14 Penyebab Utama Kanker Otak yang Harus Anda Ketahui!

Penyebab Kanker Otak – Otak merupakan salah satu organ tubuh yang menjadi pusat kendali dari seluruh kegiatan organ tubuh lain. Jika otak mengalami masalah atau gangguan maka seluruh sistem kinerja tubuh juga akan terganggu. Namun sayangnya otak juga tak lepas dari serangan penyakit salah satunya kanker otak.

Penyakit kanker otak  bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Oleh sebab itu kita patut waspada terhadap penyakit tersebut. Kanker otak sendiri terjadi akibat pertumbuhan sel yang ubnormal yang terjadi di otak.

Kanker otak merupakan salah satu penyakit kronis yang sangat berbahaya. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Penderita kanker otak juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini disebabkan gaya hidup yang semakin bebas.

Penyebab Kanker Otak

Ilustrasi: Penyebab Kanker Otak

Meski penyebab utama kanker otak belum diketahui secara pasti namun beberapa faktor dapat memicu pertumbuhan sel yang ubnormal, salah satunya pola hidup di zaman modern yang semakin buruk.

Selain itu penyebab kanker otak bisa berasal dari penyebaran kanker pada organ tubuh lain kemudian menginfeksi otak atau disebut kanker otak sekunder. Untuk itu sebaiknya kita mulai meningkatkan kualitas hidup agar tidak ikut terserang penyakit tersebut.

Penyebab kanker otak

Penyebab kanker otak bisa sangat beragam mulai yang berasal dari luar serta yang berasal dari dalam. Jika faktor dari dalam sulit dihindari sedangkan faktor dari luar bisa kita jauhi. Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan serangan kanker kanker otak seperti:

1. Faktor dari dalam

Penyebab kanker otak yang sangat beragam ini juga bisa berasal dari dalam tubuh kita sendiri. Faktor dari dalam yang dapat meningkatkan resiko terserang kanker otak ini meliputi beberapa hal seperti:

  • Faktor keturunan atau genetika : jiwa keluarga anda memiliki riwayat penyakit kanker maka anda juga akan memiliki resiko sekitar 70% terserang kanker. salah satunya kanker otak. Namun bukan berarti pemilik faktor keturunan seluruhnya akan terserang kanker, namun resikonya lebih tinggi dibanding yang tidak memiliki faktor keturunan. Cara menghindar dari penyakit ini bisa dari pola hidup sehat yang anda jalani.
  • Riwayat benturan : kepala memang sangat sensitif terhadap benturan kecil mau pun besar. Benturan yang terjadi di kepala jangan dianggap remeh meski belum menunjukkan gejala dalam waktu dekat. Benturan di kepala bisa menyebabkan trauma pada jaringan otak. Trauma tersebut lambat laun akan membuat jaringan tersebut tumbuh secara ubnormal dan menjadi penyebab kanker otak.

Artikel terkait: Penyebab Tumor Otak yang Wajib Anda Ketahui Sejak Dini!

2. Faktor dari luar

Jika ada faktor dari dalam atau internal maka ada juga faktor dari luar yang menjadi penyebab kanker otak. Faktor dari luar ini bisa berasal dari daerah sekitar kita yang tidak kita sadari atau bisa juga berasal dari pola hidup yang tengah kita jalani. Berikut beberapa penyebab kanker otak yang berasal dari luar seperti:

