerapan nutrisi yang terganggu

Jika anda telah mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi namun kadar Hb dalam darah tetap saja rendah maka hal tersebut dapat disebabkan terhambatnya penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

13. Kurang asupan air mineral

Kekurangan asupan mineral juga bisa menurunkan kadar Hb dalam darah. Kurangnya asupan air mineral akan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi inilah yang menjadi penyebab Hb rendah karena beberapa fungsi organ akan menurun salah satunya organ yang menghasilkan sel darah merah.

Kurangnya produksi sel darah merah akan berakibat pada jumlah Hb dalam darah. Sebaiknya konsumsi air mineral atau air putih 8 hingga 10 gelas perhari untuk mencegah dehidrasi dan penurunan kadar Hb dalam darah.

14. Konsumsi kafein berlebihan

Minuman berkafein memang memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan dan kecantikan salah satunya dapat menjadi penyebab Hb rendah. Minuman berkafein dapat menyebabkan dehidrasi dan penghambatan penyerapan nutrisi sehingga akan menurunkan kadar Hb dalam darah.

15. Cacingan

Cacingan yang sering menyerang anak-anak jangan dianggap sepele sebab hal itu dapat menyebabkan anak mengalami anemia dan menurunkan kadar hemoglobin. Hal ini disebabkan karena cacing yang ada pada anak akan menyerap nutrisi yang digunakan  untuk menghasilkan sel darah merah.

Selain itu cacingan juga menyebabkan anak kurus, lemah, kurang konsentrasi serta masih banyak lagi gejala lainnya. Oleh sebab itu atasi cacingan dengan segera agar pertumbuhan anak terjaga dengan baik.

16. Kekurangan zat besi, asam folat, dan vitamin B12

Beberapa nutrisi penambah darah seperti zat besi, asam folat, serta vitamin B12 sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu memproduksi sel darah merah. Jika nutrisi tersebut tidak terpenuhi maka akibatnya produksi sel darah merah akan terhambat maka secara otomatis kadar Hb juga rendah.

Sebaiknya penuhi kebutuhan nutrisi penambah darah tersebut dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan seperti perbanyak sayur dan buah, ikan, daging, serta masih banyak lagi makanan lainnya.

Cara Mengatasi Hb Rendah

Anemia atau Hb rendah jangan dianggap remeh sebab dapat menyebabkan tubuh kehilangan tenaga, lemah, kurang konsentrasi, serta dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti gagal jantung, ginjal, serta masih banyak lagi penyakit lainnya yang dapat berujung kematian.

Oleh sebab itu sebaiknya kita melakukan pencegahan menurunnya kadar Hb dalam darah dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Perbanyak konsumsi makanan yang kaya asam fola, zat besi dan vitamin B12, vitamin C dan beberapa jenis nutrisi lainnya dari beberapa sumber makanan berikut ini jeruk, pisang, bayam, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, mangga dan masih banyak lagi.
  • Jauhi makanan yang tidak sehat dengan berbagai kandungan berbahaya di dalamnya seperti mengandung MSG, pewarna, pengawet, serta minuman berkafein.
  • Instirahat yang cukup
  • Makanan teratur
  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Olah raga teratur
  • Batasi konsumsi obat-obatan yang mengandung antasida dan fosfat.

Demikianlah beberapa penyebab Hb rendah yang harus anda ketahui. Dengan mengetahui penyebab tersebut, maka sebaiknya anda menghindarinya atau mencegahnya agar kita terhindar dari Hb rendah atau anemia.

Leave a Reply