Daftar Penyebab Kanker Rahim yang Wajib Anda Ketahui!

Penyebab Kanker Rahim – Kanker rahim merupakan sel-sel yang pertumbuhannya sulit dikendalikan pada lapisan rahim atau endometrium kemudian tumbuh dan berkembang menjadi tumor jinak. dengan seiring berjalannya waktu tanpa pengobatan yang intensif tumor tersebut akan berkembang menjadi tumor ganas atau disebut kanker rahim.

Rahim yang merupakan organ organ reproduksi wanita, dimana tempat bertemunya sel telur dan sel sperma dan terjadilah pembuahan ini kerap kali diserang berbagai penyakit salah satunya kanker rahim yang dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh seperti indung telur, saluran telur, serta sistem getah bening.

Selain itu kanker rahim juga bisa disebabkan karena adanya penyebaran dari kanker pada organ tubuh lain atau disebut kanker rahim sekunder. Penyebab kanker rahim primer hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun kuat adanya peningkatan kadar estrogen turut mempengaruhi serangan kanker ini.

Selain itu dugaan adanya gaya hidup yang buruk menjadi penyebab kanker rahim. Gaya hidup yang buruk akan merangsang pertumbuhan sel yang ubnormal. Serta masih banyak lagi penyebab kanker rahim lainnya.

Untuk menjawab rasa penasaran banyak wanita dalam artikel kali ini Ceksehat akan membahas mengenai penyebab kanker rahim hingga tuntas. Kanker rahim banyak menyerang wanita setelah memasuki masa menoupose berkisar di usia 50 hingga 60 tahun.

Penyebab Kanker Rahim

Ilustrasi: Penyebab Kanker Rahim

Untuk itu sebagai seorang wanita kita patut waspada dengan menjauhi beberapa penyebab kanker rahim agar tidak terserang penyakit yang mematikan ini.

Gejala Kanker Rahim 

Kanker rahim pada stadium awal kebanyakan tidak terdeteksi. Kanker ini biasanya mulai terdeteksi setelah memasuki stadium yang lebih tinggi hingga pengobatan akan lebih sulit dilakukan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan para wanita mengenai gejala kanker rahim.

Untuk itu sebaiknya simak beberapa gejala kanker rahim seperti berikut ini:

  • Mengalami pendarahan pada vagina meski tidak dalam siklus menstruasi serta setelah masa menoupose
  • Ketika masa menstruasi darah yang dikeluarkan tidak seperti biasanya atau lebih banyak
  • Terjadi sekresi yang berupa cairan atau darah encer
  • Sakit pada bagian pinggul
  • Nafsu makan semakin menurun
  • Kelelahan parah
  • Kurang darah akibat dari pendarahan
  • Nyeri perut pada bagian bawah
  • Mual
  • Nyeri ketika buang air kecil
  • Nyeri ketika berhubungan intim

Jika tubuh anda merasakan beberapa gejala tersebut sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter atau petugas medis untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh anda. Jika hasil yang akurat telah didapatkan maka pengobatan yang tepat bisa segera dilakukan.

Simak selengkapnya: Gejala Kanker Rahim yang Wajib Anda Ketahui!

Penyebab Kanker Rahim

Kanker rahim yang banyak menyerang wanita pada masa menoupose ini bukan berarti tidak beresiko mengancam wanita masa produktif. Apalagi jika anda menjalankan pola hidup dan pola makan yang buruk maka akan semakin meningkatkan resiko terserang kanker rahim.

Artikel terkait: Daftar Penyebab Penyakit Kanker yang Wajib Anda Ketahui

Selain itu masih banyak lagi hal-hal yang dapat meningkatkan resiko terserang penyakit ini, seperti beberapa penyebab kanker rahim seperti berikut ini:

1. Genetik

Jika keluarga kamu memiliki riwayat penyakit kanker terutama kanker rahim maka kamu akan memiliki resiko 70% terserang kanker. namun resiko ini dapat diturunkan dengan melakukan pola hidup sehat seperti hindari rokok, olahraga teratur, perbanyak konsumsi buah dan sayur, tingkatkan daya tahan tubuh serta masih banyak lagi yang lainnya.

2. Kebiasaan merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika kebiasaan merokok dapat memicu serangan berbagai penyakit berbahaya salah satunya kanker rahim. Berbagai kandungan zat adiktif di dalam rokok dapat mempengaruhi pertumbuhan sel yang ubnormal.

Sebaiknya buang jauh kebiasaan tersebut agar hidup kita lebih berkualitas. Selain itu hindari juga asap rokok dengan menghindari berada satu ruangan tertutup dengan perokok sebab perokok pasif juga memiliki resiko yang sama.

3. Pengaruh usia

Semakin usia bertambah maka penyakit juga akan semakin mudah datang. Terutama penyakit kanker rahim ini sangat dipengaruhi dengan faktor usia. Kanker rahim banyak menyerang wanita setelah masa menoupose pada rentan usia 50 hingga 60 tahun.

Pada usia lanjut sistem kekebalan tubuh semakin menurun sehingga tubuh sulit melawan penyakit dari dalam.

4. Pecandu alkohol

Gaya hidup yang kurang baik menjadi faktor utama penyebab munculnya berbagai penyakit. Salah satu gaya hidup buruk yang harus kita hindari adalah kebiasaan mengkonsumsi minuman beralhokol atau minuman keras.

Jika anda ingin terhindar dari berbagai penyakit kronis salah satunya kanker rahim sebaiknya jauhi minuman beralkohol.