  • Merokok : siapa yang tidak mengetahui apa itu bahaya merokok bahkan slogan kemasan rokok sudah memberikan informasi mengenai hal itu. Jelas-jelas dituliskan bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, namun banyak dari kita yang mengabaikan pemberitahuan tersebut. Di dalam rokok terdapat berbagai zat adiktif yang dapat merangsang pertumbuhan sel yang ubnormal kemudian berkembang menjadi kanker otak.
  • Mengkonsumsi makanan berlemak : makanan berlemak yang dikonsumsi berlebihan membuat sistem pencernaan tidak dapat mengolahnya secara maksimal sehingga akan diserap tubuh kemudian mengendap di tubuh. Pengendapan lemak tersebut akan berkembang menjadi toksin atau racun yang akan menyebabkan berbagai penyakit salah satunya kanker otak.
  • Kurang serat : kekurangan serat setiap harinya jangan dianggap remeh karena kekurangan serat akan menyulitkan tubuh mengeluarkan racun atau toksin penyebab berbagai kerusakan. Kekurangan serat turut ambil bagian dalam penyakit kanker otak yang tengah kamu hadapi. Jadi perbanyak konsumsi serat yang berasal dari buah dan sayur.
  • Penggunaan minyak goreng yang berulang-ulang : terlalu sering mengkonsumsi makanan olahan yang digoreng saja sudah kurang baik apalagi jika minyak goreng yang digunakan dipakai secara berulang-ulang hal ini akan memicu pertumbuhan sel-sel yang ubnormal atau sulit dikendalikan yang akan menjadi bibit penyakit kanker.
  • Mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bahan kimia : bahan kimia yang sering dipakai melekat pada makanan adalah pestisida. Pestisida yang digunakan untuk membunuh hama pada buah dan sayur jika termakan maka lama kelamaan akan memicu aktifnya sel kanker dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi buah dan sayur organik yang tidak mengandung pestisida atau racun yang dapat merugikan tubuh.
  • Stres : stres menjadi kunci munculnya berbagai penyakit salah satunya kanker otak. Stres atau terlalu banyak pikiran sebaiknya kita hindari dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan, berlibur dan masih banyak lagi yang lainnya. Stres bahkan bisa menyebabkan kolesterol naik, tekanan darah naik, serta gula darah meningkat serta masih banyak lagi kerugian lainnya.
  • Radiasi : radiasi atau gelombang tertentu juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker. salah satu gelombang atau radiasi yang sangat berbahaya adalah radiasi yang dihasilkan dari ledakan bom atom di hiroshima dan Nagasaki pada perang dunia 11. Selain itu radiasi dari pemeriksaan medis seperti CT Scan, atau sinar X juga bisa menjadi salah satu penyebab kanker otak.
  • Kurang nutrisi: sama dengan organ tubuh lainnya otak juga membutuhkan nutrisi untuk melakukan tugasnya. Nutrisi yang kurang terpenuhi dapat menyebabkan sel-sel tumbuh secara ubnormal kemudian akan berkembang menjadi kanker otak. Contoh nutrisi yang diperlukan otak seperti omega 3 dan 6 serta.
  • Narkoba : menjadi pecandu narkoba membuat tubuh rentan terhadap serangan berbagai penyakit salah satunya penyakit kanker otak. Zat merugikan tersebut sangat tidak bermanfaat bagi tubuh.
  • Minuman beralkohol :  mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab kanker otak. Selain itu berbagai kerugian lain juga akan dirasakan tubuh dengan menjadi pecandu alkohol. Di negara maju minuman beralkohol sudah menjadi penyebab utama kerusakan tubuh dan penderita kanker hati juga terus meningkat.
  • Faktor usia : semakin bertambahnya usia maka sistem kekebalan tubuh juga akan semakin menurun sehingga serangan penyakit juga akan semakin mudah. Meningkatnya usia akan semakin memperbesar resiko terserang kanker otak. Oleh sebab itu jalani pola hidup sehat sejak dini untuk meminimalisir serangan kanker otak
  • Penggunaan obat kimia : mengkonsumsi obat-obatan kimia tertentu dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko serangan kanker otak. Obat-obatan tersebut akan memicu pertumbuhan sel yang ubnormal atau sulit dikendalikan.