5. Stres

Terlalu banyak pikiran atau stres dapat memicu meningkatnya hormon estrogen sehingga resiko terserang kanker rahim juga akan semakin tinggi. Jika stres tidak  dapat anda hindari sebaiknya kelola stres dengan baik dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti jalan-jalan, liburan serta masih banyak lagi yang lainnya.

6. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Faktor makanan yang kita konsumsi setiap hari turut mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Jika makanan yang dikonsumsi dapat menumpuk racun atau toksin dalam tubuh maka resiko terserang penyakit juga akan semakin tinggi.

Maka dari itu sebaiknya hindari atau batasi makanan yang dapat memicu serangan berbagai macam penyakit salah satunya kanker rahim seperti makanan yang berpengawet, makanan mengandung MSG, pemanis, pewarna, makanan mengandung banyak lemak jahat, makanan cepat saji, jajanan ringan serta masih banyak makanan lain.

7. Belum pernah hamil

Wanita yang belum pernah hamil memiliki resiko tinggi terserang kanker rahim sebab wanita yang belum pernah hamil memiliki kadar progesteron lebih rendah dibanding kadar estrogen. Dengan begitu kanker rahim akan mudah menyerang seorang wanita yang memiliki kadar estrogen lebih tinggi.

8. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan penyakit yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, diabetes, kanker rahim serta masih banyak lagi penyakit lain.

Berat badan berlebih akan menyebabkan kadar estrogen semakin tinggi sehingga akan beresiko terserang kanker rahim. Peningkatan kadar estrogen pada penderita obesitas disebabkan penumpukan jaringan lemak pada tubuh.

Siam kjuga yuk: Rahasia Sukses Diet Kentang untuk Menurunkan Berat Badan

9. Diabetes

Salah satu penyakit yang dapat memicu pertumbuhan sel yang sulit dikendalikan adalah penyakit diabetes melitus tipe 2. Penyakit diabetes akan membuat sistem kekebalan tubuh melemah sehingga berbagai penyakit akan semakin mudah menyerang.

Artikel terkait: Gejala Penyakit Diabetes yang Harus Anda Waspadai

10. Terapi penggantian hormon

Penyebab kanker rahim selanjutnya adalah akibat dari terapi penggantian hormon pada penderita kanker atau penyakit lain yang membutuhkan pengobatan ini. Namun efek samping yang akan ditimbulkan dapat memicu serangan kanker rahim.

11. Sindrom ovarium polisitik

Sindrom ovarium polisitik ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kanker rahim yang kerap menyerang kaum wanita yang memasuki usia menoupose.

12. Penggunaan tamoksifen

Mengkonsumsi obat-obatan kimia secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping buruk bagi tubuh salah satunya dapat memicu pertumbuhan sel yang ubnormal pada rahim atau biasa disebut kanker rahim.

13. Sering menabur bedak pada vagina

Merawat organ kewanitaan memang sangat penting namun bahan yang digunakan juga haruslah aman. Penggunaan bahan yang sembarangan seperti sering menaburkan bedak pada vagina dapat memicu serangan kanker rahim.

14. Pembersih vagina

Pembersih vagina yang dijual bebas di pasaran sebaiknya kita hindari penggunaannya sebab pembersih vagina tersebut akan membunuh seluruh bakteri yang ada pada vagina. Sedangkan di dalam vagina terdapat bakteri baik yang berfungsi melawan bakteri jahat penyebab penyakit.

Itulah sebabnya penggunaan pembersih vagina sebaiknya kita hindari. Gunakan bahan alami seperti daun sirih untuk membersihkan vagina. Perawatan itupun tidak boleh terlalu sering dilakukan.

15. Diet rendah lemak

Lemak sebenarnya juga sangat dibutuhkan tubuh salah satunya untuk menangkal kanker rahim. Namun sebagian orang salah mengartikan bahwa lemak harus dijauhi karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Sebenarnya asumsi tersebut tidak sepenuhnya salah sebab lemak memang menjadi penyebab obesitas. Tapi lemak yang bagaimana dulu? Jika yang kita konsumsi adalah lemak jahat atau lemak trans itu sepenuhnya benar.

Lemak yang dimaksud disini adalah lemak baik atau lemak tak jenuh yang bisa kita dapatkan dari minyak zaitun, alpukat, biji kenari, serta masih banyak lagi.

16. Hiperplasia endometrium

Hiperplasia endometrium merupakan salah satu penyebab kanker rahim.

17. Kurangnya asupan vitamin dan gizi penting lainnya

Terpenuhinya kebutuhan nutrisi tubuh akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Salah satu nutrisi yang dapat mencegah penyakit kanker rahim adalah vitamin C, asam folat serta karoten sebab nutrisi tersebut akan membantu memperkuat mukosa pada leher rahim.

Beberapa nutrisi tersebut bisa kita dapatkan dari berbagai jenis buah, sayur dan bahan alami lainnya. Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan juga sangat baik melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan radikal bebas.

Selain itu penuhi juga kebutuhan cairan harian dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas perhari. Serta olahraga secara teratur agar sistem metabolisme menjadi lancar.

Dengan melihat beberapa penyebab kanker rahim di atas sebaiknya kita hindari perilaku tersebut sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit kanker rahim. Semoga bermanfaat. Jangan luap juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya, agar semakin banyak perempuan yang sadar pentingnya menjaga kesehatan rahim. Simak juga: Daftar Gejala Kanker Serviks yang Harus Anda Waspadai

Leave a Reply