Simak selengkapnya: Daftar Penyebab Penyakit Kanker yang Wajib Anda Ketahui

Gejala Kanker Otak

Kanker otak yang menyerang tubuh terkadang lambat didiagnosa sebab masyarakat awam kurang memahami gejala yang ditimbulkan kanker otak. Gejala awal kadang disepelekan sebab dianggap sakit kepala biasa. Namun ketika memasuki stadium yang lebih tinggi dan tubuh mulai menunjukkan reaski lain barulah pemeriksaan ke dokter dilakukan.

Untuk itu sebaiknya kita mengetahui apa saja gejala kanker otak seperti berikut ini:

  • Sakit kepala yang tidak biasa
  • Mual dan muntah
  • Perubahan mental
  • Gangguan penglihatan
  • Kesulitan gerak
  • Kejang-kejang
  • Kebutaan
  • Demensia
  • Ketidaksadaran
  • Kehilangan memori
  • Penurunan berat badan
  • Demam
  • Vertigo atau pusing
  • Kehilangan libido
  • Menurunnya kemampuan mendengar
  • Mengalami kelumpuhan
  • Menstruasi berhenti secara tidak normal

Cara Mengobati Kanker Otak

Jika setelah melakukan pemeriksaan ke dokter dan anda dinyatakan positif menderita kanker otak maka pengobatan harus segera dilakukan untuk memperkecil resiko penyebaran kanker ke organ tubuh lain. Berikut pengobatan yang akan dilakukan dokter sebagai upaya penyembuhan dan memperpanjang usia pasien seperti:

  • Operasi untuk membasmi sel-sel kanker

Operasi pada penyakit kanker otak ini tidak semudah melakukan operasi pada kanker lain. Operasi ini tingkat kesulitannya sangat tinggi. Bahkan tim medis yang ikut melakukan operasi sangat beragam mulai dari spesialis kanker, ahli gizi, pekerja sosial, serta ahli syaraf.

Operasi yang dilakukan dengan tujuan membasmi sel-sel kanker menggunakan terapi radiasi. Setelah melakukan operasi maka terapi radiasi juga harus dilanjutkan sebagai upaya menghentikan atau mengurangi pertumbuhan tumor pasca operasi.

  • Kemoterapi

Kemoterapi menjadi salah satu jalan untuk menunjang penyembuhan kanker otak.  Kemoterapi juga dapat menjadi pilihan pengobatan jika sudah tidak ada jalan pengobatan lain. Kemoterapi dilakukan dengan memberikan obat-obatan sejenis atau kombinasi dua atau lebih jenis obat.

Kemoterapi dilakukan secara berkala dengan kurun waktu sekitar 2 hingga 3 bulan dengan beberapa kali kemoterapi yang diselingi istirahat. Kemoterapi akan memberikan efek samping bagi tubuh pasien seperti mual, muntah, nyeri tulang serta rambut rontok namun akan hilang dengan sendirinya.

Mengkonsumsi makanan kaya gizi bisa dapat membantu mengimbangi nutrisi yang hilang akibat pengobatan panjang dan melelahkan pada pasien kanker otak.

Komplikasi Penyakit kanker Otak

Kanker otak dapat menyebabkan komplikasi akibat dari efek samping pengobatan tertentu. Komplikasi ini sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan kehilangan nyawa.berikut beberapa komplikasi yang disebabkan pengobatan tertentu seperti:

  • Pendarahan tumor akut
  • Sumsum tulang belakang mengalami obstruksi yang dapat menyebabkan retensi air dalam otak hal ini dapat menyebabkan kematian pada pasien kanker otak
  • Pergerakan otot menyebabkan tekanan pada tenggorokan yang dapat mengancam keselamatan jiwa anda.

Demikianlah ulasan seputar kanker otak yang bisa kami jabarkan kepada anda. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar orang lain tahu apa saja penyebab kanker otak, gejalanya, serta bagaimana cara mengobatinya. Simak juga: 20 Gejala Kanker Otak yang Harus Anda Waspadai

Leave a Reply